Kalimantan Timur

Pantai Indah Teluk Kaba, Destinasi Bahari Terbaik di Kutai Timur

Kutai Timur memang terkenal dengan wisata alamnya yang memesona, termasuk Pantai Indah Teluk Kaba. Wisata bahari yang mewarnai Kalimantan Timur dengan panorama menakjubkan.

Lokasi: Sangkima Lama, Kec. Sangatta Selatan, Kab. Kutai Timur.
Map: Cek Lokasi

Provinsi Kalimantan Timur merupakan salah satu wilayah yang memiliki sejuta keindahan dari wisata alamnya. Bahkan keindahannya tersebut telah tersohor hingga ke mancanegara. Salah satu destinasi wisata yang memiliki pemandangan menakjubkan adalah Pantai Teluk Kaba. Pantai yang terletak di Kutai Timur ini memang tidak pernah sepi akan pengunjung, karena menyuguhkan panorama yang mampu memanjakan mata.

Pesona Keindahan yang Ditawarkan Pantai Indah Teluk Kaba

Pesona Pantai Indah Teluk Kaba

Image Credit: Google Maps (Lita Kabangnga)

Pantai Indah Teluk Kaba menjadi bagian dari Taman Nasional Kutai, yang merupakan pusat rehabilitasi orang utan. Sebagian besar Taman Nasional Kutai ini berada di dalam wilayah Kabupaten Kutai Timur, namun masih ada sebagian kecil kawasan reservasi ini masuk ke dalam wilayah Kota Bontang. Pantai Indah Teluk Kaba kini menjadi salah satu ikon wisata yang semakin hits di kawasan Teluk Sangkimah.

Apabila Anda menyukai kegiatan outdoor seperti berkemah, maka Pantai Indah Teluk Kaba ini bisa menjadi pilihan terbaik. Selain berkemah, Anda juga bisa melakukan wisata bahari lainnya seperti snorkeling dan memancing. Namun sayangnya, beragam perlengkapan untuk menikmati wisata bahari tersebut harus dipersiapkan sendiri sebelum menuju ke Pantai Indah Teluk Kaba. Meski begitu, Anda masih bisa menghabiskan waktu liburan yang menyenangkan bersama orang tersayang.

Pantai Indah Teluk Kaba yang berada di Kutai Timur ini memiliki pemandangan alam yang masih asri dengan adanya hamparan pasir putih nan bersih. Ditambah pula dengan adanya vegetasi bakau yang rimbun mengelilingi pantai. Pemandangan alamnya tersebut pula sangat cocok digunakan sebagai spot foto yang instagenik. Tak heran jika banyak pengunjung yang datang ke destinasi wisata ini selalu mengabadikan momen terbaik tersebut.

Tak hanya memiliki keindahan alam yang menakjubkan, di daerah sekitar Pantai Indah Teluk Kaba juga menjadi penghasil rumput laut di Kutai Timur. Sebelum menuju ke pantai, para pengunjung akan memasuki perkampungan kecil dimana penduduk setempatnya berprofesi sebagai petani rumput laut. Mereka akan memanen rumput laut setiap dua bulan sekali dengan beratnya kisaran dua ton setiap kali panen.

BACA JUGA:  Kebun Raya Balikpapan, Wisata Edukasi Terbaik di Kalimantan

Rumput laut yang telah dipanen oleh masyarakat setempat tersebut, biasanya akan dijual dalam bentuk kering. Hal tersebut dikarenakan rumput laut kering memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan rumput laut yang masih basah. Banyak para pengunjung yang membawa pulang rumput laut yang dihasilkan oleh masyarakat setempat, sebagai buah tangan dengan harga yang cukup terjangkau dibandingkan di tempat lainnya.

Di lokasi Pantai Indah Teluk Kaba ini pula terdapat hutan mangrove yang berada tidak jauh dari tempat ini. Hutan tersebut termasuk ke dalam Taman Nasional Kutai atau TNK. Biasanya di saat air laut sedang surut terdapat beberapa rusa yang akan keluar dari hutan tersebut. Tak hanya di saat surut saja, biasanya waktu sore hari banyak rusa yang keluar dari hutan. Bagi yang beruntung, Anda bisa menyaksikan peristiwa saat rusa keluar dari hutan bakau tersebut.

Mengingat hutan tersebut masih sangat alami, sehingga para pengunjung diharapkan berhati hati karena masih terdapat banyak buaya yang terdapat di area muara sungai. Muara tersebut menghubungkan sungai dari pantai dan hutan lindung. Tetapi Anda tak perlu khawatir karena buaya yang berada di muara sungat tersebut, jarang menampakan dirinya keluar dari habitat aslinya.

Selain terdapat hewan rusa, hutan tersebut pula dijadikan sebagai salah satu tempat penangkaran hewan seperti orang utan. Apabila Anda tertarik untuk melihat kehidupan orang utan tersebut, maka Anda bisa mengunjungi camp kakap yang berada di sekitar hutan tersebut. Tak hanya orang utan saja, disana pula terdapat aneka satwa lainnya seperti owa, beruk, monyet, dan masih banyak lagi.

Keberadaan beragam hewan yang terdapat di hutan tersebut menjadi suatu daya tarik tersendiri yang dimunculkan pada pantai ini. Jika para pengunjung merasa bosan dengan pemandangan pantai, maka bisa langsung menelusuri ke dalam hutan dengan melalui trekking yang telah disiapkan. Yang paling penting untuk tetap waspada terhadap keadaan sekitar selama di hutan, mengingat banyak hewan yang berkeliaran.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Pantai Teluk Kaba

Pantai Teluk Kaba

Image Credit: Jalanwisata.id

Pantai Indah Teluk Kaba merupakan salah satu objek wisata yang terletak di Sangatta serta masih berada di lingkaran kawasan Taman Nasional Kutai atau TNK. Destinasi wisata ini juga merupakan kawasan pantai yang cukup unik dan berbeda dibandingkan pantai pada umumnya, karena secara geografis keberadaan pantai ini tersembunyi dan dikelilingi oleh vegetasi bakau yang rimbun.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Berau Terbaru & Terhits Dikunjungi

Kawasan Pantai Indah Teluk Kaba ini sering digunakan oleh komunitas pecinta alam untuk camping. Apabila Anda berminat, maka jangan lupa untuk menyiapkan tenda sebelum berangkat ke Teluk Kaba. Siapkan pula berbagai perlengkapan snorkeling apabila Anda menyukai dengan kegiatan bawah laut yang satu ini, atau Anda juga bisa membawa peralatan memancing.

Meski beragam perlengkapan tersebut harus dipersipakan sendiri, namun Anda masih bisa menikmatinya sampai puas di pantai ini. Di kawasan Pantai Indah Teluk Kaba ini pula terkenal dengan lokasi memancingnya, karena terdapat beragam jenis ikan yang bisa didapatkan. Ikan hasil dari pancingan tersebut, bisa Anda olah langsung di pantai bersama dengan orang tersayang sambil menikmati keindahan panorama yang disuguhkan pantai.

Dengan adanya hamparan pasir putih nan bersih serta birunya air laut yang berada di pantai ini mampu menghipnotis para pengunjung yang datang. Bahkan banyak diantara mereka yang tidak mau melewatkannya begitu saja dengan mengabadikannya sebagai kenangan terindah. Apalagi ditambah pula dengan rimbunnya tumbuhan bakau yang terdapat di sekitar pantai, memberikan kesan yang begitu alami dan asri.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai Indah Teluk Kaba

Alamat Pantai Indah Teluk Kaba

Image Credit: Instagram.com @exotickaltim

Pantai Indah Teluk Kaba terletak di Sangkima Lama, Sangatta Selatan, Kutai Timur, Kalimantan Timur. Bisa dibilang pantai ini merupakan surga tersembunyi yang ada di Kutai Timur. Pemandangannya yang asri, suasana sunyi, serta hamparan pasir putih nan bersih tanpa sampah memberikan kesan yang mempesona. Memang tempat wisata satu ini sangat cocok digunakan bagi Anda yang menginginkan suasana tenang dari kebisingan hiruk pikuk perkotaan.

Untuk bisa mencapai ke tempat wisata ini, para pengunjung bisa menempuhnya dengan menggunakan kendaraan pribadi saja karena aksesnya terbilang sulit untuk dilalui kendaraan umum. Apabila menggunakan kendaraan pribadi, maka para pengunjung akan memerlukan waktu sekitar satu jam untuk bisa mencapai Pantai Indah Teluk Kaba dari Kota Bontang. Perjalanan dimulai dari perbatasan Bontang hingga Sangatta akan lumayan menantang karena jalanan tidak beraspal.

Kemudian dari wilayah pemukiman penduduk, pengunjung akan memerlukan perahu atau speed boat untuk menuju Pantai Indah Teluk Kaba. Untuk lama waktu yang diperlukan, tergantung pada moda transportasi yang digunakan. Dengan menggunakan speed boat sewaan, para pengunjung bisa sampai di Teluk Kaba dalam waktu sekitar 30 menitan. Satu satunya transportasi untuk bisa mencapai pantai dan hutan bakau Teluk Kaba ini adalah dengan menggunakan perahu sewa.

BACA JUGA:  Indahnya Pulau Maratua, Surga Bahari di Utara Indonesia

Menyewa perahu di kawasan Pantai Teluk Kaba ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp. 100 hingga 150 ribu, dengan waktu tempuh biasanya antara 7 sampai 10 menit. Kemudian setelah sampai di Pantai Indah Teluk Kaba, para pengunjung perlu membayar tiker dengan harga 10 ribuan tiap orang. Sementara untuk jam operasionalnya sendiri dimulai dari pukul 09.00 pagi hingga 17.00 sore.

Dikarenakan akses menuju ke pantai ini masih belum beraspal ataupun di cor, sehingga Anda disarankan datang ke destinasi ini disaat musim kemarau karena apabila di musim hujan jalanan menuju Pantai Indah Teluk Kaba akan licin. Para pengunjung juga disarankan datang disaat siang hari, sebab pada sore harinya bisa melihat para rusa keluar dari hutan. Meski aksesnya sedikit menantang, tetapi para pengunjung akan disuguhi dengan pemandangan yang menakjubkan.

Dengan mengunjungi destinasi wisata ini, Anda bisa merasakan ‘quality time’ bersama dengan orang orang tersayang. Anda pula akan merasa rugi apabila hanya sekedar singgah saja ke pantai ini, karena lokasinya sangat cocok digunakan untuk piknik ataupun camp. Tetapi sebelumnya Anda harus mempersiapkan segala kebutuhan yang diperlukan. Dikarenakan di Pantai Indah Teluk Kaba ini tidak ada warung ataupun penjual.

Para pengunjung pula bisa menikmati hasil pancingan di pantai ini bersama orang orang tersayang. Mengingat destinasi wisata ini sering digunakan untuk piknik dan ngecamp. Jangan lupa untuk selalu waspada ketika berada di destinasi wisata ini, karena Pantai Indah Teluk Kaba konon katanya masih sering dijamah oleh buaya. Tapi tak perlu khawatir, karena akan ada masyarakat setempat yang selalu menemani perjalanan Anda selama di pantai ini.

Dari penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa Pantai Indah Teluk Kaba ini merupakan salah satu destinasi wisata bahari terbaik yang ada di Kutai Timur. Tak hanya itu akses menuju ke pantai masih belum sempurna saja, tetapi di lokasi pantai pula masih belum terdapat fasilitas yang memadai. Sehingga diperlukan perhatian penuh oleh pemerintah agar wisata yang menyuguhkan segudang keindahan ini bisa terawat dengan baik.