Kalimantan Selatan

8 Wisata Pantai di Kalimantan Selatan Paling Hits Dikunjungi

Tertarik Liburan di Pantai? Jangan Lupa Kunjungi Wisata Pantai Terbaik & Terindah di Kalimantan Selatan. Destinasi Wisata Bahari Terbaru dan Paling Hits untuk Liburan Anda yang Lebih Berkesan.

Kalimantan memang sangat luas sehingga objek wisata yang tersebar pun beragam, dimulai dari Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan dan bagian Kalimantan lainnya. tak heran masyarakat lebih memilih berlibur ke Kalimantan di banding ke luar negeri, apalagi liburan ke luar negeri membutuhkan banyak biaya dan tenaga. Lebih baik mengunjungi Kalimantan Selatan yang banyak pantai paling hits.

Jangan salah loh, Kalimantan Selatan memiliki beragam objek wisata pantainya. Pastinya memanjakan wisatawan karena banyak spot foto menarik yang wajib dicoba, dijamin liburan sangat menyenangkan. Yang terpenting adalah merencanakan waktu berlibur agar tidak mengganggu kegiatan lainnya.

Apalagi banyak objek wisata pantai yang direkomendasikan memiliki faslitas yang lengkap. Alasannya agar wisatawan tidak kecewa mengunjungi destinasi wisata pantai, berikut ada 8 rekomendasi objek wisata pantai di Kalimantan Selatan yang harus dicoba, diantaranya adalah:

1. Pantai Pagatan

Pantai Pagatan

Image Credit: Ksmtour.com

Pantai Pagatan termasuk istimewa loh, apalagi pantai tersebut memiliki keindahan laut biru beserta deburan ombak yang sedang, bahkan terdapat pohon kelapa yang membuat suasananya makin sejuk. Belum lagi semilirnya angin laut yang merilekkan pikiran.

Selain itu Pantai tersebut memiliki acara ritual khas nelayan, tepatnya keturunan bugis yang di sebut dengan Macceratasi atau pesta laut. Perlu diketahui, Pesta laut dilaksanakan setiap bulan April. Menurut masyarakat sekitar, Pesta laut termasuk ungkapan rasa syukur hasil laut yang melimpah, tentunya memohon perlindungan selama nelayan pergi melaut. Agar terhindar dari bahaya saat di laut.

Upacara tersebut meliputi kegiatan melabuhkan sesajen yang sebelumnya telah di bacakan sejenis mantra ke tengah laut. Biasanya acara ini juga di meriahkan dengan adanya atraksi musik dan tarian2 tradisional.

Lokasi: Pagatan, Kec. Kusan Hilir, Kab. Tanah Bumbu.

2. Pantai Takisung

Pantai Takisung

Image Credit: Berbagicoretanku.blogspot.com

Siapa sangka, pantai Taksiung termasuk pantai unik di Kalimantan Selatan loh. Provinsi Kalimantan Selatan. Tepatnya  sekitar 22 kilometer dari Kota Pelaihari, Ibukota Tanah Laut. Tepatnya sekitar 87 kilometer dari Kota Banjarmasin. Rasa lelah selama diperjalanan akan tergantikan dengan keindahan pantai Taksiung.

BACA JUGA:  Bekantan Park, Destinasi Wisata Keluarga Terbaik di Banjarbaru

Objek  Wisata Pantai Takisung populer dan ramai di kunjungi masyarakat sekitar maupun wisatawan asing karena penasaran akan keindahannya. Apalagi Pantai tersebut termasuk salah satu ikon kota Pelaihari karena pemandangan yang indah, hamparan pasir pantai yang luas dengan pohon kelapa yang menjulang tinggi, di tambah laut biru yang mempesona.

Belum lagi Pantai Takisung memiliki banyak sarana untuk menunjang liburan para wisatawan yang berkunjung. Diantaranya banana boat, persewaan perahu untuk berlayar menikmati birunya air laut, tak lupa persewaan ban serta pelampung.

Lokasi: Takisung, Kec. Takisung, Kab. Tanah Laut.

3. Pantai Gedambaan

Pantai Gedambaan

Image Credit: Ksmtour.com

Pantai Gedambaan menyuguhkan keindahan untuk kepuasan batin para pengunjungnya. Apalagi pasir pantainya berwarna putih yang berkilauan akibat pantulan sinar matahari, pemandangan alam tempat wisata tersebut dipastikan menghipnotis pengunjung sehingga betah berlama-lama di pantai tersebut.

Pantai Gedambaan dahulu dikenal sebagai Pantai Sarang Tiungini yang terletak sekitar 14 km dari pusat kota Kotabaru. Pantai Gedambaan adalah pilihan tepat masyarakat yang ingin merasakan suasana pantai berpasir putih.  Selain itu pantai sepanjang 1 km ini juga menyediakan beragam fasilitas diantaranya warung makan, cottage, tempat parkir, kolam renang air tawar untuk anak-anak, playground sebagai tempat bermain anak dan lain-lain.

Lokasi: Gedambaan, Kec. Pulau Laut Utara, Kab. Kotabaru.

4. Pantai Asmara

Pantai Asmara

Image Credit: Mi.com

Pantai Asmara termasuk wisata pantai terbaru di Kalimantan Selatan. Dari kota Banjarmasin, jarak yang di tempuh ke Pantai Asmara sekitar 115 kilometer atau 2,5 jam perjalanan.

Sebenarnya Pantai Asmara adalah akronim dari Asam Asam Muara. Smentara keunggulan pantai tersebut adalah kondisinya terbilang cukup bersih, apalagi pasir pantai berwarna putih, alhasil membuatnya banyak dikunjungi wisatawan lokal Banjarmasin maupun luar daerah, terutama di akhir pekan atau musim liburan. Karena bernama Pantai Asmara, pengelola juga berkreasi dengan menyediakan tempat untuk meletakkan gembok cinta.

BACA JUGA:  Kampung Sasirangan, Pusat Kerajinan Batik Khas Kalimantan Selatan

Lokasi: Muara Asam Asam, Kec. Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut

5. Pantai Angsana

Pantai Angsana

Image Credit: Lifestyle.okezone.com

Memang beragam Tempat-tempat Wisata diKalimantan Selatan yang memiliki keindahan yang luar biasa dan perlu di ekspose, mulai dari wisata alam, religi, sejarah, kuliner dan lain-lain. Kalimantan Selatan.

Pantai tersebut adalah sebuahTempat Wisata yang tergolong baru yang mulai dikembangkan secara intens oleh pemerintah setempat dan kini makin ramai dikunjungi wisatawan, khususnya wisatawan lokal. Pantai Angsana memiliki keindahan alam yang sangat indah terutama dibawah lautnya yang cukup baik untuk snorkling maupun diving, dan pantai ini disebut sebagai Bunakennya Tanah Bumbu dan gelombang ombak di pantai di tempat ini cukup tenang dan sangat cocok untuk wisata keluarga.

Lokasi: Jl. Sawit KM.8, Bunati, Kec. Angsana, Kab. Tanah Bumbu.

6. Pantai Turki

Pantai Turki

Image Credit: Zainalhakimmsc.blogspot.com

Pantai Turki tak boleh dilewatkan saat berlibur ke Kalimantan Selatan karena pemandangan di pantainya sangat eksotis. Tentunya dengan suasana alam yang terjaga kealamiannya. Apalagi  di pantai tersebut, pasirnya kecokelatan, dijamin pengunjung dapat menikmati birunya laut seraya bersantai di gazebo. Apalagi bentuk gazebonya menarik dan unik, yaitu ng dibentuk bagus dan terdapat rumah pohon yang instagramable banget.

Selain itu terdapat pohon-pohon rindang dan lapangan rumput yang hijau. Tak lupa dilengkapi keasrian Pantai Turki. Dijamin saat akhir pekan liburan sangat menyenangkan. Alhasil Pantai Turki diserbu pengunjung dari berbagai daerah lho. So! jika ingin lebih leluasa liburan di Pantai Turki datang saja saat hari biasa.

Anda dapat menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat yang nyaman dan dinikmati Anda selama perjalanan.

Lokasi: Swarangan, Kec. Jorong, Kota Pelaihari, Kab. Tanah Laut.

7. Pulau Samber Gelap

Pulau Samber Gelap

Image Credit: Idntimes.com

Pulau samber gelap tak boleh dilewatkan saat berlibur ke Kalimantan Selatan karena memiliki pemandangan laut yang sangat eksotik. Ditambah lagi pantai tersebut selalu terjaga keasriannya walaupun selalu dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara. Belum lagi Pemandangan bawah lautnya sangat mengagumkan, tak mengherankan tempat tersebut menjadi favorit para penyuka snorkeling maupun diving. Menariknya lagi, masih di kawasan pulau Samber Gelap juga terdapat tempat konservasi penyu.

BACA JUGA:  Pulau Samber Gelap, Pulau Kecil Nan Eksotis di Kotabaru

Hebatnya lagi tidak ada biaya tiket masuk loh, sekalipun ada pastinya terjangkau. Biaya yang dikeluarkan hanya biaya perjalanan menuju tempat ini yang nantinya akan menaiki kapal air untuk menyebrang. Walaupun tanpa biaya tiket masuk, faslitasnya tetap beragam karena Pulau Samber Gelap memiliki fasilitas rumah untuk pengunjung yang ingin menginap ataupun bermalam di tempat ini.

Anda yang ingin berwisata ke pulau Samber Gelap di mulai dari pusat Kota Banjarmasin, jaraknya sekitar 308 Km atau sekitar 7 jam 52 menit perjalanan. Sementara  dari Bandara Syamsyudin Noor, Banjarbaru kurang lebih 295 Km atau sekitar 7 jam 31 menit. Dari Pelaihari ± 248 Km (6 jam 31 menit). Dari Kotabaru ± 101 Km (2 jam 56 menit).

Lokasi: Pulau Samber Gelap, Kec. Pulau Sebuku, Kab. Kota Baru.

8. Pantai Muara Kintap

Pantai Muara Kintap

Image Credit: Kalimantanjalanjalan.blogspot.com

Objek wisata Objek Pantai Muara Kintap menjadi wisata pantai terhits dan wajib dikunjungi loh. Apalagi setiap harinya dijunjungi wisatawan lokal maupun asing karena memiliki pemandangan yang sangat indah dan eksotik. Apalagi terdapat spot keren berupa foto yaitu dit beberapa ayunan yang masing-masing atasnya ddituliskan “MUARA KINTAP”, serta “JOMBLO” maupun  “GALAU” bahkan background-nya termasuk bentangan lautan biru dengan ombaknya yang saling berkejaran.

Spot foto tersebut pastinya instagramable dan membuat pengunjung betah seharian menjelajahi objek wisata pantai Muara Kintap. Sementara lokasinya terletak di Kota Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut, di Provinsi Kalimantan Selatan. Apalagi tiket masuknya gratis loh, namun pengunjung mendapat kenyamanan dan pemandangan pantai yang ekstotik, cukup biaya parkir saja yang pengunjung sediakan.

Lokasi: Muara Kintap, Kec. Kintap, Kab. Tanah Laut.

Selain itu wisatawan dapat bersantai di payung-payung pantai, maupun pondok yang sudah disediakan untuk wisatawan. Selain itu terdapat berbagai permainan seru seperti penyewaan pelampung, permainan bananaboats dan lain-lain. Anda dapat mencapai pantai dari pusat kota Banjarmasin yang jaraknya sekitar 156 km dari bandara Syamsyudin Noor atau Banjarbaru sekitar 143 km. Dijamin liburan sangat menyenangkan dan berkesan.