Kalimantan Barat

15 Oleh-Oleh Khas Pontianak yang Wajib Anda Bawa Pulang

Mencari tahu buah tangan khas Pontianak pasti tak sulit. Momen liburan ke Pontianak wajib membawa pulang buah tangan yang menjadi khas masyarakatnya. Kemudian, daftar oleh-oleh khas Pontianak juga cukup mudah didapatkan, jadi tak perlu butuh waktu lama untuk bisa mendapatkannya.

Jika bicara soal oleh-oleh di sebuah kota pastinya tersedia di beragam gerai makan ataupun gerai khusus penjualan oleh-oleh. Untuk itulah, sejumlah pelancong bisa memanfaatkan momen liburan di Pontianak sebagai cara tepat mendapat oleh-oleh lebih lengkap.

Masyarakat memiliki kearifan lokal dengan memproduksi hidangan terbaik hingga dijadikan buah tangan yang unik. Tidak heran bila wisatawan masih terus mengunjungi Pontianak sebagai satu tempat menarik untuk mencari oleh-oleh khas terbaik dan dapat memberi pengalaman wisata terbaik.

Namun, sebelum membeli buah tangan khas Pontianak, yuk kita cek seperti apa daftarnya pada ulasan berikut ini.

1. Pisang Srikaya

Pisang Srikaya

Image Credit: Polisitidur.com

Daftar pertama ada pisang srikaya dengan cita rasa khas camilan Kota Pontianak. Pisang goreng khas Pontianak ini memiliki tekstur tebal, kemudian pembuatannya cukup sederhana. Buah pisang dipotong kemudian digoreng menggunakan tepung. Jika sudah matang pisang diberi lumuran srikaya kupas yang sebelumnya dipisah antara kulit dan biji.

Tekstur lembut srikaya kemudian gurihnya gorengan pisang membuat lidah semakin dimanjakan. Kemudian untuk harganya mencapai Rp 5000 saja per buah. Ketersediaan pisang srikaya ini terbilang mudah dan Anda bisa menemukannya di gerai-gerai khusus oleh-oleh.

2. Bingke Berendam

Bingke Berendam

Image Credit: Kumparan.com

Menu sekaligus oleh-oleh dari Pontianak berupa bingke berendam telah dikenal sebagai oleh-oleh khas dan wajib dibeli. Varian kue bingka khas Pontianak dengan varian bingke biasa dan bingke berendam. Perbedaannya bisa kita lihat pada proses memasaknya.

Untuk bingke biasa dilakukan dengan cara di panggang, kemudian bingke berendam dimasak dengan metode kukus. Untuk itu, rasa manis dan lembut dari tekstur kue bingke ini justru bisa dicicipi sebagai satu bagian penting bagi traveller ketika liburan ke Pontianak. Harga kue bingke berendam ini hanya Rp 10.000-Rp 20.000 per kotak. Bahkan Anda bisa pilih menu rasa bingke mulai dari ubi, susu, original, dan keju.

3. Chai Kue

Chai Kue Tian Mei Li

Image Credit: Okezone.com

Masyarakat Pontianak memiliki menu buah tangan khas bernama Chai Kue. Kuliner khas masyarakat Tionghoa yang berada di Pontianak ini memiliki bentuk seperti dim sum. Terdapat tesktur kulit tipis berwarna putih dibuat dari sagu dan tepung beras.

Kemudian, dari ketersediaan hidangan chai kue ini mudah ditemukan di gerai-gerai khusus oleh-oleh. Untuk satu porsi chai kue berisi 10 buah, namun Anda bisa memesan lebih banyak sesuai selera. Ada rasa kue kukus, goreng, ataupun bakar. Jadi cara penyajian chai kue cukup beragam dengan cita rasa menarik.

BACA JUGA:  Danau Laet, Destinasi Wisata Terbaik di Kalimantan Barat

4. Snek Muruku

Snek Muruku

Image Credit: Shopee.co.id (Nellyselvia)

Pecinta kuliner wajib mencicipi sekaligus membeli oleh-oleh bernama Snek Muruku. Makanan ringan terbuat dari perisa ikan dengan tesktur seperti sereal ini layak jadi buah tangan utama.

Sedangkan untuk rasanya cukup identik dengan rasa gurih, dan sedikit manis dari bahan bubuk kacangnya. Ada rasa pedas, rumput laut, original, dan lainnya. Kemudian harga untuk satu Snek Muruku dibanderol dari Rp 10.000-Rp 15.000.

5. Keripik Pisang Segedong

Keripik Pisang Segedong

Image Credit: Okgisella96.blogspot.com

Masyarakat Pontianak juga memiliki hidangan kuliner sekaligus oleh-oleh bernama keripik pisang Segedong. Kawasan Segedong, Kabupaten Mempawah menjadi lokasi dimana Anda bisa menemukan hidangan oleh-oleh satu ini.

Bahkan untuk proses pembuatan makanan ringan ini terbilang mudah. Rasa manis terasa kental di dalam hidangan oleh-oleh satu ini. Sedangkan untuk harga satu porsi keripik segedong dibanderol mencapai Rp 15.000 untuk berat 200gram. Sedangkan harga Rp 35.000 untuk berat 500gram.

6. Cokelat Wijen

Cokelat Wijen

Image Credit: Olehpontianak.blogspot.com

Ketersediaan menu hidangan untuk oleh-oleh dalam wujud Cokelat Wijen kini makin diminati. Rasa manis yang bertahan cukup lama layak jadi pilihan tepat bagi setiap pelancong. Ketika berada di Pontianak pastikan mampir ke pusat oleh-oleh untuk memboyong produk cokelat wijen khas Pontianak.

Camilan cokelat wijen ini dibuat dari wijen renyah, kemudian dibalut cokelat cair, dan dibekukan. Rasanya sangat nikmati apalagi didampingi secangkir kopi panas. Untuk harga satu paket cikelat wijen cukup terjangkau yakni Rp 20.000 saja.

7. Cokelat Lidah Buaya

Cokelat Lidah Buaya

Image Credit: Isunveralidahbuaya.blogspot.com

Oleh-oleh khas lainnya ada Cokelat Lidah Buaya yang beri rasa gurih dan asin. Menemukan oleh-oleh satu ini terbilang mudah, karena memang ketersediaan produk camilan ini cukup banyak dan layak dijadikan buah tangan keluarga.

Rasa asin dan gurih sangat kental di Cokelat Lidah Buaya, kemudian teksturnya lebih pekat dan cocok untuk hidangan camilan keluarga. Membeli produk cokelat ini tidaklah sulit, sebab ada banyak toko oleh-oleh di Pontianak sudah menyediakan makanan ringan satu ini. Sedangkan untuk harganya berkisar Rp 15.000 sampai Rp 25.000 saja.

8. Mie Talas

Mie Talas

Image Credit: Bukalapak.com

Produk mie talas juga menjadi pilihan tepat bagi pelancong saat liburan di Pontianak. Menariknya makanan ringan khas Pontianak ini banyak digemari karena unsur renyahnya, bahkan ada pilihan rasa BBQ, keju, serta balado.

BACA JUGA:  10 Wisata Pantai di Pontianak Lagi Hits Dikunjungi

Mie talas sudah dikenal sebagai satu hidangan camilan keluarga di masyarakat Pontianak. Jadi tak heran bila untuk mendapatkan produk mie talas ini selalu lebih mudah dan harganya pun lebih terjangkau.

Meskipun mie talas ini tidak banyak dicari, tetapi bagi wisatawan luar kota Pontianak justru menginginkan produk ini karena murah, dan rasanya lebih menarik dibandingkan oleh-oleh lainnya.

9. Teh Lidah Buaya

Teh Lidah Buaya

Image Credit: Shopee.co.id (Hennie.heng)

Bukan hanya diproduksi sebagai camilan saja, akan tetapi lidah buaya juga bisa diolah menjadi minuman teh. Masyarakat Pontianak telah mengerti bagaimana mengolah teh lidah buaya menjadi komoditas menguntungkan.

Jadi tak heran bila pengolahan teh lidah buaya justru membuat komposisi minuman satu ini banyak digemari. Produk teh lidah buaya sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh mulai dari melancarkan pencernaan, meredakan batuk, dan menangkal radikal bebas. Harga satu kantong teh lidah buaya isi 12 buah mencapai Rp 27.000 saja.

10. Kopi Sepok

Kopi Sepok

Image Credit: Omiyago.com

Minuman kopi selalu dicari di setiap kota. Pontianak memiliki produk Kopi Sepok yang mana cita rasa kopi tercium kuat di produknya. Kopi khas Pontianak inji banyak dipilih sebagai buah tangan karena cita rasanya sangat kental. Kemudian dari brand Kopi Sepok juga dikenal sebagai produk lokal pecinta kopi di Pontianak.

Proses pengolahan biji Kopi Sepok terbilang modern, sehingga dari higenis dan juga manfaat rasanya sudah bisa dicicipi sejak pertama kali Anda mencicipinya. Untuk mendapat produk kopi khas Pontianak ini cukup mudah karena dijual di gerai-gerai makan ataupun di toko oleh-oleh.

11. Sirup Sengkit

Sirup Sengkit

Image Credit: Bukalapak.com (Hiltonhendry)

Banyak minuman khas dari Pontianak diproduksi dan dijual sebagai minuman oleh-oleh bagi pelancong. Datang ke Pontianak tak lengkap jika Anda tak mencicipi rasa sirup sengkit. Sedangkan dari pengolahan Sirup Lengkit ini terbilang mudah karena berbahan utama jeruk nipis. Prosedur pengolahan Sirup Sengkit juga menggunakan metode alami, sehingga dari rasa dan juga proses pengolahannya bisa terlihat lebih nikmat.

Produk Sirus Sengkit kini sudah tersedia di banyak gerai oleh-oleh. Sedangkan dari sisi harganya terbilang lebih murah, jadi tak heran bila pelancong memilih Sirus Sengkit sebagai satu produk oleh-oleh wajib dibeli.

12. Dodol Lidah Buaya

Dodol Lidah Buaya

Image Credit: Ubayorengkampoeng.blogspot.com

Masyarakat Pontianak sangat gemar mengolah bahan makanan dan minuman dari Lidah Buaya. Kini produk dodol lidah buaya sangat digemari karena memberi cita rasa baru dan menarik sebagai satu kuliner khas Pontianak. Tekstur dari dodol lidah buaya terbilang kenyal dan juga kental dengan rasa manisnya.

BACA JUGA:  Keindahan Taman Bunga Bukit Bougenville Singkawang, Kalimantan Barat

Masyarakat Pontianak mengenal Dodol Lidah Buaya sebagai satu jananan lokal yang sering dibeli wisatawan lokal sampai mancanegara. Bahkan harga jual dodol ini terbilang murah yakni sebesar Rp 25.000 untuk berat 250 gram. Keawetan dodol lidah buaya juga sangat baik yakni selama 2 minggu masih layak dikonsumsi.

13. Juhi Bakar

Juhi Bakar

Image Credit: Ngembunbikinlapar.blogspot.com

Pastinya Anda masih asing dengan daftar oleh-oleh khas satu ini. Juhi Bakar menjadi olahan hasil laut masyarakat Pontianak. Juhi bakar juga terbuat dari bahan alami berupa sotong. Proses pengolahan juhi bakar ini terbilang mudah, bahkan prosesnya dilakukan dengan metode penggilingan daging sampai halus. Kemudian dari pemberian bumbu dan proses mematangkannya dilakukan dengan cara di bakar pada tungku berapi.

Rasa juhi bakar ini sangat cocok untuk jadi hidangan utama sebuah pesta. Namun, saat ini makanan juhi bakar dikenal sebagai oleh-oleh. Jadi untuk proses pengolahannya berbeda jika digunakan untuk buah tangan. Sedangkan dari ketahanan menu makanan ini bisa awet sampai 14 hari. Tak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk membeli juhi bakar karena dari harganya sendiri mencapai Rp 30.000 untuk berat 100gram.

14. Lempok Durian

Lempok Durian

Image Credit: Cumibunting.com

Jika buah durian sudah sering Anda dengar, namun bagaimana dengan lempok durian? Berkunjung ke Pontianak tak berkesan bila Anda melewatkan beli oleh-oleh lempok durian. Jajanan lokal satu ini bentuknya seperti dodol, akan tetapi terdapat perbedaan yang mana lempok durian tak menggunakan tepung akan tetapi dibuat dari durian asli yang diolah menggunakan gula aren.

Makanan manis satu ini bisa dijadikan pilihan alternatif untuk kamu yang sulit membawa durian ke pesawat ataupun transportasi lainnya. Sedangkan harga lempok durian tidak cukup mahal, jadi sangat cocok untuk dibawa pulang sebagai buah tangan saudara, ataupun teman.

15. Pernak-Pernik Etnik Dayak

Pernak-Pernik Etnik Dayak

Image Credit: Tokopedia.com

Tidak hanya fokus pada makanan dan minuman saja. Akan tetapi Anda bisa cek dari ketersediaan pernak-pernik Suku Dayak. Ketersediaan pernak-pernik khas adat Dayak terbilang unik. Ada bentuk aksesoris anting-anting dan hiasan dinding bisa dijadikan buah tangan bagi saudara di rumah.

Beberapa bentuk hasil kerajinan Suku Dayak berupa kalung etnik, gelang, sampai dompet pun bisa Anda beli dengan harga terjangkau. Tidak hanya bentuknya unik, akan tetapi fungsinya juga beragam untuk memberi manfaat untuk penggunanya.

Jadi ada banyak daftar oleh-oleh khas Pontianak dapat Anda beli untuk dibawa pulang. Harga dan kualitas produk buah tangan Pontianak layak diacungi jempol, jadi bukan hanya produk makanan dan minuman saja, akan tetapi pada produk hasil budaya Suku Dayak juga layak dijadikan pilihan untuk buah tangan saudara. Tak lupa bagi pelancong luar pulau sebaiknya catat daftar oleh-oleh ketika berkunjung ke Pontianak, karena jumlahnya variatif dengan harga dari paling murah sampai termahal pun tersedia.