Kalimantan Timur

Pantai Banua Patra, Tempat Melihat Sunset di Kota Balikpapan

Berkunjung ke Balikpapan menjadi lebih lengkap jika singgah ke Pantai Banua Patra. Pantai yang berlokasi di ujung barat ini memiliki banyak daya tarik keindahan alamnya termasuk pesona sunsetnya.

Lokasi: Perapatan, Kec. Balikpapan Kota, Kota Balikpapan.
Map: Cek Lokasi

Kota Balikpapan yang berada di provinsi Kalimantan Timur memiliki banyak pantai cantik nan memesona. Apabila berkunjung ke daerah dengan sebutan kota pelabuhan ini, Anda akan disuguhkan akan keindahan dari deretan pantainya. Salah satu objek wisata bahari yang populer di Balikpapan adalah Pantai Banua Patra. Tempat wisata ini menyuguhkan berbagai daya tarik yang bisa Anda rasakan. Jika Anda penasaran, yuk simak ulasan berikut!

Pantai Banua Patra Dengan Segala Keindahan dan Pesonanya

Pantai Banua Patra Dengan Pesonanya

Image Credit: Tribunnews.com

Pantai ini menyuguhkan keindahan kontras dari warna pasir dan lautannya. Tentunya hal ini membuat para wisatawan yang mengunjunginya sangat terkagum. Tampilan pasir yang putih cemerlang dan halus, membuat destinasi wisata ini sangat populer untuk semua kalangan pengunjung baik lokal maupun luar daerah. Tidak hanya itu saja, masih banyak lagi pesona yang ditawarkan dari pantai ini.

Pantai Banua Patra dulunya sering disebut dengan istilah Batu – Batu. Pasalnya, wilayahnya memang dipenuhi dengan bebatuan alam yang tersusun sampai membentuk pulau dipinggir pantai. Kontras yang terlihat dari pasir dan bebatuan inilah yang membuat Banua Patra berbeda dengan pantai lainnya. Bahkan batu yang terbentuk secara alami ini bisa dijadikan spot menarik untuk diabadikan.

Jika Anda bertandang ke Balikpapan yang cukup panas, berkunjung ke pantai ini akan menjadi solusi yang tepat menenangkan pikiran dan mendinginkan badan. Hal ini dikarenakan hembusan angin yang masih segar dan juga lautannya yang bersih. Sambil menikmati keindahan dari bebatuan yang ada, Anda juga bisa menikmati panorama sekeliling dari Pantai Banua Patra yang elok ini.

Pantai ini terhitung pantai yang sepi dibandingkan dengan pantai yang lainnya di Balikpapan. Meskipun begitu, destinasi wisata pantai favorit para pemancing, sebab di lokasi inilah terdapat berbagai macam jenis ikan yang berkumpul. Selain itu, batu batu yang terdapat di sekitar Pantai Banua Patra berfungsi sebagai penahan abrasi dari air laut jika sedang pasang. Sehingga pantai ini sangat cocok untuk digunakan untuk refreshing.

BACA JUGA:  Liburan Seru Menelusuri Desa Budaya Pampang Kalimantan Timur

Daya Tarik Utama Pantai Banua Patra Balikpapan

Daya Tarik Pantai Banua Patra

Image Credit: Portalbalikpapan.com

Ketika memasuki area pantai, Anda akan dibuat terkagum dengan tampilan yang indah dari bebatuan dan juga tanaman di sekitarnya. Hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri, sebab daerah pantai kerap kali disebut dengan wilayah yang panas. Namun, tidak seperti kesan yang selalu dipikirkan oleh orang, kerimbunan tanaman di sekeliling pantai yang berukuran besar dan juga lebat membuat lokasi ini lebih sejuk dan nyaman.

Tidak hanya memiliki keindahan dari alam sekitarnya saja, saat mendekati pantai Anda akan disuguhi pemandangan dengan pesona dari ari lautan yang unik. Pantai yang terdiri dari jajaran pasir pantai bebatuan yang banyak membuat keindahannya seakan tidak akan bisa dilupakan dengan mudah. Anda bisa duduk di tepian pantai sambil memandangi pesona alam yang begitu menakjubkan.

Karena bebatuan yang ada di pantai ini cukup banyak, pengunjung tidak diperbolehkan untuk berenang. Lagi pula lalu lintas di dekat pantai juga sangat sibuk sebab berada di ujung Teluk Balikpapan dan tidak terlalu jauh dari pelabuhan. Namun tidak usah khawatir Anda bisa menikmati keindahan dari pemandangan matahari terbenam di sore hari. Jadi pantai ini sangat cocok bagi para perenung yang suka mencari ide sambil menikmati keindahan mentari tenggelam.

Pantai Banua Patra juga bisa menjadi salah satu tempat rehat yang cocok bagi pengunjung yang baru saja pulang kerja. Setelah disibukkan dengan aktivitas pekerjaan, menikmati keindahan alam sekitar pantai menjadi solusi yang sangat tepat. Pasalnya, posisinya yang tepat menghadap ke arah barat membuat destinasi wisata ini sangat patut untuk dinikmati sambil menanti matahari terbenam yang ada di ufuk barat.

Selain pecinta kesunyian, bagi Anda yang menyukai fotografi, pantai ini juga bisa dijadikan sebagai bahan untuk menyalurkan hobi. Anda bisa menangkap berbagai keindahan yang ditawarkan Banua Patra dengan menggunakan kamera yang dimiliki. Pemandangan berupa bebatuan, pasir putih menawan, dan juga sunset di sore hari menampilkan perpaduan yang sangat pas untuk dijadikan foto kenangan berupa keindahan alam yang ada di Pantai ini.

Kegiatan yang Bisa Dilakukan di Pantai Banua Patra

Kegiatan di Pantai Banua Patra

Image Credit: Poskaltim.com

Ketika mengunjungi destinasi wisata bahari, tentunya tak lengkap jika menikmati air lautnya. Pengunjung bisa menikmati kesegaran dari air Pantai Banua Patra dengan bermain di sekitar pinggir pantai. Pasalnya bebatuan yang ada di pantai ini cukup banyak, sehingga tidak aman untuk aktivitas dalam air. Namun jika sekedar berendam, Anda masih bisa menikmati air jernih pantai ini.

BACA JUGA:  Rumah Ulin Arya, Destinasi Wisata Keluarga Populer di Samarinda

Saat berada di pantai, Anda juga dapat menghabiskan waktu seru dengan kegiatan lainnya. Salah satu yang bisa Anda coba adalah dengan bermain di dalam air bersama orang tercinta. Ketika melakukan aktivitas berada di sekitar air, Anda juga perlu berhati – hati dengan permukaan pantai yang dipenuhi dengan bebatuan. Sebaiknya Anda memakai sepatu khusus atau menghindari area batu yang tajam.

Tentunya jika mengunjungi pantai, Anda pasti ingin mengabadikan pesona yang tak terlupakan dari alam yang ada. Dengan keindahan bebatuan yang unik, pantai yang tenang, biota laut yang bermacam dan juga tanaman serta pohon yang rindang pastinya bisa menjadi latar belakang menarik untuk foto. Selain itu, masih banyak lagi spot foto menarik yang bisa diabadikan di tempat ini dan juga menjadi favorit bagi pengunjung yang biasa datang.

Namun, jangan lupa untuk tetap mengutamakan keselamatan saat mencari lokasi foto yang terbaik. Pasalnya batuan yang curam dan juga cukup terjal bisa saja menjadi bahaya jika tidak berhati – hati. Sehingga Anda bisa membahayakan diri sendiri dengan berdiri di ujung batuan yang tinggi dan laut yang dalam. Jangan cepat beranjak dari lokasi ini jika ingin mendapatkan pemandangan indah karena terdapat tampilan menarik di saat senja.

Pemandangan laut yang dipadukan dengan langit sore yang menawan pastinya menjadi waktu yang tepat untuk mengabadikan momen ketika berada di lokasi wisata ini. Anda bisa menyaksikan sunset secara langsung tanpa adanya halangan, sebab pantai ini berlokasi di ujung barat Kalimantan. Sehingga sangat cocok sekali untuk sekedar bersantai ataupun menyalurkan hobi fotografi dengan mengabadikan keindahan alam sekitar.

Tak hanya bisa menikmati keindahannya saja, aktivitas lain yang bisa Anda lakukan di pantai ini adalah memancing. Para pengunjung yang suka memancing juga bisa menyalurkan hobinya di sini. Pasalnya, banyak sekali berbagai jenis ikan berkumpul di dekat bebatuan karang yang ada di Pantai Banua Patra. Sambil menunggu tangkapan ikan, Anda juga bisa menikmati pesona dari sunset dan juga keindahan alam sekitar.

BACA JUGA:  Pusat Mangrove Graha Indah, Ekowisata Terbaik di Balikpapan

Jika ingin berlibur dengan suasana pantai dengan angin yang sepoi – sepoi, Anda juga bisa membawa berbagai perlengkapan piknik ke tempat wisata ini. Anda tetap dapat menikmati keelokan alam sekeliling Pantai Banua Patra sambil ditemani bekal nikmat yang sudah dibawa dari rumah. Pantai ini cocok untuk dijadikan sarana penyegar pikiran dari penatnya aktivitas keseharian yang biasa Anda lakukan.

Alamat dan Rute Menuju Pantai Banua Patra

Alamat Pantai Banua Patra

Image Credit: Youtube.com @yulianus ladung

Pantai yang satu ini berlokasi sangat strategis, yaitu di area jantung Kota Balikpapan, tepatnya di Jalan Jenderal Sudirman. Untuk menuju ke lokasi wisata Pantai Banua Patra cukup mudah. Lokasinya yang berdekatan dengan lapangan Merdeka dan pelabuhan Semayang pastinya mudah dilihat. Tidak hanya itu saja, akses menuju lokasi juga mudah untuk dijangkau bagi wisatawan baik dengan kendaraan umum maupun transportasi umum.

Namun jika Anda merupakan wisatawan luar daerah, Anda juga bisa menemukannya dengan mudah dengan menggunakan bantuan dari peta digital di ponsel pintar yang dimiliki. Cukup ketik saja nama lokasi ini, maka peta akan mengantarkan ke tempat tujuan dengan cepat dan mudah. Tidak perlu khawatir, karena pantai ini berada di pusat dari kota Balikpapan sehingga akan lebih gampang ditemukan, meskipun Anda baru pertama kali mengunjunginya.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional Wisata Bahari Balikpapan

Pantai Banua Patra

Image Credit: Visitkaltim.id

Sebagai destinasi wisata alam bahari, tentunya Pantai Banua Patra memiliki jam operasi yang panjang. Yaitu mulai pagi hingga petang, Jadi Anda bisa bersantai menghabiskan waktu di sini dan menunggu matahari terbenam dari ufuk barat dengan nyaman dan tenang. Untuk biaya masuknya, Anda juga tidak usah khawatir karena tidak perlu merogoh kocek alias gratis. Bahkan untuk parkir kendaraan pun tidak dipungut biaya sepeser pun. Sehingga sangat cocok bagi Anda yang ingin hemat.

Tidak bisa dipungkiri bahwa keindahan dari alam di Balikpapan menjadikan kota ini sebagai destinasi wisata favorit pelancong. Terlebih dengan keasrian dari alamnya dan juga keindahan dari bahari yang ditawarkan seperti halnya Pantai Banua Patra. Tempat ini menjadi salah satu yang populer untuk dikunjungi jika ingin menikmati keindahan dari matahari terbenam, sebab lokasinya yang ada di ujung sebelah barat.