Kalimantan Selatan

15 Oleh-Oleh Khas Banjarmasin yang Wajib Anda Bawa Pulang

Mencari keunikan baik tempat wisata ataupun oleh-oleh khas Banjarmasin, Kalimantan Selatan tidaklah sulit. Kemudahan akses mendapat oleh-oleh di kota ini kini semakin banyak dimanfaatkan pelancong. Tak sedikit traveller menginginkan standar buah tangan terbaik meskipun untuk mencari produknya butuh waktu.

Liburan ataupun sekedar mengunjungi Banjarmasin tidak lengkap rasanya ketika Anda tak mengetahui produk oleh-oleh terbaik dan terpopuler. Masyarakat Banjarmasin sudah memproduksi banyak olahan makanan yang dikenal sebagai pilihan kuliner para pelancong, yang pastinya memiliki citra rasa makanan terbaik ataupun dari segi produk kerajinan tangannya pun lebih menarik.

Jika Anda ingin mencari oleh-oleh khas dari Kota Banjarmasin, cobalah datang ke beberapa gerai khusus oleh-oleh. Jadi tak menutup kemungkinan ada segudang produk buah tangan khas yang bisa dibeli dengan harga lebih murah.

Nah, kali ini akan kita ulas daftar buah tangan populer yang banyak dipilih dan dibeli traveller saat liburan di Banjarmasin.

1. Dodol Kandangan

Dodol Kandangan

Image Credit: Indonesiakaya.com

Produk olahan makanan berupa dodol bukan hanya dikenal di daerah Garut, Jawa Barat saja. Akan tetapi di Banjarmasin sudah tersedia produk buah tangan berupa dodol kandangan. Meskipun rasanya tidak jauh berbeda, tetapi cita rasa di versi buah tangan Banjarmasin lebih khas baik dari kadar gula ataupun tepung ketan dan bahan lainnya.

Harga dodol kandangan cukup murah yakni 9000 saja per buah. Kemudian ada aneka rasa dodol kandangan mulai rasa wijen, kelapa muda, dan wajik. Satu pilihan favorit dari rasa dodol kandangan ini adalah rasa beras ketan yang mana tekstur dodol dan rasanya terbilang kuat.

2. Amplang Ikan

Amplang Ikan

Image Credit: Ayojajanoleholeh.blogspot.com

Berikutnya ada amplang ikan yang mana menjadi salah satu olahan makanan dari Banjarmasin. Bahan ikan pipih diolah hingga memberi cita rasa kuliner lebih gurih. Kemudian dari jenis ikan tengiri paling banyak digunakan, sehingga rasa ampang ikan ini jauh lebih menarik dan cocok dijadikan menu camilan.

Amplang ikan ini banyak tersedia di pusat oleh-oleh kota Banjarmasin. Kemudian dari keawetannya sendiri bisa mencapai durasi 2 mingguan. Jadi harga terjangkau kemudian untuk membawanya lebih mudah meskipun dalam jumlah banyak.

3. Rabuk Ikan

Rabuk Ikan

Image Credit: Genpi.co

Olahan makanan dari ikan ternyata cukup banyak dijual di toko buah tangan Banjarmasin. Kemudian rabuk ikan menjadi pilihan tepat untuk oleh-oleh semua pelancong sebab dari rasanya terbilang menarik. Rabuk ikan ini memang populer di masyarakat Banjarmasin, kemudian untuk mendapatkan bahan baku rabuk ikan hanya bisa ditemukan di aliran sungai Barito.

Ikan haruan menjadi ikan yang cukup beracun, namun berkat pengolahan makanan terbaik bisa dipastikan rabuk ikan tidak beracun sama sekali. Bahkan rabuk ikan menjadi pilihan buah tangan paling banyak dibeli dan menjadi kuliner khas Banjarmasin wajib dibeli traveller.

BACA JUGA:  Pantai Gedambaan, Pantai Cantik Nan Eksotis di Kotabaru

4. Ikan Seluang Goreng

Ikan Seluang Goreng

Image Credit: Gotravelly.com

Sampai detik ini ada banyak jenis kuliner menarik yang kemudian bisa dihadirkan sebagai modal utama mengembangkan kuliner bernama ikan seluang goreng. Hingga sekarang menu hidnagan seluang goreng banyak dicari dan tersedia dengan ukuran 2-4 inchi.

Ikan seluang ini diolah dengan cara digoreng sampai kering, sehingga dari tekstur renyah dan rasa gurihnya sudah bisa terasa. Kelezatan menu ikan seluang goreng saat ini terus dikembangkan dan dikemas menggunakan plastik terbaik. Jadi proses pengemasan kedap udara akan menambah durasi penyimpanan ikan seluang goreng hingga bisa dibawa pulang.

5. Kue Rangai

Kue Rangai

Image Credit: Tribunnewswiki.com

Bila Anda ingin mendapat buah tangan berbentuk kue, cobalah cicipi kue rangai yang sudah dikenal sebagai hidangan wajib masyarakat Banjarmasin. Menariknya kue ini sering dijumpai pada saat momen lebaran. Tak heran kue dengan cita rasa gurih dan tekstur lembut tersebut bisa diandalkan untuk hidangan oleh-oleh khas yang wajib Anda beli.

Rasa manis dan gurih di kue rangai membuat ketagihan, tak heran bila tekstur kering di luar kemudian lumer di bagian dalam kue menjadikannya pilihan tepat untuk menjadi oleh-oleh bagi traveller. Tidak hanya rasa manis saja, namun dari rempah-rempah yang ada di kue rangai terbilang cukup kuat terasa.

6. Miniatur Rumah Adat

Miniatur Rumah Adat

Image Credit: Wisato.id

Tidak hanya berbentuk olahan makanan dan minuman saja, Banjarmasin juga dikenal memiliki produk kesenian dan kerajinan berbentuk miniatur rumah adat. Jadi Anda bisa membeli beragam bentuk rumah adat yang dibuat dalam ukuran mini. Meskipun proses pembuatannya tidak mudah, tetapi buah tangan satu ini banyak diminati pelancong sebab bentuknya bervariasi dan cocok untuk hiasan di rumah.

Anda bisa pilih beragam ukuran minimatur rumah adat sesuai dengan minat ataupun ketersediaan dana. Semakin besar ukuran rumah adat yang dipilih maka harganya pun semakin tinggi.

7. Ikan Sepat Kering

Ikan Sepat Kering

Image Credit: Shopee.co.id (Aprecza)

Menjadi pilihan menarik saat Anda berkunjung ke Banjarmasin dengan membeli produk buah tangan berupa ikan sepat kering. Olahan camilan berbahan ikan sepat tersebut banyak digemari sebab harganya terjangkau, kemudian rasanya juga gurih dan bertekstur lembut.

Olahan ikan sepat kering ini banyak dijumpai di toko oleh-oleh yang ada di kota Banjarmasin. Kemudian dari kemasannya juga diproses kedap udara, jadi sangat cocok dibawa pulang sebab durasi penyimpanan bisa lebih dari 2 minggu.

BACA JUGA:  4 Pakaian Adat Khas Kalimantan Selatan

8. Keropok Haji Acan

Keropok Haji Acan

Image Credit: Shopee.co.id (Site123)

Dari namanya saja terbilang unik, namun makanan satu ini populer sebagai camilan lezat. Bentuknya seperti kerupuk, kemudian ada aroma terasi dan rasanya pun gurih. Ada rasa udang dan beberapa pilihan lainnya untuk memenuhi kebutuhan pelancong dalam mencari produk buah tangan terbaik.

Anda bisa mengunjungi gerai buah tangan di sekitar Kota Banjarmasin. Kemudian dari proses pengolahannya pun terbilang menarik sebab kemasannya sendiri terlihat unik dan layak jadi pilihan camilan yang wajib Anda bawa pulang.

9. Kaos

Kaos

Image Credit: Banjarmasin.tribunnews.com

Produk buah tangan dari Banjarmasin juga mencakup kaos dengan beragam motif ataupun desain. Kualitas kaos dan desain khas Banjarmasin terbilang unik sebab ada banyak pola berbeda yang tidak pernah Anda temukan. Harga kaos yang dijual sebagai buah tangan juga tidak cukup mahal, sehingga dengan harga 65 ribu Rupiah saja sudah bisa membawa pulang kaos satu ini.

Anda bisa beli kaos khas Banjarmasin ini dalam jumlah besar, kemudian untuk membawanya juga cukup dengan mengemasnya sesuai prosedur ataupun cukup meminta pihak toko oleh-oleh untuk membuat kemasan terbaik.

10. Batu Permata

Batu Permata

Image Credit: Indonesiakaya.com

Kemungkinan besar traveller masih tertarik dengan produk kerajinan berupa batu permata khas Kalimantan Selatan ataupun Banjarmasin. Menariknya lagi, perhiasan batu permata ini banyak dikenal memiliki warna-warna berbeda. Ditambah lagi proses pembuatannya terbilang unik.

Ada bahan dasar pembuat perhiasan baik itu emas dan perak, kemudian dari harga batu permata yang dijual relatif murah yakni 100 ribuan hingga di atasnya. Jenis batu yang disajikan untuk dibeli setiap pengunjung juga bervariasi, jadi Anda cukup mudah membeli batu permata dengna harga terjangkau sebagai buah tangan.

11. Mandau

Image Credit: Tokomandauborneo.wordpress.com

Ingin mendapat oleh-oleh khas di Kota Seribu Sungai ini tak salah bila Anda pilih mandau sebagai bentuk kerajinan Suku Dayak. Senjata mandau ini sudah dibuat sejak zaman dahulu, bahkan ada perkembangan desain mandau yang membuatnya lebih menarik. Rata-rata pelancong menyukai ornamen ukiran di sarung mandau yang memberi manik-manik ataupun beberapa hiasan unik untuk dibawa pulang.

Mandau saat ini digunakan sebagai pajangan rumah hingga koleksi, tak jarang pelancong dari luar pulau mengincar bentuk sarung mandau paling menarik dan unik, kemudian ada beberapa bentuk aksesoris mandau yang terlihat pada baju adat Dayak.

12. Sandal

Image Credit: Rumahdijual.com

Meskipun terlihat sederhana dan banyak ditemukan di Kota Banjarmasin, ternyata sandal menjadi produk buah tangan paling banyak dipilih. Anda bisa membeli beragam desain sandal dengan banyak warna dan harga. Motif serta karakter setiap sandal yang dijual di toko oleh-oleh sekarang sudah semakin unik, jadi sangat cocok untuk jadi buah tangan khas Banjarmasin.

BACA JUGA:  Danau Seran, Destinasi Liburan Favorit di Banjarbaru

Bentuk sandal yang dijual sebagai buah tangan khas Banjarmasin ini bentuknya seperti anyaman dari rotan. Kemudian ada tuisan serta gambar unik untuk mempercantik tampilan sandal. Tidak hanya itu saja, karena dari harga sandal pun cukup murah, sehingga sangat mudah dan terjangkauuntuk jadi buah tangan keluarga di rumah.

13. Kopiah Jangang

Image Credit: Bukalapak.com

Produk fashion berbentuk kopiah juga bisa didapatkan di Banjarmasin. Kopiah biasa digunakan untuk beragam acara tradisi. Kemudian bahan pembuat kopiah ini dibuat dari akar pohon janggang yang jumlahnya cukup banyak di Banjarmasin.

Uniknya lagi, pembuatan kopiah juga tanpa bantuan mesin sama sekali. Jadi semua produk kopiah yang dijual di Banjarmasin dibuat secara manual, sehingga dari hasilnya sangat diminati dan banyak dijadikan satu modal penting untuk mendapatkan harga relatif terjangkau. Untuk harga satu kopiah berkisar antara 30 ribu sampai 40 ribu saja. Jadi sangat cocok bila Anda membeli kopiah jangang sebagai buah tangan.

14. Batik Sasirangan

Image Credit: Wisatabanjarmasin.com

Produk fashion lain bernama Batik Sasirangan juga dikenal sebagai oleh-oleh khas. Menariknya lagi, batik sasirangan ini dikenal sebagai warisan budaya Indonesia. Kemudian untuk proses pembuatannya pun menggunakan motif gambar tumbuhan. Hal tersebut yang menjadikan batik sasirangan ini berbeda dari bentuk batik lainnya.

Anda bisa melihat serta mengikuti proses pembuatan batik sasirangan ini. Pembuatan motif batik satu ini dilakukan dengan lukis diagonal, horisontal ataupun vertikal. Kemudian terdapat jenis batik tulis, batik cap hingga batik cetak. Jadi keistimewaan dari batik khas Banjarmasin ini sudah bisa Anda beli dalam wujud kemeja ataupun kain batiknya.

15. Wadai Rangai

Image Credit: Pesonanusantara.co.id

Salah satu hidangan khas Banjarmasin bernama Wadai Rangai telah diminati oleh pelancong. Beragam kue dengan bahan dasar sagu khas Banjarmasin memiliki cita rasa manis yang cukup kental. Sedangkan dari kemasan Wadai Rangai ini juga sangat rapih, sehingga cocok menjadi oleh-oleh Banjarmasin lebih praktis dan harganya terjangkau.

Sedangkan dari rasa manis khas Wadai Rangai juga dirasakan lebih menarik dengan pengolahan makanan yang sangat tepat. Jadi sekarang ini kue berbahan dasar sagu tersebut terasa sangat manis dan menjadi ciri khas oleh-oleh khas Banjarmasin sampai sekarang.

Setiap produk buah tangan Banjarmasin banyak diminati traveller. Tidak hanya dari produk makanan dan minuman saja. Akan tetapi dari produk kerajinan tangan khas Banjarmasin juga terus dikembangkan dengan mencermati semua jenisnya. Jadi sekarang Anda lebih mudah mendapat buah tangan khas Banjarmasin karena dari sisi daftar buah tangan yang terkenal sekarang ini semakin bertambah.