Kalimantan Timur

Pantai Marina, Wisata Bahari di Bontang yang Memukau

Bosan di rumah namun bingung ingin berlibur kemana? Apabila Anda berada di kawasan kota Bontang, tampaknya kini saat yang tepat untuk mengunjungi pantai cantik bernama Pantai Marina. Tawarkan segudang daya tarik, dijamin Anda tidak akan pernah bosan mengunjunginya.

Lokasi: Satimpo, Kec. Bontang Selatan, Kota Bontang.
Map: Cek Lokasi

Warisan alam yang dimiliki Indonesia seakan tidak pernah habis dikupas bahkan selama beberapa puluh tahun kemudian. Di kota Bontang misalnya, disini Anda bisa menemukan sebuah destinasi wisata bahari yang begitu menawan dan diberikan nama Pantai Marina. Dijadikan sebagai tempat terbaik untuk melepaskan penat, dijamin Anda tidak akan pernah bosan mengunjunginya. Untuk mengenalnya lebih dekat, silahkan simak ulasan berikut.

Daya Tarik yang Dimiliki Oleh Pantai Marina

Daya Tarik yang Dimiliki Oleh Pantai Marina

Image Credit: Dolandolen.com

Pantai Marina disebut sebagai salah satu pantai yang menawarkan segudang pesona alam asri yang sayang untuk dilewatkan. Sejak memasuki kawasan wisatanya, pengunjung sudah disambut dengan hamparan pasir berwarna putih bersih yang terasa lembut di kulit. Warna pantainya tampak sangat kontras dengan luas lautannya yang berwarna biru cerah nan segar, serta cerahnya langit biru yang berhasil memberikan daya tarik tersendiri.

Pantai ini pun semakin menarik dikunjungi berkat kehadiran semak belukar yang menghiasi kawasan wisatanya. Lokasi pantainya langsung menghadap ke arah Selat Makassar, berhasil memberikan pesona tersendiri dibandingkan destinasi wisata lainnya. Meski berhadapan dengan Selat Makassar, ombak lautnya dirasa cukup tenang walaupun sesekali menderu sedikit kencang.

Berkat ketenangan air lautnya inilah, membuatnya cocok dijadikan sebagai tempat olahraga air mulai dari jet sky hingga sky board. Wisatawan juga diperbolehkan berenang santai di tepian pantainya hingga puas, namun pastikan untuk tetap waspada karena kondisi alam bisa berubah tanpa diduga sebelumya. Apabila tidak ingin bermain air, sebagai gantinya Anda bisa bermain pasir atau sekedar menikmati kesegaran airnya di tepian pantai.

Selama berada di kawasan wisatanya, kemungkinan besar Anda menyadari bahwa nuansa sekitarnya terasa damai dan terasa nyaman dijadikan sebagai tempat melepaskan penat. Ditambah lagi dengan nyanyian burung berkicau yang tinggal di sekitar tempat wisata, berhasil menyihir pengunjung agar betah berlama lama disana. Namun tahukah Anda bahwa pantai cantik satu ini menyimpan fakta unik?

Sebenarnya Pantai Marina dibagi menjadi dua kawasan yang kemudian diberi nama Marina kecil dan Marina besar, dimana kedua kawasannya memiliki daya tarik tersendiri. Bahkan wisatawan baru tidak benar benar merasakan bahwa kedua kawasan ini terpisahkan seperti apa yang diberitakan, sebab fasilitas wisatanya bergabung menjadi satu. Sehingga tidak banyak yang menyadari bahwa lokasi wisata tersebut sebenarnya dibagi menjadi dua bagian.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pantai Marina

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pantai Marina

Image Credit: Annienugraha.com

Setelah mengetahui segudang daya tariknya, apakah Anda ingin mengunjunginya dalam waktu dekat ? Daripada penasaran dan hanya mengetahui dari cerita orang terdekat, tidak ada salahnya mengunjunginya secara langsung untuk membuktikan kebenarannya. Pantai cantik satu ini berlokasi di dalam Kompleks PT Badak NGL, dengan kata lain lokasinya memang tersembunyi sehingga orang dari luar daerah terkadang kesulitan untuk menemukannya.

BACA JUGA:  15 Hotel Murah di Samarinda yang Paling Populer

Sudah berusaha untuk menemukannya namun tidak kunjung sampai di tujuan ? Jangan pernah sungkan meminta tolong kepada masyarakat sekitar untuk meminta arah petunjuk, ataupun meminta pertolongan untuk mengantarkan Anda kepada kawasan wisata sebagai solusinya. Sebenarnya lokasi wisatanya sendiri merupakan zona pemukiman penduduk dan tertutup bagi umum, yang berarti hanya penduduk sekitar yang bisa mengakses langsung ke tempat wisata.

Walaupun lokasinya cukup tersembunyi namun keindahanannya begitu terpancarkan dengan jelas, sehingga masyarakat Kota Bontang tampaknya tidak ada yang tidak mengetahuinya. Bahkan lokasi wisata ini semakin ramai kunjungi menjelang akhir pekan maupun di hari libur. Dijadikan sebagai tempat favorit untuk melepaskan penat, sehingga Anda bisa menanyakan dimana lokasinya agar lebih akurat.

Lalu bagaimana jika tidak ada satupun masyarakat yang lewat ataupun berada di luar huniannya ? Tidak perlu panik, karena Anda bisa mengandalkan smartphone di genggaman untuk memandu sampai di tempat tujuan. Beruntungnya lokasi wisatanya sendiri tidak terlalu jauh dari pusat kota, karena Anda hanya menempuh perjalanan sekitar 4 kilometer atau membutuhkan waktu sekitar 20 menit saja jika bertolak dari pusat kota Bontang.

Sebelum sampai di tempat tujuan, Anda akan melewati kawasan Marina PT Badak NGL terlebih dahulu. Sepanjang jalan menuju arah tempat wisata terlihat sejumlah rumah penduduk saling berjejer satu sama lain, yang semakin menandakan bahwa kawasan wisata ini memanglah zona bagi pemukiman penduduk yang bekerja di perusahaan tersebut. Namun tidak perlu khawatir, karena warganya siap membantu jika terdapat wisatawan yang mengalami kesusahan.

Harga Tiket Masuk Pantai Marina

Harga Tiket Masuk Pantai Marina

Image Credit: Tempatwisataunik.com

Destinasi wisata cantik satu ini resmi menjadi milik PT Badak NGL, sehingga wisatawan yang tertarik melihat keindahannya harus mengeluarkan dana untuk membeli tiket masuk kawasan wisatanya. Cukup dengan membayarkan 10 ribuan saja, keindahan pantainya sudah bisa dinikmati hingga puas tanpa ada yang membatasinya. Tentu saja besaran dana yang harus dikeluarkan dirasa cukup murah, mengingat keindahan pantainya yang begitu luar biasa.

Dibuka selama 24 jam penuh, dengan kata lain wisatawan dapat datang dan pergi kapanpun diinginkan tanpa terbatas oleh waktu kunjungan. Kini tinggal Anda sendiri yang menentukan akan datang jam berapa dan berapa lama akan berada disana. Apabila datang di malam hari, pastikan untuk tetap waspada demi mengurangi resiko. Sebagai perlindungan unggul, jangan lupa untuk membawa lotion anti nyamuk agar tidak tersengat serangga.

BACA JUGA:  Taman Nasional Kutai, Berwisata Sembari Belajar Flora & Fauna

Aktifitas Menarik Selagi Berada di Pantai Marina

Aktifitas Menarik Selagi Berada di Pantai Marina

Image Credit: Msubandii.wordpress.com

Wisatawan semakin tidak menyadari bahwa Pantai Marina dibagi menjadi dua, mengingat keindahan keduanya tampak serupa walaupun masing masing diantaranya memiliki daya tarik tersendiri. Sehingga tidak mengherankan jika destinasi wisata bahari satu ini kerap dijadikan sebagai tempat rekreasi ketika akhir pekan tiba.

Jika umumnya pantai akan berubah menyeramkan ketika malam tiba, maka tidak berlaku bagi Pantai Marina. Justru disini pengunjung bisa menyaksikan berbagai lampu tampak bersinar indah, yang berhasil mengusir rasa takut akibat gelap. Tentu saja pesona keindahan pantainya menjadi dua kali lipat, mengingat pemandangan tersebut tidak bisa ditemukan di destinasi wisata bahari lainnya.

Tidak jauh dari lokasi wisatanya, terlihat lampu obor yang ternyata hasil pembakaran gas dan tidak digunakan kembali. Api yang mencuat tersebut keluar dari cerobong tersebut berhasil menarik perhatian dan masuk menjadi daya tarik tersendiri dari pantainya. Banyaknya daya tarik yang dimilikinya, dijamin wisatawan merasa betah berlama lama serta gatal untuk mengabadikan momen berlibur kesana.

Tawarkan pemandangan yang begitu indah, rasanya kurang puas jika hanya berkunjung selama beberapa menit atau jam. Daripada mengeluh, tampaknya bermalam sehari atau dua hari bisa menjadi pilihan tepat. Bahkan disini sudah disediakan area khusus berkemah bagi mereka yang tertarik menikmati keindahannya lebih lama, sekaligus lebih dekat dengan alam sekitarnya. Telah disediakan fasilitas khusus, rasanya sangat disayangkan jika tidak dimanfaatkan.

Selama bermalam di tempat wisata ini, pengunjung tidak perlu khawatir akan tingkat keamanannya. Sebab disana terdapat menara pengawas yang siap memberikan pertolongan ketika terjadi suatu hal yang tidak diinginkan, sekaligus memberikan informasi terkait cuaca dan kondisi di sekitar kawasan wisatanya. Aman dan nyaman, wajar saja jika menemukan sekelompok orang tengah mendirikan tenda di sekitar area wisatanya.

Selain berkemah, wisatawan juga diperbolehkan berenang santai di laut tersebut. Bahkan selama berada disana, jangan pernah sia siakan kesempatan untuk melakukan olahraga air yang siap memaju adrenalin. Ditambah lagi dengan kesegaran air lautnya, berhasil membuat hari libur menjadi lebih berwarna. Banyaknya akfitifitas seru yang bisa dilakukan, apakah Anda yakin tidak ingin mengunjunginya ?

Aktifitas yang tidak kalah seru dilakukan di Pantai Marina yaitu mengabadikan momen berlibur, sekaligus berburu spot menarik untuk menghasilkan foto ciamik. Tersedia beberapa spot keren yang cocok dijadikan sebagai tempat swafoto, tidak mengherankan jika masyarakat begitu tertarik mengunjunginya. Oleh karenanya, jangan sampai lupa mengabadikan setiap momennya hanya karena telalu asyik menikmati nuansa sekitarnya.

BACA JUGA:  Liburan Seru Menelusuri Desa Budaya Pampang Kalimantan Timur

Berkat keindahannya tersebut, penggemar fotografi pun tidak ingin ketinggalan menyaksikan keindahannya dari dekat dan tentu saja mengabadikannya di kamera kesayangan. Pantai ini pun semakin cantik berkat hiasan pepohonan dan semak belukar di sekitar bibir pantainya. Dengan angle dan timing yang tepat, jadilah jepretan yang siap memanjakan mata bagi siapapun yang melihatnya.

Duduk manis sembari menikmati semilir angin khas pantai, bisa menjadi aktifitas seru yang tidak kalah menarik dilakukan. Selama itu pula, Anda bisa mendengar deburan ombak di pantai yang terdengar tidak terlalu kencang namun sudah berhasil memberikan kesan menenangkan. Hanya dengan mendengarkan nyanyian alam tersebut, dijamin pikiran yang kalut perlahan akan memudar dan digantikan dengan perasaan gembira dan lebih bersemangat.

Penginapan di Sekitar Pantai Marina

Penginapan di Sekitar Pantai Marina

Image Credit: Oyorooms.com

Sayangnya di dekat lokasi wisata bahari populer satu ini tidak ditemukan tempat menginap. Jikapun tetap ingin singgah lebih lama, disarankan memilih berkemah di kawasan wisatanya sebagai pilihan terbaik. Tidak perlu mengeluarkan dana besar hanya untuk menginap, Anda pun juga bisa menikmati nuansa alamnya lebih lama tanpa adanya batasan. Tentu saja pilihan ini sangat cocok dipilih bagi pecinta alam.

Sedangkan mereka yang datang dari jauh dan membutuhkan ranjang yang empuk dan nyaman untuk beristirahat, maka opsi terbaik adalah menginap di hotel kota Bontang. Sayangnya jarak tempat penginapan tersebut, masih tergolong jauh dari pusat wisatanya sendiri. Sekarang pengunjung sendiri yang harus bisa menentukan, apakah akan berkemah ataupun memilih menginap di hotel di kota sebagai pilihan terbaik.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Marina

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Marina

Image Credit: Annienugraha.com

Pernyataan bahwa wisatawan tidak akan pernah dibuat bosan mengunjunginya berkali kali sekalipun tampaknya ada benarnya. Sebab selama berada disana, semua kebutuhan harian sudah tersedia cukup lengkap dan memadai. Beberapa fasilitas yang dimaksudkan seperti jungkat jungkit, ayunan, dan masih banyak lagi lainnya. Bahkan di tempat ini pula, Anda bisa menemukan perahu khusus untuk berolahraga yang berjajar rapi di sekitar bibir pantainya.

Bukan hanya itu saja, bahkan pihak pengelola menambahkan sejumlah fasilitas tambahan demi memenuhi kebutuhan pengunjungnya. Mulai dari kamar mandi bilas khusus, toilet yang bersih dan terawat, area khusus untuk berkemah, area parkir cukup lapang, hingga menara pengawas pantai yang sigap jika dibutuhkan. Semua fasilitas tersebut dihadirkan demi kenyamanan dan keamanan setiap pengunjungnya.

Berkunjung ke kota Bontang, rasanya kurang puas sebelum melihat keindahan Pantai Marina sebagai tambahannya. Buka selama 24 jam penuh setiap harinya, yang berarti tidak ada alasan untuk tidak mengunjunginya hanya karena terlalu sore ataupun malam. Dengan membayarkan tiket sekitar 10 ribuan saja, keindahan dari pasir putih dan hamparan lautan berwarna biru siap menyapa wisatawan. Demi menjaga kelestariannya, pastikan membuang sampah pada tempatnya.