Kalimantan Tengah

10 Wisata Pantai di Kalimantan Tengah Paling Hits Dikunjungi

Jika Berencana Liburan ke Pantai, Berikut Rekomendasi Wisata Pantai Populer di Kalimantan Tengah. Objek Wisata Bahari Terindah dan Paling Hits yang Wajib Anda Kunjungi untuk Berlibur Bersama Orang Tercinta.

Sejatinya, negara Indonesia kaya akan kepulauan yang luas diberbagai daerah. Apalagi sebagian wilayah di Indonesia adalah lautan, hal tersebut membuat objek wisata pantai tersebar di berbagai wilayah. Salah satunya adalah di pulau Kalimantan Tengah yang memiliki banyak destinasi wisata pantai eksotik dan instagramable, dijamin wisatawan puas menjelajahi keindahan pantai.

Perlu diketahui, mengunjungi objek wisata pantai menjadi pengalaman indah tak terlupakan loh. Apalagi anda bersama rombongan dapat menyelam menyaksikan keindahan terumbu karang dan alam di bawah laut, berenang bersama ikan-ikan yang cantik menjadi spot andalan wisatawan karena menyuguhkan lanskap yang menawan. Yang terpenting anda memiliki kehalian menyelam agar mengeksplor bawah laut maksimal.

Anda khawatir tidak dapat berenang? Tenang saja, banyak loh wisata pantai di Kalimantan Tengah yang menyediakan faslitas kapal selam untuk wisatawan menikmati keindahan bawah laut, anda dan rombongan dapat memilih pantai favorit agar mengobatasi rasa penasaran keindahan pantai tersebut. Berikut ada rekomendasi destinasi wisata pantai di Pulau Kalimantan Tengah paling hits, diantaranya adalah:

1. Pantai Ujung Pandaran

Pantai Ujung Pandaran

Image Credit: Ksmtour.com

Rekomendasi wisata pantai pertama adalah Pantai Ujung Pandarat yang berada di Desa Ujung Pandaran, Kecamatan  Teuk Sempit, Kabupaten Kotawaringin timur, Kalimatan Tegah. Tepatnya terletak sekitar 80 km dari pusat Kota Sampit. Keunggulan pantai tersebut adalah biota lautnya membentang puluhan kilometer dari Kabupaten Kotawaringin Timur sampai perbatasan Kabupaten seruyan.

Selain itu letaknya yang jauh dari perkotaan membuat suasananya sangata asri dan cocok dijadikan liburan, terutama melepas kepenatan selama rutinitas di perkotaan. Pantai Ujung Pandaran termasuk jenis miring pantai yang berdekatan dengan Laut  Utara. Dengan begitu pantai tersebut menawarkan pemandangan matahari terbenam atau matahari terbenam yang indah. Bahkan menjadi spot utama wisatawan.

Apalagi akses dari kota Sampit dapat menggunakan kendaraan atau waktu pribadi sewa – 3 jam dan memuaskan karena melewati perkebunan kelapa serta semak semak di sisi kiri ke kanan. Sementara wisatawan dari Palangkaraya dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum, dari terminal bus bisa Palangkaraya Palangkaraya-Sampit jurusan. Saat sampai di Sampit, menggunakan bus menuju ke Teluk Sampit.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Kotawaringin Timur Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Ujung Pandaran, Kec. Teluk Sampit, Kab. Kotawaringin Timur.

2. Pantai Kubu

Pantai Kubu

Image Credit: Ksmtour.com

Pantai Kubu terletak di kawasan Kubu, Kabupaten Barito Utara, Provinsi Kalimantan Tengah. Wisatawan yang menginginkan liburan di pasir putih pasti memilih pantai Kubu karena pantainya berpasir putih farmasi dan miring coklat coklat dan berair. Hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri dan dianggap unik dan berbeda, siapa sangka hal tersebut disebabkan oleh hutan gambut. Bahkan pantai Kubu termasuk salah satu objek wisata di Pangkalanbun lantaran lokasi terjangkau untuk mengisolasi diri dari hiruk pikuk kota.

Hebatnya lagi, pantai Kubu terletak di daerah, wisatawan bisa bermain bananaboat. Warung meyajikan makan olahan sea food, Kalimantan souvenir toko khusus, dan akomodasi. Di lokasi ini ada dua pintu masuk kepiting berbentuk dan pintu masuk dengan buaya patung di depannya. Jika wisatawan datang melalui pintu masuk dari kepiting, bisa menjejakakan kaki dermaga kayu sepanjang 300 meter dari garis pantai ke arah laut.

Lokasi: Kubu , Kec. Kubu, Kab. Kotawaringin Barat.

3. Pantai Tanjung Keluang

Pantai Tanjung Keluang

Image Credit: Arifrahman.id

Siapa sangka, pantai Tanjung Keluang masuk dalam kawasan pantai Taman Nasional sehingga dijaga dengan baik oleh pemerintah pusat dan daerah, termasuk masyarakat sekitar. Apalagi pantai tersebut menjadi tempat bertelurnya spesies penyu langka yang ada di dunia.

Disarankan , ketika anda dan orang tercinta berkunjung ke pantai Tanjung Keluang tidak lupa  menjaga kebersihan dan kelestariannya. apalagi sebagai seorang petualang atau traveller, disarankan selalu menjaga tempat wisata yang di kunjungi karena menjadi tanggung jawab bersama merwat alam. .

Dengan begitu deselamatan telur-telur penyu dapat terjamin dengan baik, karena pantai tersebut termasuk kawasan dari taman nasional. Hebatnya lagi keberadaan pantai ini juga membuktikan Indonesia merupakan salah satu negara dengan wisata alam terbaik di dunia.

Lokasi: Kubu, Kec. Kumai, Kab. Kotawaringin Barat.

4. Pantai Tanjung Penghujan

Pantai Tanjung Nipah

Image Credit: Uniqueblogofmei.com

Pantai yang berada di Pangkalan Bun ini memang memiliki keunikannya tersendiri. Salah satunya ialah dari pemandangan matahari yang terbenam. Sehingga buat lo yang benar-benar suka dengan kondisi sunset yang indah, ini merupakan pilihan pantai yang tepat untuk lo kunjungi.

BACA JUGA:  7 Rumah Adat Khas Kalimantan Tengah

Bahkan banyak yang beranggapan pula kalau pantai ini merupakan spot untuk menikmati matahari terbenam terindah yang ada di Indonesia. Oleh sebab itu, ketika berkunjung ke pantai ini jangan sampai kelewatan dengan momen yang unik serta indah itu yaa.

Pantai Tanjung Penghujan juga memiliki daya tarik lainnya selain sunset, yaitu dengan kondisi pasir yang berwarna kecokatan dan terasa lembut. Kalau anda datang ke pantai ini, rasanya ingin sekali untuk melepaskan alas kaki untuk benar-benar bisa merasakan kelembutan dari pasirnya.

Selain itu, kebersihan dari pantai ini juga merupakan hal yang patut untuk diapresiasikan, oleh sebab itu jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan serta kelestarian dari pantai ini ketika berkunjung ke sana yaa. Pantai ini juga memiliki gazebo yang sengaja dibangun untuk tempat beristirahat.

Lokasi: Teluk Bogam, Kec.n Kumai, Kab. Kotawaringin.

5. Pantai Sungai Umbang

Pantai Sungai Umbang

Image Credit: Classofcocial2.blogspot.com

Suasana di pantai Sungai Umbang adalah Sepi, tenang, nyaman dan Indah. Hal tersebut menjadi kelebihan pantai yang satu ini. Jika dikatakan sepi, pantai yang satu ini memang tak terlalu ramai di kunjungi dengan pengunjung. Namun, siapa yang menyangka bahwa pantai yang satu ini merupakan salah satu daerah yang memiliki potensi wisata yang cukup besar.

Maka tak mengherankan jika keberadaan pantai ini makin menjadi destinasi wisata yang cukup penting. Pantai sungai umbang sendiri merupakan salah satu destinasi wisata yang menjadi bagian dari Kabupaten Waringin barat. Pantai yang satu ini memiliki hamparan pasir yang berwarna putih kecoklatan, serta memiliki ombak yang tak terlalu besar. Lokasi pantai yang satu ini memang sangat pas untuk dijadikan kawasan menyepi mencari ketenangan.

Lokasi: Jl. Humbang I, Sungai Bakau, Kec. Kumai, Kab. Kotawaringin Barat.

6. Pantai Pasir Putih

Pantai Pasir Putih

Image Credit: Ksmtour.com

Pantai pasir putih menjadi objek wisata pantai yang menakjubkan di Kalimantan tengah karena memiliki beragam keindahan, apalagi fasilitasnya beragam. Misalnya gazebo disekitar pantai untuk wisatawan beristirahat, warung-warung dengan aneka makanan yang lezat dan mengenyangkan. Alhasil wisatawan dapat menyantap makanan usai berenang yang cukup melelahkan. Hal tersebut dipastikan menjadi pengalaman indah tak terlupakan bersama orang tercinta.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Lamandau Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Pasir Mayang, Kec. Kuaro, Kab. Paser.

7. Pantai Keraya

Pantai Keraya

Image Credit: Youtube.com (Ariyan Winnata)

Pantai Keraya juga tak kalah menarik loh, banyak wisatawan lokal maupun asing menjelajahi keindahan pantai. Apalagi kebersihan pantai tersebut selalu terjaga sehingga wisatawan nyaman dan betah berlama-lama berlibur, pastinya udaranya sejuk sehingga baik untuk kesehatan anda dan keluarga selama berlibur.

Lokasi: Keraya, Kec. Kumai, Kab. Kotawaringin Barat.

8. Pantai Sungai Raja

Pantai Sungai Raja

Image Credit: Sukamara.serverjogja.com

Kalimantan tengah lantaran banyaknya spot menarik di pantai tersebut. Apalagi menurut berbagai sumber, pantai tersebut memiliki pasir pantai yang terpanjang dengan barisan pohon cemara atau pinus yang rindang. Apalagi fasilitasnya juga banyak seperti gazebo, warung, mushola dan faslitas lainnya yang memanjakan wisatawan.

Lokasi: Sungai Raja, Kec. Jelai, Kab. Sukamara.

9. Pantai Tanjung Nipah

Pantai Tanjung Nipah

Image Credit: Beritasampit.co.id

air pantai yang sangat bersih dan juga pasir putih yang lembut para wisatawan bisa melakukan kegiatan rekreasi bersama keluarga seperti berenang, serta santai – santai menikmati keindahan alam di pantai. Ombak disini juga tidak terlalu besar sehingga sangat aman untuk anak – anak kecil bermain.

Pantai ini juga dikenal sebagai pantai Cemara yang bercirikan adanya pohon Cemara Laut diatas pasir putih. Pohon Cemara yang tumbuh sangat besar dan daunnya sangat lebat seolah – olah bisa dijadikan sebagai pagar penjaga. Dengan suasana pantai yang  begitu teduh para wisatawan biasanya lebih memilih untuk bersantai dibawah pohon tersebut. Deretan Pohon Cemara ini memenuhi bibir Pantai Tanjung Nipah dan menciptakan suasana yang indah.

Lokasi: Sungai Raja, Kec. Jelai, Kab. Sukamara.

10. Pantai Citra

Pantai Citra

Image Credit: Borneonews.co.id

Pantai Citra merupakan salah satu wisata pantai andalan di Sukamara. Jarak yang dekat memang menjadi salah satu tujuan masyarakat mengisi hari libur. Di lokasi juga tersedia pedagang makanan dan minuman.  Menurut pedagang, jumlah kunjungan banyak saat hari libur kerja, apalagi saat libur lebaran dan tahun baru. Walaupun begitu pantai Citra selalu mendapat pengunjung setiap harinya karena memiliki panorama keindahan yang eksotik dan tak ternilai harganya.

Lokasi: Sungai Tabuk Kec. Pantai Lunci, Kab. Sukamara.

Itulah objek wisata pantai di Kalimantan Tengah paling hit yang layak kunjung untuk tujuan liburan anda. Tentu persiapan perlu dilakukan agar liburannya sesuai dengan keinginan.