Kalimantan Barat

Pulau Randayan, Pulau Kecil Berpasir Putih di Kalimantan Barat

Lokasi: Kab. Bengkayang, Kalimantan Barat.
MapCek Lokasi

Menghabiskan waktu liburan di pulau yang indah adalah salah satu cara yang bisa untuk Anda lakukan untuk melepas penat. Untuk itu, bagi Anda yang ingin mengunjungi salah satu pulau, maka Pulau Randayan yang berada di Kalimantan Barat dapat menjadi salah satu alternatif yang bisa untuk Anda pilih. Penasaran tentang keindahan pulau kecil satu ini? Berikut ini akan dikulik tentang keindahan pulau yang ada di Kalimantan ini.

Mengenal Lebih Jauh Pulau Randayan

Mengenal Lebih Jauh Pulau Randayan

Image Credit: Indonesiakaya.com

Jika Anda mencari salah satu surga yang ada di Kalimantan Barat, maka jawabannya adalah Pulau Randayan. Sebuah pulau sepi yang berada di barat pulau Kalimantan ini memiliki pemandangan eksotis yang akan sayang sekali untuk Anda lewatkan. Tak hanya itu saja, ketika Anda menginjakkan kaki ke pulau satu ini, maka Anda pun akan langsung disambut dengan pasir putih lembut yang akan membuat Anda terpikat.

Untuk itu, bagi Anda yang ingin berlibur dengan suasana tenang maka Pulau Randayan dapat menjadi salah satu destinasi yang bisa untuk Anda kunjungi. Pasalnya, ketika berada disini maka Anda pun akan merasakan sensasi layaknya berada di pulau pribadi. Hal ini dikarenakan pulau satu ini cukup sepi dan tenang. Sehingga akan menjadi salah satu tempat yang cocok bagi Anda yang tidak suka dengan kebisingan.

Pulau satu ini memiliki luas tutupan untuk karang hidup yakni sekitar 4,50 hektar dan juga karang mati sekitar 3,69 hektar. Tak hanya itu saja, untuk luas dari pasirnya sendiri, Pulau Randayan memiliki luas yakni sekitar 4,77 hektar dan juga lamun yakni seluas 0,63 hektar. Dengan kondisi alam tersebut, maka pulau satu ini akan menjadi salah satu lokasi yang tepat bagi Anda yang menyukai olahraga snorkeling dan juga diving.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Kayong Utara Terbaru & Terhits Dikunjungi

Hal ini dikarenakan Anda nantinya akan lebih leluasa untuk menjelajahi dunia bawah laut yang pastinya akan memukau. Untuk itu, bagi Anda yang bingung mencari salah satu lokasi snorkeling terbaik saat berada di Kalimantan Barat maka Pulau Randayan dapat menjadi salah satu jawaban untuk anda. Disini, Anda bisa menghabiskan waktu untuk mengeksplor keindahan bawah laut yang sangat eksotis.

Cara Menuju Lokasi Wisata Pulau Randayan

Cara Menuju Lokasi Wisata Pulau Randayan

Image Credit: IndonesiaKaya.com

Bagi Anda yang ingin menuju ke lokasi wisata satu ini, maka Anda pun bisa melakukan perjalanan melalui kota Pontianak. Disini nantinya Anda bisa untuk memilih jalur Teluk Suak. Sedangkan untuk perjalanannya sendiri, maka Anda pun akan membutuhkan waktu yakni sekitar 2,5 jam dengan memiliki jarak tempuh yakni sekitar 115 kilometer.

Selanjutnya, teluk yang berada sekitar 32 kilometer dari Kota Singkawang ini, maka Anda pun bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan speedboat. Dimana untuk tarif pulang dan perginya mulai dari harga yakni sekitar 150 ribu rupiah. Ada pula alternatif lain yang bisa Anda pilih untuk bisa menuju ke destinasi wisata pulau pribadi ini.

Wisatawan pun juga bisa dengan menggunakan perahu motor atau kapal khusus, jika tidak ingin menggunakan speedboat untuk bisa sampai ke lokasi satu ini. Namun, untuk menggunakan alternatif kendaaran tersebut, maka pengunjung haruslah berangkat dari area Pasir Panjang. Untuk tarifnya sendiri pun cukup terjangkau, dengan perahu motor maka Anda hanya perlu mengeluarkan kocek sekitar 30 ribu rupiah saja.

Sedangkan untuk Anda yang ingin memilih untuk menggunakan perahu khusus, maka harga yang perlu untuk Anda keluarkan yakni mulai dari 100 ribu rupiah untuk pulang dan pergi. Sehingga bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu di pulau satu ini, maka Anda pun bisa memilih jenis alternatif kendaraan yang Anda sukai. Dan tentu saja yang sesuai dengan budget yang Anda miliki.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Landak Terbaru dan Terhits Dikunjungi

Daya Tarik Wisata dari Pulau Randayan

Daya Tarik Wisata dari Pulau Randayan

Image Credit: Sitimustiani.com

Disini, Anda pun nantinya akan bisa menikmati suasana alam yang bebas. Pasalnya, ketika Anda berada di Pulau Randayan ini juga tersedia fasilitas berupa camping ground. Sehingga nantinya Anda pun bisa berkemah bersama dengan keluarga maupun sahabat anda. Fasilitas satu ini tersedia di sekitar pulau, nantinya Anda pun bisa melakukan camping sekaligus pesta barbeque di tempat satu ini.

Selain itu, bagi Anda yang ingin hanya sekedar berbaring, pastinya juga bisa untuk Anda lakukan di tempat ini. Apalagi ketika malam hari, langit di Pulau Randayan ini akan bertaburan bintang. Dengan memiliki lokasi yang jauh dari keramaian, maka nantinya di pulau satu ini maka Anda pun akan bisa menikmati malam yang indah dan sangat cantik.

Pulau satu ini memang lah pulau yang khusus dikelola untuk kepentingan pariwisata. Sehingga tak heran, berwisata ke tempat satu ini maka akan sangat tenang dan juga terkontrol. Untuk itu, pulau satu ini menjadi salah satu pulau yang pas bagi Anda yang ingin untuk menenangkan diri dan jauh dari keramaian kota.

Tak hanya untuk berkemah saja, di tempat ini Anda pun juga bisa untuk mencoba olahraga hiking. Pasalnya, bukit yang berada di tengah pulau ini akan bisa untuk Anda daki. Meskipun tidak terlalu tinggi, namun bukit tersebut dapat membantu Anda untuk berolahraga dan berkeringat. Sehingga nantinya Anda pun juga bisa untuk menikmati pemandangan dari atas bukit yang sangat indah.

Wisata dari Pulau Randayan

Image Credit: Sites.google.com

Setelah puas hiking, maka Anda pun bisa menjelajahi pulau dengan berjalan di pasir putih yang lembut dan sebagian berbatu ini. Dengan adanya kombinasi dari pohon kelapa, pasir yang putih dan juga suara ombak maka hal ini tentu saja akan memberikan efek yang menenangkan bagi anda. Bahkan, jika Anda ke pulau satu ini bersama pasangan anda, maka hal tersebut akan bisa menimbulkan suasana yang romantis.

BACA JUGA:  Pantai Pasir Panjang, Destinasi Wisata Favorit di Singkawang

Disini Anda pun bisa menyelam untuk menikmati keindahan bawah lautnya. Di Pulau Randayan, maka Anda pun juga akan bisa untuk melihat banyaknya terumbu karang yang memiliki bentuk unik. Untuk itu, bagi Anda yang memiliki hobi snorkeling dan diving, maka Anda pun wajib untuk menyelam ketika sedang berada di Pulau Randayan.

Pasalnya, keindahan alam bawah laut yang disuguhkan di pulau ini pun akan membuat Anda terpikat. Terlebih lagi, airnya yang jernih dan tidak terlalu dalam akan memudahkan Anda untuk melihat lebih dekat isi dan keindahan dari wisata alam bawah laut yang dihadirkan di pulau satu ini. Dengan menyelam, maka Anda pun bisa melihat indahnya biota laut yang berwarna warni dan membuat Anda takjub tersebut.

Pulau mungil yang menawarkan berbagai macam aktifitas bahari ini merupakan salah satu pulau yang bisa untuk Anda kunjungi. Terutama bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu luang di pulau yang indah dan juga sepi ini. Untuk itu, tak ada salahnya untuk pergi berlibur mengunjungi pantai satu ini di waktu akhir pekan anda. Pastinya Anda pun akan ketagihan dan ingin kembali ke pulau yang menawan ini.