Kalimantan Barat

Pesona Keindahan Alam Pantai Kijing di Pontianak

Lokasi: Sungai Kunyit, Kec. Sungai Kunyit, Kab. Pontianak.
MapCek Lokasi

Indonesia memang menyimpan potensi wisata yang mengagumkan, sebab berada di garis khatulistiwa. Apalagi jika berkunjung ke salah satu kota yang dilewati khatulistiwa, sebut saja kota Pontianak. Anda bisa menebak betapa kayanya potensi sumber daya, salah satu kota di Kalimantan ini. Ditambah lagi dengan deretan pantai yang mempesona, contohnya Pantai Kijing. Salah satu pantai yang dielukan sebagai ikon wisata Kota Pontianak.

Akses Menuju Pantai Kijing yang Mudah Dijangkau

Akses Menuju Pantai Kijing yang Mudah Dijangkau

Image Credit: Tripadvisor.co.id

Pantai yang terletak di Kabupaten Pontianak ini berhasil, menggaet perhatian para wisatawan. Kemudian dinobatkan menajadi primadona para traveller, sebab daya tarik pantai yang terlalu sayang untuk dilewatkan. Letak pantai yang diapit perbukitan yang menjadikannya cantik, saat dipandang pertama kali. Ada asal-usul dibalik penamaan Pantai Kijing yaitu berasal dari nama jenis kering, yang berbentuk kecil dan memanjang di sepanjang tepi pantai.

Awalnya lokasi pantai merupakan tempat hidup hutan mangrove, dengan beragam biota laut di dalamnya. Dulu hidup banyak hewan seperti kepiting, kerang, dan lainnya yang menarik perhatian pengunjung. Dan sampai sekarang pun keelokan alam tersebut masih bisa dinikmati. Namun kondisi hutan mangrove tidak seperti dulu sebab sudah direnovasi menjadi objek wisata. Tapi anda tetap bisa menikmati jenis-jenis biota laut tersebut. Mereka dibiarkan berkembang di area pantai dan laut.

Untuk menuju kawasan pantai anda membutuhkan waktu sekitar 3 jam, apabila berangkat dari kota Pontianak. Anda bisa menggunakan kendaraan roda dua atau empat, dan disarankan menyewa jika tidak ada kendaraan pribadi. Jalur tempuh akan lebih dekat jika dari kota Singkawang, sebab hanya berjarak 15 kilometer. Mungkin sekitar 1 jam anda akan tiba di pantai Kijing, lalu setelah sampai akan disuguhi pemandangan pantai yang luas di depan mata.

BACA JUGA:  Keindahan Taman Bunga Bukit Bougenville Singkawang, Kalimantan Barat

Tidak perlu bosan ketika berada di perjalanan, karena anda akan terhibur dengan deretan sawah dan pantai di pinggir jalan raya. Ditambah hijaunya perbukitan yang semakin menyejukkan mata. Saat di perjalanan pun anda sudah merasa terhibur, sebab kawasan hutan tropis Kalimantan memang suasananya sangat mendamaikan pikiran. Saat anda membuka jendela mobil, anda akan menghirup udara yang sejuk. Rasanya ada kelegaan besar saat menghembuskannya.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Kijing

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Kijing

Image Credit: Pusatinfowisata26.blogspot.com

Memasuki Pantai Kijing anda akan melihat dua jalan yang terbagi dua. Jalan sebelah kanan dijadikan lokasi track balapan motor. Lalu di sebelah kiri terdapat gugusan bukit, dimana bawahnya tersedia warung penjaja makanan dan minuman. Dan tepat di depan mata pengunjung bisa menikmati keelokan laut. Ditemani hamparan pasir putih serta jernihnya air laut. Saking panjangnya tepian pantai pengunjung bisa melakukan beragam aktivitas disini.

Di pinggiran pantai berjejeran pohon kelapa yang menjulang tinggi, serta berbuah lebat. Jadi saat siang hari pengunjung tidak akan merasa kepanasan. Sebab rimbunan pohon kelapa akan meneduhkan suasana pantai. Hamparan pasir putih yang landai menjadi daya tarik pantai tersendiri, karena volume pasir lebih banyak dan lembut. Tidak masalah apabila anda serta rombongan bermain lari-larian di pantai, jika jatuh tidak akan terluka.

Area pantai menyediakan bagi anda yang suka olahraga pantai, terutama voli pantai. Pengelola mempunyai arena khusus bagi pengunjung yang berminat. Karena notabene pasirnya yang lembut, jadi tidak perlu ragu bermain sedikit keras. Anda bisa membentuk tim bersama rombongan, atau mengajak pengunjung lain bermain. Lalu kedua tim mulai melakukan permainan, sesuai peraturan game pada umumnya. Aktivitas ini akan mengisi liburan anda kali ini, sekaligus menyenangkan.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Mempawah Terbaru & Terhits Dikunjungi

Bergeser sedikit dari area pantai, deburan ombak lautnya sangat tenang. Jika kita berjalan di bibir pantai, ombak kecil akan menyapa kaki anda. Berpadu dengan lembutnya pasir sedikit banyak menimbulkan perasaan senang. Berkat ombak yang kalem tersebut pengunjung bebas melakukan aktivitas air. Anak-anak anda bisa dengan nyamannya berenang di tepian laut, namun jangan sampai ke tengah laut. Tetap melakukan pengawasan pada anak anda, atau pakaikan pelampung agar lebih aman.

Ingin melakukan aktivitas yang lebih seru? Cobalah untuk melakukan kegiatan snorkeling. Tidak perlu membawa perlengkapannya dari rumah, karena pengelola sudah menyediak persewaan. Setelah lengkap persiapannya baru anda mulai agenda snorkeling, dan menjelajah area bawah laut. Pengunjung akan bertemu banyak biota laut mulai dari spesies ikan yang beragam, hingga hewan laut yang unik. Terumbu karang yang masih terjaga juga menambah eksplor bawah laut anda, semakin menyenangkan.

Jika malas untuk beraktivitas apapun, dan hanya ingin bersantai sambil menikmati pesona pantai. Anda tinggal duduk manis diatas gazebo yang disediakan, atau menggelar tikar dibawah pohon kelapa. Saat siang hari anda bisa menyantap menu masakan khas laut, yang dijual di warung-warung dekat pintu masuk. Atau sekedar menyesap air kelapa langsung dari buahnya, sembari berteduh di rindangnya pohon kelapa. Sangat menarik bukan?

Fasilitas Track Offroad dan Pemandangan Sunset Menajubkan

Fasilitas Track Offroad dan Pemandangan Sunset Menajubkan

Image Credit: Septiyansholic.blogspot.com

Ketika anda memasuki kawasan pantai Kijing, anda akan bertemu dengan dua jalan. Tepatnya di sisi kiri anda akan bertemu dengan lokasi track balapan motor, yang sudah sering ditempati untuk kompetisi se-Kalimantan Barat. Kondisi area track tidaklah panas seperti yang anda bayangkan. Malah terkesan teduh karena penuh oleh deretan pohon kelapa di pinggir-pinggirnya. Terkadang para pengunjung juga boleh mengendarai motor yang disewakan, jika sedang tidak ada kompetisi.

BACA JUGA:  Keunikan Rumah Betang - Rumah Adat Suku Dayak

Menjelang sore hari pengunjung jangan lekas dulu pergi, karena ada sebuah pemandangan yang tidak boleh dilewatkan. Pesona matahari terbenam memberikan keindahan tersendiri pada pantai. Semburat senjanya akan memantul tepat ke air laut, sehingga menimbulkan warna laut keorangenan. Suasana sunset ini pula yang menjadikan pantai Kijing banyak diburu pengunjung. Karena hasil bidikan foto akan nampak lebih bagus daripada siang hari, dan berbentuk seperti siluet.

Agenda Rutin di Sekitar Pantai Kijing

Agenda Rutin di Sekitar Pantai Kijing

Image Credit: Visitv3.com

Selain itu kawasan pantai memang sering dijadikan tempat pertunjukan besar. Seolah menjadi rutinitas pengelolanya, termasuk pemerintahan setempat. Tujuannya sambil mempromosikan pantai Kijing ke khalayak ramai. Dengan begitu volume pengunjung akab bertambah, dan memberikan keuntungan tersendiri bagi warga sekitar. Sehingga pemasukan pendapatan untuk masyarakat, selalu tersedia. Dan memberikan celah ekonomi untuk warga daerah wisata.

Pantai ini paling sering dikunjungi kawula muda, baik menghabiskan waktu liburan ataupun joging sore hari. Ditambah waktu bulan Ramadhan kebanyakan mereka menunggu waktu berbuka, untuk berjalan-jalan di tepian pantai. Pagi hari setelah sahur dan shalat subuh, akan terlihat beberapa orang yang lari pagi di sekitar pantai. Udara pagi bercampur bau laut yang khas, kata beberapa pengunjung adalah perpaduan yang menenangkan.

Dulu kawasan Pantai Kijing ini agak tidak terlihat dimata para traveller. Namun kini berubah menjadi primadona, bahkan ikon wisata kota Pontianak. Pesona pantai memang tidak bisa dibantah, sekali mata memandang seolah pantai diselimuti oleh perbukitan. Saat sore hari panorama senjanya menambah syahdu suasana. Selain itu pengunjung bebas melakukan aktivitas air, seperti berenang, olahraga voli pantai dan snorkeling.