Kalimantan Timur

Pantai Manggar Segarasari, Wisata Bahari Favorit di Balikpapan

Pantai Manggar Segarasari di Balikpapan memiliki segudang pesona yang menjadi tujuan wisata favorit bagi banyak orang di Balikpapan. Selain memiliki pemandangan yang mempesona, pantai ini juga dilengkapi fasilitas yang memadai.

Lokasi: Jl. Pantai Manggar Segarasari, Manggar Baru, Kec. Balikpapan Timur, Kota Balikpapan.
Map: Cek Lokasi

Wisata pantai merupakan salah satu destinasi liburan yang tidak ada matinya, dan masih terus menjadi favorit bagi banyak orang. Salah satu pantai di Balikpapan yang juga amat populer didatangi para wisatawan yaitu Pantai Manggar Segarasari. Wisata bahari ini merupakan wisata andalan Balikpapan yang telah dikelola oleh pemerintah kota. Setiap hari pantai satu ini dipenuhi pengunjung dari warga lokal maupun luar daerah, terlebih di akhir pekan.

Mengenal Lebih Dekat Pantai Manggar Segarasari

Mengenal Pantai Manggar Segarasari

Image Credit: Pantainesia.com

Manggar Segarasari sejatinya bernama asli Pantai Segarasari, namun masyarakat sekitar sering menyebutnya dengan Pantai Manggar lantaran letaknya yang berada di kawasan Manggar, Balikpapan Timur. Pantai satu ini memiliki luas kurang lebih 13 ribu meter persegi, dengan hamparan air laut yang jernih dan pasir putih kecoklatan yang begitu lembut.

Di pantai Manggar, pengunjung tidak hanya akan disuguhkan keindahan pantai, tapi juga bisa melihat ikon dari kota Balikpapan yaitu berupa patung beruang madu. Tidak jauh dari patung beruang madu tersebut, juga terdapat cagar budaya bunker Jepang. Bunker ini merupakan sarana pertahanan yang berguna untuk berlindung serta memata matai musuh milik tentara Jepang, ketika menduduki kota Balikpapan pada kisaran tahun 1942 hingga 1945.

Bunker Jepang ini telah resmi ditetapkan sebagai cagar budaya oleh pemkot Balikpapan sejak tahun 2010 silam, melalui Surat Keputusan Walikota Balikpapan tentang penetapan cagar budaya sebagai objek bersejarah dan objek wisata milik kota Balikpapan. Hingga saat ini bunker Jepang yang merupakan cagar budaya tersebut, menjadi salah satu daya tarik yang mendongkrak jumlah pengunjung dari waktu ke waktu.

Pantai Manggar Segarasari ini tidak pernah sepi akan pengunjung, bahkan Data Unit Pelaksanaan Teknis Dinas atau UPTD Dinas Pariwisata Pantai Manggar mencatat bahwa jumlah kunjungan rata rata sejumlah 3 hingga 5 ribu orang tiap pekannya. Lokasi pantai satu ini memang memiliki potensi yang ideal sebagai kawasan wisata, karena luas wilayah pantai memiliki kontur lantai yang berpotensi untuk melakukan pengembangan sarana dan prasarana wisata.

BACA JUGA:  Pantai Melawai, Destinasi Wisata Populer di Kota Balikpapan

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Pantai Manggar Segarasari

Aktivitas di Pantai Manggar Segarasari

Image Credit: Wisatakalimantan.com

Karena telah dikelola oleh pemerintah dan telah ditetapkan untuk beroperasi sebagai kawasan wisata, Pantai Manggar Segarasari memiliki fasilitas yang cukup memadai. Saat pertama kali tiba di lokasi, Anda akan langsung berjumpa dengan patung beruang madu yang merupakan ikon kota Balikpapan. Anda bisa menggunakan patung tersebut sebagai latar belakang dalam swafoto, hal ini akan membuktikan Anda telah berkunjung ke kota Balikpapan.

Tidak jauh dari patung beruang madu, Anda juga bisa menemukan bunker Jepang yang sudah ada sejak zaman dahulu kala. Anda bisa melakukan napak tilas peninggalan tersebut, dan merasakan suasana zaman dulu. Di depan bunker juga terdapat papan yang memberi penjelasan mengenai bunker tersebut. Melalui cagar budaya ini, Anda bisa menambah berbagai pengetahuan baru.

Setelah puas dengan cagar budaya, Anda bisa memasuki area pantai yang menyuguhkan hamparan pasir putih kecoklatan yang begitu lembut di kaki. Pemandangan indah hamparan pasir, berpadu dengan birunya laut dengan sempurna. Ditambah dengan ombak yang datang terlihat seolah saling berkejaran ke arah bibir pantai membuat pemandangan yang semakin memanjakan mata.

Jika Anda datang ke sini saat siang hari dan cuaca sedang cerah, maka lazuardi langit menambah semua pemandangan indah yang ada menjadi lebih sempurna. Sedangkan jika Anda berkunjung di sore hari, maka lembayung senja akan memberikan sebuah pemandangan eksotis dan membangun suasana yang romantis. Sehingga sangat cocok untuk dinikmati bersama dengan orang tersayang.

Di Pantai Manggar Segarasari ini terdapat sejumlah fasilitas yang bisa Anda nikmati, seperti watersport, banana boat, jet ski, serta berbagai alat pelampung yang disewakan untuk anak anak hingga orang dewasa. Ombak pantai yang cukup tenang memang memungkinkan pengunjung untuk berenang, oleh sebab itu banyak persewaan alat pelampung di tepi pantai yang bisa Anda temukan.

Aktivitas di Pantai Manggar

Image Credit: Mamikos.com

Apabila Anda ingin melihat pemandangan laut lebih dekat, namun tidak ingin berbasah basahan maka bisa menggunakan perahu untuk mengitari area sekitar pantai. Anda bisa menyewa perahu kepada para nelayan yang menyewakannya di tepian. Selain berbagai aktivitas di air, masih banyak lagi aktivitas seru lainnya yang bisa Anda lakukan di Pantai Manggar Segarasari ini.

Aktivitas di pantai yang bisa Anda lakukan antara lain seperti bermain layang layang, bermain bola, volly pantai, bermain sepeda, berfoto foto ria, membuat istana pasir, hingga bersantai di bawah pohon rindang yang ada di area pantai. Jika Anda ingin bermain layang layang namun tidak membawa permainan tersebut, maka tidak menjadi masalah, karena di sini ada juga pedagang yang menjajakan salah satu permainan tradisional tersebut.

BACA JUGA:  Taman Borneo, Wisata Alam Andalan Kota Samarinda

Bahkan hingga persewaan sepeda juga bisa Anda temukan dan Anda sewa untuk berkeliling area pantai. Semua kegiatan menyenangkan bisa Anda lakukan bersama keluarga, sahabat, teman, kerabat, dan orang tercinta di Pantai Manggar Segarasari ini. Kemudian setelah puas bermain hingga letih, Anda tidak perlu khawatir jika merasa lapar atau haus. Karena di wisata bahari ini Anda bisa menjumpai cukup banyak lapak pedagang kaki lima.

Para pedagang yang ada di sana bahkan tidak hanya menjual makanan khas laut saja, tapi ada juga penjual nasi rawon, soto, gado gado, bakso, pangsit, sate, nasi campur, dan lain sebagainya. Olah hidangan tersebut ditawarkan lengkap dengan aneka minuman seperti es cendol, es campur, es degan, serta menu minuman menyegarkan lainnya. Makanan serta minuman tersebut bisa Anda nikmati sembari duduk lesehan di bawah pohon rindang di sekitar pantai.

Alamat dan Rute Menuju Pantai Manggar Segarasari

Rute ke Pantai Manggar Segarasari

Image Credit: Prokal.co

Pantai Manggar Segarasari berada di kawasan Manggar, yang berjarak sekitar 22 km dari pusat kota Balikpapan atau kurang lebih 9 km jika ditinjau dari lokasi Bandara Sepinggan. Untuk menuju lokasi pantai, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi baik berupa kendaraan roda dua maupun roda empat. Jika Anda bepergian bersama rombongan, maka bus juga bisa menjadi pilihan untuk menuju lokasi Pantai Manggar Segarasari.

Jalan menuju lokasi wisata sudah cukup bagus dan mudah untuk dilalui berbagai kendaraan, jadi Anda tidak perlu khawatir selama di perjalanan. Bahkan terdapat juga angkutan umum yang melewati destinasi wisata pantai satu ini, Anda bisa naik angkutan kota nomor 7 apabila ingin berkunjung ke Pantai Manggar Segarasari dengan menggunakan transportasi publik.

Untuk akses jalan masuk menuju area pantai sendiri sudah sangat bagus, bahkan di sepanjang jalan Anda bisa menemukan pedagang aneka cinderamata khas Kalimantan. Ada juga pedagang manik manik dan pakaian khas dari Kalimantan, yang bisa Anda beli sebagai oleh oleh untuk sanak saudara. Dijamin perjalanan menuju wisata pantai satu ini akan menjadi perjalanan yang tidak terlupakan.

BACA JUGA:  Pantai AURI Sepinggan, Tujuan Wisata Akhir Pekan Warga Balikpapan

Tips Saat Berkunjung ke Pantai Cantik Balikpapan

Tips ke Pantai Cantik Balikpapan

Image Credit: Pasirpantai.com

Jika Anda ingin berkunjung untuk berlibur di Pantai Manggar Segarasari, maka terdapat beberapa tips yang perlu untuk Anda perhatikan agar perjalanan liburan menjadi lebih nyaman. Yang pertama yaitu tentunya jangan lupa untuk membawa uang secukupnya, untuk membayar tiket masuk dan biaya parkir. Selain itu, siapkan uang lebih untuk mengantisipasi Anda tergiur membeli oleh oleh di sepanjang perjalanan.

Apabila Anda ingin lebih berhemat, maka bisa membawa makanan dan minuman sendiri dari rumah. Jadi selama di pantai Anda tidak perlu lagi mengeluarkan dana untuk biaya makan. Anda juga sebaiknya membawa beberapa pakaian ganti jika ingin berenang, karena air laut yang jernih sudah pasti membuat Anda tergoda untuk segera menceburkan diri ke dalamnya.

Anda juga bisa membawa beberapa permainan dari rumah untuk dimainkan bersama di area pantai agar lebih seru, seperti layang layang, bola sepak, bola volly, dan beberapa peralatan untuk bermain pasir. Dengan begitu Anda bisa bermain seru dengan anggota keluarga atau teman yang datang bersama ke objek wisata Pantai Manggar Segarasari tersebut.

Membawa beberapa lembar karpet juga bisa menjadi pilihan jika Anda ingin bersantai dan piknik bersama di area pantai. Anda bisa menggelar karpet tersebut di bawah pohon hijau nan rindang yang ada di tepi pantai, dan menikmati hembusan angin laut yang menerpa wajah. Suasana sejuk yang menyegarkan akan membuat Anda rileks, Anda pun jadi bisa melepaskan penat dan stress dari berbagai masalah yang ada.

Jangan lupa juga untuk membawa smartphone atau kamera digital untuk mengabadikan berbagai momen indah di pantai. Semua pemandangan indah serta kegiatan seru Anda bersama orang tersayang di Pantai Segarasari ini, layak untuk diabadikan ke dalam sebuah potret kenangan. Dengan begitu perjalanan liburan Anda yang mengasyikkan bisa terus tersimpan dan dikenang dengan baik.

Dengan mengikuti berbagai tips berwisata, maka perjalanan liburan Anda bisa lebih menyenangkan karena tertata dengan baik. Dengan menyiapkan berbagai barang penting sebelum pergi berlibur, maka selama di tempat wisata Anda pun akan lebih nyaman. Berbagai kegiatan atau aktivitas seru juga bisa Anda lakukan dengan menyiapkan beberapa barang tertentu. Jadi sudah siap berlibur ke Pantai Manggar Segarasari?