Kalimantan Barat

10 Wisata Pantai di Kalimantan Barat Paling Hits Dikunjungi

Inilah Daftar Rekomendasi Wisata Pantai Terindah di Kalimantan Barat. Destinasi Wisata Bahari yang Kaya Pesona, Kekinian dan Paling Hits yang Cocok Dijadikan Tujuan Liburan Anda Selanjutnya.

Kalimantan tidak hanya menawarkan permadani hijau yang indah. Tidak juga dengan pemandangan gunung, sungai dan hutan saja. Namun juga banyak pantai indah yang bisa Anda kunjungi selama 24 jam setiap hari. Destinasi wisata di Kalimantan sangat banyak dan beragam, ada juga situs sejarah yang bisa memberikan ilmu dan manfaat pada Anda.

Berkunjung dan berlibur ke daerah Kalimantan Timur akan membuat Anda lebih tenang dan damain. Pasalny, daerah ini jauh dari keramaian dan kemacetan layaknya Jakarta yang selalu panas, macet dan lelah. Pemandangan hijau nan sejuk akan Anda dapatkan hampir tiap kali perjalanan.

Apabila Anda suka dengan pemandangan biru nan sejuk, maka pantai adalah lokasi yang pas dan cocok. Tidak hanya memuaskan mata saja, namun Anda juga dapat memanjakan diri dengan berenang atau snorkeling bersama sahabat. Berikut ini ada 10 wisata pantai di Kalimantan Barat yang paling hits dan banyak dikunjungi.

1. Pantai Sungai Kinjil

Pantai Sungai Kinjil

Image Credit: Youtube.com (PUTRA KEEMPAT KETAPANG KALBAR)

Pantai yang satu ini cukup unik dan menarik, pasalnya pantai ini satu jalur dengan sungai panjang yang bernama Kinjil. Wisata yang satu ini menjadi incaran para pengunjung yang penasaran dengan agungnya ciptaan tuhan. Banyak tempat indah yang tuhan ciptakan yang patut untuk kita syukuri bersama. Terutama di bumi Nusantara ini, banyak tempat indah seperti Pantai Sungai Kinjil ini.

Di tempat ini Anda bisa naik perahu dayung sambil menikmati pemandangan alam yang hijau dan sejuk. Pantai yang dekat dengan hutan ini membuat pesona makin begitu luar biasa. Buktikan saja sendiri untuk datang ke lokasi ini, Anda pasti akan betah dan merasa menyesal jika hanya sebentar.

Lokasi: Sungai Kinjil, Kec. Benua Kayong, Kab. Ketapang.

2. Pantai Nenek

Pantai Nenek

Image Credit: Mytrip.co.id

Destinasi wisata yang satu ini tidak pernah sepi pengunjung. Terutama pada akhir pekan dan libur panjang, lokasi ini menjadi wisata yang paling banyak dicari. Pasalnya, Pantai Nenek ini memiliki panorama indah dan dapat memanjakan mata. Pandangan akan semakin tajam dan makin takjub akan keindahan ciptaan tuhan.

BACA JUGA:  10 Makanan Khas Dayak yang Wajib Anda Coba

Pantai unik ini memiliki nuansa dan panorama yang indah. Anda akan merasakan indahnya Pulau Belitung yang nyasar di Pontianak. Ya, beberapa gugusan batu dan jejeran karang yang terletak di sekitar pantai membuat destinasi wisata ini menjadi semakin menarik. Anda tidak perlu jauh ke Belitung jika di Pontianak saja sudah ada wisata yang tidak kalah menariknya. Makin penasaran bukan? Yuk segera kunjungi Pantai Nenek ini di akhir pekan nanti. Jangan lupa ya.

Lokasi: Temajuk, Kec. Paloh, Kab. Sambas.

3. Pantai Pulau Datok

Pantai Pulau Datok

Image Credit: Wikipedia.org

Wisata pantai yang satu ini terletak di Kayong Utara, Pontianak. Pada hari libur, tempat wisata ini selalu saja ramai pengunjung. Banyak orang yang suka ke pantai ini karena pasir putihnya yang indah dan ombaknya yang tidak begitu ganas. Anda dan keluarga bisa berenang di tepi pantai sambil bermain air. Banyak ketenangan dan kesenangan yang bisa Anda lakukan bersama.

Aneka pohon hijau yang tumbuh disekitar pantai membuat semarak indahnya suasana. Harumnya aroma pantai yang panas, dan sejuknya angin yang berhembus membuat adreanlin kian memanas. Tentu hal ini sangat cocok untuk kesehatan Anda, terutama yang memiliki penyakit asma. Datanglah pada pagi hari agar udara yang hadir bisa lebih segar dan sehat.

Lokasi: Pampang Harapan, Kec. Sukadana, Kab. Kayong Utara.

4. Pantai Sawi

Pantai Sawi

Image Credit: Sherlysiddiq.files.wordpress.com

Pengunjung dapat bermain air di tepi pantai Pulau Sawi. Pantai di pulau ini memiliki perairan yang cukup dangkal sehingga cukup aman untuk anak-anak. Hanya saja, tetap saja harus dalam pengawasan ya. Airnya sangat jernih dan bersih sehingga Anda dapat melihat dasar laut dengan bebas. Dangkalnya pantai ini cukup luas, Anda bisa memuaskan diri bermain hingga hampir ke tengah laut dengan bebas.

Ajaklah sepupu atau ponakan untuk bermain air yang indah ini sambil membawa bekal untuk makan bersama. Jika Anda ingin membeli makan, tentu saja di sekitar pantai ini banyak rumah makan yang menyediakan menu seafood yang enaknya luar biasa.

BACA JUGA:  Pantai Pasir Panjang, Destinasi Wisata Favorit di Singkawang

Lokasi: Mekar Utama, Kec. Kendawangan, Kab. Ketapang.

5. Pantai Lemukutan

Pantai Lemukutan

Image Credit: Daengpajoka.com

Wisata ini memiliki keunikan lain yang tidak dimiliki oleh pantai yang lain. Terdapat jembatan kecil untuk jalan setapak yang bisa Anda gunakan menuju tengah laut. Jembatan ini sangat cocok dijadikan lokasi foto untuk preweding. Banyak orang yang memanfaatkan spot ini untuk mengabadikan kenangan dan moment terindahnya bersama sang kekasih. Tidak heran jika lokasi ini kemudian disebut sebagai pantai paling romantis di Pontianak.

Terletak di Kabupaten Bengkayang yang bisa Anda tempuh dengan kendaraan pribadi sekitar 30 menit dari arah kota. Selain ada jembatan, Anda juga bisa naik perahu mesin yang bisa Anda sewa dengan harga Rp. 50.000,- per penumpang.

Lokasi: Pulau Lemukutan, Kec. Sungai Raya Kepulauan, Kab. Bengkayang.

6. Pantai Batu Payung

Pantai Batu Payung

Image Credit: Polahku.com

Lokasi wisata ini tidak jauh berbeda dengan Pantai Lemukutan. Memiliki jembatan untuk jalan setapak yang bisa mengantarkan hingga tengah laut. Terbuat dari kayu dan bambu yang cukup kuat sehingga akan membuat Anda tetap aman berada di lintasan yang kecil itu. Banyak pemadangan indah yang bisa Anda dapatkan di pantai ini.

Jika bosan duduk, Anda bisa bermain air dengan puas karena ombak di pantai ini tidak begitu besar. Pada siang hari, angin yang berhembus juga sangat kencang sehingga panasnya pantai akan sedikit berkurang.

Lokasi: Karimunting, Kec. Raya Kepulauan River, Kab.Bengkayang.

7. Pantai Pasir Panjang

Pantai Pasir Panjang

Image Credit: Pastikesingkawang.id

Terdapat beberapa batu besar yang bisa dijadikan tempat pas untuk memancing. Ombaknya yang tidak begitu besar membuat Anda puas memperoleh ikan di pantai ini. Sambil melihat alam dan makan bekal dari rumah, proses memancing tentu akan lebih menyenangkan. Ditemani orang tercinta yang datang bersama, tentu akan lebih bersemangat lagi.

Jika tidak suka memancing, Anda bisa berenang atau bermain air saja. Pasirnya yang putih sangat cocok dijadikan istana pasir yang indah. Terutama pada saat sore hari, akan ada siluet indah yang membayangi istana pasir dengan lebih indah.

Lokasi: Jl. Pasir Panjang No.89, Sedau, Kec. Singkawang Selatan, Kota Singkawang.

BACA JUGA:  Pancur Aji, Destinasi Air Terjun yang Hits di Kalimantan Barat

8. Pantai Tanah Hitam

Pantai Tanah Hitam

Image Credit: Elenkurniawan.blogspot.com

Meski namanya Pantai Tanah Hitam namun pasir yang ada di sekitar pantai tidak bewarna hitam. Pantai ini menawarkan sejuta keindahan yang akan memanjakan mata. Ombak yang berdebur dan suara angin yang semilir akan membuat Anda merasa nyaman dan damai berada dekat dengan alam.

Wisata yang satu ini bisa Anda jadikan lokasi yang pas untuk bermain kamera. Ingin membuat video dengan latar pantai yang indah tentu saja akan sangat mendukung. Belum lagi suasana sore yang akan membuat warna orange pada laut semakin indah. Tentu akan menjadi sangat menarik jika diabadikan pada sebuah foto dan video. Sangat pas dan cocok bagi para pecinta fotografer yang ingin menjadikan tempat ini sebagai pilihan utama.

Lokasi: Tanah Hitam, Kec. Paloh, Kab. Sambas.

9. Pantai Temajuk

Pantai Temajuk

Image Credit: Mytrip.co.id

Wisata ini memiliki bebatuan besar yang bisa dijadikan lokasi asik untuk prewedding atau memancing. Airnya yang jernih dan memantulkan warna biru sangat indah dan sangat cantik. Anda bisa bermain air sambil berenang dari batu satu ke batu lainnya karena ombak yang ada di sekitar pantai tidak besar.

Ombak yang bergerumbul membuat pemandangan laut semakin indah dan memesona. Pasa musim penyu sedang bertelur, wisata ini akan lebih ramai lagi karena banyak pengunjung yang ingin melihat penyu yang sedang menetas.

Lokasi: Temajuk, Kec. Paloh, Kab. Sambas.

10. Pantai Pulau Randayan

Pantai Pulau Randayan

Image Credit: Indonesiakaya.com

Sebuah pantai indah yang terletak di pulau kecil ini sangat indah dan menarik. Anda tidak hanya disuguhkan dengan pemandangan pantai seperti biasa. Di pantai ini Anda akan merasa berada di sebuah resort mewah dengan pesona alam yang luar biasa.

Meski letaknya berada di pulau yang tidak berpenghuni namun pada akhir pekan wisata ini selalu ramai. Banyak pengunjung yang berasal dari luar daerah ingin menyaksikan keindahan Pulau Randayan dan sekaligus ingin menikmati pantainya.

Lokasi: Kab. Bengkayang, Kalimantan Barat.

Inilah 10 pantai di Kalimantan Barat yang paling hits dan banyak dikunjungi. Nikmati alam laut yang indah ini bersama sahabat atau keluarga dekat untuk sekedar “me time” dan menciptakan bonding. Kedekatan dalam keluarga dan persahabatan sangat diperlukan guna menciptakan suasana yang rukun dan damain. Siapa tahu dengan sering berlibur maka suansana hati menjadi selalu bahagia. Selamat berlibur.