Kalimantan Selatan

Pantai Asmara, Destinasi Wisata Romantis di Kalimantan Selatan

Lokasi: Muara Asam Asam Jorong, Muara Asam Asam, Kec. Pelaihari, Kab. Tanah Laut.
MapCek Lokasi

Kalimantan merupakan salah satu pulau di Indonesia yang masih memiliki banyak keindahan alam yang tersembuyi. Sehingga tidak mengherankan jika setiap tahunnya, pemerintah setempat meresmikan dan membuka objek wisata baru dari Kalimantan.

Mengenal Pantai Asmara yang Eksotis

Mengenal Pantai Asmara yang Eksotis

Image Credit: Ksmtour.com

Pantai Asmara merupakan objek wisata pantai baru dari Kalimantan Selatan yang baru diresmikan dan dibuka untuk umum pada tahun 2016 oleh pemerintah setempat. Pantai Asmara merupakan singkatan dari Pantai Asam-Asam Muara yang kemudian oleh penduduk lokal sering disebut dengan Pantai Asmara.

Untuk bisa masuk dan menikmati liburan di Pantai Asmara, pengunjung akan dikenakan biaya masuk dan juga biaya parker kendaraan. Untuk biaya masuk, pengunjung akan dikenakan sebesar Rp. 10.000 untuk orang dewasa dan gratis untuk anak di bawah usia 12 tahun. Sedangkan untuk biaya parkir kendaraan akan dikenakan biaya sebesar Rp. 10.000 untuk kendaraan roda empat dan Rp. 5.000 untuk kendaraan roa dua.

Bukan hanya namanya saja yang romantis, tetapi pemandangan dan keindahan Pantai Asmara juga berkesan romatis sehingga tidak mengherankan jika banyak pasangan yang mengunjungi tempat tersebut untuk menikmati liburan bersama.

Selain pemandangan yang berkesan romantis, objek wisata Pantai Asmara juga memiliki banyak fasilitas serta spot menarik yang dapat digunakan untuk kegiatan berfoto atau melakukan berbagai kegiatan air karena Pantai Asmara memiliki deburan ombak yang tidak terlalu besar sehingga aman apabila pengunjung melakukan kegiatan air di laut.

Keindahan Panorama & Spot Foto di Pantai Asmara

Keindahan Panorama & Spot Foto di Pantai Asmara

Image Credit: Mi.com

Apabila mengunjungi Pantai Asmara, pengunjung akan disajikan dengan pemandangan laut biru yang lusa serta pasir putih halus yang terbentang luas dan bibir pantai yang sangat luas. Selain itu juga, Pantai Asmara memiliki bibir pantai yang luas, sehingga pengunjung dapat dengan leluasa berjalan menyusuri pinggiran pantai sambil menikmati pemandangan laut yang biru dan angina sepoi yang menyegarkan. Pantai Asmara juga dikenal sebagai pantai bersih yang memiliki pasir putih berkilauan saat tertimpa sinar matahari dan memiliki pemandangan yang sangat indah saat matahari akan terbenam.

BACA JUGA:  Pantai Angsana, Pantai Cantik yang Memukau di Kalimantan Selatan

Pantai Asmara juga memiliki deburan ombak yang terbilang tenang sehingga tidak akan membahayakn pengunjung yang ingin melakukan aktivitas fisik termasuk juga aman bagi anak-anak yang ingin berenang di laut atau bermain di pinggiran pantai. Pengunjung dapat melakukan beragam aktivitas air dengan memanfaatkan fasilitas pendukung yang tersedia di kawasan Pantai Asmara.

Pada pinggiran pantai, banyak ditemukan pohon kelapa yang rindang dan tidak membahayakan, sehingga pengunjung dapat berteduh dibawah pohon tersebut dengan aman sambil menikmati pemandangan pantai. Selain itu juga, banyak spot menarik yang dapat dijadikan latar belakang untuk berfoto.

Bukan hanya pemandangan Pantai Asmara saja yang dapat digunakan sebagai latar bekalang menarik untuk berfoto, pengunjung juga bisa berfoto dengan latar belakang gembok-gembok kunci cinta yang banyak bergelantungan di tempat penggantungan gembok cinta. Tempat penggantungan gembok cinta merupakan tempat yang disediakan oleh pemerintah setempat untuk menggantungkan gembok dan mengunci cinta para pasangan yang datang mengunjungi tempat tersebut.

Banyak cerita yang beredar mengatakan bahwa melakukan kegiatan menggantungkan gembok cinta di Pantai Asmara dapat membuat cinta menjadi abadi. Dengan adanya cerita tersebut, tidak mengherankan jika banyak pasangan yang melakukan kegiatan tersebut dan berdoa agar cinta mereka abadi.

Selain dapat dipercaya dapat menjadikan cinta pasangan menjadi abadi, lokasi penggantungan gembok cinta tersebut menjadi spot menarik yang banyak diminati wisatawan untuk melakukan kegiatan berfoto.

Fasilitas yang Ada di Pantai Asmara

Fasilitas yang Ada di Pantai Asmara

Image Credit: Nativeindonesia.com

Objek wisata Pantai Asmara juga didukung oleh banyak fasilitas penunjang yang disediakan oleh pemerintah setempat demi meningkatkan kepuasan pengunjung dan menambah populer objek wisata Pantai Asmara. Jika pengunjung tiba di objek wisata Pantai Asmara, pengunjung akan langsung disajikan dengan fasilitas parkir kendaraan yang sangat luas dan aman menjaga kendaraan para pengunjung.

BACA JUGA:  Kampung Sasirangan, Pusat Kerajinan Batik Khas Kalimantan Selatan

Saat memasuki kawasan objek wisata Pantai Asmara, pengunjung juga akan disajikan dengan pemandangan tempat makan yang menyajikan beragam masakan Kalimantan Selatan sehingga akan sangat cocok bagi pengunjung yang ingin mengisi perut terlebih dahulu sebelum menikmati waktu santai di Pantai Asmara.

Selain itu juga, banyak fasilitas pendukung yang disediakan seperti tempat ibadah untuk pemeluk agama muslim, serta fasilitas berupa kamar mandi dan toilet yang banyak tersedia di kawasan objek wisata Pantai Asmara. Namun untuk menggunakan fasilitas kamar mandi dan toilet yang tersedia, pengunjung harus membayar untuk penggunaannya.

Seperti yang sudah disebutkan bahwa objek wisata Pantai Asmara merupakan objek wisata yang tergolong baru sehingga masih memiliki fasilitas umum yang minim. Namun pihak pemerintah setempat akan terus berupaya meningkatkan fasilitas yang ada guna memberikan kepuasan lebih kepada pengunjung Pantai Asmara. Fasilitas menarik lain yang dapat dinikmati dari Pantai Asmara adalah fasilitas penyewaan speed boat.

Pantai Asmara memiliki garis pantai yang luas dan deburan ombak yang tidak terlalu tinggi sehingga akan sangat cocok untuk melakukan aktivitas air berupa speed boat. Pengunjung dapat menyewa speed boat dengan harga Rp. 20.000 per orang dewasa untuk mengelilingi laut dengan kecepatan yang cukup tinggi.

Pantai Asmara juga dikenal oleh banyak pasangan sebagai tempat untuk menyimpan cinta mereka agar menjadi abadi. Pada Pantai Asmara, tersedia tempat menggantungkan gembok cinta yang dapat digunakan untuk menggantungkan dan menyimpan cinta pasangan yang ingin cintanya menjadi abadi. Dengan adanya tempat penggantungan gembok cinta tersebut, banyak stand atau tempat jualan yang menjual beragam gembok cinta kepada pengunjung.

Selain itu juga, tersedai banyak akomodasi penginapan bagi pengunjung yang terletak disekitaran pantai. Pengunjung tidak perlu mengkhawatirkan biaya menginap pada akomodasi penginapan yang tersedia disekitara Pantai Asmara karena harga yang disajikan terbilang cukup terjangkau. Bahkan tidak sedikit akomodasi penginapan yang disediakan untuk satu keluarga.

BACA JUGA:  10 Wisata Kuliner di Banjarmasin yang Wajib Anda Coba

Lokasi & Cara Menuju Pantai Asmara

Lokasi & Cara Menuju Pantai Asmara

Image Credit: Kumparan.com

Pantai Asmara berlokasi sekitar 45 km dari kota Pelaihari dan berjarak sekitar 5 km dari jalan Poron trans Kalimantan Banjarmasin-Tanah Grogot. Namun bagi pengunjung yang berangkat dari Kota Banjarmasin, harus menempuh jarak sekitar 115 km dengan kendaraan dan waktu tempuh sekitar 2 jam 35 menit jika jalanan sedang tidak macet atau padat kendaraan. Apabila jalanan sedang macet karean ada acara tertentu, maka waktu tempuh akan jauh lebih lama.

Akses jalan menuju Pantai Asmara sata ini sudah terbilang cukup mudah karena jalanan sudah diaspal dan perluas demi melancarkan arus lalu lintas yang datang dan pergi dari lokasi wisata Pantai Asmara. Untuk bisa mencapai objek wisata yang bersangkutan, pengunjung bisa menyusuri jalan di Kota Bnajarmasin menuju Pelaihari yang kemudian diteruskan menuju arah Jorong atau Batulicin dengan mengikuti jalan utama.

Setelah sampai di Jorong, pengunjung akan menemukan papan petunjuk yang bertuliskan “Pantai Asmara” pada kanan jalan. Setelah menemukan papan petunjuk tersebut, pengunjung bisa lurus saja melakuakn perjalanan sekitar 8 km dan akan tiba di lokasi wisata Pantai Asmara.

Saat sampai di lokasi wisata Pantai Asmara, para pengeunjung akan disambut dengan suara deburan ombak serta suara riang dari para wisatawan yang bergembira menikmati keindahan lokasi wisata Pantai Asmara. Selain itu juga, para pengunjung akan diarahkan menuju area parkir sesuai dengan kendaran yang digunakan dan akan diarahkan kemabli oleh warga setempat menuju pembelian tiket masuk di kawasan Pantai Asmara.