Kalimantan Timur

Pulau Selangan, Kampung Terapung di Ujung Bontang

Melakukan perjalanan wisata yang berbeda tentu menjadi hal yang diinginkan oleh semua orang ketika liburan tiba. Kota Bontang memiliki objek wisata unik Pulau Selangan, kampung terapung yang bisa memberikan pengalaman seru dan menyenangkan.

Lokasi: Bontang Lestari, Kec. Bontang Selatan, Kota Bontang.
Map: Cek Lokasi

Bontang yang merupakan daerah pemekaran baru di Kalimantan Timur, menjadi kotamadya karena terdapat dua BUMN besar di sana yakni Perusahaan Gas Negara dan PT. Pupuk Kaltim. Kotamadya tersebut dikelilingi oleh laut yang membuatnya menjadi salah satu potensi wisata, sebut saja Pulau Selangan yang merupakan kampung terapung dimana Anda bisa mencapai lokasi dengan menggunakan speedboat. Penasaran dengan Pulau Selangan? Simak ulasannya berikut.

Mengenal Lebih Dekat Kampung Terapung – Pulau Selangan

Mengenal Pulau Selangan

Image Credit: Eksposkaltim.com

Pulau Selangan, atau yang lebih banyak dikenal dengan nama Kampung Terapung Selangan berada di tengah tengah perairan selatan Kota Bontang. Dimana mayoritas penduduk setempat bermata pencaharian sebagai nelayan dan petani rumput laut. Hidup di tengah lautan memang tidak membuat masyarakat kampung tersebut menjadi gentar, sebab darah nenek moyang sebagai pelaut masih mengalir kuat di nadi mereka.

Dengan jumlah penduduknya yang tidak begitu banyak, membuat daerah Selangan menjadi sebuah perkampungan nelayan kecil yang pertumbuhan ekonominya kurang berkembang dengan maksimal. Padahal wilayah Selangan yang dikelilingi lautan nan biru serta lokasinya yang berdekatan dengan hutan mangrove pesisir Bontang Lestari bisa membawa daya tarik tersendiri.

Ditambah lagi dengan adanya spot terumbu karang dengan panorama bawah laut yang begitu eksotis, bisa membawa pesona tersendiri bagi Selangan sebagai potensi wisata alam. Melihat potensi wisata tersebut, Badak LNG yang merupakan salah satu perusahaan gas di kota Bontang berusaha menggandeng kelompok sadar wisata sebagai bentuk perwakilan dari Desa Selangan.

Dengan konsep Community Based Tourism, yakni konsep pengembangan objek wisata dengan pemberdayaan masyarakat lokal. Dalam konsep tersebut, masyarakat turut andil dalam proses perencanaan, pengelolaan, serta pengambilan keputusan dalam pengembangan destinasi wisata. Masyarakat juga ikut berperan aktif dalam berbagai kegiatan pengembangan tersebut.

Konsep Community Based Tourism ini turut mendukung gerakan ekonomi berbasis kerakyatan, dengan menciptakan berbagai lapangan kerja bagi masyarakat setempat. Langkah awal pencanangan Desa Selangan menjadi daerah wisata laut dimulai sejak tahun 2018 silam, dan hingga kini pengembangannya terus dilaksanakan agar destinasi tersebut menjadi semakin baik.

BACA JUGA:  Pesona Keindahan Danau Labuan Cermin di Kalimantan Timur

Kini dari kejauhan Selangan City tampak seperti pelangi penuh warna yang ada di tengah lautan. Tak hanya warna kampungnya saja yang penuh warna, tapi setiap aktivitas penduduk pun ikut mewarnainya sebagai bentuk pengembangan serta pengolahan wisata desa mereka. Masyarakat terus menghias Pulau Selangan, tidak hanya agar terlihat indah saja, namun juga membekas di hati setiap pengunjungnya.

Aktivitas yang Dapat Dilakukan di Kampung Terapung

Aktivitas Kampung Terapung

Image Credit: Lngtvnews.com

Saat pertama kali tiba di Pulau Selangan atau Kampung Terapung Anda akan disambut oleh papan selamat datang, bertuliskan Selangan City Bontang lestari yang ditulis dengan penuh warna di depan desa tersebut. Tidak hanya tulisan di papan saja yang penuh warna, namun semua warna rumah dan pijakan di kampung tersebut sangatlah penuh warna. Memasuki area perkampungan, Anda akan menyadari bahwa kampung ini sangat bersih dan tidak terlihat sampah.

Selangan City tersebut ukurannya tidak begitu luas untuk sebuah kampung, bahkan hanya terdapat sekitar 50 rumah penduduk saja. Jadi Anda bisa berkeliling pulau tersebut dengan berjalan kaki. Tidak jauh dari papan selamat datang Selangan City Anda akan menemukan beberapa permainan tradisional raksasa yang digambar dengan penuh warna. Permainan tersebut yaitu engkel dan ular tangga, dimana banyak anak anak penduduk setempat yang bermain di sana.

Para pengunjung juga memainkan permainan tersebut, dan ikut berinteraksi dengan masyarakat setempat. Lokasinya yang berada di tempat terbuka dengan latar belakang laut tentu akan memberikan sensasi tersendiri. Hembusan angin laut yang begitu sejuk, bisa membuat Anda terasa segar meski bermain di bawah sinar matahari sekalipun. Spot ini juga begitu apik untuk diabadikan di dalam sebuah potret.

Beranjak dari area depan Kampung Terapung tersebut, Anda akan melewati jembatan kayu panjang yang di kanan kirinya terdapat air yang begitu jernih. Bahkan dari atas jembatan tersebut Anda bisa melihat banyak ikan berenang, bintang laut, dan berbagai kehidupan laut lainnya. Saat sedang surut, Anda juga diperbolehkan untuk turun ke area tersebut dan bermain main air di sana.

Pada beberapa area tertentu Anda juga bisa melakukan wisata snorkeling, dengan menyewa berbagai peralatan snorkeling yang tersedia. Ada juga wisata mencari kerang yang begitu seru dan mengasyikkan. Selain itu ada juga yang begitu unik, yakni wisata air hujan. Dimana pengunjung Kampung Terapung bisa menikmati air minum yang merupakan hasil elektrolisa air hujan.

BACA JUGA:  Bukit Bangkirai, Hutan Tropis yang Memukau di Kutai Kartanegara

Air hujan yang diproses tersebut akan terurai menjadi air basa dengan pH > 7 dan air asam yang mempunyai pH < 7, dan air basa atau air alkali itulah yang kemudian akan dimanfaatkan sebagai air minum. Anda juga bisa melihat proses tersebut, yang akan membuat perjalanan wisata menjadi lebih menarik dan tidak terlupakan. Setelah puas bermain dan menjelajahi Pulau Selangan, Anda tidak perlu khawatir jika merasa lapar.

Kampung Terapung ini menyajikan wisata kuliner sari laut yang siap memanjakan perut. Mulai dari ikan kakap, ikan kerapu, ikan bawal, ikan bawis, dan berbagai jenis ikan lainnya bisa Anda pesan di sini. Semua diolah dengan berbagi bumbu pilihan oleh masyarakat setempat, sehingga menghasilkan sebuah citarasa yang begitu lezat. Disajikan juga dengan paduan sambal yang begitu menggigit di lidah, membuat hidangan ini menjadi lebih nikmat.

Tidak hanya rasa masakannya saja yang berkesan, namun suasana di sekitar tempat makan ini juga begitu nyaman. Anda akan duduk lesehan seperti di gazebo terbuka, dengan pemandangan laut dari segala penjuru. Suasana sejuk akan sangat terasa saat menikmati ikan bakar di sini. Menjadikan wisata kuliner di Pulau Selangan menjadi lebih berkesan dan sulit untuk dilupakan.

Puas menikmati semua aktivitas seru serta wisata kuliner di Pulau Selangan, tentu tidak afdol jika Anda kembali tanpa membawa buah tangan dari kampung satu ini. Anda bisa mengunjungi Kelompok Usaha Kembang Lusai, yang merupakan salah satu mitra binaan CSR Badak LNG. Di sana Anda bisa menemukan berbagai oleh oleh khas dari Selangan City. Mulai dari manisan rumput laut aneka rasa, ikan kering bawis, ikan kering ketambak, dan lain sebagainya.

Rute Menuju Lokasi Pulau Selangan

Lokasi Pulau Selangan

Image Credit: Timesindonesia.co.id

Untuk menuju lokasi wisata Kampung Terapung Anda harus menuju Pelabuhan Tanjung Laut terlebih dahulu, yang berjarak sekitar 2,1 kilometer dari pusat kota. Setelah menempuh perjalanan kurang lebih 6 menit dan tiba di pelabuhan, Anda bisa memilih untuk menyewa perahu atau speedboat untuk menuju lokasi wisata. Jika memilih menggunakan speedboat, perjalanan Anda akan memakan waktu sekitar 25 menit saja.

BACA JUGA:  Pantai Indah Teluk Kaba, Destinasi Bahari Terbaik di Kutai Timur

Sedangkan apabila Anda memilih menggunakan transportasi perahu, maka akan menghabiskan waktu kurang lebih 30 hingga 40 menit. Dimana harga sewa perahunya sendiri yaitu sekitar 350 ribu rupiah saja dengan kapasitas penumpang hingga 10 orang. Saat naik perahu, Anda akan diminta untuk menggunakan jaket pelampung yang telah disediakan. Hal ini dilakukan sebagai bentuk antisipasi bila terjadi sesuatu hal yang tidak inginkan.

Perjalanan menuju ke Pulau Selangan ini tidak akan membuat Anda bosan, karena selama di perjalanan Anda akan dimanja dengan pemandangan alam di sekitar yang begitu indah. Hawa sejuk yang menerpa wajah saat di perahu, ikan ikan yang terkadang melompat di sisi perahu, dan hutan mangrove yang berada tidak jauh dari Pulau Selangan sendiri. Dijamin membuat Anda akan terkesima dan terkagum kagum selama berada di atas perahu.

Tips Berkunjung ke Pulau Selangan Bontang

Tips ke Pulau Selangan Bontang

Image Credit: Instagram.com @selangancity

Agar perjalanan liburan Anda ke Pulau Selangan menjadi berkesan tanpa kendala, maka terdapat beberapa tips wisata yang bisa Anda perhatikan. Salah satunya yaitu siapkan uang tunai yang cukup jika Anda berkunjung kemari, karena di Kampung Terapung tersebut akan sulit untuk menemukan ATM. Jadi akan lebih baik bila Anda membawa uang tunai yang cukup untuk melakukan berbagai transaksi.

Selain itu, Anda juga sebaiknya melakukan reservasi terhadap persewaan perahu yang ada. Terlebih jika Anda berkunjung pada saat musim liburan tiba, agar Anda tidak perlu antri lama untuk menggunakan transportasi tersebut. Selama berada di Kampung Terapung, Anda juga harus selalu memperhatikan tingkah laku. Karena meski objek wisata, tempat tersebut merupakan daerah tempat tinggal warga setempat.

Jadi jangan sampai kehadiran Anda membuat penduduk tidak nyaman, ingatlah untuk selalu menjunjung sopan santun dan tidak membuang sampah sembarangan apalagi sampai mencemari laut di sana. Dengan begitu perjalanan Anda pun akan menjadi lebih menyenangkan, dan penduduk sekitar juga akan senang dengan kedatangan Anda di kampung mereka.

Pulau Selangan yang menawarkan pengalaman wisata berbeda ini menjadi salah satu destinasi yang harus Anda kunjungi, setidaknya sekali seumur hidup. Karena semua aktivitas yang ditawarkan dijamin akan menjadi sebuah kenangan yang begitu membekas, dan tidak akan pernah dapat dilupakan. Tidak hanya segudang aktivitasnya saja yang akan memanjakan Anda, tapi wisata kuliner di dalamnya pun siap menggugah selera dan menggoyang lidah.