Kalimantan Barat

Pulau Lemukutan, Surga Tersembunyi di Kalimantan Barat

Lokasi: Pulau Lemukutan, Kec. Sungai Raya Kepulauan, Kab. Bengkayang.
MapCek Lokasi

Pulau Kalimantan memiliki banyak sekali surga tersembunyi yang masih jarang diketahui oleh wisatawan. Bagi Anda yang tengah berjalan-jalan di Kalimantan Barat, tak ada salahnya untuk mengunjungi Pulau Lemukutan. Wisata bahari ini berada di sekitar Pontianak dan memiliki daya tarik yang berbeda dengan daya tarik tempat wisata lainnya. Yuk simak keseruan bermain di Pulau Lumukutan yang masih terjaga keindahan alam dan kebudayaan warga lokalnya.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Lemukutan

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Lemukutan

Image Credit: Sites.google.com (Uasdolansek17)

Nama Pulau Lemukutan berasal dari cerita rakyat setempat yang mengatakan bahwa pulau ini mirip dengan seekor lembu. Kondisi hutan tropis yang masih sangat dijaga oleh masyarakat setempat ini menjadikannya lokasi yang begitu cantik dan alami. Saat Anda datang ke pulau ini, Anda akan disambut dengan air laut yang jernih nan indah. Ditambah pesona pantai yang masih alami dan kehangatan dari masyarakat desa setempat.

Udara yang masih segar dan jauh dari keriuhan kota menjadi nilai tambah dari Pulau Lemukutan ini. Pulau Lemukutan sendiri sangat terkenal dengan keindahan bawah laut yag dimilikinya. Tak banyak yang menyangka jika di tengah pualu yang khas dengan lahan gambutnya justru menyimpan surga yang begitu menakjubkan. Anda bisa melakukan banyak aktivitas seru saat berkunjung ke pulau ini.

Saat berkunjung ke Pulau Lemukutan, banyak sekali wisatawan yang melakukan aktivitas diving. Pesona bawah lau Pulau Lemukutan ternyata menyimpan surga yang memanjakan para pengunjungunya. Anda bisa mencoba berunjung ke spot Bungaron yang merupakan tempat terbaik untuk menikmati keindahan terumbu karang dari Pulau Lemukutan. Spot ini merupakan salah satu titik di Pulau Lemukutan yang memiliki pemandanan bawah laut yang paling epik.

BACA JUGA:  10 Wisata Pantai di Pontianak Lagi Hits Dikunjungi

Di spot inilah banyak sekali wisatawan yang melakukan snorkeling untuk menyapa secara langsung kekayaan alam Kalimantan Barat. Deretan terumbu karang dan ratusan ikan nemo berwarna warni akan menemani Anda melakukan snorkeling. Jangan lupa untuk membawa kamera underwater karena banyak sekali spot foto yang harus diabadikan keindahannya dan sayang untuk dilewatkan.

Apabila Anda takut beranang atau takut masuk ke dalam air, Anda bisa menyaksikan keindahan terumbu karang tanpa harus menyelam ke bawah. Hal ini karena airnya yang jernih dan bersih, membuat pemandangan laut di titik Bungaron bisa dinikmati dari atas perahu. Anda tidak perlu repot repot terjun air untuk menikmati pemandangan bawah laut yang begitu mempesona tersebut.

Daya Tarik Pulau Lemukutan

Image Credit: Bombasticborneo.com

Tak hanya bisa dinikamti dengan snorkeling, Pulau Lemukutan juga bisa dinikmati dengan cara bermain kano. Selain bisa melatih kekuatan fisik, bermain kano juga bisa menyegarkan mata dengan menikmati pemandangan yang ada di sekitar. Para wisatawan akan disuguhkan dengan pemandangan yang luar biasa indah saat bermain kano dan berkeliling di sekitaran pulau.

Meskipun memiliki pesona wisata alam yang menggiurkan, namun sayangnya pulau ini belum didukung akomodasi yang memadai. Hal ini terbukti dari minimnya fasilitas aknomodasi penginapan ataupun hotel. Namun hal ini justru akan memberikan kesempatan emas bagi para wisatawan untuk bisa hidup berbaur dengan masyarakat lokal Pulau Lemukutan. Para wisatawan akan menginap di rumah rumah warga lokal setempat.

Dengan begitu para wisatawan ini akan merasa lebih dekat bahkan merasakan langsung bagaimana menjadi warga lokal Pulau Lemukutan yang sesungguhnya. Anda akan merasakan momen makan bersama, mengobrol dan berbagi cerita dengan warga setempat. Sehingga Anda akan memiliki pengalaman yang berbeda saat Anda berkunjung ke Pulau Lemukutan.

BACA JUGA:  10 Mall di Pontianak yang Wajib Anda Kunjungi

Karena kedekatan dengan penduduk lokal, maka jamuan makan malam pun akan dilakukan bersama sama. Tak heran jika rasa keakraban akan jelas terasa saat Anda berkunjung ke Pulau Lemukutan baik dengan warga setempat dan wisatawan. Pada malam harinya para wisatwan ini akan diajak untuk menghabiskan malam sambil bakar ikan di tepian laut. Lebih serunya lagi akan ada momen menyalakan api unggun dan bermaain musik bersama sahabat dan keluarga.

Anda bisa berkumpul bersama dengan warga setempat dengan suasana yang jauh dari kebisingan dan hanya terdengar suara deburan ombak saja. Rasa keakraban akan jelas terasa sambil menikmati hidanga seafood yang dimasak dengan cara tradisional. Dijamin Anda akan memiliki liburan yang mengesankan saat Anda berkunjung ke Pulau Lemukutan.

Pada pagi atau sore hari Anda bisa menyaksikan keindahan matahari terbit dan tenggelam di Pulau Lemukutan. Pemandangan ini akan disajikan dengan suasana yang begitu hangat nan cantik. Anda bisa duduk santai di dermaga sambil menghantarkan matahari kembali ke peraduannya setelah seharian beredar. Tentunya hal ini merupakan momen terindah dan super romantis yang bisa dinikmati bersama dengan pasangan anda.

Area dermaga ini biasanya juga akan dimanfaatkan oleh wisatawan untuk berfoto. Biasanya latar belakang matahari tenggelam ini adalah primadona bagi para wisatawan yang datang berkunjung. Ada dua angle foto yang bisa diambil, pertama berlatar belakang bukit hijau di daratan atau di dermaga dengan latar belakang lautan lepas. Keduannya sama sama indah bukan ?

Rute, Fasilitas & Biaya Wisata ke Pulau Lemukutan

Rute, Fasilitas & Biaya Wisata ke Pulau Lemukutan

Image Credit: Beebalqis.com

Untuk bisa sampai di pulau ini Anda harus menaiki kapal yang biasa disebut dengan motor di dermaga Teluk Suak, Karimuntung, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat. Jarak tempuhnya pun bisa mencapai kurang lebih satu jam lamannya Selama perjalanan menuju kapal Anda akan disuguhi hamparan laut yang indah dan memanjakan mata.

BACA JUGA:  15 Oleh-Oleh Khas Pontianak yang Wajib Anda Bawa Pulang

Karena terbilang masih jarang dikunjungi oleh para wisatawan, Pulau Lemukutan masih minim fasilitas. Apabila Anda ingin melakukan snorkeling alangkah baiknya Anda menyiapkan alat dari titik keberangkatan. Minimnya fasilitas membuat para pengunjung Pulau Lemukutan harus membawa sendiri peralatannya. Apabila Anda tidak ingin repot, Anda bisa menggunakan jasa tour operator sehingga Anda tidak perlu pusing memikirkan peralatan.

Selain itu daerah ini masih terbilang minim komunikasi seluler, listrik di penginapan hanya akan menyala pada saat malam saja. Hal ini sengaja dilakukan oleh pihak pengelola penginapan sebagai bentuk penghemtan dan semangat ramah lingkungan di Pulau Lemukutuan. Para wisatawan bisa menikmati liburan bersama sama dengan orang terdekat.

Fasilitas & Biaya Wisata ke Pulau Lemukutan

Image Credit: Rumahkomunitas.com

Agar Anda bisa berbaur dengan baik dengan warga lokal Pulau Lemukutan, wisatawan sebaiknya bersikap ramah pada warga. Alangkah baiknya Anda mengikuti adat dan peraturan yang berlaku di Pulau Lemukutan tersebut. Hormatilah adat masyarakat setempat sehingga para warga pun akan menghargai anda.

Untuk bisa menikmati liburan di Pulau Lemukutan, Anda bisa menggunakan paket liburan Pulau Lemukutan untuk mendaptkan harga yang murah di kantong. Biasanya paket liburan ini akan dibandrol dengan harga sekitar Rp. 350.000.- per orang. Anda bisa mengajak teman, keluarga ataupun kekasih untuk menikmati keindahan Pulau Lemukutan.

Itulah beberapa ulasan menarik mengenai Pulau Lemukutan yang memiliki pesona alam yang luar biasa indah. Melepaskan penat di pulau ini tentu akan terasa semakin sempurna jika berkunjung bersama orang orang tersayang. Anda bisa melakukan banyak kegiatan mulai dari snorkeling, bermain kano, atau sekedar membakar ikan bersama sama warga setempat. Liburan Anda pun akan menyenangkan dan tak terlupakan.