Kalimantan Selatan

Pantai Muara Kintap, Destinasi Favorit di Tanah Laut

Lokasi: Muara Kintap, Kec. Kintap, Kab. Tanah Laut.
MapCek Lokasi

Kalimantan Selatan merupakan salah satu bagian dari negara Indonesia yang memiliki banyak lokasi wisata menarik serta menghadirkan banyak pesona alam Indonesia yang menarik banyak wisatawan asing di seluruh dunia. Dengan kebudayaan serta suku bangsa beragam yang mendiami pulau-pulau wisata di Indonesia, menjadikan tempat tersebut menjadi lebih estetik dengan adanya kebudayaan setempat yang dihadirkan.

Termasuk juga pada objek wisata yang ada di Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan. Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan terkenal dengan wisata pantai yang memiliki panorama indah dan menyenangkan untuk dikunjungi.

Mengenal Pantai Muara Kintap yang Eksotis

Mengenal Pantai Muara Kintap yang Eksotis

Image Credit: Bangsyaiful93.blogspot.com

Salah satu objek wisata terkenal yang berasal dari Kalimantan Selatan adalah objek wisata Pantai Muara Kintap. Pantai Muara Kintap merupakan objek wisata baru dari Kalimantan Selatan yang berada di Kabupaten Tanah Laut. Objek wisata tersebut baru diresmikan dan dikenal oleh wisatawan pada tahun 2016.

Meskipun masih tergolong objek wisata baru dari Kalimantan Selatan, Pantai Muara Kintap tidak kalah ramainya dengan objek wisata pantai lainnya dari Kalimantan Selatan. Selain itu juga, Pantai Muara Kintap memiliki pemandangan indah yang unik serta terdapat banyak lokasi foto dengan latar belakang pemandangan yang menarik.

Pantai Muara Kintap sebenarnya bukan objek wisata yang baru dari Kalimantan Selatan, hanya saja objek wisata tersebut baru diresmikan dan dikunjungi oleh wisatawan dari luar Kalimantan Selatan mulai dari tahun 2016. Sebelumnya Pantai Muara Kintap merupakan wisata pantai yang umum dikunjungi oleh penduduk lokal saja. Namun semenjak diunggah dan diperkenalkan di media sosial, objek wisata Pantai Muara Kintap menjadi lebih populer dan banyak wisatawan dari luar Kalimantan Selatan berduyun-duyun mengunjungi Pantai Muara Kintap.

Keindahan Panorama & Spot Foto Pantai Muara Kintap

Keindahan Panorama & Spot Foto Pantai Muara Kintap

Image Credit: The-tanginas.blogspot.com

Objek wisata Pantai Muara Kintap memiliki ciri khas pasir putih yang lembut dengan garis pantai yang luas dan air laut yang berwarna biru terang. Ditambah juga dengan deburan ombak serta arus ombak yang tidak terlalu besar, sehingga menjadi salah satu objek wisata pantai dari Kalimantan Selatan yang aman digunakan untuk melakukan beragam kegiatan air seperti berenang, snorkeling, bahkan hingga banana boat.

BACA JUGA:  5 Rumah Adat Khas Kalimantan Selatan

Saat mengunjungi Pantai Muara Kintap, para pengunjung akan disajikan dengan pemandangan panorama alam pantai yang indah. Bukan hanya pasir putih yang lembut saja yang disajikan, tetapi bibir pantai dari Pantai Muara Kintap yang lebar membuat para pengunjung puas untuk berjalan-jalan menyususri pantai. Selain itu juga, pada umumnya Pantai Muara Kintap hampir selalu memiliki cuaca yang cerah sebagai penambah mood liburan anda di Pantai Muara Kintap.

Pada pinggiran pantai juga banyak ditanami pepohonan kelapa yang rindang dan aman digunakan untuk berteduh apabila anda ingin bersantai dalam teduhan sambil menikmati keindahan dari Pantai Muara Kintap.

Bukan hanya itu saja, pada objek wisata Pantai Muara Kintap juga terdapat banyak spot dengan pemandangan menarik yang sangat cocok dijadikan sebagai kenangan liburan saat berfoto. Salah satu lokasi foto yang paling banyak diminati oleh pengunjung adalah lokasi foto ayunan yang berada di laut Pantai Muara Kintap.

Ayunan yang berada di laut tersebut merupakan spot yang dianggap menarik oleh banyak orang dan banyak yang mengantri untuk menggunakan ayunan tersebut untuk berfoto. Selain itu juga, pada ayunan tersebut, terdapat tulisan seperti tulisan “JOMBLO” atau “GALAU” dengan huruf capital pada bagian atasnya. Ayunan tersebut merupakan salah satu spot yang diciptakan warga sekitar sebagai sarana mempromosikan objek wisata Pantai Muara Kintap.

Berfoto pada ayunan yang berada dilaut dengan pemandangan latar belakang laut serta garis laut yang luas menjadi kegiatan serta spot utama yang dilakukan oleh wisatawan saat mengunjungi Pantai Muara Kintap. Ayunan yang berada di laut bukan hanya satu-satunya spot menarik untuk berfoto dari Pantai Muara Kintap. Masih banyak sudut-sudut dari Pantai Muara Kintap yang tidak kalah indah dan menarik untuk dijadikan latar belakang dalam berfoto. Selain itu juga, pemandangan pada Pantai Muara Kintap akan berubah menjadi sangat indah saat matahari mulai terbenam.

BACA JUGA:  4 Pakaian Adat Khas Kalimantan Selatan

Fasilitas yang Ada di Pantai Muara Kintap

Fasilitas yang Ada di Pantai Muara Kintap

Image Credit: Aciknadzirah.blogspot.com

Sama seperti objek wisata lainnya, objek wisata Pantai Muara Kintap juga dapat menjadi sumber penghasilan bagi penduduk lokal untuk meraup keuntungan. Banyak penduduk lokal yang menyediakan fasilitas berupa pondok-pondok yang dapat disewakan kepada pengunjung untuk bersantai sambil menikmati keindahan Pantai Muara Kintap. Pengunjung dapat menyewa pondok-pondok yang bersangkutan dengan harga yang cukup terjangkau, yaitu seharga Rp. 10.000 hingga Rp. 20.000.

Bukan hanya pondok-pondok kayu yang meneduhkan saja, tetapi banyak juga fasilitas lain yang tersedia pada Pantai Muara Kintap. Fasilitas lainnya adalah fasilitas payung-payung yang ditata rapi sepanjang pinggir pantai dan dapat digunakan oleh pengunjung untuk berteduh juga. Ada juga fasilitas banana boat, penyewaan ATV, serta fasilitas pelampung yang dapat digunakan jika pengunjung ingin berenang.

Pengunjung bahkan dapat menikmati hidangan laut dan hidangan dari Kalimantan Selatan pada stand-stand atau tempat makan yang tersedia tidak jauh dari Pantai Muara Kintap. Mayoritas penduduk lokal yang menjalankan serta menyediakan fasilitas yang ada di objek wisata Pantai Muara Kintap dan digunakan sebagai mata pencaharian.

Lokasi Pantai Muara Kintap

Lokasi Pantai Muara Kintap

Image Credit: Zainalhakimmsc.blogspot.com

Objek wisata Pantai Muara Kintap merupakan objek wisata yang terdapat di Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan. Untuk bisa mencapai objek wisata yang bersangkutan, pengunjung harus sedikit bersusah payah untuk menemukan lokasi objek wisata tersebut. Objek wisata Pantai Muara Kintap berjarak sekitar 150 km dari Kota Banjarmasin dan berjarak sekitar 11 km dari Simpang 4 Muara Kintap.

Bagi wisatawan yang sangat ingin mengunjungi objek wisata Pantai Muara Kintap, harus melakukan perjalanan kurang lebih 3 jam untuk bisa mencapai lokasi wisata tersebut. Memang akan memakan waktu yang cukup lama mengingat lokasi objek wisata tersebut terdapat didaerah yang cukup pelosok.

BACA JUGA:  11 Rumah Adat Suku Banjar

Namun para pengunjung tidak perlu khawatir dengan akses jalan yang akan dilalui. Akses jalan menuju Pantai Muara Kintap sudah diperbaharui sehingga mudah dilewati oleh kendaraan. Selain itu jug, banyak kendaraan dari penduduk lokal yang dapat disewa untuk menuju objek wisata Pantai Muara Kintap.

Cara Menuju Pantai Muara Kintap

Cara Menuju Pantai Muara Kintap

Image Credit: Zainalhakimmsc.blogspot.com

Untuk bisa mencapai objek wisata Pantai Muara Kintap, para pengunjung harus menempuh rute dari Kota Banjarmasin dan menyusuri jalan menuju Kota Pelaihari. Dengan menyusuri jalan di Kota Pelaihari, anda akan menemukan pom bensin Pelaihari yang dekat dengan bundaran kijang, pada daerah tersebut anda bisa mengambil jalan sebelah kiri untuk menuju jalan alternatif Jorong.

Jika anda menyusuri jalan alternatif Jorong, anda akan menemukan sebuah pertigaan, lalu pilih jalan kanan dari pertigaan tersebut yang akan menuju daerah perkantoran Pelaihari. Setelah menemukan dua belokan, anda bisa menuyusuri jalan lurus atau mengambil jalan kea rah kiri. Mengambil jalan kearah kiri akan lebih cepat sampai ke Pantai Muara Kintap. Setelah anda mengambil jalan kea rah kiri, anda akan menemukan tulisan “Jorong” dan menemukan pom bensin.

Dari pom bensin tersebut anda bisa berkendara menyusuri jalan melewati Desa Muara Asam-Asam, Desa Asam Jaya, Desa Pandan Sari, Desa Kintap Kecil, hingga tiba di gapura yang bertuliskan “Selamat Jalan dan Batas Tanah Laut” dari situ jika berkendara lurus maka sudah sampai di Desa Muara Kintap yang merupakan desa lokasi objek wisata Pantai Muara Kintap.