Kalimantan Selatan

10 Taman di Banjarmasin yang Cocok untuk Refreshing

Taman masih menjadi salah satu tempat favorit menjernihkan pikiran yang kalut. Selain rindangnya pepohonan serta rerumputan segar yang dihiasi dengan bunga bunga cantik, sudah banyak taman yang ditambahkan aneka fasilitas demi memenuhi kebutuhan pengunjung.

Banjarmasin termasuk kota metropolitan yang akrab dengan hiruk pikuk khas perkotaan yang seakan tidak pernah sepi. Sehingga kehadiran taman cantik, seakan menjadi destinasi wisata alternatif yang sangat diperlukan untuk merefreshkan pikiran kembali. Kini taman bukanlah sekedar rerumputan hijau yang dihiasi bunga semata, sebab ada beberapa diantaranya yang telah dilengkapi dengan beragam fasilitas. Berikut daftar taman unik yang ada di Banjarmasin.

1. Taman Edukasi Lalu Lintas

Taman Edukasi Lalu Lintas

Image Credit: Rezanoor.net

Kehadiran Taman Edukasi Lalu Lintas mampu memberikan angin segar, lantaran konsep yang diusing sedikit berbeda dari kebanyakan taman lainnya. Sesuai dengan namanya, taman cantik dan segar ini memiliki fungsi tambahan untuk memperkenalkan peraturan lalu liantas kepada anak anak. Dikemas dengan apik dan cara pembelajaran yang unik, dijamin membuat si kecil betah berlama lama sembari menghafalkan tata tertib selama berada di jalanan.

Lokasinya yang strategis dan berdekatan dengan Masjid Raya Sabilal Muhtadin, tampaknya berhasil menarik minat masyarakat untuk mengunjunginya. Dan benar saja, tidak jarang pula pengunjung memanfaatkan taman ini sebagai tempat beristirahat sejenak sembari menunggu waktu ibadah tiba. Fasilitasnya pun cukup lengkap dan memadai, tidak heran jika taman ini selalu ramai dikunjungi setiap harinya.

Lokasi: Antasan Besar, Kec. Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin.

2. Taman Edukasi Banua

Taman Edukasi Banua

Image Credit: Rezanoor.net

Taman Edukasi Banua atau biasa disebut Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA), termasuk destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Baru saja diresmikan pada tahun 2017 lalu, namun kehadirannya disambut bahagia oleh masyarakat Banjarmasin. Bukan sembarang taman, sebab Taman Edukasi Banua dapat dimanfaatkan sebagai ruang terbuka hijau sekaligus menjadi sarana bermain mengasyikkan bagi si kecil.

Layaknya taman cantik pada umumnya, pengunjung dimanjakan dengan taat ruangnya yang rapi dan terlihat ramah untuk anak anak. Agar si kecil merasa betah berlama lama disana, ditambahkan pula beberapa wahana bermain populer seperti ayunan hingga seluncuran air. Lokasinya pun cukup strategis dan dapat dilalui beberapa jalur, sehingga pengunjung tidak sulit untuk menemukannya.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Hulu Sungai Utara Terbaru dan Terhits Dikunjungi

Lokasi: Jl. AS Musaffa No.2, Antasan Besar, Kec. Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin.

3. Taman Siring Patung Bekantan

Taman Siring Patung Bekantan

Image Credit: Kompasiana.com

Bekantan termasuk hewan primata yang banyak ditemukan tersebar di beberapa hutan yang ada di Banjarmasin. Berkat jumlahnya yang melimpah, pemerintah pun menjadikannya sebagai salah satu ikon Provinsi Kalimantan Selatan. Bahkan baru baru ini sudah ada patung bekantan raksasa diletakkan di Taman Siring untuk memikat wisatawan lebih banyak. Ternyata strategi tersebut membawa hasil manis, karena jumlah pengunjung menjadi lebih banyak setelahnya.

Bukan taman biasa, bahkan sebelum adanya penambahan patung setinggi 6.5 meter ini pengunjung disuguhkan dengan Menara Pandang serta Pasar Terapung tidak jauh dari lokasi taman. Ketiga destinasi wisata ini masih berada dalam satu wilayah, sehingga tidak heran jika taman cantik satu ini tidak pernah sepi pengunjung. Entah itu sekedar duduk santai sembari menikmati pemandangan sekitar ataupun mencicipi kuliner khas di tepian sungai Martapura.

Lokasi: Jl. Kapten Piere Tendean, Sungai Baru, Kec. Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin.

4. Taman Labirin Pelaihari

Taman Labirin Pelaihari

Image Credit: Trisebud.com

Jika bosan dengan taman biasa, tidak ada salahnya mengunjungi Taman Labirin Pelaihari. Berlokasi tidak jauh dari Bukit Teletubbies, membuatnya semakin populer dikunjungi bersama keluarga maupun sahabat. Pengunjung tidak hanya diajak mengagumi kecantikan hamparan pemandangan sekitarnya semata, sebab taman ini berbentuk labirin yang mengharuskan pengunjung menemukan jalan keluar.

Meski terkesan sederhana, usaha menemukan jalan menuju pintu keluar berhasil berikan pengalaman tak terlupa. Agar lebih seru, ajaklah teman atau datang secara rombongan untuk bekerjasama menemukan jalan keluar bersama. Selagi berusaha menemukan jalan yang benar, tidak jarang pula yang memanfaatkannya sebagai spot foto kekinian. Pengambilan sudut dan pencahayaan tepat, dijamin hasil jepretannya tampak menawan.

Lokasi: Sungai Jelai, Kec. Tambang Ulang, Kab. Tanah Laut.

5. Taman Kamboja

Taman Kamboja

Image Credit: Apahabar.com

Taman Kamboja bisa menjadi tempat terbaik untuk refreshing terbaik, berkat konsepnya yang unik dan berbeda dari yang lain. Menyuguhkan atraksi air mancur yang dihiasi lampu berwarna warni setiap akhir pekan, dianggap sebagai daya tarik utama dari taman cantik satu ini. Tidak heran jika masyarakat maupun wisatawan tertarik menghabiskan akhir pekan bersama dengan orang tersayang sembari menonton pertunjukkan tersebut bersama.

BACA JUGA:  10 Cafe di Banjarmasin yang Instagramable & Paling Hits

Sebelum dialihfungsikan menjadi aman cantik, siapa sangka dahulunya taman ini berupa kompleks kuburan nasrani dari keturunan Tionghoa yang bermukim di Banjarmasin. Meski demikian, tidak ada sedikitpun kesan horor berkat banyaknya lampu berwarna wani menghiasi area sekitar taman. Bahkan menjelang sore hari, taman ini justru semakin dipadati pengunjung yang ingin beristirahat sebentar dari hiruk pikuk khas perkotaan.

Lokasi: Kertak Baru Ulu, Kec. Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin.

6. Taman Bungas Banjarmasin

Taman Bungas Banjarmasin

Image Credit: Kumparan.com

Taman Bungas Banjarmasin menjadi salah satu taman yang tidak kalah menarik dikunjungi. Sangat cocok sebagai tempat wisata keluarga, pasalnya taman ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas dan wahana permainan anak. Walaupun jumlah wahananya tidak terlalu banyak, namun keseruan saat bermain bersama tidak akan pernah terlupa. Selagi menunggu si kecil bermain hingga puas, para orang tua dapat duduk santai di tempat yang telah disediakan.

Lokasi: Jl. Antasan Kecil Barat No.41, Pasar Lama, Kec. Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin.

7. Taman Edukasi

Image Credit: Matabanua.co.id

Ketika berjalan jalan santai ke Duta Mall Banjarmasin, kemungkinan Anda bisa melewati Taman Edukasi yang berada tepat di samping pusat perbelanjaan tersebut. Berkat lokasinya yang strategis tersebut, bahkan taman cantik ini sudah menarik perhatian masyarakat jauh sebelum diresmikan. Tidak serupa dengan taman kebanyakan, pasalnya pengunjung dimanjakan dengan fasilitas WiFi Trash Bin.

Fasilitas yang mengandalkan teknologi canggih ini, hanya bisa diakses secara gratis oleh mereka yang membuang sampah di tong sampah berwarna putih hijau. Secara tidak langsung, pihak pengelola ingin mengajarkan kebiasaan baik untuk membuang sampah di tempatnya. Sebagai reward atas perilaku baiknya, maka mereka diberikan hadiah untuk bisa mengakses WiFi secara gratis sepuasnya.

Lokasi: Jl. Simpang Ulin No.empat, Sungai Baru, Kec. Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin.

8. Taman Gerbang UIN ANTASARI

Taman Gerbang UIN ANTASARI

Image Credit: Facebook.com @UINAntasariBjm

Setelah pulang dari perkualiahan, mahasiswa dan mahasiswi cenderung mencari tempat terbaik untuk bersosialisasi dengan teman temannya. Jika dirasa mengunjungi cafe maupun tempat nongkrong terlalu biasa, tidak ada salahnya mengunjungi Taman Gerbang UIN ANTASARI. Di tempat ini, pengunjung disuguhkan pepohonan rindang tampak menghiasi taman serta angin sepoi sepoi yang menyapu kulit.

Hanya dengan mengunjunginya, badan dan pikiran menjadi lebih segar dibadingkan sebelumnya. Lokasinya pun masih di area sekitar kampusnya, sehingga para mahasiswa tidak perlu kebingungan mencari tempat yang tepat untuk mengembalikan semangat. Selain ngobrol santai, tidak jarang pula yang menjadikannya sebagai tempat saling bertukar pikiran ataupun tempat favorit untuk kerja kelompok.

BACA JUGA:  Kebun Raya Banua Banjarbaru, Wisata Seru Melihat Ribuan Koleksi Tanaman Langka

Lokasi: Kebun Bunga, Kec. Banjarmasin Timur, Kec. Banjarmasin.

9. Taman Satwa Jahri Saleh

Taman Satwa Jahri Saleh

Image Credit: Banjarmasintourism.com

Satu lagi tempat hiburan yang bisa merefreshkan kembali pikiran jatuh kepada Taman Satwa Jahri Saleh. Meski disebut sebagai taman, disini pengunjung bisa menemukan beberapa jenis satwa yang menggemaskan siap menghibur. Bisa juga dikatakan sebagai eduwisata, sebab disini pengunjung bisa melihat kebiasaan sekaligus mengenal hewan hewan tersebut mulai dari habitat hingga makanan kesukaannya.

Zona monyet dan aquarium disebut sebagai zona yang paling banyak dikunjungi. Tempat wisata ini tidak pernah sepi pengunjung, bahkan cenderung mengalami pembludakan pengunjung pada saat hari libur tiba. Meski tidak seramai dahulu, namun Taman Satwa Jahri Saleh masih menjadi pilihan ketika hendak melepaskan penat. Para orang tua yang sedang membawa si kecil yang cinta akan hewan menjadi mayoritas pengunjungnya.

Lokasi: Jl. Jahri Saleh, Sungai Jingah, Kec. Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin.

10. Taman Kota Korem Antasari

Taman Kota Korem Antasari

Image Credit: Kumparan.com

Mendengar kata taman, hal yang akan terlintas di pikiran adalah lokasinya yang berada di tengah perkotaan dan dihiasi dengan tanaman cantik dan rerumputan hijau. Namun bayangan taman yang selama ini melekat di pikiran, tidak akan sama ketika mengunjungi Taman Kota Korem Antasari. Disebut demikian, lantaran pengunjung yang berkunjung ke taman cantik ini akan diajak menikmati nuansa khas hutan.

Berkat keunikannya, kini masyarakat menyadari jika hutan kota bukanlah sekedar paru paru kota semata jika sudah dikelola dengan baik. Sangat cocok sebagai tempat merefreshkan pikiran kembali bersama dengan kerabat maupun keluarga tersayang, disini pengunjung bisa menikmati nuansa sekitar sembari menikmati kopi sebagai pelengkapnya. Jika tidak ingin menyeruput kopi, masih ada beberapa menu sajian lainnya yang bisa dipilih sesuai selera.

Lokasi: Kertak Baru Ulu, Kec. Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin.

Perkotaan identik dengan bangunan menjulang tinggi dan jarang akan tumbuhan hijau tampak menghiasi di sekitarnya. Memahami betapa gerahnya kehidupan tanpa nuansa hijau dari pepohonan maupun rerumputan, pemerintah Banjarmasin menghadirkan taman sebagai solusinya. Bahkan beberapa diantaranya telah dilengkapi dengan fasilitas edukasi, dengan tujuan agar pengujung mendapatkan ilmu baru sembari berjalan santai di taman.