Kalimantan Timur

Soto Banjar, Makanan Tradisional Kalimantan Timur yang Lezat

Jika membahas kuliner khas Indonesia memang seperti tidak ada habisnya. Masing masing daerah selalu memiliki kuliner yang menggugah selera. Begitu juga dengan Kalimantan Timur yang memiliki makanan khas yang begitu menggoda yaitu Soto Banjar. Makanan satu ini bahkan sudah terkenal hingga berbagai penjuru Indonesia karena kelezatannya.

Untuk mengenal dan mendapatkan informasi lebih banyak tentang kuliner Soto Banjar ini, simak ulasan berikut.

Sekilas Tentang Soto Banjar

Sekilas Tentang Soto Banjar

Image Credit: Tastemade.com

Sesuai dengan namanya, soto ini merupakan soto yang khas dari suku Banjar. Dimana suku ini termasuk ke dalam suku yang besar di Kalimantan. Memang di Indonesia soto setiap daerah memiliki perbedaan masing masing. Soto satu ini masih menggunakan bahan ayam sebagai bahan utamanya. Yang membuatnya berbeda adalah tambahan rempah rempahnya yang akan menguarkan bau harum dengan rasa yang lebih kaya dan juga lezat.

Selain itu, soto Banjar juga tidak memiliki kuah kuning seperti soto kebanyakan. Soto Banjar memiliki kuah yang bening karena tidak menggunakan kunyit dalam bumbunya. Ada juga beberapa resep yang menambahkan susu ke dalam kuahnya sehingga membuatnya semakin gurih. Namun untuk yang di Kalimantan Timur, tidak menggunakan susu melainkan mengandalkan rempah rempah yang direbus bersamaan dengan daging ayamnya.

Rempah tersebut terdiri dari kayu manis, kapulaga, cengkeh, pala dan juga bahan lainnya. Menariknya lagi dalam penyajiannya ditambahkan dengan rembusan singkong. Namun ada juga yang menggantinya dengan lontong. Karena memang soto ini tidak disajikan dengan nasi seperti yang biasanya ditemukan. Untuk isiannya juga beragam, dengan tambahan perkedel kentang yang akan semakin membuat anda lahap saat menyantapnya.

Daging ayamnya nanti akan disuwir ketika disajikan lengkap dengan telur rebus, bihun dan juga emping di atasnya. Untuk menambah cita rasa biasanya ditambahkan dengan daun bawang, jeruk nipis,bawang goreng, kecap asin dan tidak ketinggalan sambal. Makanan tradisional ini meskipun terlihat sederhana namun memiliki penggemar yang banyak. Karena rasanya yang memang akan memanjakan lidah dan juga perut anda.

BACA JUGA:  Ladang Budaya (Ladaya) Tenggarong, Objek Wisata Andalan Kutai Kartanegara

Meskipun menggunakan rempah rempah, namun untuk rasanya lebih mirip dengan sup dibandingkan kuah berempah. Akan sangat nikmati jika soto Banjar ini dikonsumsi ketika masih hangat. Yang membuat soto ini berbeda terletak pada resepnya yang ditambahkan dengan rempah. Rempah ini juga tidak dihaluskan, namun direbus hingga keluar sarinya. Begitu juga dengan ayamnya yang direbus hingga keluar kaldunya yang membuat rasanya makin mantap.

Manfaat Mengonsumsi Soto Banjar

Manfaat Mengonsumsi Soto Banjar

Image Credit: Kepogaul.com

Kandungan gizi yang dimiliki oleh soto Banjar bisa dikatakan seimbang. Mengingat daging ayam memiliki kanungan protein yang tinggi. Sehingga meskipun dalam penyajiannya tidak menggunakan nasi namun akan tetap memberikan rasa kenyang. Tidak hanya itu pada ayam juga memiliki gizi lain yang dibutuhkan oleh tubuh seperti vitamin, natrium, kalium, fosfor, kalsium dan juga kandungan yang baik untuk tubuh lainnya.

Tidak hanya bisa mengenyangkan ayam juga bisa membantu anda untuk memaksimalkan pembentukan otot. Sehingga sangat cocok bagi anda yang sedang dalam proses meningkatkan masa otot. Terutama ayam pada bagian dada dan juga paha. Bukan hanya itu daging ayam juga akan membantu untuk hilangkan racun yang masuk ke tubuh. Vitamin yang ada salah satunya B6 yang bisa membantu menyehatkan jantung.

Manfaat daging ayam yang ada pada soto Banjar ini saja sangat banyak. Jika ditambahkan dengan rempah rempah juga akan memberikan manfaat yang baik untuk tubuh. Seperti misalnya Kapulaga yang bisa membantu untuk meningkatkan sirkulasi darah pada tubuh. Terutama darah yang akan menuju paru paru anda. Kapulaga juga memiliki sifat diuretik yang juga bisa menyehatkan ginjal anda serta mencegah infeksi pada saluran kemih anda.

Selain kapulaga, soto ini juga mengandung cengkeh dimana rempah ini juga sangat baik untuk tubuh. Cengkeh bisa untuk mengurangi perut yang kembung, atasi mual, merangsang sekresi pada enzim pencernaah dan hal hal yang berhubungan dengan perut. Membuat soto Banjar tidak hanya memiliki gizi yang baik namun juga manfaat yang limpah. Meskipun begitu mengkonsumsi terlalu banyak juga tidak dianjurkan.

BACA JUGA:  Pantai Melawai, Destinasi Wisata Populer di Kota Balikpapan

Resep & Cara Membuat Soto Banjar

Resep & Cara Membuat Soto Banjar

Image Credit: Pesona.travel

Selain bisa mencicipi di kota asalnya, anda juga bisa menghadirkan kuliner khas Suku Banjar ini dengan membuatnya sendiri di rumah. Bahan bahan yang anda butuhkan untuk membuatnya memang mudah untuk didapatkan. Seperti bahan utamanya yang berupa 1 ekor ayam yang telah dipotong hingga menjadi 4 bagian,telur rebus, perkedel kentang, mie soun dan juga mentega. Telur rebus dan perkedel ini bisa disesuaikan dengan selera anda untuk jumlahnya.

Kemudian untuk bumbunya anda membutuhkan bawang merah yang jumlahnya sekitar 10 butir, 5 siung bawang putih, 2 tangkai seledri, 4 buah cengkeh, kayu manis, 3 buah kapulaga, 4 tangkai daun bawang. Jangan lupakan rempah lain seperti ½ sdt lada dan pala. Untuk membuat rasanya semakin lezat jangan lupa menyiapkan garam dan penyedap rasa. Sementara untuk bumbu sambalnya membutuhkan 5 butir kemiri, cabai kecil dan merah.

Sambalnya juga membutuhkan 1 sdt terasi serta garam. Jumlah cabai bisa disesuaikan dengan selera anda. Jika ingin memiliki rasa yang pedas maka bisa menambah jumlah cabainya. Apabila semua bahan sudah siap, maka langkah selanjutnya hanya tinggal membuatnya. Langkah langkah untuk membuat soto Banjar ini terbilang sederhana dan juga mudah. Pertama anda bisa merebus 1 ekor ayamnya dengan air yang secukupnya.

Cara Membuat Soto Banjar

Image Credit: Traveloka.com

Sambil menunggu ayamnya matang dan empuk, anda bisa menghaluskan bumbu yang terdiri dari bawang putih, merah serta lada. Setelah dihaluskan silahkan menumisnya dengan menggunakan mentega agar lebih sedap. Untuk kuahnya, anda bisa merebus kaldu ayam dengan memasukkan bumbu yang telah ditumis. Masukkan juga rempah rempah seperti kayu manis, kapulaga, dan juga cengkeh tanpa perlu dihaluskan.

Anda juga bisa menambahkan seledri dan daun bawang agar rasanya semakin lezat. Tambahkan garam serta penyedap sesuai selera anda. Sementara untuk ayamnya yang telah ditiriskan bisa anda suwir suwir. Anda juga bisa menyiapkan soun dengan merendamnya bersama air hangat. Jika semua bahan sudah tersedia anda hanya perlu menyusunnya. Lontong, soun, perkedel, suwir ayam dan juga telur rebus yang juga dipotong potong.

BACA JUGA:  2 Rumah Adat Khas Kalimantan Timur

Setelah itu silahkan siram dengan kuah soto yang telah matang. Untuk menambah cita rasa anda bisa menambahkan bawang goreng, emping, perasan jeruk nipis dan juga sambal. Dengan begitu anda sudah bisa menghadirkan soto Banjar di rumah anda. Menambahkan kecap asin maupun manis juga bisa menjadi pilihan. Mengingat orang banjar memang lebih menyukai kecap manis, namun jika tidak suka kecap manis juga tidak masalah.

Keberagaman kuliner yang dimiliki Indonesia menjadi suatu hal yang wajib kita syukuri. Seperti hadirnya soto Banjar yang memiliki rasa yang begitu lezat. Soto ini selain memang terkenal lezat, manfaat dan nilai gizi yang terkandung di dalamnya juga melimpah. Tanpa harus menunggu untuk bisa berkunjung ke Kalimantan Timur, anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah.