Kalimantan Selatan

Pesona Keindahan Alam Pantai Gedambaan di Kotabaru

Lokasi: Desa Gedambaan, Kec. Pulau Laut Utara, Kab. Kotabaru.
MapCek Lokasi

Kotabaru Kalimantan Selatan memang dikelilingi oleh lautan yang sangat mempesona para wisatawan. Banyak pantai yang memanjakan mata para wisatawan yang datang berkunjung untuk liburan. Salah satunya adalah Pantai Gedambaan yang memiliki pesona yang luar biasa indah dan berbeda dengan pesona pantai lainnya. Yuk simak keseruan bermain air di Pantai Gedambaan yang memiliki pesona alam yang luar biasa indahnya.

Panorama Pantai Gedambaan yang Memanjakan Mata

Panorama Pantai Gedambaan yang Memanjakan Mata

Image Credit: Kmtour.com

Pantai Gedambaan adalah salah satu pantai andalan warga Kotabaru Kalimantan Selatan. Terletak di Desa Gedambaan, Kecamatan Pulau Laut, Kalimantan Selatan pantai ini menawarkan pesona keindahan yang dapat memberikan kepuasan bati bagi para pengunjungnya. Pesona Pantai cantik ini memang mampu menyihir seluruh wisatawan yang datang berkunjung.

Selain menikmati pasir putih yang mepesona karena paparan sinar matahari, pemandangan alamnya juga mampu menghipnotis para pengunjung. Wajar saja jika pengunjung betah untuk berlama lama di Pantai Gedambaan tersebut. Pantai Gedamaan sendiri dulu dikenal sebagai nama Pantai Sarang Tiung yang memiliki jarak kurang lebih sekitar 14 kilom dari pusat Kota Kotabaru.

Pemadangan Pantai Gedambaan ini adalah kapal dan hilir mudiknya para nelayan. Anda juga dapat melihat bagang atau alat penangkap ikan yang berbentuk bangunan rumah diatas laut. Warna air Pantai ini memiliki ciri khas yang berbeda yaitu berwarna bening kehijau jauan. Air laut pun terlihat dangkal sehingga dapat dilihat dengan mudah karena jernihnya air pantai cantik di Kotabaru ini.

Selain itu, pemandangan bukit bukit yang menghijau juga membuat suasana semakin lengkap dan pemandangan terlihat sangat asri. Pantai Gedambaan dipenuhi oleh pohon bakau yag tumbuh di sepanjang pantai. Pohon yang tumbuh di sekitar pantai ini terlihat sudah tua dan berumur. Hal ini bisa dilihat dari ukuran batang dan akar besar dari pohon bakau yang keluar dari permukaan tanah.

BACA JUGA:  Mengintip Keindahan Alam Bukit Batas yang Memukau

Daya Tarik dari Pantai Cantik Gedambaan

Daya Tarik dari Pantai Cantik Gedambaan

Image Credit: Triptrus.com

Apabila air laut sedang pasang, maka Anda akan melihat air laut yang menghijau di Pantai Gedambaan. Pada saat Anda berkeliling di area bibir pantai, maka ketinggiannya bisa mencapai setinggi dada orang dewasa. Sementara apabila air laut sedang surut, maka airnya akan menjadi begitu dangkal. Anda akan melihat beberapa genangan air disekitar lokasi yang tadinya dipenuhi oleh air pasang.

Genangan air ini membentuk kolam yang dangkal, sehingga bisa menjadi tempat untuk berendam para wisatawan. Anda akan merasakan sensasi yang berbeda ketika bermain air laut yang menggenag tersebut. Para wisatawan yang berkunjung juga bisa melihat permukiman Suku Bugis dan Mandar yang merantau dari Sulawesi Selatan.

Pantai Gedambaan merupakan satu dari sekian banyak pantai yang ada di Indonesia yang masih memiliki hutan mangrove. Hutan mangrove sendiri merupakan tempat habitat beberapa fauna seperti burung, kunang kunang dan lebak. Keistimewaan yang dimiliki oleh Pantai ini adalah lokasinya yang berada di kaki pegunungan. Pantai Gedambaan juga dekat dengan Pulau Laut yang masih hijau dan berdekatan dengan beberapa ojke wisata lainnya.

Warga setempat juga beberapa kali menggelar acara sedekah laut yang digelar secara rutin pada bulan Desember. Sehingga apabila Anda ingin melihat acara berlangsungnya sedekah laut ini Anda bisa berkunjung pada akhir tahun. Sedekah laut ini bertujuan untuk meminta keselamatan dari marabahaya dan juga rasa syukur atas karunia alam yang telah diberikan.

Tidak jauh dari lokasi Pantai, Anda akan menemukan gugusan terumbu karang di daerah Teluk Tamiyang yang berada di dalam kawasan Kecamatan Pulau Laut Barat. Keaslian terumbu karang yang belum tersetuh ini semakin menarik perhatian para wisatwan karena kejerihan air laut tersebut.

BACA JUGA:  9 Tempat Wisata di Hulu Sungai Tengah Terbaru & Terhits Dikunjungi

Anda juga bisa menginap di Pantai Gedambaan ini karena telah dilengkapi dengan beberapa fasilitas seperti penginapan. Para wisatwan bisa menyambut datangnya pagi hari jika menginap di pantai ini. Suasana pantai di pagi hari akan terlihat sangat mempesona dibandingkan saat siang hari menjelang. Pesona sunset yang luar biasa juga bisa dinikmati oleh para wisatawan di sore hari. Apalagi jika ditemani dengan air kelapa muda yang sangat segar dan mampu melepas dahaga.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Gedambaan

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Gedambaan

Image Credit: Metrokalimantan.com

Pantai ini bisa dibilang telah dilengkapi dengan beberapa fasilitas yang cukup memadai. Anda tidak perlu khawatir saat berkunjung ke pantai satu ini. Apabila Anda ingin mengisi perut, Anda bisa datang ke warung warung yang ada di sekitaran pantai. Warung ini menyediakan beberapa menu makanan dan minuman yang akan memuaskan para pengunjung.

Anda juga bisa merasakan berenang di kolam air tawar jika tidak ingin bermain air laut Pantai Gedambaan. Anda bisa menyewa ban untuk berenang yang dijual di pinggir Pantai dengan harga sewa berkisar Rp. 5.000.- hingga Rp. 10.000.- saja. Selain bermain air di kolam air tawar Anda juga bisa berendam di genangan air disekitar lokasi yang telah dipenuhi oleh air pasang setelah dangkal.

Apabila Anda mengajak anak untuk berkunjung, Anda bisa mengajaknya untuk bermain di playground yang digunakna sebagai tempat bermain anak. Ada juga fasilitas camping ground yang disediakan untuk wisatawan yang ingin menginap di tenda. Sementara itu fasilitas pendukung lainnya seperti toilet dan mushalla juga tersedia di Pantai Gedambaan.

Rute & Harga Tiket Masuk Pantai Gedambaan

Rute & Harga Tiket Masuk Pantai Gedambaan

Image Credit: Triptrus.com

Untuk mencapai lokasi Pantai Gedambaan, Anda bisa menggunakan bis umum dari terminal yang ada di Banjarmasin menuju ke Kotabaru. Setelah itu perjalanan akan dilanjutkan dengan menggunakan angkot warna hijau dengan jurusan Sirig Laut. Selama perjalanan Anda akan melewati jalanan yang ramai oleh para pengendara dan sesekali melewati hutan.

BACA JUGA:  11 Rumah Adat Suku Banjar

Umumnya jika menggunakan kendaraaan umum waktu perjalanan bisa mencapai 7 jam. Namun apabila Anda tidak ingin terlalu lama di jalan, Anda bisa memesan tiket pesawat yang berangkat dai Banjarmasin ke Kotabaru. Perjalanan menggunakan pesawat hanya akan membutuhkan waktu selama setengah jam. Harga tiket masuk Pantai Gedambaan pun terbilang sagat terjangkau dan hemat di kantong.

Hanya dengan membayar sekitar Rp. 2.500.- saja Anda sudah bisa memasuki area pantai dan bermain main di dalamnya. Dengan harga tiket masuk yang sangat aman di kantong ini membuat siapa saja ingin berkunjung ke Pantai Gedambaan. Sehingga wajar saja jika pantai ini selalu ramai di kunjungi wisatawan meskipun pada hari hari biasa. Pantai ini beroperasi setiap hari Senin hingga Minggu dan bisa diakses selama 24 jam sesuai waktu setempat.

Melihat pesona yang dimiliki oleh Pantai Gedambaan, tentu wajib hukumnya untuk berkunjung tatkala berkunjung ke Kota Kotabaru. Anda bisa menyaksikan hamparan birunya pantai yang luas dan juga melakukan banyak sekali aktifitas yang sangat menyenangkan. Anda bisa bermain air, berenang di kolam air tawar, menikmati sunset, mengambil beberapa foto selfie atau bermain air pantai yang menyegarkan. Jadi tunggu apalagi yuk segera kunjungi Pantai Gedambaan.