Kalimantan Timur

Pantai Melawai, Destinasi Wisata Populer di Kota Balikpapan

Lokasi: Jl. Pelabuhan Semayang, Prapatan, Kec. Balikpapan Kota, Kota Balikpapan.
MapCek Lokasi

Berkunjung ke Kalimantan Timur memang sangat menyenangkan bukan? Pasalnya di wilayah ini, Anda  bisa menemukan tempat tempat yang memiliki keindahan alam yang mempesona. Salah satu tempat yang paling cocok untuk menghabiskan waktu liburan adalah Balikpapan. Di sini, Anda  bisa menemukan pantai yang cukup populer yaitu Pantai Melawai. Penasaran dengan pesona keindahan pantai ini? Yuk simak ulasan berikut.

Pemanda ngan Alam yang Indah Khas Balikpapan

Pemandangan Alam yang Indah Khas Balikpapan

Image Credit: Twisata.com

Ketika mengujungi tempat wisata alam, salah satu faktor yang sangat dipertimbangkan adalah keindahan alamnya. Pantai yang ada di kalimantan timur memiliki ciri khas tersendiri, sebagaimana Pantai Melawai yang menunjukkan pantai khas Balikpapan. Tak heran jika pantai ini menjadi salah satu ikon kota Balikpapan. Pantai Melawai menjadi tempat tujuan bagi para muda mudi setempat untuk nongkrong dan sekedar melepaskan pinat di akhir pekan.

Jika kebanyakan di pantai lain Anda  akan menemukan hamparan pasir yang sangat luas dengan birunya ombak yang menghampiri setiap waktu, namun berbeda dengan pantai ini. Pantai Melawai tidak menyajikan keindahan pasir putihnya, melainkan adanya pemAnda ngan berupa air laut ditambah keunikan batu karang yang menyerupai bukit yang dikenal dengan pulau babi. Dinamakan demikian, karena di tempat ini ditemukan banyak hewan bulu babi.

Selain keindahan pantai dengan suguhan pulau babi, pantai melawai juga sangat populer dengan keindahan sunsetnya di waktu senja. Banyak pengunjung mendatangi pantai ini dengan tujuan melihat matahari terbenam. Hal ini dikarenakan pemAnda ngan matahari terbenam di Kalimantan timur cukup sulit ditemukan. Namun, karena letak Pantai Melawai yang terletak di teluk kecil, sehingga pemAnda ngan sunset di pantai ini dinilai menjadi pemAnda ngan sunset terbaik.

BACA JUGA:  Air Terjun Pinang Seribu, Destinasi Wisata Alam Favorit di Samarinda

Pengunjung bisa melihat sunset di ujung dengan lebih jelas tanpa adanya penghalang. Biasanya pengunjung menikmati pemAnda ngan ini sambil duduk di atas tikar. Adapun pemAnda ngan lain yang tak kalah menarik adalah, kapal kapal berlabuh yang menurunkan muatan saat sampai di pelabuhan Semayang maupun pemAnda ngan kapal kapal yang sedang berlayar di teluk Balikpapan.

Menikmati Beragam kuliner di Sekitar Pantai Melawai

Menikmati Beragam kuliner di Sekitar Pantai Melawai

Image Credit: Cendananews.com

Selain keindahan alamnya yang mempesona, Pantai Melawai juga menyajikan beragam kuliner yang bisa dinikmati oleh pengunjungnya. Di sepanjang jalanan pantai, Anda  akan menemukan banyak kafe yang menjual aneka makanan dan minuman untuk para wisatawan. Tidak hanya itu, di sini juga terdapat banyak penjual dagang yang menggunakan gerobak dan menjajakan makanannya mulai dari jajanan hingga makanan berat.

Salah satu makanan yang menjadi favorit di tempat ini adalah jagung bakar yang manis dan hangat ketika sore hari. Selain itu, Anda  juga bisa menemukan menu makanan seafood dengan masakan yang lezat. Makanan seperti pecel lele, ayam dan ikan bakar juga bisa Anda  temukan dengan mudah di sekitar pantai Melawai. Beragam minuman yang dijual di sini mulai dari kopi hangat, es teh hingga jus.

Adanya pilihan kuliner inilah yang menjadi salah satu daya tarik tersendiri dari Pantai Melawai. Liburan di sini, pastinya tidak akan membosankan. Dijamin makanan di sini memiliki rasa yang enak dan tidak mengecewakan. Harga untuk perporsinya juga stAnda r sehingga tidak akan membuat kantong Anda  kering. Jadi tidak perlu khawatir jika lupa membawa bekal makanan. Anda  tinggal memilih makanan yang sesuai selera, ketika merasa lapar.

Karena adanya beragam kuliner yang cukup menggoda, tak heran jika pantai ini menjadi pusat kuliner yang ada di kota Balikpapan. Jika Anda  berkeinginan untuk menghabiskan waktu di malam hari bersama teman dan keluarga, maka tempat yang paling tepat untuk dikunjungi adalah Pantai Melawai. Anda  dan orang terdekat bisa melihat keindahan pemAnda ngan pantai dan menikmati kuliner sambil duduk lesehan. Sangat lengkap bukan?

BACA JUGA:  Ladang Budaya (Ladaya) Tenggarong, Objek Wisata Andalan Kutai Kartanegara

Akses yang Cukup Mudah Menuju Pantai Melawai

Akses yang Cukup Mudah Menuju Pantai Melawai

Image Credit: Balikpapan.legrandeurhotels.com

Salah satu faktor yang membuat pantai ini banyak pengunjung adalah akses menuju lokasi yang cukup mudah. Jadi tidak perlu khawatir lagi dengan medan yang berkelok dan naik turun, karena Anda  tidak akan menemukannya di sini. Lokasi Pantai Melawai cukup strategis karena berada di dekat Pelabuhan Semayang Balikpapan dan Teluk Banua Patra, lebih tepatnya di jalan Sudirman. Pantai ini juga tidak jauh dari pusat kota Balikpapan sehingga Anda  tidak akan kesulitan menemukannya.

Jika Anda  mengunjungi pantai ini dari pusat kota, maka Anda  harus menempuh jarak sekitar 3 kilometer dengan waktu perjalanan yang dibutuhkan sekitar 15 menit. Untuk bisa sampai di pantai ini, Anda  bisa menggunakan kendaraan umum seperti angkutan kota maupun taksi. Biasanya angkutan kota yang melewati pantai ini adalah angkutan kota nomor 6 atau 3.  Anda  juga bisa menggunakan kendaraan pribadi, karena di sini juga di sediakan tempat parkir.

Selain kemudahan akses serta lokasinya yang cukup strategis, di sini Anda  juga bisa mendapatkan liburan yang terjangkau. Tiket masuk di sini cukup murah dan yang paling menarik lagi adalah Anda  tidak perlu hawatir jika mengunjungi pantai ini dalam kondisi ditutup, karena pantai ini dibuka selama 24 jam. Bahkan ketika malam yaitu di atas jam 20.00 malam, pantai ini cukup ramai oleh pengunjung.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Melawai

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Melawai

Image Credit: Getborneo.com

Meskipun suatu tempat wisata memliki pemAnda ngan yang menarik, jika fasilitas yang ada di pantai tersebut tidak memadai maka Anda pastinya akan berpikir ulang untuk mengunjunginya. Namun, ketika mengunjungi pantai melawai Anda  tidak perlu bimbang karena fasilitas di sini cukup lengkap. Selain berbagai kuliner yang menggugah selera, di pantai ini juga di tersedia toilet dan musholla yang bisa digunakan oleh para pengunjung.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Kutai Barat Terbaru & Terhits Dikunjungi

Di dekat pantai ini juga terdapat arena olahraga yang bisa digunakan untuk pengunjung yang gemar berolahraga. Selain itu, Anda juga bisa menemukan beberapa fasilitas lain seperti  rumah sakit, bank serta karaoke jika Anda menghilangkan penat dengan bernyanyi. Bagi pengunjung yang memang berasal dari luar kota atau luar pulau, Anda  tidak perlu khawatir lagi jika di sini kebingungan karena Anda  bisa menemukan hotel dengan mudah untuk menginap.

Karena letaknya yang cukup ramai dan tidak jauh dari pusat kota, maka di sini Anda  bisa menemukan beragam bangunan dengan mudah. Jadi aktivitas bersantai santai di pantai ini tidak akan membuat Anda  terganggu dan sangat nyaman. Apalagi dengan angin sepoi sepoi yang membuat suasana semakin sejuk. Namun jika Anda  mudah terkena masuk angin, maka sebaiknya gunakan jaket yang cukup tebal.

Pantai Melawai menawarkan pemAnda ngan sunset yang menakjubkan ditambah dengan adanya kapal yang berlayar maupun berlabuh. Dan yang membuat pantai ini menjadi tempat menongkrong anak muda yaitu karena beragam kuliner yang bisa ditemukan dengan mudah ketika sore hari. Namun, jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan selama di pantai ini dengan tidak membuang sampah sisa makanan secara sembarangan, agar tidak mencemari lingkungan.