Kalimantan Barat

Nikmati Keindahan Alam Pantai Kura-Kura di Singkawang

Lokasi: Karimunting, Kec. Raya Kepulauan River, Kab. Bengkayang.
MapCek Lokasi

Belakangan ini semakin banyak ketertarikan orang untuk berkunjung ke tempat wisata alam. Indonesia sendiri mempunyai banyak wisata alam di berbagai wilayah yang sangat indah dan menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah pantai Singkawang.

Kura-kura beach Singkawang atau merupakan pantai kura kurw ini cukup terkenal. Pantai ini mempunyai tampilan yang sangat menarik sehingga mampu membuat para pengunjung dari berbagai wilayah datang untuk berkunjung. Pantai Singkawang ini termasuk dalam salah satu deretan pantai yang terfavorit untuk dikunjungi.

Mengenal Pantai Kura-Kura Singkawang

Mengenal Pantai Kura-Kura Singkawang

Image Credit: Flickr.com @Franciscus Nanang Triana

Pantai Kura-kura Singkawang ini terletak di wilayah Singkawang Kalimantan Barat. Kalimantan di kepulauan Borneo ini dikenal mempunyai banyak pantai yang indah, termasuk pantai Singkawang. Nama lain dari pulau Singkawang ini adalah San Khew Jong.

Walaupun Kalimantan terkenal akan banyak pantainya, namun pantai Singkawang ini tidak kalah indahnya dari pantai di wilayah Kalimantan lainnya. Pantai Singkawang ini terkenal akan keindahannya dan masih bersih, seperti belum terjamah para pengunjung. Bahkan pantai ini sangat terjaga sehingga tidak ada pencemaran.

Adanya Kura-Kura ini menjadi daya tarik tersendiri. Bahkan harapannya Kura-Kura ini tetap dapat dilestarikan dan membuat tampilan pantai tetap asri dan indah. Pantai ini mempunyai banyak keindahan, di bawah ini akan dipaparkan mengenai gambaran wisata pantai Kura-Kura Singkawang ini.

Pesona Keindahan Pantai Kura-Kura Singkawang

Pesona Keindahan Pantai Kura-Kura Singkawang

Image Credit: Travelingyuk.com

Pantai Singkawang ini terletak di perbatasan antara kota Bengkayang dan Singkawang. Pantai ini mempunyai ciri khas yakni batu batuan. Batu-batu di pantai ini tersebar di sekitaran pantai Singkawang. Sehingga pantai ini memang terkenal dengan keindahan bebatuannya mulai dari pinggir pantai hingga mendekati lautan.

BACA JUGA:  10 Wisata Pantai di Pontianak Lagi Hits Dikunjungi

Bagi pengunjung yang ingin menikmati keindahan pantai Singkawang maka bisa menikmatinya dari atas bukit. Ada sebuah bukit di dekat pantai Singkawang yang sering digunakan oleh para pengunjung untuk datang menikmati keindahan pantai Singkawang. Selain dari bukit masih ada banyak sisi – sisi lainnya yang ada di sekitaran pantai yang menjadi titik indah untuk melihat keindahan pantai Singkawang.

Sisi pertama yang sering digunakan untuk menikmati keindahan pantai Singkawang adalah dari atas bukit. Salain dari atas bukit biasanya juga melalui balik bukit juga mempunyai tampilan keindahan pantai yang sangat menarik. Sedangkan untuk sisi keduanya bisa melalui pintu masuk ke pantai Singkawang. Kedua sisi ini menjadi lokasi yang menunjukan keindahan pantai Singkawang lebih jelas. Ketika datang ke pantai Singkawang ini jangan sampai anda tidak mencoba sisi terbaik untuk mendapatkan pemandangan pantai yang sangat indah.

Wilayah disekitar pantai Singkawang ini memang belum sepenuhnya terjangkau listrik. Sehingga biasanya banyak yang datang dan bermalam karena ketika sudah malam terlihat sangat gelap. Walaupun belum terjangkau listrik namun tetap saja tempat ini tetap menarik untuk dikunjungi. Bahkan dimasa liburan tempat ini tidak pernah sepi dari para pengunjung. Setiap memasuki masa libuaran maka tempat ini selalu dipenuhi dengan para pengunjung. Tidak adanya aliran listrik ini nyatanya mampu membuat penampilan pantai lebih indah. Pasalnya para pengunjung bisa menikmati indahnya pantai dengan menggunakan lampu minyak. Cahaya dari lampu minyak tersebut mampu memantulkan cahayanya di air laut sehingga tampilannya lebih indah.

Hal itulah yang membuat pantai Singkawang ini menarik untuk dikunjungi malam hari. Selain di malam hari namun tetap ada pengunjung yang datang di siang hari untuk menikmati keindahannya lebih jelas. Sinar bulan yang memantulkan cahaya di air laut terlihat sangat indah. Jika anda ingin berkunjung, maka anda bisa memilih waktu berkunjung yang anda inginkan.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Mempawah Terbaru & Terhits Dikunjungi

Walaupun diberi nama sebagai pantai Kura-Kura namun bukan berarti pengunjung bisa bertemu kura- kura dengan mudah. Pasalnya pantai ini diberi nama pantai Kura-Kura karena dahulu kala banyak Kura-Kura yang datang ke pinggir pantai. Namun untuk belakangan ini jarang ada Kura-Kura yang mampir ke daratan.

Cara Menuju Pantai Kura-Kura Singkawang

Cara Menuju Pantai Kura-Kura Singkawang

Image Credit: Wisatakalimantan.com

Melalui penjelasan di atas pasti anda semakin tertarik untuk berkunjung ke pantai ini. Keindahan yang sudah dipaparkan di atas memang menjadi nilai lebih dari pantai Singkawang. Tidak heran jika masih banyak pengunjung yang tertarik untuk datang ke pantai ini. Lalu bagaimana gambaran perjalanan yang akan ditempuh untuk mencapai pantai ini?

Ada beberapa tips yang bisa anda perhatikan ketika ingin berkunjung ke pantai ini. Memperhatikan tips ini akan mempermudah anda untuk bisa mencapai lokasi pantai Singkawang lebih mudah dan cepat. Perjalanan pertama yang harus ditempuh adalah menuju ke Kota Pontianak. Jika anda dari luar pulau Kalimantan maka anda bisa memilih menggunakan jalur udara sehingha lebih efisien dan mudah sampai ke tempat tujuan. Setelah sampai di kota Pontianak maka anda bisa melanjutkan perjalanan hingga ke Tanjung Gundul.

Setelah mencapai ke Tanjung Gundul maka anda akan menikmati perjalanan setapak yang mana akan membawa anda sampai ke pantai Singkawang. Jalanan ini mudah untuk diakses jadi anda tidak perlu merasa khawatir. Gambaran perjalanan yang ada di atas bisa menjadi gambaran perjalanan yang bisa anda coba. Pasalnya ada banyak sekali cara yang bisa anda gunakan sebagai akses menuju lokasi tersebut. Medan menuju ke tempat ini juga terbilang mudah untuk diakses semua orang.

Pantai Kura-Kura ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk anda gunakan sebagai pengisi waktu liburan. Tarif tiket pantai ini terbilang sangat terjangkau. Disekitar pantai juga terdapat beberapa homestay yang bisa digunakan untuk para pengunjung bermalam. Biasanya pengunjung yang datang tidak hanya menikmati keindahan pulau Singkawang sehari saja. Biaya menggunakan homestay di wilayah ini juga terbilang murah.

BACA JUGA:  Pantai Pasir Panjang, Destinasi Wisata Favorit di Singkawang

Bermalam di Pantai Kura-Kura Singkawang

Bermalam di Pantai Kura-Kura Singkawang

Image Credit: Sitimustiani.com

Ketika datang ke pantai Singkawang ini maka anda bisa menikmati keindahannya berhari – hari. Bermalam di pantai ini Singkawang  ini sangat menarik untuk dilakukan oleh beberapa pengunjung. Pasalnya adanya sinar cahaya bulan dan cahaya lilin memantulkan cahanya di air laut sehingga terlihat sangat indah.

Bagi pengunjung yang ingin bermalam di pantai Singkawang ini bisa menggunakan homestay atau penginapan yang ada di sekitar pantai. Penginapan yang ada di wilayah tersebut disediakan dengan harga yang sangat terjangkau. Bermalam di pantai Singkawang menjadi daya tarik tersendiri untuk dicoba oleh para pengunjung untuk mengisi liburan.

Penjelasan yang ada di atas tersebut bisa anda gunakan sebagai reverensi ketika ingin datang ke pantai Singkawang. Mulai dari pesona yang indah dari pantai Singkawang, akses menuju lokasi yang mudah diakses, dan tarif masuk ke tempat wisata juga murah. Hal ini tentu membuat siapa saja menjadi tertarik untuk datang ke pantai Singkawang ini.