Kalimantan Timur

Planetarium Jagad Raya, Rumah Alam Semesta Tenggarong

Destinasi edukasi bumi dan planet tengah populer. Planetarium Jagad Raya, salah satu wisata edukasi di Tenggarong yang memungkinkan pengunjung untuk mengenal berbagai objek langit dan bumi.

Lokasi: Jl. Diponegoro, Panji, Kec. Tenggarong, Kab. Kutai Kartanegara.
Map: Cek Lokasi

Tenggarong, Kalimantan Timur tak hanya menyimpan destinasi wisata alam pantai atau gunung yang menakjubkan. Nyatanya, kota tersebut juga memiliki objek wisata edukasi yang dapat menambah pengetahuan siapa saja yang mengunjunginya. Salah satu destinasi tersebut ialah Planetarium Jagad Raya. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.

Daya Tarik yang Ditawarkan Planetarium Tenggarong

Daya Tarik Planetarium Tenggarong

Image Credit: Wikimedia.org

Kota Tenggarong memiliki salah satu wisata pendidikan yang mampu mengedukasi siapa saja mengenai bumi dan angkasa. Ketika mengunjungi wisata tersebut, Anda akan disuguhkan dengan bangunan berkonsep ruang angkasa. Di bagian depan, Anda akan melihat Taman Tata Surya yang merupakan replika dari delapan planet beserta susunan dan lintas orbitnya.

Di lokasi lain, terdapat ruangan khusus yang difungsikan sebagai area pemutaran film edukasi 3D tanpa kaca mata yang menjadi daya tarik Planetarium Jagad Raya. Melalui proyektor berbentuk kubah yang menampilkan cuplikan film benda langit dengan format pertunjukan yang sangat atraktif. Di sekitaran lokasi, Anda juga akan menemukan berbagai ornamen ruang angkasa.

Planetarium ini dilengkapi dengan teknologi proyektor bintang Sky Master ZKP-3 yang diproduksi oleh Jerman. Penggunaan teknologi tersebut bertujuan untuk menghasilkan kualitas gambar jernih dengan tampilan warna cerah. Selain proyektor utama, ada pula sembilan proyektor lain yang diantaranya memiliki kemampuan allsky projection yang menakjubkan.

Selain ruangan pertunjukan simulasi langit, Planetarium Jagad Raya juga memiliki ruangan pameran khusus yang berisikan 52 poster mengenai objek tata surya, galaksi, serta seluruh alam semesta. Biasanya, saat Bulan Ramadhan tiba Planetarium ini digunakan sebagai area pengamatan hilal dan syawal bersama Observatorium Bosscha.

Daya Tarik Planetarium

Image Credit: Liputan6.com

Tak hanya itu, destinasi wisata edukasi juga memiliki salah satu ruang pertunjukan yang menampilkan banyak hal yang berhubungan dengan bumi dan ruang angkasa. Biasanya, ketika pertunjukan akan dimulai banyak tangisan anak anak yang kemungkinan takut terhadap kegelapan. Namun suara tersebut akan sirna ketika mereka dilihatkan panorama bintang bertaburan di layar.

Seiring berjalannya pertunjukkan, anak anak akan mulai menikmati suasana menjelajah luar angkasa dengan gembira. Hal inilah yang menjadi alasan Planetarium Jagad Raya menjadi destinasi wisata keluarga yang sangat cocok untuk mengedukasi si buah hati. Selain ruang pertunjukkan yang sangat menakjubkan, Anda juga bisa melihat beragam peralatan untuk memantau angkasa.

BACA JUGA:  Pulau Selangan, Kampung Terapung di Ujung Bontang

Beberapa peralatan teropong dipergunakan untuk melakukan pengamatan dinamika benda benda langit secara langsung. Hasil dari pengamatan dan observasi tersebut dapat memberikan informasi mengenai fenomena fenomena atau benda benda luar angkasa, yang masih bisa diamati di langit Kota Tenggarong, Kalimantan.

Di beberapa dinding, Anda akan melihat lukisan kaca yang berupa rasi bintang. Sebagai informasi, rasi bintang acap kali dihubungkan dengan penunjuk nasib manusia. Di area tersebut, Anda bisa mengabadikan foto dengan latar belakang pernak pernik bintang yang menakjubkan. Sehingga, liburan Anda akan semakin berkesan dan menyenangkan.

Alamat & Rute Menuju Planetarium Jagad Raya

Alamat Planetarium Jagad Raya

Image Credit: Google Maps (Kawi Boedisetio)

Sebagai informasi, Tenggarong merupakan kota Ke -3 di Indonesia yang memiliki destinasi wisata edukasi astronomi dan planetarium setelah Jakarta dan Surabaya. Objek wisata edukasi yang bernama Planetarium Jagad Raya ini telah berdiri sejak tahun 2002 dan diresmikan pada tahun 2003. Oleh Bupati Tenggarong, Kutai Kertanegara, Kalimantan.

Kota Tenggarong sendiri merupakan sebuah kota yang terletak sekitar 25 km di sebelah barat Kota Samarinda. Bagi Anda yang datang dari luar provinsi, Anda bisa menggunakan transportasi udara yang mendarat di Kota Balikpapan maupun Samarinda. Kemudian, Anda diharuskan untuk melakukan perjalanan darat sekitar 2 hingga 3 jam lamanya.

Planetarium Tenggarong berlokasi di tepian Sungai Mahakam yang berjarak sekitar 4 km dari sebelah utara Jembatan Kutai Kertanegara. Bisa dibilang, lokasi objek wisata tersebut sangat strategis. Hal ini dikarenakan letaknya yang berdekatan dengan museum Tenggarong.

Tak hanya itu, di dekat lokasi Planetarium Anda bisa menemukan beberapa destinasi wisata lain seperti dermaga penyebrangan, pulau tengah Mahakam atau Pulau Kumala. Bahkan, tak sedikit wisatawan yang sedang berkunjung ke Planetarium kemudian berkunjung pula kedua destinasi tersebut untuk sekedar menghabiskan waktu liburan.

Tiket Masuk & Jam Operasional Wisata Edukasi Tenggarong

Tiket Masuk Wisata Edukasi Tenggarong

Image Credit: Wikipedia.org

Objek wisata edukasi astronomi ini buka setiap hari selain hari jumat. Tempat wisata ini dibuka mulai dari pukul 08.00 hingga pukul 14.00 WITA. Selain Jumat, Planetarium Jagad Raya Tenggarong tetap dibuka meskipun hari libur nasional. Bagi Anda yang tertarik untuk mengunjungi wisata ini ada baiknya menyiapkan biaya untuk membayar tiket masuk terlebih dahulu.

BACA JUGA:  10 Mall di Samarinda yang Wajib Anda Kunjungi

Pihak pengelola mematok harga tiket masuk yang relatif terjangkau. Untuk kategori dewasa, Anda perlu membayar tiket sekitar Rp. 7.500 saja, sedangkan untuk kategori anak anak berumur di bawah 12 tahun tiket masuk yang harus dibayar sekitar Rp. 5 ribuan saja. Dengan harga yang terbilang sangat ekonomis Anda sudah bisa mendapatkan wawasan dan pengetahuan mengenai astronomi.

Agar bisa menikmati pertunjukan, batasan minimal pengunjung ialah 30 hingga 40 orang (jika datang bersama rombongan). Untuk kategori pengunjung rombongan tak ada diskon khusus, hal ini dikarenakan semua harga tiket dipatok sama rata, yakni Rp. 5 ribuan per orang. Apabila jumlah orang di bawah batas minimal, maka Anda akan dikenakan biaya sekitar Rp. 200 ribuan.

Seperti yang sudah dijelaskan, wahana edukasi astronomi ini dibuka setiap hari termasuk hari libur nasional. Namun, karena adanya aturan pembatasan jumlah minimal kuota pengunjung di Hari Senin hingga Jumat, beberapa wahana dapat diselenggarakan jika minimal ada 40 orang wisatawan.

Fasilitas yang Tersedia di Planetarium Jagad Raya

Fasilitas Planetarium Jagad Raya

Image Credit: Google Maps (Kusuma Prabowo)

Objek wisata Planetarium Jagad Raya Tenggarong bisa dikatakan sebagai wisata edukasi astronomi yang memiliki beberapa fasilitas memadai. Bahkan, baru baru ini pihak pengelola bersama pemerintahan pusat sedang berupaya untuk mendirikan fasilitas tambahan yang semakin menunjang kenyamanan setiap pengunjung Planetarium Tenggarong.

Beberapa fasilitas yang bisa digunakan ketika mengunjungi wisata edukasi astronomi Jagad Raya, diantaranya area parkir kendaraan yang luas, area ruang tunggu, ruang pertunjukkan film, taman tata surya, tempat peneropongan, toilet atau kamar mandi, tempat beristirahat, dan masih banyak lagi. Semua fasilitas tersebut, bisa dimanfaatkan dengan baik ketika mengunjungi wisata Jagad Raya.

Kegiatan Menarik Dilakukan di Planetarium Tenggarong

Kegiatan di Planetarium Tenggarong

Image Credit: Indonesiakaya.com

Sebagaimana yang telah dijelaskan, ada beberapa tempat andalan yang bisa menjadi hiburan ketika mengunjungi Planetarium Jagad Raya Tenggarong. Beberapa tempat tersebut, seperti ruangan pertunjukan, taman tata surya, dan area peneropongan. Melalui ruang ruang tersebut, Anda bisa memanfaatkannya guna membuat liburan semakin seru.

Sebagai contoh, Anda bisa mengunjungi ruang pertunjungan untuk melihat simulasi fenomena yang ada di angkasa. Setelahnya, Anda bisa belajar mengenai urutan dan orbit planet planet yang ada di semesta. Puas mengedukasi diri dengan pengetahuan tentang astronomis, Anda bisa beristirahat sambil berswafoto di beberapa spot yang sudah disediakan.

BACA JUGA:  Pantai Kemala, Destinasi Bahari Favorit di Balikpapan

Sebagai saran, Anda bisa berswafoto di ruang pameran yang berisi 52 poster tata surya yang ditata dengan apik dan rapi. Jangan lupa mengajak keluarga, teman, dan saudara untuk berfoto bersama agar menjadi kenang kenangan serta penanda kunjungan ke Planetarium Jagad Raya Tenggarong, Kalimantan.

Tips Berkunjung ke Planetarium Jagad Raya

Tips ke Planetarium Jagad Raya

Image Credit: Facebook.com @p.jagadraya

Guna memaksimalkan kesenangan dan kepuasan serta memperoleh manfaat dalam mengunjungi Planetarium Tenggarong, ada beberapa saran yang dapat diterapkan ketika mengunjungi wisata tersebut. Dengan mengikuti saran dan tips berkunjung, pengalaman liburan Anda akan semakin menyenangkan dan tidak terlupakan.

Saran pertama untuk mengunjungi wisata edukasi astronomi tersebut ialah dengan datang lebih awal. Jika Anda hanya sekedar ingin melihat koleksi pameran mengenai tata surya, bisa datang kapanpun Anda inginkan. Namun, jika Anda ingin menonton pertunjukan teater atau film fenomena planet dan semesta wajib untuk datang pagi pagi guna menghindari antrian panjang.

Saran kedua untuk mengunjungi Planetarium Jagad Raya Tenggarong ialah meningkatkan ketelitian. Ramainya pengunjung dari berbagai daerah yang datang, membuat para petugas wisata sering kali merasa kewalahan. Menurut beberapa review dan cerita, petugas tersebut memberikan jumlah tiket yang kurang pada rombongan yang mendatangi wisata tersebut.

Melalui hal tersebut, ketelitian dan kejelian sangat dibutuhkan agar tidak terjadi hal hal yang tak diinginkan. Saran lainnya ketika mengunjungi Planetarium Tenggarong ialah menggunakan baju hangat dan celana panjang. Saat memasuki ruang pertunjukan, Anda akan mulai merasa kedinginan. Sebab ruangan tersebut memiliki suhu rendah melebihi dingin studio bioskop.

Jangan lupa untuk mencari tempat duduk di tengah. Mengingat bentuk layar adalah kubah dan berada tepat di atas kepala, maka beberapa penonton akan menengadah untuk melihat tampilan layarnya. Jika Anda berada di posisi tengah, maka akan lebih leluasa untuk memandangi seluruh bagian kubah dengan mudah. Bahkan, Anda bisa bersandar dengan nyaman.

Itulah beberapa penjelasan mendalam mengenai Planetarium Jagad Raya Tenggarong. Wisata edukasi tersebut sangatlah cocok jika dijadikan sebagai destinasi wisata keluarga untuk mengisi waktu liburan. Meski tergolong memiliki tiket masuk yang murah meriah, tetapi keseruan yang ditawarkan tidak terkesan murahan. Selamat berlibur!