Kalimantan Selatan

Uniknya Belanja di Pasar Terapung Lok Baintan Banjarmasin

Lokasi: Jl. Sungai Martapura, Sungai Tandipah, Kec. Sungai Tabuk, Kab. Banjar.
MapCek Lokasi

Banjarmasin adal satu kota ah salah di provinsi Kalimantan selatan, indonesi. Seperti yang kita ketahui Banjarmasin lekat dengan sebutannya sebagai kota seribu sungai, kota ini memang memiliki wilayah seluas 98.46 km2. Terbukti dengan banyaknya pulau pulau kecil atau delta yang dipisahkan oleh sungai-sungai.

Banjarmasin sendiri terbentuk oleh lima aliran sungai kecil, ada sungai siandai, sungai signaling, sungai keramat, sungai jagabaya, dan ada juga sungai pangeran. Kelima sungai tersebut bermuara membentuk sebuah danau. Kata banjar sendiri berasal dari bahasa melayu yang berarti berderet-deret sepanjang tepian sungai.

Ada hal menarik yang bisa kamu temukan saat berkunjung ke Banjarmasin, salah satunya adalah pasar terapung yang ada di lok baintan. Rasanya sayang sekali kalau liburan ke Banjarmasin tapi tidak sempat mampir ke pasar terapung yang sudah menjadi ikoniknya kota Banjarmasin. Oleh sebab itu jika memungkinkan selipakanlah salah satu dari lokasi pasar terapung ini di list perjalanan wajibmu.

Mengenal Sejarah Pasar Terapung di Banjarmasin

Mengenal Sejarah Pasar Terapung di Banjarmasin

Image Credit: Pesona.travel

Anak muda zaman sekarang pasti tidak banyak yang tahu perihal sejarah pasar apung yang ada di Banjarmasin, padahal Banjarmasin sendiri lekat hubungannya dengan pasar terapung. Sekitar tahun 1595 kerajaan banjar mulai berdiri dan itu memang tidak lepas juga dari bermulanya pasar terapung yang ada di Banjarmasin. Pasar apung sendiri merupakan bagian dari pelabuhan sungai yang bernama bandarmasih,

Pelabuhan sungai meliputi aliran sungai kuin, sungai barito hingga sungai kelayan yang ada di Banjarmasin selatan. Namun banyak masyarakat asli Banjarmasin yang beranggapan dan percaya bahwa pasar terapung sendiri ada sebelum masa berdirinya kerajaan banjar. Keberadaan pasar terapung turut meningkatkan ekonomi warga setempat.

BACA JUGA:  Pulau Samber Gelap, Pulau Kecil Nan Eksotis di Kotabaru

Selain fungsi aslinya sebagai tempat transaksi jual beli bahan makanan, pada akhirnya pasar terapung juga menjadi ikonik dari kota banjar untuk menarik banyak wisatawan domestik bahkan sampai mancanegara. Sejarah pasar apung sendiri sebenarnya sangat panjang, jika ditarik garis merahnya daerah yang kini dijadikan lokasi untuk pasar apung dulunya adalah medan pertempuran antara kerajaan banjar dengan kerajaan negara daha, yang hanya terpicu dendam masalh keluarga.

Sekarang pemprov kaliamantan selatan sudah menjadikan pasar apung sebagai tujuan wisata air, selain di lok baintan masih ada dua lokasi pasar terapung lagi, tepatnya ada di muara kuin dan di muka masjid raya atau siring tendean. Tiga lokasi ini menjadi andalan kunjungan wisatawan.

Keindahan Panorama Deretan Sampan di Pasar Terapung Lok Baintan

Keindahan Panorama Deretan Sampan di Pasar Terapung Lok Baintan

Image Credit: Omnivora-scorpio.blogspot.com

Sejenak untuk kamu yang terbiasa dengan hingar binger perkotaan pasti akan merasa sedikit kikuk ketika menyaksikan pemandangan melihat keramaian yang ada di pasar terapung ini. Untuk ikut dalam sibuknya kegiatan pasar apung ini kamu harus bangun subuh dan secepat mungkin bergegas ke pasar apung lok baintan. Karena semakin siang pasti semakin sedikit kerumunan pedagang yang beraktivitas.

Kita akan disajikan pemandangan aktivitas pedagang yang banyak menjual hasil pertanian seperti sayur mayor yang masih hijau dan segar, bumbu-bumbu dapur cabai, keluarga bawang, dan semcamnya. Ada juga hasil perkebunan seperti jagung, kentang, wortel dan semacamnya. Jika musim panen tiba, kumpulan pedagang akan terlihat semakin ramai.

Pedagang menjual barang dagangannya di atas perahu kecil, maka kamu harus naik perahu klotok bisa menyewa dari orang sekitar. Sensai transaksi jual beli di atas perahu akan menjadi pengalaman tidak terlupakan dalam hidupmu. Namun tidak banyak juga penduduk lokal yang membeli belanjaan dari pinggiran sungai saja. Ada hal menarik dari budaya masyarakat asli banjar, mereka akan menyebutkan kata jual atau dijual dan pembeli akan menyahut tukar atau ditukar yang berarti membeli, itulah yang dinamakan akad.

BACA JUGA:  15 Hotel Murah di Banjarmasin yang Paling Populer

Barang yang dijual juga beragam, mulai dari hasil pertanian, perkebunan, hasil tangkapan sungai, hingga kue kue camilan juga ada, jadi jika kelaparan karena belum sempat makan setelah bangun subuh kamu bisa membeli saja jajanan pasar yang ada di salah satu pasar tersebut. Untuk wisatawan yang takut dengan air atau ingin merasakan sensasi lebih berbeda bisa menggunakan jalur darat sekaligus menikmati eksotisnya pasar terapung lok baintan dari daratan.

Fasilitas yang Ada di Pasar Terapung Lok Baintan

Fasilitas yang Ada di Pasar Terapung Lok Baintan

Image Credit: Klikkalsel.com

Nah untuk kamu yang baru pertama kali berlibur di Banjarmasin dan tertarik berkunjung ke lok baintan, karena lok baintan masih merupakan daerah kecil kamu bisa menyewa resort atau villa kecil di Banjarmasin kota saja, selain jarak yang tidak terlalu jauh kamu masih bisa jalan-jalan ke daerah atau wisata lain yang ada di Banjarmasin kota.

Sampai di pasar terapung Lok Baintan, sewalah sperahu klotok atau perahu bermotor lainnya yang biasanya ada di pinggiran sungai, perahu tersebut memiliki kapasitas penumpang maksimal 15 sampai 20 orang. Jadi jangan takut tidak kebagian tempat duduk, masyarakat setempat sudah banyak menyiapakan perahu sejenis untuk para wisatawan.

Ada juga mushola di dekat pasar, memang letaknya agak ke dalam perkampungan penduduk namun ini justru bagus untuk menambah sosialisasimu dengan masyrakat sekitar. Walaupun hidup dengan perbedaan agama masyarakat lok baintan hidup akur dan saling menjaga, masyarakat setempat terkenal sopan dan taat beragama.

Harga per orang untuk satu jam bervariasi, biasanya antara 20 sampai 50 ribu. Tergantung dengan lama atau tidaknya wisatawan ingin berada di pasar terapung. Ada juga fasilitas toilet bersih di daratan dan layak untuk dipakai. Jika kamu capek dan masih merasa lapar, di pinggiran sungai sudah banyak warung-warung masyarakat dan jajanan yang bisa membuatmu kenyang sekalian untuk beristirahat.

BACA JUGA:  22 Tempat Wisata di Banjarmasin Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi Pasar Terapung Lok Baintan

Lokasi Pasar Terapung Lok Baintan

Image Credit: Nasirrental.com

Pasar terapung lok baintan atau yang masyarakat setempat sering menyebutnya pasar terapung sungai martapura adalah pasar terapung tradisional bagi orang banjar. Pasar ini berlokasi di desai sungai pinang, kecamatan tabuk, sungai tandipah, banjar, provinsi Kalimantan Selatan. Tidak sulit jika kamu melakukan perjalanan dengan google maps, google maps bekerja cepat di Banjarmasin, jadi jangan takut nyasar.

Jika kamu melakukan perjalanan dari pusat kota Banjarmasin maka tidaklah sulit untuk mencapai lokasinya, hanya membutuhkan waktu kurang lebih satu jam saja dengan menggunakan boat tergantung akondisi arus sungai yang berbeda di setiap musimnya.

Cara Menuju Pasar Terapung Lok Baintan

Cara Menuju Pasar Terapung Lok Baintan

Image Credit: Eviindrawanto.com

Perjalanan menuju pasar terapung lok baintan bisa diakses dengan dua alternatif. Alternative pertama bisa menyusuri sungai martapura dengan menggunakan perahu bermotor. Dengan menggunakan alternative ini maka kamu akan memerlukan waktu tempuh sekitar paling lama satu jam dan paling capat 30 menit saja.

Jika kamu merasa mabuk jika menggunakan kapal, maka bisa menggunakan jalur darat saja seperti mobil, namun waktu perjalanan akan semakin lama setidaknya waktu tercepat jika tidak macet da nada kendala lain adalah 30 menit. Hal ini disebabkan medan perjalanan yang cenderung masih berat dan berliku-liku juga.