Kalimantan Timur

Pantai Kemala, Destinasi Bahari Favorit di Balikpapan

Lokasi: Jl. Jend. Sudirman, Prapatan, Kec. Balikpapan Kota, Kota Balikpapan.
MapCek Lokasi

Kalimantan adalah pulau terbesar yang ada di Indonesia dan memiliki banyak sekali potensi alam yang bisa dieksplorasi. Tak hanya dikenal sebagai kota industri, kota ini juga memiliki deretan wisata alam yang memanjakan mata. Salah satunya adalah keindahan alam yang ada di Pantai Kemala yang memiliki potensi yang unik dan menarik perhatian para wisatawan. Yuk intip keindahan dan panorama alam yang ada di Pantai Kemala berikut.

Panorama Pantai Kemala yang Mempesona

Panorama Pantai Kemala yang Mempesona

Image Credit: Wego.co.id

Pantai Kemala adalah salah satu tujuan liburan yang disukai oleh masyarakat setempat, terutama para pemuda yang menjadi penduduk sekitar. Banyak dari mereka yang menghabiskan waktu liburan dengan menikmati panorama alam melalui pantai satu ini. Hal ini karena keindahan alam yang sangat bagus dan memikat hati para pengunjungnya.

Deburan ombak yang ada di pantai ini akan menenangkan semua wisatawan yang berkunjung. Pantai ini juga biasa disebut oleh masyarakat dengan sebutan polda. Hal ini karena memang pihak pengelola wisata di pantai ini adalah Polda Kalimantan Timur. Namun meskipun pantai ini dikelola oleh polda setempat, letak pantai yang berada di pinggir menjadi slah satu penghambat para pengunjung.

Tak hanya itu pantai ini juga terhalang bangunan sehingga akan mempersulit para wisatawan untuk datang dan sampai ke tempat ini. Namun meskipun begitu, bagi anda para pecinta fotografi, berkunjung ke pantai ini rasanya adalah tempat yang dekat. Anda bisa mengambil berbagai macam momen momen keindahan seperti sunset, sunrise serta pemandangan pantai sekitar.

Pantai ini juga memiliki pesona yang mampu menghipnotis para wisatawan yang berkunjung. Birunya laut akan membuat siapa saja betah untuk berlama lama berkunjung dan menikmati deburan ombaknya. Selain itu pasir yang ada di sekitar pantai juga menambah kecantikan dari Pantai Kemala ini. Ombak yang ada di Pantai Kemala ini juga tidak berbahaya untuk digunakan bermain air laut.

BACA JUGA:  20 Minuman & Makanan Khas Samarinda yang Wajib Dicoba

Aktivitas Menarik Dilakukan di Pantai Kemala

Aktivitas Menarik Dilakukan di Pantai Kemala

Image Credit: Helmysatria.com

Tak hanya bersantai, anda juga bisa melakukan beberapa aktivitas yang ada di daerah pantai tersebut. Ada aktivitas banana boat yang bisa membuat anda memiliki pengalaman bermain di pantai yang tak terlupakan. Tidak ada karcis resmi untuk melakukan permainan ini, para pengunjung yang ingin bermain diharuskan untuk mengantri hingga gilirannya tiba.

Jika sudah ada enam orang pemain, maka anda bisa langsung menikmati permaianan banana boat ini. Banana boat ini biasanya akan mulai beroperasi pada pukul 4 sore hari waktu setempat. Anda juga bisa mencoba bermain flying fox yang tersedia untuk menguji adrenalin. Baik banana boat ataupun flying fox keduanya bisa dinikmati dengan membayar sekitar Rp.25.000.- untuk sekali permainan.

Banyak wisatawan yang mengatakan jika pantai ini memiliki suasana yang hampir mirip dengan suasana pantai Bali. Hal tersebut bisa dilihat dari adanya pasir putih, pohon kelapa dan beberapa bangunan perkantoran serta sebuah resto D’Jimbaran dengan konsep mirip seperti restaurant yang ada di Bali. Sehingga suasana Pantai Kemala bisa dipastikan sama persis dengan suasana pantai yang ada di Bali.

Meskipun pantai ini memiliki kawasan wisata yang mungil, dan tidak begitu luas namun anda bisa bersantai dan menyegarkan pikiran dengan berkunjung ke pantai ini. Anda bisa menikmati beberapa warung yang dibuka dan menjajakan beragam masakan tradisional khas Balikpapan. Menikmati suasana pantai akan semakin lengkap karena anda bisa membeli kelapa muda sebagai teman untuk bersantai.

Warung warung yang ada di sekitar ini juga memiliki desain yang sangat bagus dan bisa digunakan untuk menikmati dinner yang romantis. Apalagi jika ditemani dengan pemandangan pantai, lilin serta taburan pantai di langit. Suasana ini tentu sangat mendukung anda untuk melamar kekasih atau hanya menikmati makan bersama dengan teman atau keluarga.

BACA JUGA:  Liburan Seru Sambil Belajar Budaya di Kampung Wisata Tenun Samarinda

Tak jauh dari lokasi pantai, ada sebuah Lapangan Merde adan Tugu Asutralia yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Pantai Kemala juga bertetangga dengan Pantai Melawai yang memiliki pesoan yang tak kalah cantiknya. Sehingga anda bisa berkunjung ke pantai sambil menikmati bangunan yang ada di sekitar pantai tersebut.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Kemala

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Kemala

Image Credit: Istikmalia.com

Di kawasan Pantai Kemala, terdapat beberapa warung makan yang berdiri. Harga makanan serta minuman juga dijual dengan harga yang cukup terjangkau untuk kantong travelers. Anda bisa menikmati makanan yang ada di sekitar warung mulai dari harga Rp. 5.000.- hingga Rp. 7.000.- saja. Banyak makanan yang bisa anda pilih untuk menemani waktu bersantai sambil menikmati keindahan alam pantai.

Selain itu pihak pengelola juga menyediakan beragam permainan air yang bisa membuat pengunjung betah berlama lama. Apabila anda mengajak anak anak, maka anda bisa mengajaknya untuk bermain pasir pantai dan membuat istana pasir. Persewaan fasilitas juga sudah tersedia dengan tarif mulai dari Rp.25.000. Beberapa permainan air yang bisa dicoaba dalah flying fox serta banana boats.

Apabila anda membawa anak anak ke Pantai Kemala, anda bisa mengajak anak bermain flying fox. Ajarkan anak dan uji keberaniannya untuk bermain flying fox yang sesuai dengan usia anak anak. Anda tidak perlu khawatir karena flying fox untuk anak ini dijamin aman dan diawasi langsung oleh petugas yang ada di pantai tersebut.

Tips Berkunjung ke Pantai Kemala

Tips Berkunjung ke Pantai Kemala

Image Credit: Hansenkammer.wordpress.com

Pantai Kemala sendiri memiliki lokasi yang strategi karena dekat dengan pusat kota. Sehingga tak heran jika pantai ini selalu dipadati oleh pengunjung terutama saat weekend atau masa masa libur. Untuk menghindari keramaian, anda bisa berkunjung pada saat momen weekdays sehingga anda akan puas untuk bermain main di sekitar pantai.

BACA JUGA:  5 Wisata Museum di Samarinda yang Patut Anda Kunjungi

Apabila anda berasal dari luar Balikpapan, atau berasal bukan dari Pulau Kalimantan Timur anda bisa menyewa penginapan di sekiar Pantai Kemala. Banyak sekali penginapan yang tersedia di area tersbut mulai dari hotel, cottage, villa maupun wisma yang bisa disewa dengan berbagai rentangan harga serta fasilitas yang disediakan.

Saat anda berkunjung ke Pantai Kemala persiapkan sunblock jika ingin menikmati keindahan di Pantai Kemala tanpa khwatir kulit terbakar. Seperti diketahui Balikpapan berada dekat dengan garis khatulistiwa, sehingga memiliki suhu yang relatif panas. Bawalah sunblock, topi atau payung untuk melindungi kulit terkena paparan langsung dari teriknya sinar matahari.

Untuk bisa menuju ke pantai ini anda bisa menggunakan beragam kendaraan, karena lokasinya yang starategis dan dekat dengan kota. Tepatnya berada di Jalan Sudirman, Balikpapan, Kalimantan Timur. Agar bisa menikmati semua keindahan yang ada di pantai Kemala, anda tidak harus merogoh kocek yang mahal. Hanya dengan seribu rupiah anda bisa datang dengan berjalan kaki dan menikmati keindahan Pantai Kemala.

Panorama alam yang ada di Pantai Kemala memang tidak pernah gagal menyihir semua pengunjung pantai tersebut. Anda bisa menyegarkan pikiran dengan berkunjung ke pantai ini karena memiliki lokasi yang dekat dengan kota. Selain itu harga tiket masuknya pun terbilang murah untuk bisa menikmati keindahan alamnya. Anda bisa bermain air, banana boat, ataupun flying fox saat berkunjung ke Pantai Kemala.