Kalimantan Timur

10 Wisata Pantai di Kalimantan Timur Paling Hits Dikunjungi

Ingin Liburan Hangat di Pantai? Inilah Daftar Wisata Terbaik di Kalimantan Timur. Objek Wisata Bahari Terindah, Eksotis & Paling Hits untuk Anda Kunjungi Ketika Memiliki Rencana Liburan ke Pulau Kalimantan.

Nusantara memiliki keindahan alam yang sangat luar biasa. Banyak tempat indah dan menarik yang bisa Anda kunjungi. Bahkan dari Sabang sampai Merauke tidak akan cukup hanya dengan waktu satu saja menghabiskan waktu untuk berkeliling. Itulah kehebatan alam nusantara yang sangat indah ini.

Tidak ketinggalan dengan beberapa lokasi lain yang ada di Kalimantan. Pulau ini memiliki sungai dan pantai yang sangat banyak sekali. Tidak hanya itu saja, ada banyak danau atau rawa yang terletak di tengah hutan. Ada juga beberapa binatang liar yang sesekali akan Anda dengar suaranya di alam yang terbuka ini.

Kalimantan Timur memang menawarkan beragam wisata alam yang sangat luar biasa. Tidak hanya terkenal dengan sungai dan air terjunnya saja, namun banyaknya pantai yang ada di wilayah ini paling banyak dicari oleh banyak orang. Berikut ini ada 10 pantai di Kalimantan Timur yang paling banyak dikunjungi.

1. Pantai Lamaru

Pantai Lamaru

Image Credit: Bookmytraveltrips.com

Tiap akhir pekan, pantai ini tidak pernah sepi pengunjung. Dengan tiket masuk yang hanya Rp. 10.000,- Anda sudah dapat menimati pantai biru dengan gelaran pasir putih yang sangat luar biasa. Tiupan angin yang hangat dan sepoi membuat suara ombak dan tawa ikut riuh berhamburan.

Pantai Lamaru yang menawaran keindahan alam luar biasa ini bisa Anda jadikan lokasi mancing yang asik. Anda bisa juga bermain air dan ombak bersama sahabat dan kerabat. Jangan lupa untuk mengabadikan setiap moment dengan foto dan video.

Lokasi: Jl. Mulawarman, Kec. Balikpapan Timur, Kota Balikpapan.

2. Pantai Kemala

Pantai Kemala

Image Credit: Wego.co.id

Sebuah pantai yang dikelilingi beragam resort dan rumah makan yang menggoda. Pantai ini menawarkan sejuta keindahan dan kegiatan yang menggoda. Mulai dari berjalan sepanjang pantai, menikmati pemandangan matahari terbit dan terbenam, kemudian berenang dan menyelam. Lokasi yang terhampar pasir putih dan air laut yang kebiruan membuat pemadangan yang ditawarkan begitu sangat luar biasa.

BACA JUGA:  Pantai Marina, Wisata Bahari di Bontang yang Memukau

Suguhan kuliner yang ada di sekitar pantai juga sangat menggoda. Anda dapat mencicipi aneka resep lezat dari para chef terkemuka. Banyak tempat romantis yang bisa Anda jadikan spot foto prewedding atau moment romantis lainnya.

Lokasi: Prapatan, Kec. Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan.

3. Pantai Beras Basah

Pantai Beras Basah

Image Credit: Pesona.travel

Sebuah pantai yang memiliki cerita unik selalu memberikan sensasi berbeda pada tiap pengunjung yang dating. Konon, pantai ini ditemukan beberapa beras yang basah di pinggir pantai. Beras tersebut dibawa oleh orang asing yang tersesat di pulau ini. Karena takut akan gelombang laut yang dahsayat akhirnya beberapa muatan yang berat diturunkan guna keselamatan para penumpang. Dan hingga sekarang pulau dan pantai yang ada di sini disebut dengan pantai beras basah.

Selain itu, masih ada juga menara pantau yang tidak jelas siapa pembuatnya. Apakah pada masa penjajahan atau malah masa sebelumnya. Asal mula menara tersebut masih berupa misteri hingga sekarang. Mengenai keindahan pantainya, tentu tidak dapat diragukan lagi. Anda bisa puas berenang sambil melihat biota bawah laut yang sangat indah. Lokasi ini sangat cocok untuk snorkeling dan menyelam.

Lokasi: Bontang Lestari, Kec. Bontang Selatan, Kota Bontang.

4. Pantai Benua Patra

Pantai Benua Patra

Image Credit: Portalbalikpapan.com

Selanjutnya ada Pantai Benua Patra yang tak kalah menariknya dari pantai yang lain. Pantai ini memiliki beberapa tumpukan batu yang menyerupai pulau. Tumpukan batu ini berasal dari debu dan serpihan kapur yang sudah mengendap selama ribuan tahun. Inilah yang membuat pantai ini disebut dengan pantai benua, sebuah pantai yang memiliki ribuan pulau yang menyerupai benua.

Hanya saja pulau yang ada di sekitar pantai ini tidak sebesar dan seluas seperti yang ada pada bayangan.beberapa pulau yang ada hanya berupa deretan bebatuan saja. Agar tidak penasaran lagi silakan langsung datang ke pantai ini akhir pekan nanti.

Lokasi: Perapatan, Kec. Balikpapan Kota, Kota Balikpapan.

5. Pantai Biduk-Biduk

Pantai Biduk-Biduk

Image Credit: Piknikasik.com

Pantai yang sangat memukau ini memiliki jembatan membentang hampir ke tengah laut. Biasanya, para pengunjung selfie dan memanfaatkan jembatan ini untuk menikmati pantai lebih dekat. Ada juga yang naik perahu kecil untuk megelilingi laut sekitar pantai. Airnya yang biru halus dan lembut membuat beberapa ikan yang ada di dalamnya terlihat jelas. Beberapa biota laut juga dapat Anda saksikan dengan jelas.

BACA JUGA:  Pulau Kumala, Destinasi Wisata Unik di Tengah Sungai Mahakam

Wisata ke pantai ini tidak akan membuat Anda bosan. Beragam kegiatan bisa Anda lakukan Bersama sahabat dan keluarga. Anda juga dapat berkemah di sekitar pantai sambil menyalakan api unggun untuk menikmati pantai malam yang sangat luar biasa. Bagi Anda yang suka dengan snorkeling juga bisa menyelam sambil melihat pemandangan bawah laut yang indah.

Lokasi: Pantai Harapan, Kec. Biduk-Biduk, Kab. Berau.

6. Pantai Melawai

Pantai Melawai

Image Credit: Ksmtour.com

Sebuah pantai yang memiliki panorama indah pada sore hari tidak pernah sepi pengunjung. Pasalnya, pantai ini selalu menawarkan beragam keindahan yang berbeda setiap harinya. Banyak lokasi cantik yang bisa Anda jadikan tempat untuk berfoto. Ada juga beberapa permainan yang bisa Anda sewa seperti perahu, pelampung dan alat pancing.

Lokasi ini juga sangat cocok dijadikan tempat berenang dan snorkeling karena keindahan bawah lautnya sangat menggoda. Cobalah untuk datang dan nikmati keindahan Pantai Melawai ini.

Lokasi: Jl. Pelabuhan Semayang, Prapatan, Kec. Balikpapan Kota, Kota Balikpapan.

7. Pantai Manggar Segarasari

Pantai Manggar Segarasari

Image Credit: Ksmtour.com

Destinasi wisata yang satu ini memiliki fasilitas yang cukup banyak dan lengkap. Hampir setiap hari selalu saja ramai akan pengunjung. Mungkin karena wisata yang satu ini lebih terawat dan bersih sehingga para pengunjung banyak yang suka.

Ada beberapa wahana permainan sederhana yang bisa dijadikan spot khusus untuk berfoto. Ada juga beberapa ayunan dan beberapa payung teduh yang bisa digunakan untuk istirahat sejenak. Banyak alat permainan yang bisa Anda sewa seperti pelampung, kapal dan perahu karet. Semua fasilitas tersebut bisa Anda dapatkan mulai dari harga Rp. 10.000,- saja.

Lokasi: Jl. Pantai Manggar Segarasari Manggar, Manggar Baru, Kec. Balikpapan Timur, Kota Balikpapan.

8. Pantai Segajah

Pantai Segajah

Image Credit: Traveltodayindonesia.com

Pantai indah yang satu ini terletak di Kota Bontang, Kalimantan Timur tepatnya di pulau kecil yang bernama Segajah. Wisata yang satu ini memberikan pesona yang sangat unik jika dibandingkan dengan wisata pantai pada umumnya. Wisata ini memiliki pulau kecil di tengah laut yang bisa dikunjungi dengan kapal atau berenang.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Kutai Barat Terbaru & Terhits Dikunjungi

Wisata yang cukup unik membuat pantai ini tidak pernah sepi pengunjung. Tiap akhir pekan, pantai ini selalu saja ramai akan pengunjung. Tidak hanya orang Kalimantan saja yang datang ke pantai ini. Namun juga beberapa orang dari luar Kalimantan banyak yang datang berkunjung.

Lokasi: Bontang Kuala, Kec. Bontang Utara, Kota Bontang.

9. Pantai Ambalat

Pantai Ambalat

Image Credit: Wikipedia.org

Destinasi wisata yang satu ini terletak, Kalimantan Timur. Pantai yang satu ini memiliki pemandangan yang eksotis dengan pasirnya yang agak coklat. Meski bukan pemandangan pasir putih namun wisata ini memberikan warna dan pesona yang elok dan teduh. Banyak hal yang bisa dijadikan arena tempat bermain anak dan keluarga. Anda bisa membangun istana pasir dan menenggelamkan diri dalam rumpukan pasir.

Selain itu, Anda juga bisa menikmati indahnya matahari tenggelam pada sore hari. Lokasi pantai yang tidak banyak pohon membuat matahari terlihat sangat jelas. Sungguh pemadangan yang jarang terlihat apabila Anda terbiasa di tengah kota. Berlibur ke tempat yang penuh dengan air dan angin akan membuat pikiran rileks dan jernih. Hal ini akan membuat Anda lebih semangat lagi ketika kerja.

Lokasi: Amborawang, Kec. Samboja, Kab. Kutai Kartanegara.

10. Pantai Monpera

Pantai Monpera

Image Credit: Budisusilo85.blogspot.com

Apabila Anda hendak ke sini maka sebaiknya persiapkan bekal yang banyak. Pasalnya, lokasi sangat indah sehingga ketika Anda sudah sampai di lokasi pasti akan enggan untuk pulang. Itulah sebabnya sebaiknya Anda membawa banyak bekal. Baik itu berupa makanan ataupun uang.

Pantai yang penuh dengan indahnya pasir putih ini memberikan warna dan pesona tersendiri bagi para pengunjung. Anginnya yang sejuk dan air segar yang bewarna biru membuat mata enggan rasanya untuk berkedip.

Lokasi: Jl. Jenderal Sudirman No.1, RW.RT.11, Klandasan Ulu, Kec. Balikpapan Kota, Kota Balikpapan.

Inilah 10 wisata pantai di Kalimantan Timur yang paling banyak dikunjungi tahun ini. Masih banyak pantai lain yang ada di wilayah Kalimantan Timur. Anda hanya perlu menyiapkan fisik yang kuat untuk bisa berpetualang dengan alam. Saksikan keindahakan ciptaan tuhan ini dengan rasa penuh syukur dan refresh otak agar esok hari bisa lebih semangat lagi dalam bekerja. Selamat berlibur.