Kalimantan Selatan

Rumah Pohon Cempaka, Destinasi Wisata Favorit di Banjarbaru

Lokasi: Desa Beruntung Jaya, Kel. Sungai Tiung, Kec. Cempaka, Kota Banjar Baru.
MapCek Lokasi

Pulau Kalimantan tidak pernah gagal menyihir para wisatawan untuk datang berkunjung. Destinasi alam yang ada di pulau ini memiliki nilai lebih dibandingkan dengan destinasi wisata di tempat lainnya. Tak hanya memiliki destinasi wisata alam berupa pantai, Kota Banjarbaru membuka destinasi wisata alam yang menarik. Rumah Pohon Cempaka sedang menjadi pilihan kawula muda untuk dijadikan tempat berlibur. Yuk simak keseruan berkunjung di Rumah Pohon keren di Banjarbaru ini.

Rumah Pohon Asri yang Sedang Hits di Banjarbaru

Rumah Pohon Asri yang Sedang Hits di Banjarbaru

Image Credit: Kec-cempaka.banjarbarukota.go.id

Kawasan wisata baru di Banjarbaru yag sedang hits ini terletak sangat jauh dari keramaian kota. Tepatnya wisata ini berada di Desa Baruntung Jaya Kelurahan Sungai Toung Kecamatan Cempaka, Banjarbaru. Wisata ini memiliki tempat yang asri karena keberadaannya berada di tengah hutan. Jaraknya hampir enam kilometer dari Jalan Mistar Cokro Kusomo kemudian berbelok ke arah Halan Transpol Sungai Tiung.

Anda tidak akan menemukan petunjuk arah saat anda hendak datang ke Rumah Pohon Cempaka. Kawasan wisata ini pun memiliki aspal yang halus dan tidak terjal, namun hanya saja kawasan tersebut masih sepi pengunjung. Sepanjang jalan menuju lokasi wisata hanya ada pohon karet dan juga padang ilalalng yang menemani. Permukiman warga pun akan tampak setelah memasuki desa yang lokasi lumayan jauh dari tempat permukiman.

Banyak sekali wisatawan yang tersesat saat hendak menuju ke lokasi wisata ini, Oeh karenanya untuk mengantisipasi hal tersebut cobalah untuk bertanya dengan warga sekitar terkait arah yang tepat untuk menuju Rumah Pohon Cempaka ini. Pengunjung pun banyak yang datang berkunjung ke tempat ini untuk segera bersantai dan menenangkan fikiran sambil berfoto ria.

BACA JUGA:  Danau Seran, Destinasi Liburan Favorit di Banjarbaru

Tempat wisata ini langsung mendapatkan respon yang sangat bagus dari masyarakat setelah diposting melalui media sosial Instagram pada tahun 2017 silam. Baru empat bulan resmi dibuka namun banyak sekali wisatawan yang sengaja datang berkunjung dan menjadikan tren baru bagi warga Banjarmasin. Salah satunya foto Rumah Pohon Cempaka ini pernah diunggah oleh Instagram @banjarinfo yang juga memberikan petunjuk arah menuju lokasi desa wisata ini.

Kegiatan Menarik di Rumah Pohon Cempaka

Kegiatan Menarik di Rumah Pohon Cempaka

Image Credit: Kec-cempaka.banjarbarukota.go.id

Rumah Pohon Cempaka adalah wisata buatan dari masyarakat setempat yang menyediakan beberapa rumah pohon untuk tempat peristirahata pribadi. Namun belakangan rumah pohon ini malah ramai dikunjungi untuk tempat beristiahat. Suasana yang ada di sekitar pohon pun masih asri dan tidak menimbulkan polusi udara. Area pohon ini sangat cocok digunakan untuk menenangkan fikiran sambil menikmati hijaunya area rumah pohon.

Banyak pengujung yang datang untuk mengambil gambar di area rumah pohon. Tempatnya yang hits inilah yang membuat beberapa spot foto terlihat sangat instgaramable dan cocok untuk diunggah di beberapa media sosial. Anda bisa berpose di bawah rumah pohon, di rumah pohon sendiri, atau bahkan di tangga rumah pohon. Tempatnya yang hits tentu akan membuat foto anda akan terlihat lebih menarik apalagi jika dipoles sedikit dengan filter di aplikasi edit foto.

Tak hanya asri dan cocok untuk berfoto ria, Rumah Poho Cempaka ini juga menyediakan fasilitas outbond yang bisa dicoba oleh pengunjung. Outbond yang tersedia di tempat wisata ini adalah jembatan pohon dan ada juga ayunan gantung yang akan membuat adrenalin semakin meningkat. Namun harap berhati hati sata bermain di area outbond pasalnya area outbonya belum dilengkapi dengan perlatan savety yang memadai.

Fasilitas & Harga Tiket Masuk Rumah Pohon Cempaka

Fasilitas & Harga Tiket Masuk Rumah Pohon Cempaka

Image Credit: Zainalhakimmsc.blogspot.com

Bisa dibilang tempat wisata ini masih baru dan membutuhkan banyak sekali pembenahan di dalamnya. Sang penjaga mengaku bahwa banyak sekali fasilitas yang harus dilengkapi guna memuaskan keinginan pengunjung. Dibangun sekitar empat bulan lalu, wisata ini telah berdiri diatas tanah seluas 4 hektar dan menjadi wisata baru di Banjarbaru. Apalagi tempat ini cukup trend bagi dan selalu ramai dikunjungi pada saat akhir pekan.

BACA JUGA:  Belajar Sejarah ke Museum Lambung Mangkurat Banjarbaru

Karena masih merupakan tempat wisata yang baru, maka tak heran jika banyak sekali fasilitas yang kurang. Di tempat wisata ini tidak ada warung yang berdiri sehingga membuat para pengunjung membawa makanan sendiri. Namun karena membawa makanan sendiri inilah yang kemudian justru menimbulkan sampah yang berserakan di area Rumah Pohon Cempaka.

Selain warung makan yang belum tersedia, area rumah pohon pun juga dinilai sangat kurang karena banyaknya pengunjung yang ingin datang berkunjung. Sehinggga pengunjung harus antri untuk bisa melakukan foto selfie di area rumah pohon. Namun anda tidak perlu hawatir untuk tempat parkir, pasalnya lahan parkir untuk pengunjung sangat luas dan bisa digunakan untuk menampung mobil.

Karena mulanya merupakan tempat pribadi, harga tiket masuknya pun terbilang murah. Para pengunjung yang datang hanya diharuskan membayar parkir sebesar Rp. 3.000.- untuk satu kendaraan pribadi. Biasanya penjaga tempat wisata ini akan membuka Rumah Pohon Cemara pada pukul 8 pagi hari dan tutup pada pukul 5 sore hari sesuai waktu setempat.

Tips Berkunjung ke Rumah Pohon Cempaka Banjarbaru

Tips Berkunjung ke Rumah Pohon Cempaka Banjarbaru

Image Credit: Zainalhakimmsc.blogspot.com

Rumah pohon ini merupakan destinasi yang baru saja dibuka, maka kemungkinan belum ada petunjuk jalan untuk menuju ke lokasi. Anda bisa langsung menuju ke alamat yang tertera yaitu di Desa Beruntung Kecamatan Cempaka. Terbilang berada di tempat yang cukup pelosok, pengunjung kemungkinan akan tersesat. Oleh karenanya jangan ragu ragu untuk bertanya dengan warga sekitar terkait lokasi menuju Rumah Pohon Cempaka ini.

Tips selanjutnya adalah membawa bekal makanan dan minuman sendiri saat berkunjung ke lokasi wisata ini. Pasalnya Rumah Pohon Cempaka tidak menyediakan warung yang menjual makanan ataupun minuman. Jadi anda harus membawa perbekalan sendiri saat hendak menuju ke lokasi wisata yang sedang trend bagi kawula muda ini.

BACA JUGA:  Pantai Angsana, Pantai Cantik yang Memukau di Kalimantan Selatan

Untuk menghindari keramaian, anda bisa berkunjung pada hari masuk seperti hari senin hingga jumat. Hal ini karena Rumah Pohon Cempaka belum menambah fasilitasnya sehingga membuat anda harus mengantri saat hendak berfoto. Sehingga berkunjung pada saat weekend hanya akan membuat anda antri untuk menunggu giliran.

Meskipun memiliki suasana yang segar dan sejuk, namun tak ada salahnya anda melindungi kulit dari panasnya matahari dengan sunblock. Apalagi jika anda menggunakan kendaraan roda dua yang harus menempuh jarak yang cukup jauh untuk tiba di lokasi. Gunakan sedikit sunblock untuk melindungi kulit dari panasnya matahari yang menyengat karena Pulau Kalimantan memiliki suhu yang cukup tinggi.

Jangan lupa untuk selalu membuang sampah pada tempatnya dan tidak merngotori wisata baru ini. Untuk menjaga kebersihan dari wisata rumah pohon ini, anda harus membawa kantong plastik sendiri dan menjadikannya sebagai kantong sampah anda. Untuk menjaga kebersihan wisata, anda harus membantu menjaga lingkungan yang masih asri dan segar ini dengan membuang sampah pada tempatnya.

Itulah beberapa ulasan menarik mengenai Rumah Pohon Cempaka yang menjadi trend di kalangan warga Banjarbaru. Anda bisa mencoba berkunjung ke tempat ini dan menenangkan fikiran karena letaknya yang berada di tengah hutan yang masih asri. Meskipun terbilang wisata yang baru, namun daya tarik rumah pohonnya membuat siapa saja ingin berkunjung dan mengambil spot foto yang menarik.