Kalimantan Timur

Pulau Segajah, Pulau Unik Nan Eksotis di Kalimantan Timur

Lokasi: Bontang Kuala, Kec. Bontang Utara, Kota Bontang.
MapCek Lokasi

Liburan adalah obat yang manjur untuk mengatasi kepenatan karena padatnya kegiatan sehari hari. Banyaknya pulau yang ada di Indonesia, tentu bisa dijadikan pilihan untuk melepaskan penat. Namun jika anda bingung hendak berlibur kemana, anda bisa menjadikan Kalimantan Timur sebagai destinasi liburan. Pulau Kalimantan memiliki banyak sekali destinasi wisata alam yang bisa dikunjungi, salah satunya Pulai Segajah. Yuk simak keunikah Pulau Segajah ini.

Pulau Miesterius Segajah yang Muncul dan Tenggelam

Pulau Miesterius Segajah yang Muncul dan Tenggelam

Image Credit: Traveltodayindonesia.com

Dari banyaknya lokasi wisata yang berada di Kalimantan, anda harus mencoba berkunjung ke salah satu lokasi yang indah dan unik yaitu Pulau Segajah. Lokasi Pulau Segajah sendiri berada di Kota Bontang yang masih masuk dalam bagian Kalimantan Timur. Bontang sendiri memiliki panorama alam yang luar biasa dan memiliki kekayaan alam yang luar biasa.

Khusunya adanya produksi migas, batubara dan pupuk juga menjadi sektor andalan dari kota ini. Namun anda harus tahu salah satu wisata unik yang hanya bisa ditemui beberapa kali saja. Ada keindahan alam yang berbeda yang bisa anda saksikan jika anda datang berkunjung ke Pulau Segajah. Meskipun dinamakan Pulau Segajah, namun pulau ini tidak memiliki luas yang begitu besar.

Bahkan bisa dibilang pulau ini hanya memiliki luas yang sangat kecil dimana anda hanya akan menemukan gundukan pasir di tengah laut tanpa ada pohon bahkan rumah. Uniknya pulau ini akan menghilang pada malam hari dan muncul kembali pada siang hari. Muncul dan hilangnya pulau ini sendiri tidak terlepas dari pasang dan surut air laut yang terjadi.

Sehingga anda hanya bisa melihat pulau ini pada saat pagi atau sore hari saja dikala air pantai sedang surut. Namun saat anda berkunjung ke Pulau Segajah, anda tidak bisa menikmati keindahan berlama lama. Anda harus segera meninggalkan pulau ini sebelum malam menjelang, sebab jika tetap tinggal maka anda pun akan ikut tenggelam bersama dengan pulau yang terendam air pasang.

BACA JUGA:  Air Terjun Tanah Merah, Wisata Alam Memukau di Samarinda

Saat mengunjungi Pulau Segajah ini anda bis amenemukan keindahan alam yang sangat mengagumkan. Anda akan melihat pasir putih yang bersih terhampar tepat di tengah tengah air laut yang sangat jernih. Anda juga akan merasakan terpaan angin laut yang sejuk saat anda duduk bersantai di Pulau Segajah saat air laut masih surut.

Pemandangan biru sepanjang mata memandang adalah panorama alam yang sangat memanjakan mata. Anda bisa melihat luasnya lautan di depan mata sambil menikmati birunya hamparan laut ditemani similir angin di tengah tengah laut. Tentunya melihat birunya laut ini merupakan obat terbaik bagi anda yang sedang mencoba melepaskan beban kepenatan sehari hari.

Pesona Keindahan Pulau Segajah yang Memukau

Pesona Keindahan Pulau Segajah yang Memukau

Image Credit: Dream.co.id

Untuk bisa menikmati keindahan panorama Pulau Segajah, anda bisa datang pada pagi hari. Anda akan langsung disambut oleh sebuah pulau kecil berpasir putih bersih di tengah laut. Jangan lupa untuk membawa bangku bersantai, peralatan diving dan snorkeling. Bahkan anda juga bisa membawa makanan makanan lezat untuk dijadikan bekal bagi anda bersama dengan keluarga.

Saat anda menginjakkan kaki di Pulau Segajah ini, mata anda akan dimanjakan dengan keindahan birunya laut yang terhampar luas. Anda bisa bermain air sepuasanya di tempat yang terpencil ini. Bagi anda yang suka berjemur, anda bisa segera menggelar kursi atau alas tidur untuk segera merasakan kehanagatan sinar matahari serta udara yang segar.

Apalagi jika ditambah dengan segelas minuman dingin yang sudah anda siapkan, tentu akan menambah suasana berjemur semakin lengkap. Air sekitar Pulau Segajah yang masih sangat jernih membuat beberapa orang memilih untuk melakukan snorkeling atau diving. Anda bisa menemukan beragam jenis keindahan bawah air laut yang mengagumkan di Pulau Segajah.

BACA JUGA:  15 Oleh-Oleh Khas Balikpapan yang Wajib Anda Bawa Pulang

Ikan jenis clown fish yang berenang kesana kemari juga akan menemani anda untuk melakukan snorkeling dan diving. Keseruan lainnya anda bisa mengumpulakan kerang dan membawanya pulang untuk dimasak sebagai sajian makan malam. Namun anda harus tetap berhati hati, karena di sekitar pulau ini terdapat bulu babi yang sewaktu waktu bisa terinjak oleh kaki.

Tips Mengunjungi Pulau Segajah

Tips Mengunjungi Pulau Segajah

Image Credit: Ksmtour.com

Perlu diketahui jika pulau indah ini hanya akan muncul pada siang hari saat air laut surut, oleh karenanya tidak ada satupun bangunan yang berdiri di area tersebut. Anda tidak akan menemukan fasilitas penginapan bahkan rumah makan yang berdri di atas pulau kecil ini. Sehingga yang anda hanya dilakukan adalah kembali ke Bontang dan menyewa reservasi hotel di Bontang.

Ada beberapa tips yang bisa anda lakukan sebelum memutuskan untuk mengunjungi pulau unik satu ini. Agar anda bisa menikmati keindahan alam dari pulau ini, sesuaikan waktu kunjungan anda. Jangan datang terlalu pagi dan jangan pula pulang terlalu sore hari. Perkirakan dengan baik waktu air laut surut, sebab anda tidak akan bisa menemukan pulau ini ketika air pasang datang.

Tidak menutup kemungkinan jika Pulau Segajah ini memiliki suhu udara yang sangat panas. Hal ini karena letaknya yang berada tepat di garis khatulistiwa. Anda bisa menggunakan sunblock ketika anda berkunjung ke tengah pulau kecil ini untuk melindungi kulit anda. Kawasan pantai ini tidak dikelilingi oleh pohon yang bisa melindungi anda dari terpaan sinar matahari langsung yang cukup terik pada siang hari.

Mengunjungi Pulau Segajah

Image Credit: Wisatabontang.com

Agar liburan anda terasa menyenangkan, anda bisa membawa peralatan diving atau snorkeling sendiri sebab tidak ada tempat penyewaan yang bisa anda temukan. Anda juga harus berhati hati ketika melakukan kegiatan di Pulau Segajah ini, karena banyak sekali bulu babi yang bersembunyi di balik karang karang. Apabila anda tidak berhati hati, maka mungkin saja anda akan menginjak bulu babi dan mencederai anda.

BACA JUGA:  Liburan Seru Sambil Belajar Budaya di Kampung Wisata Tenun Samarinda

Anda juga harus menyiapkan beberapa makanan dan bekal sendiri karena tidak ada fasilitas akomodasi yang bisa anda temukan di Pulau Segajah ini. Selain itu jadilah pengunjung yang bertanggung jawab dengan sampah yang anda bawa. Hal ini sebagai langkah untuk menjaga lingkungan sekitar tempat wisata yang anda kunjungi.

Apabila anda benar benar tertarik merasakan keindahan yang tersimpan di Pulau Segajah, rute yang anda tempuh tidaklah sulit. Anda bisa menggunakan mobil pribadi untuk sampai di Kota Bontang, atau menggunakan kendaraan umum yakni bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP). Setelah anda mencapai Bontang maka selanjutnya anda bisa menyewa perahu untuk menuju Pulau Segajah.

Itulah ulasan mengenai panorama dan keunikan yang ada di Pulau Segajah ini. Untuk bisa menikmati keindahan dari pulau unik ini, anda harus berkunjung di waktu waktu yang tepat. Hal ini karena Pulau Segajah adalah pulau yang muncul pada siang hari dan tenggelam pada malam hari. Anda juga bisa melakukan banyak aktivitas di pulau kecil ini seperti diving, mencari karang, bermain pasir, atau sekedar berjemur sambil menikmati birunya air laut yang luas.