Kalimantan Selatan

Pantai Gedambaan, Pantai Cantik Nan Eksotis di Kotabaru

Lokasi: Gedambaan, Kec. Pulau Laut Utara, Kab. Kotabaru.
MapCek Lokasi

Kalimantan merupakan salah satu pulau yang ada di Indonesia. Indonesia memang terkenal akan pulaunya yang banyak. Setiap pulau mempunyai keunikan dan kelebihannya masing – masing. Kalimantan misalnya, pulau ini terkenal dengan sederet pantainya yang cantik.

Ketika berkunjung atau sedang ada di Kalimantan maka sempatkanlah untuk datang ke pantainya. Ada banyak pantai di pulau Kalimantan yang wajib untuk anda kunjungi. Jangan sampai anda melewatkan pantai – pantai di Kalimangan ini.

Salah satu pantai di Kalimantan yang sayang untuk dilewatkan adalah pantai Gedambaan. Pantai ini terbilang sebagai pantai tercantik yang ada di Kalimantan. Jauh – jauh datang ke Kalimantan tidak mampir di pantai ini tentu tidak akan terasa lengkap. Ulasan kali ini akan sedikit membahas mengenai beberapa hal terkait dengan pantai Gedambaan yang perlu anda ketahui.

Mengintip Keindahan Pantai Gedambaan

Mengintip Keindahan Pantai Gedambaan

Image Credit: Vijayvijay-apasaja.blogspot.com

Pengunjung pantai Gedambaan ini tidak hanya sekedar menikmati indahnya pantai, namun juga menikmati indahnya perbukitan yang ada disekeliling pantai. Pantai ini mempunyai ciri khas yang membuatnya terlihat sedikit berbeda dengan pantai pada umumnya.

Keindahan pantai Gedambaan ini bisa didapatkan dari tampilan pasir yang berwarna putih. Ketika siang hari maka pasir ini akan terkena sinar matahari dan menimbulkan kesan yang berkilau hal ini mampu membuat para pengunjung merasa sangat terhipnotis dengan pesona pantai Gedambaan ini.

Pesona indanya pantai Gedambaan ini adalah adanya kapal yang lalu lalang. Pemandangan ini nampaknya menjadi daya tarik tersendiri yang dimiliki oleh pantai Gedambaan. Warna air pantai ini sangat bening dan terlihat kehijauan. Dengan tambahan perbukitan membuat pemandangan semakin lebih indah. Jernihnya air membuat isi air laut terlihat dengan sangat jelas.

BACA JUGA:  Mengintip Keindahan Alam Bukit Batas yang Memukau

Disepanjang pantai Gedambaan ada pohon bakau yang tumbuh. Pohon bakau di pantai ino terbilang berumur sudah cukup tua. Hal ini bisa dilihat dari ukuran batangnya dan akarnya yang besar. Pohon – pohon bakau ini memang sudah ada sejak lama. Pohon bakau ini juga menyumbang keindahan dari pantai Gedambaan.

Deburan Ombak Pantai Gedambaan

Deburan Ombak Pantai Gedambaan

Image Credit: Flickr.com @Nasrudin ansori

Pantai Gedambaan ini mempunyai ciri khasnya yang membuat pantai ini berbeda dengan pantai pada umumnya. Pantai Gedambaan ini mempunyai ombak yang tidak terlalu besar sehingga aman untuk digunakan bermain air oleh sebagian pengunjung.

Ketinggian ombak di pantai ini paling tinggi hanya mencapai setinggi orang dewasa. Sedangkan jika sedang surut maka pantai akan terlihat sangat dangal. Cocok digunakan untuk bermain di pinggir pantai oleh para pengunjung.

Disepanjang pinggiran pajtai juga terdapat seperti genangan air. Genangan ini membuat seperti kolam – kolam baru yang dangkal. Bahkan beberapa pengunjung menggunakan kolam – kolam genangan air ini untuk berendam.

Menikmati Pantai Gendambaan Dengan Berenang

Menikmati Pantai Gendambaan Dengan Berenang

Image Credit: Youtube.com (Bambang Setiawan)

Berkunjung ke pantai kurang lengkap rasanya jika belum berenang. Beberapa pengunjung yang datang ke pantai ini menyempatkan dirinya untuk berenang. Berenang di pantai ini juhga sangat aman.

Ada beberapa orang yang menyewakan alat untuk berenang yang bisa digunakan oleh para pengunjung. Salah satunya adalah menyewakan ban untuk berenang. Menyewa ban ini hanya dikenakan tarif sebesar 5 ribu hingga 10 ribu saja.

Berenang di pantai Gedambaan ini sangat aman untum orang dewasa bahkan untuk anak – anak. Pantai ini cocok digunakan untuk mengisi waktu liburan anda selama ada di Kalimantan tepatnya di Kotabaru.

BACA JUGA:  Pantai Takisung, Destinasi Wisata Bahari Favorit di Kalimantan Selatan

Keistimewaan Pantai Gedambaan Dibandingkan Pantai Lainnya

Keistimewaan Pantai Gedambaan Dibandingkan Pantai Lainnya

Image Credit: Ksmtour.com

Pantai Gendambaan ini sedikit berbeda dengan pantai pada umumnya. Ada beberapa hal yang membedakan pantai Gendambaan ini misalnya sering digunakan untuk menjalankan acara adat dan juga adanya pohon mangrove.

Ketika anda datang ke pantai Gedambaan ini maka anda akan melihat ada banyak sekali pohon mangrove dipinggiran pantai. Hutan mangrove ini digunakan sebagai habitat berbagai spesies seperti burung, kunang – kunang, dan bahkan hingga lebah. Pemandangan pohon mangrove ini nyatanya mampu menjadi keistimewaan dari pantai Gedambaan. Pasalnya tidak semua pantai mempunyai pemandangan hutam mangrove ini.

Disisi lain pantai ini juga sering digunakan untuk menjalankan upacara adat. Biasanya dilakukan upacara sedekah laut. Upacara ini rutin digelqr disetiap bulan Desember. Jika anda datang ke pantai ini bertepatan dengan upacara tersebut, pemandangan ini sering kali menjadi hiburan untuk para pengunjung.

Letak pantai Gedambaan yang berada di kaki pengunungan nampaknya mampu memmbuat pantai ini terlihat lebih hijau. Tidak hanya menikmati pantai Gedambaan saja, ketika anda berada di sekitar pantai tersebut, anda bisa menemukan berbagai wisata lainnya yang tidak kalah indah untuk anda kunjungi.

Mempunyai banyak keistimewaan sehingga tidak heran jika pantai ini menjadi pilihan untuk mengisi waktu liburan. Jika anda penasaran maka anda bisa mencoba datang ke pantai ini saat musim liburan. Tapi jika tidak ingin terlalu ramai maka anda bisa berkunjung pada hari – hari biasa.

Lokasi & Cara Menuju Pantai Gedambaan

Lokasi & Cara Menuju Pantai Gedambaan

Image Credit: Purnamatravel.wordpress.com

Tidak sabar untuk datang ke pantai Gedambaan? Anda harus tahu lokasi untuk bisa sampai disana. Sebenanrya medan yang harus anda lalui terbilang sangat mudah untuk diakses sehingga tidak perlu merasa cemas. Anda bisa menggunakan kendaraan roba dua maupun roba empat.

BACA JUGA:  8 Wisata Pantai di Kalimantan Selatan Paling Hits Dikunjungi

Untuk mencapai wilayah Kotabaru maka anda bisa memanfaatkan jasa bis umum yang ada di terminal. Nantinya setelah sampai di terminal kotabaru, maka anda bisa menggunakan angkutan umum berwarna hijau dengan jurusan Siring Laut. Perjalanan yang harus anda tempuh sekitar 7 jam. Namu jika terlalu lama maka anda bisa menggunakan pesawat untuk menjangkau lokasi lebih cepat. Menggunakan pesawat ini mungkin anda hanya membutuhkan waktu setengah jam untuk sampai di lokasi.

Fasilitas yang Ada di Pantai Gedambaan

Fasilitas yang Ada di Pantai Gedambaan

Image Credit: Tribunnews.com

Ada banyak fasilitas yang bisa anda gunakan selama ada di pantai Gedambaan ini. Fasilitas yang bisa anda nikmati adalah tempat untuk beristirahat, bahkan ada juga akuarium besar, berbagai tanaman buah dan bunha, ruang wahana fusuka, studio rekaman mini, dan masih ada banyak fasilitas – fasilitas lainnya yang disediakan di pantai ini.

Karena semakin banyak jumlah pengunjung yang datang ke pantai ini membuat pemerintah setempat sepakat untuk melakukan berbagai pembangunan di pantai Gedambaan ini. Semakin banyak fasilitas baru yang dibuat untuk membuat pengunjung lebih nyaman dan betah berada di pantai Gendambaan.

Kabarnya dipantai Gedambaan ini juga akan dibangun sebuah sarana olahraga yang akan membuat para pengunjung bisa berolahraga dengan menikmati indahnya pemandangan pantai. Sedangkan bagi pengunjung yang ingin bermalam atau dipantai ini berhari – hari juga disediakan sebuah penginapan. Lengkapnya fasilitas yang ditawarkan membuat pengunjung lebih mudah untuk melakukan berbagai kegiatan selama disana.

Penjelasan di atas pastilah semakin membuat anda tertarik untuk datang ke pantai Gendambaan. Kini anda bisa memilih pantai Gendambaan yang cantik di Kotabaru sebagai lokasi liburan yang tepat.