Kalimantan Barat

Taman Alun-Alun Kapuas, Objek Wisata Favorit di Kota Pontianak

Taman Alun-Alun Kapuas menjadi objek wisata populer karena letaknya yang strategis berada di tengah Kota Pontianak. Taman keren yang dilengkapi fasilitas untuk bersantai bersama keluarga atau teman.

Lokasi: Jl. Rahadi Usman, Tengah, Kec. Pontianak Kota, Kota Pontianak.
Map: Cek Lokasi

Kota Pontianak tak hanya memiliki keindahan alamnya saja, ada juga lokasi wisata yang bisa dikunjungi di tengah kota. Salah satunya yaitu Taman Alun-alun Kapuas yang berlokasi tepat di tengah kota Pontianak, Kalimantan Barat. Letaknya yang strategis, bisa dikunjungi dari arah mana saja yang membuat banyak sekali wisatawan berkunjung ke tempat ini. Berbagai keasyikan bisa Anda dapatkan jika berekreasi di tempat ini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Taman Alun-Alun Kapuas

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Taman Alun-Alun Kapuas

Image Credit: Mimbaruntan.com

Taman Kapuas berlokasi di Kota Pontianak Provinsi Kalimantan Barat. Lebih tepatnya berada di tengah kota yang sangat mudah diakses dari manapun. Untuk sampai di lokasi, bisa ditempuh dengan waktu sekitar 15 menit dari pusat kota, sedangkan dari Bandara Supadio Pontianak adalah sekitar 30 menit. Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi hanya tinggal mengikuti rambu lalu lintas yang telah disediakan.

Bagi Anda yang kurang familiar dengan jalanan di Kota Pontianak, Anda bisa mengandalkan Google Maps. Selain akses yang dapat ditemukan dengan aplikasi peta, Anda juga bisa menaiki beberapa pilihan seperti kendaraan umum yang tersedia di daerah tersebut. Ada banyak pilihan kendaraan yang bisa Anda naiki seperti angkutan dan becak motor. Apabila Anda memilih untuk menaiki kendaraan umum, gunakan angkutan berwarna biru dengan rute Penjara – Kapuas.

Angkot tersebut akan berangkat dari arah terminal Kapuas dan berhenti setelah tiba di jalan Rahadi Usman. Ada juga angkutan yang memiliki rute Penjara – Gajah Mada yang bisa dijadikan alternatif lain jika ingin sampai di tempat wisata alun-alun. Namun, Anda harus memastikan kepada sopir angkot tersebut untuk melintasi Jalan Kasih. Setelah tiba di Jalan Kasih, Anda bisa berjalan sedikit ke lokasi taman alun-alun Kapuas.

Jika Anda tidak ingin jalan kaki, Anda bisa menyambungnya dengan menaiki angkutan lain menuju Jalan Rahadi Usman, angkutan ini jurusan Penjara – Kapuas. Selain angkutan tersebut ada beberapa angkutan lain yang dapat digunakan, contohnya angkot berwarna abu – abu rute Pancasila, ataupun angkot berwarna hijau muda yang menuju Sungai Jawi. Apabila sudah sampai di jalan Hasanuddin, lanjutkan dengan angkot berwarna hijau tua.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Ketapang Terbaru & Terhits Dikunjungi

Ketika Anda menyambung angkutan hijau tua dengan jurusan Kota Baru, maka Anda harus berhenti di Jalan Gusti Sulung Lelanang. Setelahnya Anda harus melanjutkan perjalanan untuk menaiki angkot biru tua rute Penjara Kapuas seperti tadi. Hal ini berlaku juga jika Anda memilih naik angkot berwarna merah muda dengan jurusan Ahmad Yani, dan jika sudah sampai di Jalan K.H Ahmad Dahlan, Anda hanya perlu mencari angkot biru tua jurusan Kapuas.

Hal yang Menarik di Taman Alun-Alun

Hal yang Menarik di Taman Alun-Alun

Image Credit: Flickr.com @baka_neko_baka

Taman yang terletak di jantung Kota Pontianak ini memiliki bentuk dan tatanan yang sangat rapi. Hal ini membuat daya tarik tersendiri bagi setiap masyarakat yang ada di sekitar Pontianak dan juga dari luar daerah. Karena keunikannya, tempat ini sering dijadikan sarana pelepas penat. Apalagi dengan adanya air mancur yang ada di tengah alun-alun yang sangat indah dan dikelilingi oleh anak tangga.

Sebagai ikon kebanggaan Pontianak, tempat ini menjadi pusat kegiatan masyarakat sekitar apalagi menjelang akhir pekan. Alun-alun akan dipadati mulai sore hari hingga tengah malam. Maka tak ayal jika setiap harinya lokasi wisata ini selalu dipenuhi para pengunjung. Di sini Anda juga bisa melihat beberapa objek menarik lainnya seperti duplikat dari Tugu Khatulistiwa, dan area nonton bersama pertandingan sepak bola dan lainnya.

Bahkan tempat ini juga sering dijadikan tempat untuk mengadakan event yang besar. Misalnya Festival Meriam Karbit, Festival Khatulistiwa, dan Festival Cap Go Meh. Ada juga yang menarik yang tidak bisa dilewatkan yakni terdapat cafe yang menyediakan berbagai macam menu khas dari Kalimantan. Jika Anda adalah wisatawan dari luar daerah, sarana ini bisa menjadi alternatif lain saat mengunjungi wisata ini.

Dengan wajah baru yang ditawarkan alun-alun Kapuas, Anda bisa menikmati waktu liburan bersama keluarga. Hal ini dikarenakan banyaknya berbagai kegiatan untuk dihabiskan bersama di waktu weekend. Salah satunya jika menyukai berkumpul bersama. Area yang luas sekitar 3 hektar ini sangat cocok digunakan untuk bersantai sambil menikmati keindahan replika Tugu Khatulistiwa.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Sekadau Terbaru & Terhits Dikunjungi

Taman Alun-alun juga sangat cocok bagi pengunjung yang berasal dari luar daerah. Terbukti dengan adanya wisata kuliner apung di atas kapal. Wisatawan akan dibawa keliling ke Sungai Kapuas sembari menyantap hidangan lezat tersebut. Dengan menaiki perahu ini, Anda juga bisa menunggu datangnya sunset agar mendapatkan spot foto yang menarik dan bisa dibagikan di akun sosial media sebagai bukti sudah mengunjungi lokasi wisata.

Fasilitas yang Tersedia di Taman Alun-alun Kapuas

Fasilitas yang Tersedia di Taman Alun-alun Kapuas

Image Credit: Homestaypontianak.wordpress.com

Taman yang terletak di Jalan Rahadi Oesman ini menjadi destinasi terfavorit di Bumi Khatulistiwa. Dilengkapi sejumlah fasilitas menarik membuat banyak orang tak henti – hentinya mengunjungi lokasi ini. Fasilitas yang tersedia di antaranya adalah taman yang indah, tempat parkir yang luas, pohon yang rindang, wisata kapal Bandung, air mancur dan bahkan tempat bermain anak yang cukup lengkap.

Letaknya yang ada di tepian sungai Kapuas sangat memudahkan pengunjung dalam menikmati pesona dari keindahan alam di Pontianak. Panorama yang terlihat dari pinggiran sungai bisa Anda lihat dari tribune sambil bersantai. Tribune juga menjadi salah satu spot terpopuler bagi kalangan anak muda yang ingin menunjukkan bakat seninya. Selain itu, tempat duduk yang tersedia sangat banyak sehingga tidak perlu kebingungan untuk sekedar duduk.

Selain tribune masih banyak lagi tempat duduk yang disediakan. Ketika pengunjung telah lelah untuk berjalan, maka akan banyak ditemukan tempat duduk di setiap sisi dari Taman yang indah ini. Jika ingin menikmati pemandangan, Anda bisa menghadap ke arah sungai sehingga pengunjung dapat bersantai sambil melihat kapal yang berjualan di sekitar lokasi wisata. Jika tidak ingin melihat pemandangan sungai, Anda bisa melihat air mancur sebagai alternatifnya.

Ketika Anda mengunjungi tempat ini bersama rombongan dan menggunakan kendaraan yang besar, tidak usah khawatir karena tempat parkir yang luas. Lahan parkir yang sudah tersedia sudah memiliki standar keamanan yang baik dimana saat pengunjung masuk ke dalam Taman Alun Kapuas akan mendapat tiket parkir otomatis. Hal tersebut membuat lebih nyaman atas sistem yang dibuat agar lebih terstruktur.

Ada juga pegawai yang dipekerjakan untuk merapikan parkiran motor. Sehingga ketika Anda hendak mencari kendaraan yang telah diparkir, maka langsung di bantu dengan pekerja yang ada di objek wisata ini. Anda tidak perlu direpotkan lagi dengan mencari kendaraan karena semua sudah tertata dengan rapi. Para pengunjung juga tidak perlu takut jika kehilangan kendaraannya, sebab taman ini memiliki keamanan yang baik dan penjagaan yang ketat.

BACA JUGA:  44 Tempat Wisata di Pulau Kalimantan Borneo yang Paling Terkenal

Selain itu, Taman alun-alun Kapuas sangat cocok dikunjungi oleh keluarga apalagi yang mempunyai anak yang masih kecil. Para pengunjung tidak usah khawatir jika anaknya rewel atau mengajak pulang. Pasalnya, Taman Alun Kapuas tak hanya menyediakan fasilitas bagi orang dewasa. Taman bermain juga tersedia untuk membuat si Kecil tetap betah berlama – lama di wisata pinggiran Sungai Kapuas yang mempesona ini.

Fasilitas seperti taman bermain akan membuat anak – anak tidak merasa bosan untuk menikmati keseruan liburan bersama keluarga. Yang lebih menariknya lagi, taman bermain tidak dipungut biaya sepeserpun. Mereka bisa bermain hingga puas dengan permainan seperti perosotan dan besi gantung dengan warna yang mencolok. Sehingga saat orang tua yang datang membawa anaknya, dapat menikmati pemandangan dan juga menemani untuk bermain di taman ini.

Ketika malam tiba, biasanya juga terdapat sejumlah kuliner yang dijual warga menggunakan kapal kecil dan terapung. Makanan yang bisa Anda nikmati seperti sosis bakar, jagung bakar, ayam bakar, minuman dan bahkan kuliner khas dari Kalimantan. Harga yang ditawarkan pun juga sangat terjangkau. Uniknya para pedagang makanan selalu menggunakan kapal terapung. Jika batas waktu pengunjung telah usai, maka pedagang akan langsung pulang dengan kapal tersebut.

Tidak kalah pentingnya lagi adalah toilet. Seperti yang Anda tahu, toilet umum sangat diperlukan bagi wisatawan. Jadi, fasilitas ini sangat penting untuk disediakan karena jumlah pengunjung yang banyak pada Taman Alun Kapuas ini. Dengan adanya toilet, pengujung tidak perlu bingung dan repot keluar dari Taman. Bangunan yang disediakan untuk toilet juga cukup besar sehingga dapat dilihat pada saat pertama kali masuk.

Mengunjungi Taman Alun-alun Kapuas di Kota Pontianak menjadi salah satu pilihan terbaik untuk melepas penat. Hal ini dikarenakan fasilitas yang memadai untuk menunjang waktu liburan Anda. Selain itu, taman yang indah ini menjadi destinasi terpopuler karena lokasinya yang strategi dan mudah dijangkau. Sehingga Anda pun bisa menghabiskan hari Anda jika ingin sekedar bersantai.