Kalimantan Selatan

Pantai Takisung, Destinasi Wisata Bahari Favorit di Kalimantan Selatan

Lokasi: Takisung, Kec. Takisung, Kab. Tanah Laut.
MapCek Lokasi

Pantai Takisung ini memiliki pesona laut yang cantik dan memukau. Kilauan air laut yang terpancar dari kejauhan akan membuat Anda makin ingin ke pantai ini. Sinar matahari yang panas dengan perpaduan angin dan ombak akan membuat suasana pantai yang luar biasa. Anda yang suka ke pantai pasti setuju jika Pantai Takisung ini menawarkan pesona berbeda dari pantai lainnya.

Pantai Takisung Memiliki Laut yang Memukau

Pantai Takisung Memiliki Laut yang Memukau

Image Credit: Tabloidsinartani.com

Di sekitar pantai, ada banyak pohon kelapa yang menjulang tinggi. Pepohonan yang rindang dan hijau membuat siluet yang indah baik pada siang hari atau sore hari. Apabila siang hari, bayangan pohon dan daun yang bergoyang dapat menjadi pengalaman tersendiri yang menghibur. Sedangkan pada sore hari, siluet hitam berlatar nyala orange dari matahari yang sedang tenggelam makin mengeluarkan pesona alam. Anda pasti takjub dengan ciptaan tuhan yang satu ini.

Berbeda lagi dengan suasana laut pagi hari. Ombaknya yang agak bergulung penuh dengan udara dingin nan sejuk. Masih dengan taburan hangat dari sinar mentari pagi yang datang dari ufuk timur. Pokoknya datang ke pantai ini pada waktu apapun tetap saja memukau. Mau siang, sore, malam bahkan pagi tetap saja ada hiburan alam yang menggembirakan.

Anda bisa mengabadikan moment berharga di tempat ini bersama teman atau keluarga. Beragam kegiatan bisa direkam atau difoto sehingga meninggalkan jejak digital yang sangat luar biasa. Kapan saja kita rindu akan teman atau keluarga, bisa melihat kenangan dan moment kebersamaan di pantai ini.

Tempat yang Pas untuk Berjemur

Tempat yang Pas untuk Berjemur

Image Credit: Dalunawisata.com

Hamparan laut yang biru dan bibir pantai luas bisa menjadi tempat yang pas untuk berjemur. Banyak turis asing yang datang ke lokasi ini untuk menghitamkan tubuhnya. Bagi Anda yang suka dengan sengatan matahari, bisa juga ikut berjemur. Tubuh yang sering mendapat sinar matahari dapat dikatakan lebih sehat dibanding mereka yang jarang terkena sinar matahari. Meski akibatnya kulit bisa lebih hitam namun efek bagi kesehatan akan terasa sangat nyata.

BACA JUGA:  Pasar Intan Martapura, Tempat Seru Berburu Pernak Pernik Intan

Sinar matahari yang sehat di Indonesia berada pada waktu sebelum jam 10.00 Jadi akan lebih baik jika Anda berjemur pada jam tersebut agar hasil bisa lebih maksimal. Tujuan utama berjemur tentu saja untuk kesehatan, faktor lanjutannya tentu saja untuk bergaya atau mewarnai kulit secara alami. Kulit hitam yang mengkilat bersih tentu saja akan lebih eksotis dan menjadi idaman para bule yang datang ke Indonesia.

Hiburan Tambahan di Pantai Takisung

Hiburan Tambahan di Pantai Takisung

Image Credit: Dalunawisata.com

Pantai Takisung ini ternyata memiliki wisata alam lain yang cukup menarik. Ada air sungai dan gua cantik terletak di Pulau Datu. Melalui pantai ini Anda bisa naik kelotok yang siap mengantar kapan saja. Tempat wisata ini buka 24 jam nonstop, jadi kapan saja datang tetap ada transportasi yang bisa melayani. Letak pantai yang tidak jauh dari kota menjadi pilihan utama bagi mereka yang ingin liburan sehingga tidak heran jika wisata ini tidak pernah sepi pengunjung.

Pulau Datu ini bisa menjadi tempat hiburan selanjutnya yang tidak kalah indahnya dengan Pantai Takisung. Ada hutan kecil di tengah pulau yang bisa dijadikan estafet hiburan berikutnya. Rute yang indah dan mudah untuk dijangkau ini sangat sayang jika dilewatkan. Banyak keindahan yang bisa Anda nikmati, meski lokasinya cukup berdekatan namun pesona alamnya cukup berbeda dari Pantai Takisung.

Aneka hiburan dan wahana permainan juga tidak jauh berbeda dengan Pantai Takisung. Anda bisa naik kapal, bermain air, snorkeling atau berenang. Fasilitas umum dan aneka persewaan juga tersedia cukup banyak. Ragam fasilitas tersebut dibandrol dengan harga yang cukup terjangkau.

Fasilitas yang Ada di Pantai Takisung

Fasilitas yang Ada di Pantai Takisung

Image Credit: Gadoga-wildansari.blogspot.com

Pantai ini memiliki fasilitas yang cukup baik. Ada beberapa tenda duduk yang bisa digunakan untuk berjemur. Ada juga beberapa kursi deret yang bisa digunakan untuk duduk di pinggir pantai. Masih ada beberapa pedagang yang menyajikan beragam makanan khas Kalimantan. Tidak hanya itu, sajian hangat berupa ikan bakar, ayam bakar atau cumi bakar juga ada. Anda tinggal memilih menu yang pas dan sesuai dengan isi dompet.

BACA JUGA:  Kampung Sasirangan, Pusat Kerajinan Batik Khas Kalimantan Selatan

Ada banyak peralatan yang bisa Anda sewa dengan biaya terjangkau. Tenda kecil bisa Anda sewa dengan biaya Rp. 50.000,- per hari, dan ada payung besar dengan biaya sewa Rp. 25.000,- per hari. Apabila ingin main di air ada beberapa permainan yang bisa dilakukan. Sebut saja banana boat yang bisa mengguggah adrenalin. Cukup dengan uang Rp. 20. 000,- untuk orang dewasa dan Rp. 15.000,-  untuk anak-anak. Biaya ini masih cukup murah dan terjangkau mengingat fasilitas alat yang diberikan juga masih cukup bagus.

Bagi Anda yang suka dengan tantangan ada juga persewaan motor racing dengan biaya sewa Rp. 50.000,- per setengah jam. Ada juga persewaan pelampung dan ban untuk berenang. Jadi, jika Anda tidak bisa berenang pelampung ini dapat sebagai alternative hebat agar bisa bermain air di laut bebas. Seharian berada di air juga bisa menjadi hiburan hemat dan menyenangkan.

Lokasi & Cara Menuju Pantai Takisung

Lokasi & Cara Menuju Pantai Takisung

Image Credit: Wikipedia.org

Destinasi wisata yang satu ini terletak di Desa Takisung, Kecamatan Takisung, Kabupaten Tanah Laut. Pantai ini tidak jauh dari pusat kota sehingga akomodasi dan transportasi bisa lebih mudah. Di sepanjang jalan juga terdapat banyak jajanan yang bisa dijadikan oleh-oleh. Berbagai kerajian dari laut juga ada, seperti frame foto dan gantungan kunci yang terbuat dari kerang. Ada juga beragam ikan segar dan ikan kering yang bisa dijadikan oleh-oleh saat pulang nanti.

Untuk sampai ke lokasi wisata ini tidak sulit, letaknya yang hanya 20 km dari Kota Pelaihari membuat perjalanan makin mulus dan cepat. Ada jalan raya besar yang bisa dilewati motor dan mobil dengan kecepatan standar. Aspal yang mulus dan lebar membuat perjalanan tidak macet sehingga Anda hanya butuh waktu 30 menit saja untuk sampai ke pantai ini. Pantai ini tergolong paling dekat dengan pusat kota jika dibanding pantai lain. Jadi akan selalu ramai pengunjung setiap hari.

BACA JUGA:  Pesona Keindahan Alam Pantai Gedambaan di Kotabaru

Apabila Anda tidak memiliki kendaraan pribadi, bisa naik kendaraan umum atau ojek. Semua transportasi tersebut mudah didapat dan cepat. Tidak ada kendala berarti selama Anda datang pada waktu biasa. Khusus untuk hari libur atau hari raya, pantai ini akan penuh dengan pengunjung sehingga ada kemungkinan jalan juga akan macet. Jalanan yang macet dan penuh sesak tentu akan membuat waktu perjalanan agak lambat.

Tiket masuk pada waktu khusus juga akan bertambah dua kali lipat yakni Rp.10.000,- sedangkan pada hari biasa hanya Rp. 5.000,- Jangan heran juga aneka makanan atau fasilitas lainnya akan naik harganya pada musim liburan. Siapkan saja dompet yang gendut jika ingin menikmati semua fasilitas dan hiburan yang ada di sana.