Kalimantan Timur

Pulau Beras Basah, Pulau Nan Eksotis Andalan Kalimantan Timur

Lokasi: Bontang Lestari, Kec. Bontang Selatan, Kota Bontang
MapCek Lokasi

Selain pulaunya yang besar, Kalimantan juga memiliki segudang wisata alam yang sangat layak untuk dikunjungi. Banyak dari tempat wisata alam yang ada di Kaliamantan yang masih alami dan tidak banyak pengunjung, salah satunya adalah Pulau Beras Basah. Destinasi wisata ini merupakan pulau kecil yang berlokasi di Selat Makassar Timur dan berada di bawah pemerintah Kota Bontang. Yuk simak keindahan alam Pulau Besar Basah yang mempesona berikut.

Pesona Alam Pulau Beras Basah yang Masih Alami

Pesona Alam Pulau Beras Basah

Image Credit: Backpackertroopers.com

Nama beras basah sendiri menurut warga memiliki dua kata yaitu beras dan basah. Konon katanya terdapat kapal milik Kesultanan Kutai yang sedang berlayar di Selat Makassar. Kapal tersebut membawa bahan pangan, salah satunya adalah beras. Namun kapal tersebut tiba tiba saja karam dan menumpahkan semua bawaannya.

Lokasi jatuhnya bahan pangan tersebut tepat di perairan yang dangkal, maka tumpahan beras tersebut tidak tenggelam. Melainkan muncul hampir menyerupai gundukan, lama kelamaan gundukan ini pun berubah menjadi pulau kecil. Pulau kecil ini kemudian berubah menjadi pulau berpasir putih seperti beras yang selalu basah karena dikelilingi oleh lautan.

Pesona kecantikan inilah yang kemudian membuat pulau ini mendapatkan sebutan Pulau Beras Basah oleh warga setempat. Pulau ini memiliki pesona di bawah laut yang sangat fantastis dan akan memanjakan mata pengunjung. Airnya yang jernih, ombak yang tenang dan pasir putih yang lembut menjadikannya tempat yang cocok untuk dijadikan tempat menenangkan fikiran.

Barisan terumbu karang di bawah laut juga terlihat berjejer cantik dengan hiasan aneka biota laut yang berwarna warni. Sehingga membuat pulau ini asyik untuk dijadikan tempat snorkeling. Anda juga akan menemui koral cangkokan yang sengaja ditanam oleh Pemerintah Kota Bontang saat Anda menyelam ke bawah laut.

BACA JUGA:  Mengintip Keindahan Alam Danau Biru Singkawang yang Memukau

Tak hanya terumbu karangnya yang bagus dan mempesona, Anda juga akan menemui beragam ikan hias yang berenang di sela sela koral. Para pengunjung yang melakukan snorkeling bisa melihat pemandangan ikan dan terumbu karang yang mempesona tersebut. Nelayan bahkan menjual air air tawar bagi para wisatawan yang ingin membilas badan setelah berenang.

Image Credit: Beritagar.id

Di sisi kiri pulau, Anda juga akan menemukan mercusuar yang berfungsi sebagai tiang lampu yang akan memberikan cahaya pada nelayan di malam hari. Bagi warga setempat sendiri, Pulau Beras Basah adalah tempat wisata yang dekat dan menjadi surga liburan yang murah. Pantainya yang tenang dan memiliki pasir seputih beras membuatnya semakin mempesona.

Biasannya saat berlibur ke pantai beberapa orangtua akan sedikit takut dengan ombaknya yang cukup besar. Apalagi jika membawa anak anak ke pantai, tentu ada kekhawatiran tersendiri bagi orang tua. Namun Anda tidak perlu khawatir jika mengunjungi Pantai Beras Basah. Pasalnya pantai ini memiliki ombak yang cukup tnang dan memiliki garis pantai yang landai sehingga aman untuk bermain anak.

Anda bisa mencoba permainan banana boat yang akan mengajak Anda untuk melihat seisi pantai. Para orangtua bahkan bisa saling bergantian menjaga anak dan bermain banana boat ini. Anda bisa membayar sekitar 25 ribu rupiah untuk bisa menjajal permainan ini. Yang tak kalah seru Anda bahkan bisa menikmati kelapa muda gratis dengan syarat ambil dari pohon sendiri. Bagaimana cukup seru bukan?

Tips Berkunjung ke Pulau Beras Basah

Tips Berkunjung ke Pulau Beras Basah

Image Credit: Twisata.com

Apabila Anda ingin berkunjung ke pulau ini, ada beberapa hal penting yang harus Anda pertimbangkan saat hendak ke Pulau Beras Basah. Apabila Anda berlibur sendiri ke pulau ini maka sebaiknya datang pada hari libur atau hari minggu. Hal ini bertujuan agar wisatawan yang datang berkunjung bisa membayar harga sewa kapal dengan harga yang murah.

BACA JUGA:  Liburan Seru Sambil Belajar Budaya di Kampung Wisata Tenun Samarinda

Saat Anda berkunjung sendirian, Anda harus membayar harga kapal yang mahal untuk bisa sampai di pulau seberang. Oleh karenanya sangat disarankan untuk datang pada hari hari libur saat akan pergi ke Pulau Beras Basah. Selain itu sebelum Anda hendak menyebarang, coba diskusikan untuk biaya sewa kapal agar budget traveling tidak mengembung.

Menyaksikan pemandangan matahari terbit dan tenggelam di Pulau Beras Basah tentu akan sangat mengasyikkan. Matahari yang tenggelam bersama dengan pantai yang masih sepi dan asri ditambah pemandangan pasir putih yang tiada duanya. Sehingga tak heran jika banyak sekali wisatawan yang ingin menginap di pantai untuk menyaksikan keindahan panorama matahari terbit dan tenggelam.

Apabila Anda ingin menginap di Pulau Beras Basah alangkah baiknya Anda membawa peralatan camping. Hal ini karena Pulau Beras Basah belum dilengkapi dengan penginapan, sehingga mengharuskan wisatawan untuk membawa tenda, sleeping bag, senter dan lain sebagainya. Apabila Anda tidak ingin repot, Anda bisa memanfaatkan gazebo yang ada di tepian pantai.

Anda bisa menjadwalkan kegiatan Anda sebelum sampai di Pulau Beras Basah, seperti snorkeling, naik banana boat, atau sekedar duduk sambil menikmati es kelapa muda. Sebaiknya lakukan perhitungan terkait pengeluaran dengan matang sehingga Anda bisa berlibur dengan bagdet yang ramah di kantong. Jika perlu ajak teman atau kaluarga untuk mengunjungi wisata Pulau Beras Basah yang mempesona tersebut.

Selalu pastikan jika Anda membawa persediaan makanan dan minuman yang cukup saat berkunjung ke pantai ini. Hal ini bertujuan untuk menghemat biaya pengeluaran Anda saat berlibur. Apabila Anda berencana menginap Anda bisa membawa tenda dan juga makanan camilan untuk disantap sambil menikmati pemandangan pantai yang mempesona.

BACA JUGA:  Pantai Lamaru, Objek Wisata Berpagar Cemara di Balikpapan

Rute dan Harga Tiket Masuk Pulau Beras Basah

Rute dan Harga Tiket Masuk Pulau Beras Basah

Image Credit: Twisata.com

Untuk bisa mencapai wisata Pulau Beras Basah pengunjung harus naik kapal atau speed boat. Akses yang paling cepat untuk bisa mencapai pulau ini adalah melalui dermaga Badak NGL, apabila Anda menggunakan speed boat maka akan memakan waktu sekitar 15 menit saja. Akses lainnya adalah melalui Dermaga Limau dan Dermaga Tanjung Laut.

Dari dermaga ini akan akan menghabiskan waktu sekitar satu jam dengan menggunakan kapal kecil bermesin untuk sampai di lokasi. Biaya untuk penyebarangan ini biasanya dibandrol dengan harga sekitar 400 hingga 600 ribu rupiah untuk pulang perginya. Untuk menyiasatinya Anda bisa bergabung dengan teman teman yang lain agar ongkos penyeberangan jauh lebih murah.

Harga tiket masuk Pulau Beras Basah ini sekitar 50 ribu rupiah untuk setiap pengunjung. Pantai ini juga beroperasi setiap hari senin hingga sabtu, sementara untuk hari minggu sendiri libur. Anda bisa berkunjung ke pulau ini selama 24 jam lamanya untuk bisa menikmati keindahan dan keseruan bermain air dan pasir di Pulau Beras Basah.

Itulah ulasan singkat mengenai Pulau Beras Basah yang masih murni dan jarang orang ketahui. Anda bisa berkunjung ke pulau ini bersama dengan keluarga atau orang terdekat. Anda bisa bermain pasir, bermain air ombak yang jernih, snorkeling atau bermain banana boats. Keseruan akan semakin lengkap jika Anda berencana untuk menginap di Pulau Beras Basah untuk menikmati sunset dan sunrise. Bagaimana seru bukan?