Kalimantan Timur

Pantai Lamaru, Objek Wisata Berpagar Cemara di Balikpapan

Lokasi: Jl. Sosial No.54, Lamaru, Kec. Balikpapan Timur, Kota Balikpapan.
MapCek Lokasi

Objek wisata yang berada di Balikpapan memang cukup banyak. Akan tetapi, bagi anda yang ingin berwisata ke pantai tak ada salahnya jika anda mengunjungi tempat yang bernama Pantai Lamaru. Bagi anda yang penasaran dengan keindahan dari pantai satu ini, sebaiknya anda pun menyimak ulasannya berikut ini. Hal tersebut dikarenakan agar anda bisa mengetahui terlebih dahulu mengenai pantai satu ini.

Akses Perjalanan Mengunjungi Pantai Lamaru

Akses Perjalanan Mengunjungi Pantai Lamaru

Image Credit: Naldoleum.blogspot.com

Pantai yang terletak di Desa Teritip, tepatnya di Jalan Mulawarman, Lamaru ini ternyata memiliki pesona yang sangat mengagumkan. Sehingga bagi anda yang sedang berada di Balikpapan pun wajib untuk singgah sejenak di pantai satu ini. Untuk anda yang ingin mengunjungi pantai yang termasuk bagian dari Balikpapan Timur ini maka anda nantinya akan menempuh perjalanan sekitar 24 km dan bisa anda tempuh dalam waktu sekitar 30 menit.

Dengan memiliki daerah yang sangat luas, maka bagi anda yang berada di Kalimantan Timur dan ingin mengunjungi laut atau pantai membutuhkan perjuangan yang cukup melelahkan. Hal ini tentu saja menjadi salah satu kendala mengapa minimnya turis di pantai satu ini. Sehingga dengan mudahnya akses menuju pantai pun sebenarnya akan memiliki potensi yang besar untuk menarik wisatawan agar mengunjungi daerahnya tersebut.

Untuk itu, bila anda ingin mengunjungi kawasan pantai satu ini maka anda pun bisa datang menuju kota Balikpapan. Jika berangkat dari kota Balikpapan, maka anda pun nantinya akan bisa untuk menempuh arah melalui Jalan Sudirman, Ring Road atau bisa juga melalui Iswahyudi. Dimana nantinya anda bisa mengendarai kendaraan anda di sekitar kawasan Bandara Sepinggan.

BACA JUGA:  8 Wisata Pantai di Balikpapan Lagi Hits Dikunjungi

Ketika anda telah berkendara di sekitar bandara tersebut, maka anda pun akan bisa untuk sampai ke wisata pantai dengan jarak sekitar 15 kilometer ke arah Senipah ataupun Semboja. Lebih tepatnya setelah anda melewati kompleks TNI Angkatan Udara, maka anda pun nantinya akan bisa untuk melihat gapura wisata untuk menuju ke lokasi pantai satu ini.

Aktifitas yang Bisa Anda Lakukan di Pantai Lamaru

Aktifitas yang Bisa Anda Lakukan di Pantai Lamaru

Image Credit: 1001Wisata.com

Pesona dari pantai ini memanglah terkenal di kalangan wisatawan lokal. Hal ini dikarenakan Pantai Lamaru memiliki keindahan dan kelebihan tersendiri jika dibandingkan dengan beberapa pantai lain yang berada di Kalimantan Timur. Kelebihan yang terdapat pada pantai ini salah satunya adalah pantai Lamaru merupakan salah satu pantai yang landai. Sehingga anda pun akan lebih nyaman untuk berwisata ke pantai satu ini.

Tak hanya itu saja, pasir putih yang terdapat di pantai satu ini pun juga dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Sehingga dengan adanya pasir putih yang memenuhi pantai dengan air laut yang dangkal hingga beberapa puluh meter tersebut akan membuat anda lebih betah untuk bermain pasir di pantai satu ini. Selain itu, keindahan tersebut juga ditambah dengan bibir pantainya yang cukup luas.

Sehingga dengan adanya bibir pantai yang luas tersebut akan bisa dimanfaatkan untuk berbagai aktifitas pantai yang lain. Sebut saja seperi untuk bermain voli pantai, bermain bola ataupun bermain pasir dan membuat istana pasir. Pastinya hal tersebut akan membuat liburan anda bersama keluarga semakin berkesan dengan berwisata di Pantai Lamaru ini.

Dengan kondisi ombak dan juga gelombang yang bersahabat, maka anda pun tak perlu ragu untuk mengajak si kecil berlibur di wisata satu ini. Sehingga nantinya ketika berada disini, anda pun akan lebih aman untuk mengajak anak anda bermain air laut maupun berenang di tepian laut. Hal ini pun akan menjadi salah satu alternatif liburan di akhir pekan yang bisa untuk anda lakukan bersama keluarga.

BACA JUGA:  5 Pakaian Adat Khas Kalimantan Timur

Tak hanya itu saja, anda pun juga akan bisa menikmati keindahan pantai satu ini  sembari berwisata air. Pasalnya di Pantai Lamaru ini juga terdapat warung yang berada di pinggir pantai yang berfungsi sebagai tempat untuk menyewakan ban dan juga kapal kayuh yakni merupakan sejenis perahu yang dijalankan dengan dikayuh seperti naik sepeda. Anda pun juga bisa menikmati fasilitas banana boat ketika sedang berada di pantai satu ini.

Melihat Lebih Jauh Keindahan dari Pantai Lamaru

Melihat Lebih Jauh Keindahan dari Pantai Lamaru

Image Credit: Wikipedia.org

Selain memiliki beragam aktifitas menarik yang bisa untuk anda lakukan bersama keluarga, ketika mengunjugi tempat satu ini maka anda pun juga akan disuguhkan pemandangan yang mempesona. Dimana sejauh anda memandang daratan di pantai ini, maka anda pun akan disuguhkan deretan rimbun dari pohon cemara yang hijau dan sejuk. Dimana pemandangan satu ini akan jarang anda temui ketika sedang berwisata ke pantai.

Pasalnya, ketika anda ke pantai maka anda pun akan sering kali disuguhkan dengan pemandangan pohon kelapa yang mengitari pantai. Namun ketika anda berada di Pantai Lamaru, maka pohon cemara akan menjadi salah satu hal yang bisa untuk anda temukan. Selain itu, anda pun juga bisa berjalan jalan di sekitar pantai sembari menikmati angin sepoi sepoi khas pantai yang berhembus.

Bagi anda yang kelelahan berjalan, maka anda pun tak perlu kahwatir. Pasalnya ketika berada di pantai satu ini akan terdapat kuda atau andong yang disewakan untuk pengunjung. Nantinya anda pun bisa menyewa kuda ataupun andong tersebut untuk berkeliling dan menikmati suasana pantai yang sangat sejuk. Ditambah lagi dengan rimbunnya pohon cemara yang akan memanjakan mata anda.

BACA JUGA:  Danau Cermin Lamaru, Danau Cantik di Balikpapan

Kuburan Jepang di Sekitar Pantai Lamaru

Kuburan Jepang di Sekitar Pantai Lamaru

Image Credit: Heikaku.com

Keunikan lain yang tidak akan anda jumpai di pantai lain adalah adanya kuburan Jepang yang menjadi cagar budaya dan dilindungi oleh undang-undang tentang cagar budaya. Sehingga ketika anda mengunjungi pantai satu ini, maka anda pun akan sekaligus bisa berwisata budaya di tempat satu ini. Sehingga bagi anda yang ingin menambah wawasan anda, maka anda pun bisa mengunjungi Kuburan Jepang yang letaknya tidak jauh dari pantai satu ini.

Dimana jika anda berjalan kurang lebih sebanyak 150 meter maka anda pun nantinya akan bertemu dengan jalan setapak yang bagus. Di sepanjang perjalanan tersebut, anda pun akan menemukan rumah panggung dan nantinya tak jauh anda akan menemukan pintu gerbang untuk masuk Kuburan Jepang tersebut. Selain itu, juga terdapat tugu peringatan yang bertuliskan huruf kanji. Dimana kuburan ini dikelola oleh Yayasan Sakura Balindo dan juga Pemerintah Kota Balikpapan.

Dengan memiliki beragam keunikan dan keindahan, maka Pantai Lamaru pun cocok untuk anda jadikan destinasi wisata. Hal ini tentu saja dikarenakan pantai ini mempunyai potensi yang luar biasa untuk anda jadikan salah satu alternatif berlibur di akhir pekan bersama keluarga anda. Sehingga nantinya ketika anda berwisata ke tempat satu ini, anda pun bisa melakukan beragam aktifitas air yang menyenangkan.