Kalimantan Selatan

Pantai Turki, Pantai yang Memukau di Tanah Laut

Lokasi: Jl. Pantai Turki, Rt 08 Rw 04, Swarangan, Kec. Jorong, Kota Pelaihari, Kab. Tanah Laut.
MapCek Lokasi

Keindahan alam Kalimantan Selatan memang tidak pernah ada habisnya meskipun telah banyak ditelusuri. Setiap tahun pasti akan ada objek wisata alam baru nan eksotis dari Kalimantan Selatan yang dibuka untuk para wisatawan.

Objek wisata yang baru dibuka lagi dari Kalimantan Selatan adalah Pantai Turki yang tidak kalah indahnya dengan objek wisata pantai lainnya dari Kalimantan Selatan. Sehingga pengunjung tidak akan kecewa jika mengunjungi objek wisata Pantai Turki meski tergolong objek wisata yang baru dari Kalimantan Selatan.

Mengenal Pantai Turki yang Eksotis

Mengenal Pantai Turki yang Eksotis

Image Credit: Bidan-traveler.blogspot.com

Pantai Turki merupakan kepanjangan dari Tungkaran Kiri yang merupakan nama sebuah desa di Kbupaten Tanah Laut. Objek wisata Pantai Turki merupakan objek wisata yang tergolong baru dari Kalimantan Selatan karena baru diresmikan dan dibuka untuk umum pada tahun 2017.

Pantai Turki sebenarnya merupakan pantai pribadi milik keluarga Triswanto yang tidak dibuka untuk umum. Namun kerap kali beberapa orang datang ke Pantai Turki untuk berlibur dan menikmati pemandangan. Sehingga pada tahun 2017, pantai tersebut dibuka untuk umum dan diolah oleh keluarga Triswanto sebagai salah satu objek wisata pantai dari Kalimantan Selatan

Untuk bisa memasuki kawasan objek wisata Pantai Turki, pengunjung akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp. 10.000 untuk orang dewasa dan bagi anak-anak dibawah usia 12 tahun tidak akan dikenakan biaya masuk. Selain itu juga, objek wisata Pantai Turki menarik biaya parker kendaraan yang dikenakan sebesar Rp. 10.000 untuk setiap kendaraan.

Meski tergolong objek wisata baru dari Kalimantan Selatan, pada setiap tahun Pantai Turki akan selalu padat dengan pengunjung yang ingin berlibur sekaligus menikmati keindahan dari Pantai Turki. Jika anda mengunjungi Kalimantan Selatan, Pantai Turki dapat menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik dan unik karena pemandangan alam yang dimiliki Pantai Turki berbeda dengan pemandangan pantai lainnya dan dijamin anda tidak akan kecewa jika mengunjungi objek wisata yang bersangkutan.

BACA JUGA:  Pulau Kembang, Rumah Para Kera di Sungai Barito Kalimantan Selatan

Keindahan Panorama & Spot Foto di Pantai Turki

Keindahan Panorama & Spot Foto di Pantai Turki

Image Credit: Zainalhakimmsc.blogspot.com

Objek wisata Pantai Turki memiliki panorama alam yang bisa dibilang sedikit berbeda dengan pemandangan alam pantai pada lainnya dari Kalimantan Selatan. Saat mengunjungi objek wisata Pantai Turki, pengunjung akan disajikan dengan pemandangan pasir putih pantai yang halus. Namun jika diperhatikan secara seksama, pasir putih pada Pantai Turki tidak sepenuhnya berwarna putih dan sedikit berwarna kuning sehingga saat terkena sinar matahari saat siang hari, pasir tersebut akan berkilauan layaknya emas yang terkena sinar matahari.

Dengan pemandangan pasirnya yang berbeda saja sudah membuat takjub banyak pengunjung yang tengah berlibur ke Pantai Turki. Selain itu, Pantai Turki juga masih memiliki banyak keindahan alam yang dapat membuat takjub para pengunjung yang tengah berwisata ke Pantai Turki.

Para pegunjung juga akan disajikan dengan pemandangan laut biru dengan pemandangan pepohonan hijau yang ada diatasnya. Meskipun pepohonan hijau tersebut merupakan hutan Kalimantan Selatan, dengan adanya hutan tersebut menambah pemandangan Pantai Turki menjadi indah dan asri.

Pemandangan hijau juga bisa dijumpai dari banyaknya pohon kelapa yang ditanam sekitar pinggir pantai serta beberapa daerah yang ada di kawasan Pantai Turki juga banyak ditumbuhi pepohonan hijau rindang yang bisa dijadikan tempat berteduh sambil menikmati keindahan alam Pantai Turki.

Dengan keindahan alam dari Pantai Turki yang berbeda dari pantai lainnya di Kalimantan Selatan, banyak pengunjung yang memanfaatkan spot-spot menarik sebagai latar bekalang untuk berfoto.

Salah satu spot yang menarik untuk berfoto adalah fasilitas rumah pohon yang tersedia di beberapa pohon rindang dan lebat. Rumah pohon banyak dijadikan lokasi foto yang menarik dengan pemandangan hijau dari pohon.

BACA JUGA:  Belajar Sejarah ke Museum Lambung Mangkurat Banjarbaru

Fasilitas yang Ada di Pantai Turki

Fasilitas yang Ada di Pantai Turki

Image Credit: Temanborneo.blogspot.com

Bukan hanya pemandangan indah dan unik saja yang dihadirkan dari objek wisata Pantai Turki, pengunjung juga bisa dimanjakan dengan beragam fasilitas yang tersedia di Pantai Turki. Fasilitas yang paling banyak digunakan oleh pengunjung adalah fasilitas gazebo yang tersedia di beberapa titik di kawasan Pantai Turki.

Meskipun fasilitas gazebo yang ada di Pantai Turki hanya berjumlah 8 buah saja, pengunjung dapat menggunakan fasilitas gazebo secara gratis. Gazebo sangat membantu bagi para wisatawan yang tengah berlibur ke Pantai Turki untuk mengistirahatkan badan sekaligus menjadi tempat berteduh yang nyaman sambil menikmati keindahan Pantai Turki.

Fasilitas lain yang dapat dinikmati oleh pengunjung adalah fasilitas kamar mandi dan juga tersedianya tempat ibadah mushola yang diperuntukan bagi pengunjung yang beragama Islam. Untuk bisa menikmati fasilitas mushola, pengunjung dapat menggunakannya secara gratis dan juga tersedia peralatan ibadah bagi yang tidak membawa perlatan ibadah.

Namun untuk fasilitas kamar mandi dan WC, pengunjung akan dikenakan biaya penggunaan. Untuk mandi, pengunjung akan dikenakan biaya sebesar Rp. 5.000 sedangkan untuk penggunaan WC akan dikenakan biaya sebesar Rp. 2.000. Fasilitas kamar mandi dan WC juga banyak tersedia di beberapa tempat di kawasan Pantai Turki, sehingga pengunjung tidak akan merasa kesulitan menemukan saat membutuhkannya.

Fasilitas lainnya juga banyak tersedia yang digunakan sebagai pendukung objek wisata Pantai Turki. Fasilitas tersebut antara lain penyewaaan payung besar yang dapat digunakan oleh pengunjung untuk berteduh di pinggiran pantai, penyewaan peralatan berenang seperti pelampung dan perwalatan snorkeling juga tersedia.

Selain itu juga, banyak tempat makanan yang menyajikan kuliner khas Kalimantan Selatan dan kuliner laut yang berada di pinggiran pantai serta toko souvenir yang menjual banyak souvenir khas Kalimantan Selatan dan sebagian besar merupakan hasil buatan tangan.

BACA JUGA:  Museum Wasaka, Museum Perjuangan Rakyat Kalimantan Selatan

Dengan pemandangan yang elok serta fasilitas yang mendukung objek wisata Pantai Turki, tidak mengherankan jika pada setiap tahunnya tempat tersebut ramai dikunjungi oleh wisatawan yang ingin berlibur dan menikmati pemandangan Pantai Turki.

Lokasi & Cara Menuju Pantai Turki

Lokasi & Cara Menuju Pantai Turki

Image Credit: 4.Bp.blogspot.com

Lokasi objek wisata Pantai Turki terbilang mudah dijangkau karena memiliki medan yang sudah beraspal dan dapat ditempuh dengan kendaraan roda maupun roda empat. Selain itu juga, para pengunjung tidak akan kesulitan untuk mencari Panti Turki karena lokasi objek wisata tersebut dapat ditemukan dengan GPS.

Untuk bisa mencapai objek wisata Pantai Turki, pengunjung dapat menempuh perjalanan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat sekitar 45 km dari kota Pelaihari kea rah Jorong. Jalan masuk menuju Pantai Turki terbilang lebar sehingga dapat dilewati pengguna bus, namun pengguna kendaraan harus tetap hati-hati meski jalan tersebut lebar karena banyak juga kendaraan roda empat yang berselisih untuk bisa cepat sampai ke objek wisata Pantai Turki.

Dari arah Jorong, pengunjung bisa terus lurus hingga menemukan pom bensin Jorong dan dari situ ambil belokan kesebalah kanan terus lurus hingga bertemu dengan gerbang kecil yang bertuliskan “Pantai Turki”. Setelah menemukan tulisan “Pantai Turki”, para pengunjung dapat mengambil arah ke kiri dan lurus saja mengikuti rute jalan.