Kalimantan Tengah

Pantai Ujung Pandaran, Wisata Bahari Andalan Kotawaringin Timur

Lokasi: Ujung Pandaran, Kec. Teluk Sampit, Kab. Kotawaringin Timur.
MapCek Lokasi

Pulau Kalimantan memang terkenal akan hutan tropis yang cukup subur. Namun, jangan salah ketika berada di Pulau Borneo ini, maka Anda pun juga bisa untuk mengunjungi salah satu pantai yang sangat apik. Salah satu pantai yang bisa untuk Anda singgahi untuk melihat matahari terbenam adalah Pantai Ujung Pandaran. Ingin tahu seperti apa keindahan pantai satu ini? Maka Anda pun wajib menyimak ulasannya berikut ini.

Rute Menuju Lokasi Pantai Ujung Pandaran

Rute Menuju Lokasi Pantai Ujung Pandaran

Image Credit: Curugsewu.com

Bagi Anda yang ingin untuk berwisata ke pantai satu ini, maka Anda pun bisa untuk mengawali perjalanan dari kota Sampit. Dengan memiliki jarak tempuh yakni sekitar 85 kilometer maka Anda pun bisa menempuhnya dengan melalui Jalan H.M Arsyad. Disini Anda pun bisa menggunakan kendaraan pribadi yang akan menghabiskan waktu sekitar 2,5 jam untuk bisa sampai ke lokasi Pantai Ujung Pandaran.

Hal ini dikarenakan jika Anda mengendarai mobil untuk bisa sampai ke tempat satu ini, biasanya akan membutuhkan waktu yang cukup lama. Terutama jika jalanan yang Anda lalui sedang dalam kondisi yang cukup padat. Untuk Anda yang ingin ke tempat wisata satu ini, maka ada beberapa hal yang perlu untuk Anda perhatikan. Yakni jalanan yang rusak dan berlubang, meskipun tidak terlalu parah namun bagi Anda yang mengendarai sepeda motor maka Anda pun perlu untuk ekstra hati hati.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Andalan Kotawaringin Timur

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Andalan Kotawaringin Timur

Image Credit: Republika.co.id

Jika berkunjung ke tempat wisata, pastinya kelengkapan fasilitas di sebuah tempat wisata akan menjadi salah satu hal yang perlu Anda perhatikan. Untuk itu, Anda pun tak perlu khawatir karena pemerintah setempat memberikan fasilitas yang cukup lengkap. Hal ini tentu saja sebagai salah satu upaya bagi pemerintah untuk menata kawasan pantai dari ke tahun untuk semakin membaik.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Barito Selatan Terbaru & Terhits Dikunjungi

Di Pantai Ujung Pandaran ini, Anda pun akan bisa menemukan beberapa gazebo. Biasanya, gazebo ini digunakan untuk bersantai sembari menunggu datangnya sunset oleh wisatawan. Tentu saja dengan adanya gazebo ini, Anda pun juga akan lebih bisa lebih teduh ketika datang saat siang hari. Selain itu, Anda pun juga bisa untuk menemukan penginapan yang berada di sekitar pantai.

Salah satunya adalah Villa Tess yang memberikan nuansa menginap yang eksotis dan juga nyaman. Hal ini dikarenakan bangunan dari penginapan satu ini memang sengaja di desain dengan rumah panggung khas Kalimantan. Dengan mengusung ornamen yang serba kayu, maka penginapan satu ini pun akan membuat liburan Anda lebih terasa homey dan juga sejuk.

Untuk urusan kamar, maka Anda pun tak perlu khawatir. Karena di tempat satu ini memiliki banyak kamar dan luas. Sehingga bagi Anda yang berlibur bersama keluarga dan rombongan akan lebih nyaman dan leluasa untuk dapat beristirahat di penginapan satu ini. Selain itu, penginapan satu ini juga memiliki fasilitas yang cukup lengkap yang akan membuat Anda betah untuk menginap.

Daya Tarik dari Pantai Ujung Pandaran

Daya Tarik dari Pantai Ujung Pandaran

Image Credit: Wisatasampit.com

Pantai Ujung Pandaran merupakan salah satu pantai yang bisa untuk Anda jadikan lokasi berlibur dan destinasi wisata alam maupun budaya yang unik untuk Anda kunjungi. Salah satu wisata yang berada di dekat Palangkaraya dan Sampit ini merupakan pantai yang memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung. Hal ini dikarenakan garis pantai ini cukup landai dan memiliki pasir putih yang lembut.

Sehingga Anda pun bisa bersantai di pinggir pantai sembari menunggu matahari terbenam. Dengan menawarkan panorama wisata pantai yang landai dan juga pasir putih kecoklatan tersebut, pantai ini juga memiliki garis pantai yang panjang. Selain itu, Pantai Ujung Pandaran ini juga berbatasan langsung dengan Laut Jawa. Jika Anda melihat pantai dari kejauhan, maka Anda pun akan melihat pantai ini seperti memiliki pagar.

BACA JUGA:  10 Wisata Kuliner di Palangkaraya yang Wajib Anda Coba

Pagar tersebut adalah deretan dari pohon kelapa yang tertata dengan rapi di sepanjang tepi garis pantai. Hal ini tentu saja akan membuat Anda ingin untuk segera mengunjungi pantai satu ini. Tak hanya itu saja, dengan memiliki garis pantai yang landai maka Pantai Ujung Pandaran ini pun kerap kali digunakan dan dimanfaatkan oleh wisatawan untuk bermain ombak.

Para wisatawan pun juga sering kali memanfaatkan tempat satu ini untuk berenang dengan santai di tepian pantai. Dengan memiliki lokasi yang cukup jauh dari perkotaan, maka pantai satu ini pun dapat Anda jadikan lokasi yang tepat untuk menenangkan diri. Terlebih lagi, bagi Anda yang tiap hari berkutat dengan aktifitas kantor yang berada di perkotaan. Maka dengan mengunjungi pantai ini akan menjadi salah satu tempat untuk melepas stres.

Kegiatan Menarik yang Bisa Anda Lakukan di Pantai Ujung Pandaran

Kegiatan Menarik yang Bisa Anda Lakukan di Pantai Ujung Pandaran

Image Credit: Hellomissnurhasanah.blogspot.com

Tidak hanya menyediakan pemandangan yang bagus saja, maka di tempat satu ini Anda pun juga bisa untuk menikmati berbagai wahana air yang menyenangkan. Permainan tersebut tentu saja akan menantang adrenalin Anda nantinya. Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan, mulai dari permainan secara berkelompok seperti donut boat dan juga banana boat yang akan bisa Anda nikmati dengan kerabat anda.

Selain itu, wahana air individu pun juga tersedia untuk anda, seperti jet ski yang bisa untuk Anda nikmati. Meskipun di pantai satu ini tidak memiliki ombak yang cukup besar, namun permainan air di pantai ini pun cukup menantang. Terutama seperti jet ski dan banana boat. Sehingga, ketika Anda memiliki kesempatan untuk bisa berlibur ke tempat satu ini maka Anda pun wajib untuk mencoba wahana satu ini bersama keluarga dan kerabat untuk mendapatkan pengalaman yang menyenangkan.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Barito Utara Terbaru & Terhits Dikunjungi

Di Pantai Ujung Pandaran ini, Anda pun tidak hanya akan menikmati wisata alam air saja. Melainkan, Anda juga bisa untuk melihat ritual budaya yang biasanya diadakan oleh warga di sekitar pantai. Salah satunya adalah ritual adat Simah Laut, dimana merupakan salah satu tradisi yang dilakukan oleh warga sekitar. Ritual satu ini pun biasanya dilakukan oleh warga yang berprofesi sebagai nelayan.

Ritual satu ini pun biasanya akan diadakan setiap tanggal 10 di bulan Syawal atau sepuluh hari setelah Hari Raya Idul Fitri. Jika Anda ingin menyaksikannya secara langsung, maka Anda pun bisa datang ke Pantai Ujung Pandaran di waktu terseut. Ritual ini sendiri biasanya akan dimulai dengan kegiatan gotong royong dari para nelayan untuk membersihkan pantai. Setelah itu, ritual pun akan dilanjutkan dengan kegiatan melarung berbagai sesaji ke tengah laut.

Sesaji tersebut pada umumnya akan ditempatkan di dalam wadah yakni berupa perahu kecil. Dengan ritual adat ini, warga pun biasanya akan mempercayai bahwa nantinya mereka akan mendapatkan keselamatan dan berlimpah rejeki selama melaut. Untuk itu, bagi Anda yang ingin untuk mendapatkan wisata air sekaligus budaya, maka tak ada salahnya untuk mengunjungi pantai ini 10 hari setelah perayaan Idul Fitri.