Kalimantan Barat

Pantai Pasir Panjang, Destinasi Wisata Favorit di Singkawang

Lokasi: Jl. Pasir Panjang No.89, Sedau, Kec. Singkawang Selatan, Kota Singkawang.
MapCek Lokasi

Kalimantan memang tak pernah habis menyajikan berbagai keindahan alam. Salah satu keindahan alam yang bisa Anda temukan di Singkawang adalah pasir padang panjang. Pantai yang satu ini menjadi salah satu pantai yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Keindahan panorama pantai dari pasir panjang ii adalah terletak pada keindahan airnya yang begitu jernih dan masih bersih. Jika Anda mengunjungi pantai dengan keadaan lingkungan yang cukup kotor tentu membuat Anda malas dan enggan untuk beraktifitas disana bukan? namun lain halnya dengan Pantai Pasir Panjang yang masih dijaga kebersihannya sehingga wisatawan dapat merasa nyaman ketika mengunjungi pantai dan melakukan berbagai aktivitas di sana.

Mengenal Pantai Pasir Panjang yang Eksotis

Mengenal Pantai Pasir Panjang yang Eksotis

Image Credit: Wisatapontianak.com

Keunikan di pantai ini terletak pada pasirnya. Seperti Namanya yang merupakan pasir panjang, pantai ini memang memiliki hamparan pasir yang panjang yakni sejauh 3 km. keindahan pasir pantai tersebut juga dapat membuat Anda terpesona. Warna pasirnya yang putih dan lembut menjadi daya Tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Bagi Anda yang terganggu dengan suara debur ombak yang cukup kencang, Anda bisa mengunjungi pantai yang satu ini karena ombaknya yang tenang sehingga cocok bagi Anda yang tidak menyukai kebisingan. Suara ombak yang tenang ini dapat membuat Anda merasa lebih nyaman sekaligus bisa menjadi cara untuk melepas rasa lelah akibat aktivitas keseharian Anda.

Keindahan Panorama Pantai dan Spot Foto di Pantai Pasir Panjang

Keindahan Panorama Pantai dan Spot Foto di Pantai Pasir Panjang

Image Credit: Pesona.travel

Pantai emang selalu menjadi daya Tarik bagi para wisatawan. Hal ini wajar saja karena pantai memang selalu menyajikan pemAndangan yang memanjakan mata dan pikiran Anda. Keindahan pantai Singkawang tak hanya berhenti di situ, Anda bisa menunggu sampai matahari tenggelam untuk dapat menikmati keindahan sunset di Pantai Pasir Panjang. Bagi Anda yang senang berfoto, pantai Singkawang merupakan destinasi yang sangat tepat bagi Anda. Disini, Anda bisa menemukan berbagai spot foto yang tentunya sangat instagramable. Bagi Anda yang senang mengunggah foto di media sosial, Anda tak perlu khawatir karena semua sudut pantai di pasir panjang sangat cocok dan indah untuk dijadikan latar berfoto Anda.

BACA JUGA:  Pantai Temajuk Sambas, Keindahan Alam Menakjubkan di Kalimantan

Jika Anda berlibur ke pantai yang satu ini pastikan Anda mengabadikan setiap momen dalam kamera Anda. Banyaknya spot foto yang cantik di tambah bersihnya lingkungan pantai akan membuat foto Anda semakin apik. Ajak teman dan keluarga Anda untuk menciptakan momen bersama ini. Wisata pantai pada dasarnya juga sangat disukai dan cocok bagi semua kalangan usia. Anak-anak akan sangat senang saat bermain pasir pantai yang lembut dan akan merasa gembira saat berenang di area pantai. Ombak yang tenang ini juga terbilang lebih aman jika digunakan untuk berenang atau sekedar main air. Meskipun begitu, jika Anda pergi dengan anak-anak pastikan mereka tetap dalam pengawasan Anda.

Bagi Anda yang datang dengan kawan atau datang dengan rombongan Anda bisa melakukan olahraga bersama seperti volley pantai. Olahraga yang satu ini akan sangat menyenangkan karena Anda tak bisa sering melakukannya kecuali saat sedang liburan. Olahraga seperti volly pantai di Pantai Pasir Panjang juga sangat aman karena pasir yang lembut sehingga kaki tidak akan sakit sekalipun Anda tidak menggunakan sAndal atau alas kaki.  Bagi Anda yang senang sepakbola pantai pun, Anda bisa menjajal olahraga tersebut di pantai ini. Jangan lupa pergi bersama teman-teman Anda supaya liburan Anda semakin seru.

Tak jauh dari area pantai, Anda bisa melihat kampong nelayan. Anda bisa melihat bagaimana kehidupan para nelayan disini. bagi Anda yang ingin membeli hasil laut yang masih segar Anda juga dapat membelinya karena profesi kebanyakan warga disini adalah nelayan. Jika Anda ingin membeli olahan ikan untuk oleh-oleh Anda bisa membeli ikan yang telah diasinkan supaya lebih awet dan tahan lama. Jalan-jalan disini9 Anda tidak akan bosan karena banyak sekali hal yang bisa Anda lihat. Jika Anda ingin membeli souvenir, ada bisa membeli berbagai kalung maupun gelang dan gantungan kunci dengan desain menarik sebagai oleh-oleh untuk keluarga maupun kerabat Anda. Jadi jangan lupa untuk mengunjungi kampung nelayan ketika Anda berada di Pantai Pasir Panjang.

BACA JUGA:  15 Oleh-Oleh Khas Pontianak yang Wajib Anda Bawa Pulang

Fasilitas yang Ada di Pantai Pasir Panjang

Fasilitas yang Ada di Pantai Pasir Panjang

Image Credit: Homestaypontianak.wordpress.com

Pantai Pasir Panjang menjadi salah satu pantai yang banyak dikunjungi para wisatawan sehingga pemerintah setempat juga menaruh perhatian kepada pantai yang satu ini karena potensinya yang luar biasa. Anda tak perlu khawatir soal fasilitas, Anda bisa membasuh badan Anda dengan air tawar yang disediakan dan kamar mandinya pun terbilang cukup bersih dan terawat.

Fasilitas lain yang biasa Anda dapatkan adalah perahu motor yang bisa Anda sewa. Pengalaman menggunakan perahu motor akan sangat menyenangkan bagi Anda. Anda juga bisa mengunjungi kolam renang jika malas bermain air pantai. Bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu sampai beberapa  hari kedepan, Anda tak perlu risau karena banyak tempat penginapan seperti hotel maupun resort yang telah dibangun.

Anda bisa memilih berbagai tempat penginapan yang sesuai dengan budget Anda. Saat malam pemAndangan sekitar pantai pun indah dan ramai.  Anda bisa berwisata kuliner untuk menjajal makanan khas Singkawang. Jika makanan Singkawang terlalu asing di lidah Anda, Anda bisa membeli makanan lain yang lebih familier di lidah seperti bakso. PemAndangan sekitar pantai tidak akan mengecewakan bahkan ketika malam tiba.

Lokasi Pantai Pasir Panjang

Lokasi Pantai Pasir Panjang

Image Credit: Tritamarentcar.com

Jika Anda ingin berkunjung ke Pantai Pasir Panjang, lokasinya berada di kecamatan Tujuh Belas, Kota Singkawang, di provinsi Kalimantan Barat. karena wisata yang satu ini cukup populer Anda tak perlu pusing mencari tempat wisatanya. Rute untuk sampai ke tempat wisata pun terbilang mudah ditempuh. jika Anda sudah berada di kota Singkawang, maka menemukan pantai ini jauh lebih mudah.

Jarak pantai dari pusat kota Singkawang hanya perlu memakan waktu selama 20 menit dengan jarak sekitar 17 KM. untuk jarak dari Pontianak yang merupakan ibu kota dari provinsi kalimantan barat ini untuk menuju ke Singkawang memakan waktu 5-6 jam. Jaraknya memang tidak dekat namun saat Anda sampai Anda akan sangat puas dengan pemAndangan yang ada di Pantai Pasir Panjang.

BACA JUGA:  10 Wisata Pantai di Pontianak Lagi Hits Dikunjungi

Cara Menuju Pantai Pasir Panjang

Cara Menuju Pantai Pasir Panjang

Image Credit: Pinterest.com @Wiwiewi

Untuk menuju pantai Singkawang Anda bisa menggunakan jalur darat dari kota Singkawang. Anda bisa menemukan tempat wisata yang satu ini dengan sangat  mudah, jadi tak perlu khawatir jika takut salah mengambil rute. Untuk memudahkan Anda menemukan pantai ini, Anda bisa menggunakan google map untuk memandu perjalanan Anda supaya lebih mudah. Google map akan memberi jalur yang tepat agar Anda bisa sampai di pantai tanpa harus salah jalan.