Kalimantan Barat

Pulau Randayan, Pulau Cantik Nan Eksotis di Kalimantan Barat

Lokasi: Kab. Bengkayang, Kalimantan Barat.
MapCek Lokasi

Pulau Randayan memiliki pesona alam yang sangat luar biasa. Pasir pantainya yang putih dan air laut yang jernih membuat pengunjung betah berlama-lama di tempat ini. Luas pulau ini hanya sekitar 4,5 hektar saja namun pesona alamnya, jangan diragukan lagi. Banyak pohon hijau nan rindang yang ada di sekitar pantai. Keindahan pulau ini tidak hanya terlihat dari pantainya saja. Masih ada sungai dan air terjun mini yang ada di Randayan.

Apabila Anda masuk ke bagian dalam pulau, ada beberapa spot indah yang bisa dijadikan lokasi syuting. Ada juga beberapa tempat khusus yang sering dijadikan spot untuk berfoto. Alamnya yang masih perawan, membuat daya Tarik tersendiri bagi para pengunjung. Mereka yang suka dengan wisata alam pasti akan menjadikan Pulau Randayan ini sebagai tempat tujuan.

Pulau tak berpenghuni ini juga memiliki kesejukan alami yang dapat menghilangkan penat dan stress. Bagi Anda yang ingin tenang dan damai bisa bermalam di pulau ini bersama orang tercinta. Suara hewan pada malam hari memberi makna tersendiri bagi para pengunjung yang bermalam. Nuansa yang berbeda jika dibandingkan dengan suasana kota malam.

Letaknya yang jauh dari kota membuat pulau ini makin menunjukkan kualitas alam yang sesungguhnya. Hutan kecil yang rimbun, pasir pantai yang putih bersih dan air laut yang bening akan membuat otak menjadi tenang dan hanyut. Keindahan alam yang penuh dengan sejuta panorama indah perlu diabadikan dengan moment yang indah bersama teman atau keluarga. Anda pasti tidak akan bosan berada di pulau cantik ini. Tiap jepretan dari kamera tentu akan menghasilkan visual yang memukau. Mereka yang melihat foto Anda di lokasi ini pasti iri sehingga ingin berlibur ke Pulau Randayan ini. Coba saja buktikan.

BACA JUGA:  Danau Laet, Destinasi Wisata Terbaik di Kalimantan Barat

Pulau Randayan Surganya Pecinta Alam

Pulau Randayan Surganya Pecinta Alam

Image Credit: IndonesiaKaya.com

Bagi Anda yang suka dengan alam dan sering melakukan pendakian bisa juga menikmati gunung di pulau ini. Sebuah gunung kecil yang terletak di tengah Pulau Randayan bisa dijadikan lokasi yang pas untuk hiking. Bukitnya tidak terlalu tinggi, namun ketika berada di atas banyak pemandangan menarik yang bisa Anda nikmati. Hamparan laut biru dan permadani hijau disambut dengan pasir putih yang merayu makin menunjukkan pemandangan pulau yang indah.

Para pecinta alam ini juga dapat menyalakan api unggun pada malam hari di bukit Pulau Randayan ini. Suasana alam pada malam hati tentu akan berbeda dengan siang hari. Menggunakan teropong di bukit kecil ini juga bisa dijadikan moment yang berkesan. Anda bisa menikmati lampu malam dari jarak jauh. Dan sekaligus bisa melihat bintang dari arah yang pas.

Camping Ground yang Tepat

Camping Ground yang Tepat

Image Credit: Inspirock.com

Pulau Randayan juga menyediakan lokasi khusus untuk camping. Bagi Anda yang ingin sedikit berhemat bisa juga memanfaatkan camping ini untuk menghemat biaya sewa kamar. Apabila tidak musim hujan maka camping dekat pantai atau dekat hutan bisa jadi alternatif pilihan yang pas. Selain bisa lebih dekat dengan alam, Anda bisa sekalian bermanja dengan teman. Menyalakan api unggun, bernyanyi bersama, saling bercerita atau melakukan permainan tebak kata bisa menjadi hiburan yang menyenangkan.

Berkemah tidak hanya untuk anak sekolah. Bagi Anda yang sudah bekerja pun bisa melakukan kegiatan ini bersama teman kantor. Alam tidak hanya mengajarkan mengenai arti keindahan, namun juga pelajaran penting seperti berbagi dan sabar. Kedua hal tersebut bisa muncul dengan jujur saat di alam. Itulah mengapa ada juga sebuah perusahaan yang merekrut anak buah dengan salah satu test di alam. Mungkin bisa dengan berkemah atau outbond.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Bengkayang Terbaru & Terhits Dikunjungi

Berwisata sambil meeting juga bisa mengubah situasi dan kondisi tertentu. Bisa jadi saat berada di alam bebas otak akan bekerja lebih sehingga banyak ide baru dalam pekerjaan. Suasana kerja nanti saat kembali ke kantor juga bisa lebih kondusif mengingat beragam kegiatan yang sudah dilakukan bersama saat camping. Acara camping kantor atau sekolah bisa sangat pas dilakukan di pulau ini.

Fasilitas yang Ada di Pulau Randayan

Fasilitas yang Ada di Pulau Randayan

Image Credit: Indonesiakaya.com

Destinasi wisata yang satu ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Anda bisa melakukan beragam aktivitas yang sehat dan menyenangkan. Misalnya memancing, berenang, snorkeling dan berjemur. Airnya yang bersih dan jernih membuat sensasi yang berbeda saat berada di dalam air. Anda bisa melihat indahnya bawah laut yang penuh dengan ikan dan terumbu karang.

Aneka bebatuan yang ada di bibir pantai bisa dijadikan tempat pas untuk memancing. Selain ombaknya yang tenang, ikan yang ada di air juga mudah melihat kail umpan. Tidak butuh waktu lama Anda sudah pasti mendapat ikan segar yang lezat untuk dimasak. Setelah asik memancing, Anda bisa pesta barbeque atau bakar ikan di pinggir pantai. Tentu akan seru dan menyenangkan.

Fasilitas umum seperti toilet dan pemandian umum juga terjaga dengan bersih.meski pulau ini jauh dari kota namun perawatan di pulau ini cukup baik sehingga Anda tidak perlu khawatir mengenai kebersihan. Anda juga bisa menyewa peralatan menyelam dan snorkeling. Seharian menyelam dengan ban donat juga tersedia cukup banyak. Jadi bagi Anda yang tidak bisa berenang pun bisa menikmati air laut layaknya orang yang pandai berenang.

Lokasi & Cara Menuju Pulau Randayan

Lokasi & Cara Menuju Pulau Randayan

Image Credit: Panduanwisata.id

Pulau Randayan terletak di sebelah utara daerah pesisir Kalimantan Barat, tepatnya di Kabupaten Bengkayang. Ini adalah salah satu kabupaten yang masih masuk wilayah Kalimantan Barat. Pulau kecil yang agak jauh dari Pontianak.

BACA JUGA:  Pantai Temajuk Sambas, Keindahan Alam Menakjubkan di Kalimantan

Pulau nan eksotis ini merupakan salah satu pulau yang terdapat di Kepulauan Lemukutan Besar. Letaknya berada di antara Laut Cina Selatan dan bagian timur Pulau Kalimantan.

Untuk sampai ke pulau ini ada beberapa alternatif yang bisa Anda gunakan. Pertama, bisa melalui jalur Teluk Suak. Dari Pontianak menuju ke Teluk Suak ini butuh waktu sekitar 2,5 jam. Apabila dari arah Kota Singkawang butuh waktu sekitar 1 jam karena jaraknya hanya 32 km saja. Melalui Teluk Suak ini silakan saja naik kapal boat dengan biaya pulang pergi Rp. 150.000,-

Jalan lain menuju Pulau ini bisa melalui wilayah Pasir Panjang dengan kapal khusus. Tarif yang dikeluarkan lebih murah yakni sekitar Rp. 100.000,- pulang pergi. Ada lagi tarif yang lebih murah dengan menggunakan perahu motor, Anda hanya perlu membayar Rp. 30.000,- saja sudah untuk tarif pulang pergi.

Lokasi wisata yang buka 24 jam ini hanya mematok harga tiket masuk sebesar Rp. 20.000,- Dengan biaya yang terjangkau, pulau ini cukup memberikan beragam kemudahan seperti akses yang mudah dan lengkap. Anda bisa naik mobil pribadi atau dengan motor. Kemudian sampai di Teluk Suak atau Pasir Panjang bisa melanjutkan jalur air. Mobil dan motor bisa ditaruh di tempat penitipan dengan aman.