Kalimantan Timur

Pantai Binalatung, Wisata Bahari Favorit di Tarakan

Pantai Binalatung, salah satu wisata pantai yang sudah tertata di Kota Tarakan. Pantai yang memiliki fasilitas cukup lengkap untuk mendukung wisatawan yang berkunjung.

Lokasi: Pantai Amal, Kec. Tarakan Timur, Kota Tarakan.
Map: Cek Lokasi

Provinsi Kalimantan  Timur ternyata menyimpan banyak pesona alam yang menjadi primadona bagi kalangan pencinta alam. Daerah dengan julukan Kota Seribu Sungai ini mampu menjadi pusat perhatian destinasi liburan bagi para wisatawan. Salah satu destinasi wisata alam yang patut untuk dikunjungi adalah Pantai Binalatung di Tarakan. Wisata bahari tersebut bahkan sudah tersohor hingga ke mancanegara. Untuk mengetahui informasi lebih dalam, berikut ulasannya.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Binalatung

Daya Tarik Pantai Binalatung

Image Credit: Instagram.com @real_rina12

Berkunjung ke Kota Tarakan, Kalimantan, jangan lupa untuk singgah ke wisata baharinya yang menakjubkan. Kota dengan wilayah perairan yang luas ini menawarkan berbagai keindahan wisata alam bahari yang akan sayang jika tidak dikunjungi. Salah satunya adalah Pantai Binalatung. Wisata bahari tersebut menawarkan keindahan alam pantai yang sejuk dengan kebersihan yang dijaga ketat oleh pihak pengelolanya.

Ketika mengunjungi pantai tersebut, Anda akan ditawarkan oleh pesona pantai dengan deburan ombak serta hembusan angin yang sejuk. Jika kebanyakan wilayah laut memiliki udara yang panas, di pantai tersebut Anda hanya akan merasakan kesegaran angin yang siap menerpa. Deburan ombak yang stabil seolah turut ikut andil dalam menunjang pesona pantai ini. Lingkungan yang bersih dan sejuk juga menjadi nilai tambah untuk destinasi bahari tersebut.

Bersantai di tepian pantai pun sudah terasa nyaman dan tenang. Melalui hal tersebut, liburan Anda akan semakin menyenangkan. Tak ayal, banyak pengunjung yang menghabiskan waktunya di pantai tersebut khususnya di hari libur. Apabila Anda kurang menyukai pantai yang terlalu banyak wisatawan, Anda bisa mengunjungi wisata Pantai Binalatung di operasional jam kerja. Biasanya, di hari kerja kondisi pantai akan cenderung lebih sepi.

Jika membicarakan daya tarik pantai favorit ini, sungguh tak akan ada habisnya. Pasalnya, wisata alam tersebut juga menawarkan pemandangan indah dengan area yang tepat untuk melihat sunset. Teruntuk Anda yang menyukai pemandangan matahari terbenam, Pantai Binalatung adalah lokasi yang sangat tepat. Sinar matahari yang mulai memudar di sore hari seakan terjebak di rerimbunan pohon cemara, sehingga menghasilkan pemandangan yang amat indah.

Daya Tarik Dari Pantai Binalatung

Image Credit: Tripadvisor.co.id

Di sekitar pantai, Anda akan menemui banyaknya pengunjung yang bermain air, pasir pantai, atau hanya sekedar bersantai di bibir pantai. Airnya yang sangat jernih dan hening cocok untuk melepas penat setelah bekerja sehari hari. Wisata alam pantai ini memiliki pasir putih nan halus yang menjadi salah satu daya tariknya. Di bagian sisi timur pantai, Anda akan menemukan tatanan lingkungan yang rapi dan dikelola secara pribadi oleh masyarakat.

BACA JUGA:  15 Hotel Murah di Samarinda yang Paling Populer

Lokasi wisata tersebut juga sering dikunjungi oleh rombongan sekolah atau kampus untuk melakukan suatu kegiatan berkelompok. Begitu pula dengan rombongan masyarakat yang berkunjung dengan tujuan berpiknik dan berenang. Karena hal itulah Pantai Binalatung tak pernah sepi pengunjung bahkan di hari kerja sekalipun. Waktu terbaik untuk mengunjungi wisata bahari ini adalah pagi dan sore hari, dimana matahari menghasilkan semburat warna jingga yang menakjubkan.

Untuk sekedar informasi, Pantai Binalatung sering kali dijadikan tempat pelaksanaan acara penting seperti lamaran, ulang tahun anak anak, hingga acara pernikahan. Hal tersebut dilakukan bagi sebagian orang karena dapat membuat acara penting mereka semakin berkesan. Jika berkunjung ke tempat ini, jangan lupa untuk membawa serta kamera beresolusi tinggi agar Anda bisa mengabadikan setiap momen di sana dengan sempurna.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Binalatung

Fasilitas Pantai Binalatung

Image Credit: Pesonatimur.com

Tak hanya keindahan dan pesona alam eksotis yang ditawarkan di Pantai Binalatung. Namun, pantai ini juga dilengkapi dengan fasilitas yang menarik dan memadai guna menunjang kenyamanan bagi setiap pengunjungnya. Fasilitas yang disediakan di sana pun cukup lengkap. Mulai dari bale bale, area permainan flying fox, persewaan motor pantai, persewaan perlengkapan bakar bakar ikan, mushola, toilet, hingga kios kios penjual aneka kuliner.

Ketika Anda sudah lelah untuk bermain air, bisa memanfaatkan fasilitas untuk beristirahat yakni bale bale. Bagi Anda yang tidak mengetahui apa itu bale bale, fasilitas tersebut merupakan sebuah pondok yang terbuat dari bambu dengan penutupnya yang terbuat dari tumbuhan alang alang kering. Anda bisa bersantai di tempat tersebut sambil menikmati hembusan angin laut yang segar, disertai dengan gemeresik ayunan rerimbunan pohon cemara.

BACA JUGA:  Pantai Marina, Wisata Bahari di Bontang yang Memukau

Bagi Anda yang mengajak anak anak, bisa memanfaatkan fasilitas anak berupa taman bermain, kolam renang, dan area flying fox yang akan membuat liburan Anda semakin seru. Hampir semua fasilitas yang disediakan pun tidak dipatoki dengan harga miring yang dapat menguras isi dompet. Beberapa fasilitas yang disiapkan pihak pengelola pantai bahkan banyak yang tidak dipungut biaya alias gratis.

Selain fasilitas tersebut, pihak pengelola Pantai Binalatung juga menyediakan beragam makanan dan minuman khas yang dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau. Hal yang biasa dilakukan para wisatawan ialah duduk bersantai di tepi pantai sembari meminum es kelapa muda ditemani makanan khas yang menggugah selera. Menghabiskan waktu liburan di Pantai Binalatung merupakan ide yang sangat bagus.

Teruntuk Anda yang ingin merasakan pengalaman baru mengelilingi area pantai dengan motor, di sana juga disediakan persewaan motor pantai roda 4 (ATV) dengan harga yang terjangkau. Motor pantai roda 4 tersebut biasanya disewakan dengan batas minimal waktu pemakaian, yakni sekitar 1 jam hingga 2 jam lebih. Namun, batas waktu yang diberikan juga sudah cukup untuk mengelilingi area pantai dan menikmati pesona hingga setiap detail kecilnya.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai Binalatung

Alamat Pantai Binalatung

Image Credit: Google Maps (Andi Mery)

Apabila Anda berkenan untuk mengunjungi Pantai Binalatung, Anda bisa menemukan lokasinya dengan mudah. Jika Anda datang dari arah Kota Tarakan Pusat, bisa menuju ke arah Jalan Kawasan Pantai Amal Baru yang dapat ditempuh dengan setengah jam perjalanan. Letaknya yang tak jauh dari pusat kota, membuat destinasi wisata bahari ini rama dikunjungi wisatawan yang datang dari berbagai daerah, bahkan dari luar negeri.

Lokasinya yang berada tak jauh dari pusat kota, membuat calon pengunjung objek wisata bahari ini tidak kerepotan. Para pengunjung juga tidak perlu untuk berjalan jauh agar bisa sampai ke tempat tersebut. Setelah sampai di Pusat kota Tarakan, Anda hanya perlu menuju ke daerah yang masih satu kawasan dengan Pantai Amal Baru, yakni Jalan Binalatung Pantai Amal, Tarakan Timur. Di sana, Anda juga akan semakin dimudahkan dengan adanya penanda arah menuju pantai.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Binalatung

Aktivitas di Pantai Binalatung

Image Credit: Google Maps (Ryannaldo Noorhidayat)

Pantai adalah salah satu destinasi utama yang masih jadi favorit masyarakat. Karena keindahan dan kesegaran udara pantai bisa menjadi penghilang penat. Hal ini bisa didapatkan saat berkunjung ke pantai binalatung ini, karena Anda bisa bersantai dan menikmati keindahan alam bahari yang masih asri. Meskipun Anda lebih menyukai wisata yang santai, Anda bisa mengunjungi pantai ini untuk sekedar bersantai di fasilitas peristirahatan berupa bale bale.

BACA JUGA:  23 Minuman & Makanan Khas Pontianak yang Wajib Dicoba

Nikmati kesegaran udara dan deburan ombak yang menerpa sanubari. Bagi Anda yang menyukai wisata santai yang juga dapat memacu adrenaline, di Pantai Binalatung disediakan persewaan motor pantai beroda 4 yang bisa ditumpangi dengan kecepatan tinggi, sehingga dapat memacu adrenaline Anda. tak sampai disitu, dengan mengendarai motor pantai, Anda bisa merasakan sensasi berkeliling area pantai yang akan sangat menyenangkan.

Harga Tiket Masuk Pantai Binalatung

Harga Tiket Masuk Pantai Binalatung

Image Credit: Google Maps (Indra Aldika Hermana)

Sebagai lokasi wisata bahari yang sudah terkenal, Pantai Binalatung tentunya juga memiliki jam operasional dengan tarif tiket masuk yang sesuai dengan keindahan yang ditawarkannya. Kabar gembiranya, pantai cantik ini dibuka selama 24 jam nonstop. Dengan demikian, jika ingin menginap atau berkemah di pantai tersebut, Anda bisa mengunjunginya setiap waktu yang sesuai dengan keinginan.

Pantai Binalatung hampir selalu ramai pengunjung, khususnya di Hari Sabtu dan Minggu. Untuk menyiasati hal tersebut, Anda bisa mengunjungi wisata bahari Binalatung di pagi hari. Biasanya, pengunjung pantai tersebut akan semakin meluap di waktu siang menjelang sore. Sambil menunggu waktu, Anda bisa menyantap makanan yang dijajakan di beberapa kios tepi pantai yang menawarkan cita rasa lezat menggugah selera. Harga yang dibanderol pun sangat terjangkau.

Menawarkan keindahan alam dan pesona pantai yang sangat eksotis, wisata bahari Binalatung memiliki tarif dan tiket masuk yang dipatok dengan harga yang sangat ekonomis. Tarif yang dipatok untuk perorangan hanya sekitar 5 ribuan saja. Sedangkan untuk biaya parkir mobil dihargai sekitar 10 ribu rupiah dan motor 5 ribuan saja. Dengan harga yang sangat ekonomis, Anda sudah bisa menikmati keindahan alam dan pesona Pantai Binalatung.

Bagaimana? Tertarik untuk mengunjungi objek wisata bahari Pantai Binalatung? Dengan mengunjungi wisata tersebut, liburan Anda dijamin lebih berkesan. Jumlah pengunjung pantai yang selalu bertambah setiap jamnya menjadi salah satu faktor pendorong bahwa Pantai Binalatung memang layak dikunjungi. Keasrian dan pesonanya pun sudah sangat tersohor, bahkan wisata tersebut sudah di kenal di kancah dan lingkup internasional. Selamat Liburan!