Kalimantan Timur

Pantai AURI Sepinggan, Tujuan Wisata Akhir Pekan Warga Balikpapan

Menghabiskan waktu liburan akhir pekan di Balikpapan bisa menjadi lebih seru ketika mengunjungi wisata Pantai AURI Sepinggan. Destinasi bahari yang populer untuk dinikmati bersama keluarga ataupun komunitas.

Lokasi: Sepinggan, Kec. Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan.
Map: Cek Lokasi

Kalimantan terkenal dengan daratan yang paling luas di Indonesia. Dengan begitu, daerah ini menyimpan berbagai keindahan tempat wisata air yang sangat menawan. Salah satunya yang bisa Anda nikmati pesonanya adalah Pantai AURI Sepinggan yang ada di Balikpapan. Pantai ini sangat populer bagi warga sekitar untuk menghabiskan waktu akhir pekan. Jika Anda penasaran, yuk simak ulasan lebih lanjut berikut!

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai AURI Sepinggan

Daya Tarik Pantai AURI Sepinggan

Image Credit: Wisataka.com

Pantai ini sangat populer untuk dikunjungi bagi warga Balikpapan. Dari namanya saja sudah bisa dilihat keunikannya. Jika mendengar AURI, mungkin Anda akan langsung teringat dengan pasukan tentara TNI khususnya Angkatan Udara. Diberi nama tersebut karena letaknya yang ada di belakang Perumahan TNI AU dan masih menjadi satu dengan kawasan lingkungan TNI AU. Hal tersebut membuat nama AURI disematkan pada pantai yang elok satu ini.

Untuk berkunjung ke lokasi wisata ini Anda bisa langsung datang ke Jalan Sepinggan, Balikpapan Selatan. Pantai ini tergolong pantai yang letaknya masih ada di tengah kota, sehingga membuat banyak orang berdatangan ke pantai. Selain itu, akses untuk menuju pantai ini sangat mudah untuk dijangkau. Namun, Anda harus melalui pemeriksaan untuk masuk ke pantai yang masih dalam kawasan TNI AU ini.

Jika Anda bertandang ke Balikpapan, tidak ada salahnya mampir ke Pantai AURI Sepinggan. Sebab, lokasi dari wisata air ini berada di tengah kota sehingga memudahkan akses untuk berbagai macam kendaraan. Pantai unik yang satu ini berada di kawasan pemukiman TNI AU yang mengharuskan Anda melewati pemeriksaan untuk sampai ke lokasi wisata air yang indah ini. Setelah melewati pemeriksaan, Anda akan disuguhi keindahan alamnya yang memesona.

Seketika Anda akan melihat tampilan pantai yang indah dengan hamparan pasir putih yang halus dan juga pohon di sekeliling pantai yang begitu hijau. Hal ini tentunya menjadi daya tarik tersendiri, karena daerah pantai biasanya dikenal dengan kesan yang panas. Namun kerimbunan pepohonan di sekitar membuat lokasi ini lebih sejuk. Terlebih angin sepoi – sepoi menambah suasana semakin nyaman untuk beristirahat.

Daya Tarik Pantai AURI

Image Credit: Foursquare.com @rais s.

Tidak hanya tampilan dari pasir dan pohon yang rindang saja, namun Anda akan disuguhkan dengan pesona pantai yang memukau. Pantai yang terdiri dari hamparan pasir putih yang luas dan menawan, ditambah lambaian pepohonan khas pantai, dan air laut yang jernih membuat pesonanya tak terlupakan. Anda bisa duduk di tepian pantai sambil untuk menyaksikan keindahan alam yang ada di sini.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Kalimantan Timur yang Paling Hits

Jika Anda ingin merasakan hembusan angin yang lebih sejuk, Anda bisa menyusuri pantai. Bahkan ada juga jembatan kayu yang sangat panjang menuju arah tengah laut untuk dapat menikmati keindahannya. Di ujung jembatan terdapat gazebo untuk berteduh. Di sinilah Anda bisa mencoba untuk sekedar merasakan sensasi angin semilir yang mampu menghilangkan rasa jenuh dari segala aktivitas keseharian.

Ketika berjalan menyusuri jembatan dan sudah sampai di ujungnya yang cukup panjang, Anda bisa berhenti di lokasi tersebut untuk mengabadikan foto bersama dengan keluarga dan rombongan atau berswafoto dengan latar belakang lautan Balikpapan yang menawan. Selain dapat melepas penat, Anda juga bisa menghibur diri dengan cara berfoto di pantai yang indah ini.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Pantai Cantik Balikpapan

Aktivitas di Pantai Cantik Balikpapan

Image Credit: Instagram.com @jamil_pujianto

Saat berada di sebuah wisata bahari, tentunya akan terasa tak lengkap kalau tidak menikmati lautnya. Pengunjung bisa menikmati kesejukan air dari Pantai AURI Sepinggan dengan berenang dan juga berendam. Bahkan airnya yang tenang, ombaknya yang tidak terlalu besar, dan juga permukaan yang tidak terlalu dalam mampu menambah kenyamanan jika bermain di dalam air.

Tentunya ketika mengunjungi sebuah pantai, Anda akan berharap untuk menemukan pesona pemandangan yang tak terlupakan. Dengan formasi pasir putih yang menawan, pepohonan rindang, begitu pula jembatan menuju tengah bibir laut, pastinya sudah cukup bagus untuk dijadikan latar belakang foto memesona. Jembatan panjang itu pula yang menjadi salah satu spot favorit pengunjung untuk berswafoto.

Selain berenang di daerah pantai ini, Anda juga bisa menghabiskan waktu seru dengan menikmati waktu sunset di sore hari. Wisatawan yang datang ke lokasi pantai akan dibuat berdecak kagum dengan keindahan yang tampil di kala matahari mulai terbenam. Maka dari itu, ada banyak pengunjung yang sengaja datang untuk menyaksikan pesona dari pantai pada saat senja.

BACA JUGA:  Taman Kota Raja Tenggarong, Taman Favorit untuk Bersantai

Pemandangan laut yang berpadu dengan senja merah menawan akan menjadi waktu yang tepat untuk berfoto. Jangan lupa untuk memperhatikan lingkungan sekitar dan hindari lokasi yang berbahaya. Jika sudah puas untuk berfoto, tidak ada salahnya untuk sekedar bersantai di sekitar pantai sambil menikmati sunset yang menawan bersama dengan sahabat atau keluarga tercinta.

Jika Anda ingin menghabiskan waktu akhir pekan yang berkualitas bersama keluarga, tidak perlu tempat yang mahal. Pasalnya, Anda bisa membawa bekal makanan dengan mengadakan piknik keluarga di Pantai AURI Sepinggan. Sembari menyantap makanan yang lezat dari rumah, Anda dan keluarga juga bisa menikmati keindahan dari Pantai AURI Sepinggan. Liburan akhir pekan Anda akan menjadi paket lengkap yang tidak bisa dilupakan.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai AURI Sepinggan

Fasilitas di Pantai AURI Sepinggan

Image Credit: Treya.io

Jika Anda berkunjung ke Pantai AURI Sepinggan ini, tidak usah khawatir dengan kurangnya fasilitas tambahan. Pasalnya, pihak pengelola sudah menyiapkan berbagai macam kebutuhan yang bisa menambah kenyamanan Anda. Beberapa fasilitas yang ditawarkan antara lain, toko, rumah makan, gazebo, hingga spot foto menarik. Setelah menyusuri tepian pantai, Anda bisa beristirahat dan duduk manis di gazebo.

Bahkan Anda juga bisa memilih untuk duduk di bawah pepohonan rindang di sekeliling pantai. Tidak hanya itu saja, Anda bisa berjalan melalui jembatan yang tersedia menuju tengah laut. Selain itu, Anda juga dapat mencari kios makanan dan minuman dengan mudahnya di sekitar pantai untuk menjajal kuliner laut khas laut lokal. Yang menjadi makanan andalan di sini adalah hidangan dari ikannya.

Harga Tiket dan Jam Operasi Wisata Pantai AURI

Harga Tiket Wisata Pantai AURI

Image Credit: Rukodikontrakandibalikpapan.com

Untuk mengunjungi wisata bahari, Anda bisa lebih bebas menentukan jam dan waktunya. Pasalnya, pantai ini memiliki jam operasi yang panjang. Anda dapat memilih waktu kunjungan baik pagi maupun sore hari. Jika ingin menikmati keindahan dan kesejukan pantai, Anda bisa datang di pagi hari. Sedangkan jika Anda ingin bersantai sambil menunggu matahari terbenam di pantai ini, sore hari merupakan waktu yang tepat untuk berkunjung.

Menariknya lagi, untuk biaya masuk ke Pantai AURI Sepinggan sendiri tidak dipungut biaya, alias gratis. Anda hanya perlu mengeluarkan uang untuk membayar parkir kendaraan bermotor. Tentunya lokasi wisata ini menjadi solusi bagi Anda yang ingin liburan dengan hemat biaya. Namun, jika ingin menikmati kelezatan kulinernya yang ada di tempat makan sekitar pantai, Anda harus menyiapkan biaya tambahan karena.

BACA JUGA:  Hutan Mengrove Margomulyo, Jelajahi Wisata Alam Terbaik di Balikpapan

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai AURI Sepinggan

Alamat Pantai AURI Sepinggan

Image Credit: Instagram.com @pedro_denny

Pantai ini berada di Sepinggan, Kecamatan Balikpapan Selatan, Kalimantan Timur. Sebagai pantai yang digemari oleh warga Balikpapan, tentunya akses menuju pantai ini sudah sangat memadai. Lokasinya yang berada di satu kawasan dengan perumahan TNI AU membuat akses jalan sudah mulus dan lingkungannya berkesan asri. Bahkan lokasi wisata bahari ini akan mudah ditemukan meski Anda belum pernah kesini sebelumnya.

Namun, apabila Anda benar – benar pertama kali datang ke Pantai AURI Sepinggan, Anda bisa mengandalkan bantuan dari aplikasi peta digital pada smartphone. Jalanan yang mudah ini membuat Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi roda dua maupun roda empat. Bahkan jika datang dengan rombongan, travel, ataupun bus, Anda bisa dengan mudah melintasi jalanan menuju pantai yang indah ini.

Tips Berkunjung Ke Wisata Bahari Pantai AURI

Tips Ke Pantai AURI

Image Credit: Treya.io

Mengunjungi pantai tidak lengkap rasanya jika tidak mempersiapkan beberapa barang untuk menunjang kegiatan ketika berada di sana. Salah satu item yang wajib dibawa ketika mengunjungi wisata air adalah baju ganti. Barang ini sangat penting untuk dimasukkan ke daftar bawaan karena air pantai Auri Sepinggan yang begitu segar sayang jika dilewatkan begitu saja. Akan tetapi, ada baiknya jika Anda membawa baju ganti secukupnya untuk menghindari kelebihan muatan.

Anda juga bisa membawa bekal makanan dari rumah untuk melakukan kegiatan piknik di sekitar pantai atau di gazebo yang sudah disediakan. Selain itu, barang yang tidak boleh sampai ketinggalan adalah kamera. Karena keindahan pantai yang tak terlupakan ini bisa jadi kenang – kenangan untuk mengabadikan momen tak tergantikan jika menghabiskan liburan bersama orang yang tersayang ke wisata bahari yang indah ini.

Tidak bisa dipungkiri, meskipun Kalimantan terkenal dengan daratan yang luas, wisata baharinya juga sangat menarik untuk dikunjungi. Terlebih dengan keasrian lingkungan sekitar dan kemudahan akses menuju lokasi, Pantai AURI Sepinggan menjadi tujuan wisata populer untuk Anda kunjungi. Dengan demikian, Anda, keluarga, teman, atau pun komunitas bisa menikmati akhir pekan, bersantai, dan habiskan waktu yang berkesan.