Kalimantan Tengah

Menikmati Keindahan Pantai Batakan di Tanah Laut

Lokasi: Batakan, Kec. Panyipatan, Kab. Tanah Laut.
MapCek Lokasi

Indonesia memang terkenal akan keindahan alamnya tak terkecuali Kalimantan Selatan. Provinsi yang satu ini terkenal akan wisata pantainya yang cantik dan mempesona. Salah satu pantai yang ada di Kalimantan Selatan adalah Pantai Batakan.

Pantai yang satu ini cukup terkenal dan banyak dikunjungi para wisatawan. Saat Anda memasuki Pantai Batakan Anda akan disuguhkan panorama yang indah dengan banyaknya pohon cemara yang berada di sepanjang sisi pantai. Selama Anda berada di pantai ini, Anda akan dimanjakan dengan keindahan Pantai Batakan dan pohon cemara yang memperindah pemandangan. Anda tidak akan bosan dan merasa lelah selama di pantai ini. Waktu liburan Anda akan terasa begitu menyenangkan saat mengunjungi Pantai Batakan, terutama jika Anda berwisata bersama keluarga, teman atau pasangan Anda. Setiap momen tidak akan bisa dilupakan.

Menganal Pantai Batakan yang Eksotis

Menganal Pantai Batakan yang Eksotis

Image Credit: Iklantravel.com

Menelusuri Pantai yang satu ini paling cocok dengan berjalan kaki. Jika Anda ingin merasakan pasir pantai secara langsung dan merasakan air pantai dibawah telapak kaki Anda, tak ada salahnya jika Anda berjalan dengan bertelanjang kaki. Jika Anda ingin cara yang lebih unik dan berbeda, Anda bisa menyusuri pantai dengan kuda. Disini, Anda bisa menyewa kuda untuk berjalan jalan disekitar pantai. Anda tak perlu khawatir soal keamanan saat menunggang kuda karena kuda tersebut bukanlah kuda pacu, melainkan kuda biasa yang sudah terlatih untuk ditunggangi orang-orang. Tubuh kuda yang kecil ini membuat Anda lebih mudah untuk menungganginya.

Bagi Anda yang berwisata bersama anak-anak, Anda bisa mencoba menyewa kuda untuk mereka, Anak-anak pasti akan sangat senang saat mencoba pengalaman menaiki kuda. Kuda-kuda ini berjalan dengan cukup lambat sehingga anak-anak tidak akan takut untuk menaikinya, Anda juga bisa merasa lebih aman karena pemilik kuda akan mendampingi penyewa saat menaiki kuda. Berjalan-jalan menyusuri pantai dengan menggunakan kuda ini dapat menjadi cara jitu untuk Anda yang ingin menikmati suasana pantai dengan cara yang berbeda. Anda bisa menikmati pemandangan yang indah saat menaiki kuda.

BACA JUGA:  16 Tempat Wisata di Palangkaraya Terbaru & Terhits Dikunjungi

Jika Anda terlalu takut untuk menunggang kuda, atau ingin menikmati pemandangan bersama dengan keluarga atau rombongan Anda, Anda bisa memilih alternatif yang lain yakni dengan menggunakan delman. Cara ini terbilang sangat unik karena masih jarang tempat wisata pantai yang menyediakan delman. Dengan delman Anda tak perlu repit mengendalikan kuda karena ada kusir yang akan mengendalikan sekaligus mengarahkan kuda tersebut. Anda bisa menaikinya bersama keluarga Anda secara sekaligus, cara ini tentu akan sangat menyenangkan.

Keindahan Panorama Pantai dan Spot Foto di Pantai Batakan

Keindahan Panorama Pantai dan Spot Foto di Pantai Batakan

Image Credit: Pantai-batakan.business.site

Anda bisa mengambil beberapa foto di berbagai dengan pemandangan indah di Pantai Batakan. Anda bisa mengabadikan keindahan pantai dengan menggunakan video saat menggunakan delman sekaligus di selingi obrolan dengan keluarga. Anda bisa duduk dengan santai sembari memAndang keindahan dari Pantai Batakan. Yang lebih menyenangkan adalah delman yang ada di Pantai Batakan dilengkapi dengan adanya atap sehingga Anda tak perlu takut dengan sinar matahari yang terik. Jika Anda pergi bersama kawan atau keluarga pastikan Anda bersama-sama naik delman ini supaya pengalaman wisata Anda lebih unik dan lebih berkesan.

Tak hanya menikmati keindahan pantai bantakan yang mempesona, Anda juga bisa mengunjungi pulau datu, yakni salah satu wisata ziarah yang letaknya tak jauh dari Pantai Batakan. Bagi Anda yang senang dengan wisata ziarah Anda akan senang saat mengunjungi Pantai Batakan. siapa sangka di dekat pantai tersebut ada pulau datu yang menjadi tempat makam datu pamulutan.

Selain menikmati keindahan panorama pantai Anda juga bisa mendoakan tokoh terkemuka di kalimantan ini. Jika Anda ingin berkunjung Anda hanya memerlukan waktu yang cukup singkat, jadi pastikan Anda untuk berkunjung ke pulau datu meski hanya untuk sekedar melihat.

BACA JUGA:  Keseruan Wisata Susur Sungai Kahayan di Palangkaraya

Fasilitas yang Ada di Pantai Batakan

Fasilitas yang Ada di Pantai Batakan

Image Credit: Santinahxiiavi.blogspot.com

Selama Anda berkunjung ke Pantai Batakan, Anda tak perlu khawatir soal fasilitas. Fasilitas di pantai ini terbilang cukup memadai. Anda bisa membasuh badan Anda atau bahkan mandi setelah berenang di pantai dengan air tawar. Kamar mandi ini juga terbilang layak dan tak perlu khawatir karena cukup bersih. Jika Anda berkunjung ke Pantai Batakan, Anda akan melihat sebuah panggung yang berdiri di area pantai. Panggung hiburan ini biasanya digunakan sebagai panggung untuk para penyanyi yang diundang untuk memeriahkan suasana pantai. Anda dijamin akan dihibur dengan penampilan musik yang disajikan.

Selain itu di area pantai juga terdapat area bermain anak, yang tentunya aman untuk anak-anak. Anda bisa mengajak anak-anak Anda untuk bermain di area bermain tersebut. Anda juga tak perlu khawatir soal parkir. Disini, lahan untuk parkiran sangat luas, Anda tak perlu repot mencari tempat parkir yang kosong dan tak perlu menghabiskan waktu untuk mencari tempat parkir untuk kendaraan yang Anda bawa. Semua fasilitas tersebut bisa Anda dapatkan. Fasilitas ini terbilang cukup baik karena apa yang Anda butuhkan seperti tempat untuk membilas diri atau mandi dan toilet juga disediakan. Anda juga bisa menemukan tempat ibadah seperti masjid disini.Jika Anda ingin berwisata kuliner, Anda juga bisa mencoba mengunjungi berbagai tempat makan di sekitar pantai. Wisata yang satu ini memang menjadi wisata paket lengkap.

Pantai Batakan juga sering dijadikan tempat ritual nelayan. Ritual ini biasanya digelar sekitar bulan Juli atau Agustus. Ritual yang satu ini masih sering dilakukan secara rutin oleh para nelayan sebagai wujud terima kasih atas rezeki laut yang telah diberikan kepada mereka. Karena profesi masyarakat sekitar adalah pelaut yang tentunya mencari ikan di tengah lautan dengan ombak yang cukup besar, ritual ini juga sebagai bentuk permintaan perlindungan bagi mereka. Jika Anda ingin melihat ritual tersebut pastikan Anda mendapatkan informasi yang tepat mengenai tanggal atau waktu diadakannya ritual.

BACA JUGA:  Mengintip Keindahan Alam Danau Tahai di Palangkaraya

Lokasi Pantai Batakan

Lokasi Pantai Batakan

Image Credit: Dispar.tanahlautkab.go.id

Pantai ini berlokasi di Kecamatan Panyipatan, Kabupaten Tanah Laut. Anda tak perlu pusing saat mengunjungi pantai tersebut karena jalannya yang yang bagus sehingga lebih mudah untuk bisa sampai di lokasi. Anda bisa memulaio rute Anda dari banjar masin.

Cara Menuju Pantai Batakan

Cara Menuju Pantai Batakan

Image Credit: Banuapost.net

Bagi Anda yang berada di Banjarmasin, Anda bisa mengunjungi pantai dengan rute yang mudah, jalannya juga sudah baik dan pemandangan alamnya sangat memanjakan mata. Anda bisa melihat berbagai perbukitan, persawahan, serta pemandangan lainnya selama berkendara menuju lokasi pantai. Selama berada di perjalanan Anda tidak akan bosan karena disuguhi pemandangan yang indah di sepanjang jalan.

Setelah sampai di pantai, Anda dapat melihat sebuah tugu yang menAndai Anda sudah berada di kawasan Pantai Batakan. Pastikan Anda mengisi baterai ponsel Anda sampai penuh karena keindahan alam yang ada di Pantai Batakan sangat sayang jika tidak dianadikan.