Kalimantan Utara

Museum Rumah Bundar, Museum Kaya Koleksi Bersejarah di Tarakan

Berjalanjalan ke kota Tarakan yang terkenal dengan sebutan BAIS (Bersih, Aman, Indah, dan Sejahtera) jangan lupa berkunjung ke Museum Rumah Bundar. Museum yang menyimpan ragam budaya dengan nilai sejarah yang tinggi.

Lokasi: Pamusian, Kec. Tarakan Tengah, Kota Tarakan.
Map: Cek Lokasi

Museum Rumah Bundar merupakan objek wisata bersejarah yang ada di Kota Tarakan. Menyimpan berbagai koleksi lampau yang kaya akan nilai sejarah, membuat objek wisata ini dijadikan tempat edukasi sejarah bagi setiap orang yang mengunjunginya. Para wisatawan akan disuguhkan benda koleksi masa lampau seperti senjata, peluru, pedang Samurai, baling baling pesawat tempur, sepatu para penjajah, dan helm tentara sekutu. Berikut ulasan lengkapnya!

Daya Tarik yang Ditawarkan Museum Rumah Bundar

Daya Tarik yang Ditawarkan Museum Rumah Bundar

Image Credit: 10travlr.com.au

Sebagai salah satu objek wisata yang menyuguhkan peninggalan warisan benda dan budaya, museum memiliki peran yang sama seperti wisata  budaya lainnya, yakni memberikan informasi atau pelayanan kepada pengunjung mengenai fungsi dan makna suatu hal yang berhubungan dengan sejarah. Tak hanya menyimpan senjata bersejarah, objek wisata sejarah ini sering juga disebut dengan museum keanekaragaman flora dan fauna.

Wisata sejarah yang satu ini menyajikan beberapa keanekaragaman hayati dan hewani. Memasuki ruang museum, Anda akan disambut dengan beberapa patung bekantan terbuat dari kayu gaharu yang merupakan salah satu kekayaan hayati khas Kalimantan. Di belakangnya, Anda akan menjumpai beberapa potret reptil hutan khas Borneo seperti biawak air, kadal, katak pohon bergaris, luwing, katak Sabah Borneo, katak Bangkong sungai, dan lain sebagainya.

Sebagai salah satu kota yang menjadi saksi kejadian peperangan, tidak mengherankan apabila banyak jejak sejarah yang tertinggal di kota ini. Museum Rumah Bundar menyimpan percikan kronologis sejarah peperangan PD II. Wisatawan yang melakukan kunjungan ke wisata sejarah ini, dapat melihat beberapa peninggalan benda bersejarah tinggalan Belanda dan Jepang. Benda benda tersebut masih terawat dengan  baik dan tidak banyak kerusakan

Bila Anda memasuki ruang museum di sebelah kanan, Anda juga akan disuguhkan beberapa potret aneka macam serangga dan burung khas Pulau Tarakan seperti, burung Merbah, brung Madu Pengantin, burung Enggang, burung Layang Layang Batu, burung Mungkuk Beleud, burung Tepus Merbah, dan burung Elang Bondol. Beberapa jenis burung khas Tarakan, Kalimantan tersebut bisa jadi tidak Anda temukan di beberapa daerah lain.

BACA JUGA:  Taman Oval Ladang, Sarana Rekreasi & Hiburan Warga Tarakan

Di bagian ruangan ini, Anda juga akan menyaksikan beberapa koleksi potongan kayu khas Kota Trakan. Beberapa kayu ini memiliki struktur yang hampir mirip satu sama lain, namun jika diamati lebih dekat, kayu kayu tersebut memiliki morfologi yang berbeda. Berbagai jenis kayu yang akan Anda saksikan seperti, Kayu Meranti Kuning, Kayu Meranti Merah, Sepetir, Agathis, Mempisang, Bangkirai, Semangkok, Meranti Putih, Jelutung, Kempas, dan lain sebagainya.

Di sisi ruangan yang lain, wisatawan juga bisa melihat benda benda sejarah antara lain sisa persenjataan dan sisa perlengkapan tentara sekutu dan Jepang. Di sana, Anda juga bisa melihat beberapa potret terjadinya Perang Dunia Ke II di wilayah Tarakan. Kota ini menjadi daerah yang menjadi saksi momen bersejarah. Hal ini dikarenakan, Kota Tarakan  merupakan tempat pertama persinggahan tentara Jepang pada tahun 1947.

Aktivitas yang Dapat Dilakukan di Museum Rumah Bundar

Aktivitas yang Dapat Dilakukan di Museum Rumah Bundar

Image Credit: Bebaskutu.com

Museum merupakan tempat penyimpanan barang bernilai sejarah tinggi. Dengan mengunjungi museum, Anda bisa menemukan banyak informasi dan pengetahuan yang mungkin belum Anda ketahui selama ini. Tak bisa dipungkiri, mengunjungi museum Rumah Bundar akan menambah wawasan lebih mengenai sejarah, kronologis, seni, militer, biografi, biologi, dan lain sebagainya. Bahkan, Anda bisa memotret benda sejarah untuk dijadikan koleksi.

Bagi Anda yang memiliki hobi jalan jalan dan suka menulis, tentunya informasi yang didapat melalui museum bisa memperkaya tulisan berdasarkan data dan fakta yang ada. Sehingga tulisan Anda akan lebih berbobot dan memiliki ciri khas yang berbeda dari penulis pada umumnya. Sering kali seseorang menemukan informasi hanya dalam bentuk teks saja, tapi dengan mengunjungi museum seperti Rumah Bundar, Anda akan mendapat referensi visual.

Di tempat ini para pengunjung juga dapat melihat peninggalan dari kesultanan Bulungan seperti tempat tidurnya, foto fotonya, duplikat baju kebesaran yang dulu dipakai sultan serta barang barang antik seperti mobil kotak, uang uang zaman dulu, telepon jaman dulu. Bahkan, telepon tersebut memiliki sistem yang masih bisa diputar dan digunakan. Tak hanya itu, terdapat koleksi keramik yang sudah berusia hingga 400 sampai 600 tahun lamanya

Museum Rumah Bundar juga menawarkan arsitektur bangunan yang akan membuat foto Anda terlihat lebih indah. Meski sebagian orang menganggap bahwa museum terkesan kuno, nyatanya museum ini memiliki banyak spot foto unik dan klasik yang tak kalah bagus dengan gambar lansekap / panorama. Justru, Anda bisa memanfaatkan arsitektur kuno dari bangunan yang berbentuk bundar ini untuk mendapatkan hasil foto yang unik serta menarik.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Malinau Terbaru & Terhits Dikunjungi

Benda benda bersejarah yang berada di Museum Rumah Bundar ditata dan disimpan dengan apik dan rapih.  Struktur dan penataan yang tepat di dalam tempat objek wisata sejarah ini sudah berhasil memikat minat masyarakat khususnya masyarakat Tarakan untuk datang berkunjung dan mempelajari sekaligus mengenal lebih dekat tentang masa masa perang dunia ke II.

Destinasi wisata sejarah ini tidak hanya diperuntukkan bagi keluarga saja, namun juga sangat cocok sebagai wisata yang dapat memuat banyak orang. Bahkan, beberapa pengelola wisata sejarah ini mengatakan bahwa sebagian besar pengunjung Museum Rumah Bundar berupa rombongan. Mereka datang dari berbagai wilayah luar pulau, bahkan luar negeri. Tujuannya tak lain untuk mengetahui benda bersejarah peninggalan Perang Dunia ke II.

Fasilitas yang Tersedia di Museum Rumah Bundar

Fasilitas yang Tersedia di Museum Rumah Bundar

Image Credit: Matakota.id

Biasanya, setiap destinasi wisata memiliki fasilitas yang dapat menunjang kenyamanan dan kebutuhan pengunjung. Begitu pula dengan Museum ini. Objek wisata ini memiliki beberapa kompleks gedung yang diantaranya sudah mengalami perbaikan dan hanya meninggalkan satu gedung dengan tampilan atap melingkar. Termasuk area yang luas, objek wisata bersejarah ini memiliki lahan parkir yang luas untuk berbagai kendaraan.

Teruntuk Anda yang singgah ke wisata ini dengan menggunakan mobil, Anda bisa membawa kendaraan tersebut ke area parkir luas yang sudah disediakan. Bahkan apabila Anda mengunjungi tempat ini bersama dengan rombongan yang membawa bis besar sekalipun, area parkir museum ini akan memuatnya dengan baik. Tak hanya lahan parkir yang luas, objek wisata ini juga dilengkapi fasilitas seperti toilet, taman, ruang penjualan tiket, dan lain lain.

Bangunan ini merupakan suatu rumah dengan ukuran sekitar 6×12 meter dan atap yang berbentuk setengah lingkaran atau melengkung. Tepat di sebelah museum ini terdapat kantor DPRD kota Tarakan, klenteng, masjid dan lain-lain. Bagi Anda yang ingin melaksanakan ibadah, bisa mengunjungi tempat ibadah yang ada di samping bangunan Rumah Bundar ini.

Museum Rumah Bundar memiliki kelengkapan fasilitas serta koleksi benda berharga yang dapat Anda nikmati. Sebelum perbaikan, struktur bangunan museum ini lebih kecil dan agak lapuk. Setelah adanya perbaikan, ruangan dan desainnya semakin menarik. Bahkan, terdapat kompleks gedung yang memiliki fungsinya tersendiri. Di antaranya adalah menyimpan koleksi fauna dan flora. Anda bisa menikmati menjelajah masa lampau dengan nyaman.

BACA JUGA:  Wana Wisata Persemaian, Berwisata Sembari Belajar Tanaman Lokal Kalimantan

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Museum Rumah Bundar

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Museum Rumah Bundar

Image Credit: Ksmtour.com

Bagi Anda yang ingin mengunjungi Museum Rumah Bundar ini, perjalanan bisa ditempuh dengan jalur transportasi darat, laut, dan udara sesuai dengan asal keberangkatan. Objek wisata ini berlokasi di Kampung Beru Jl. Danau Jempang, Pamusian, Tarakan Tengah, Kalimantan Timur. Lokasi tersebut dapat Anda tempuh sekitar 15 menit dari arah Bandara Juwata Tarakan. Letak dan alamat objek wisata bersejarah ini dapat Anda temukan dengan mudah.

Lokasi yang berada di tengah kota, membuat calon pengunjung Museum Rumah Bundar ini tidak kerepotan dan tidak harus berjalan jauh. Setelah sampai di Kota Tarakan Tengah, Anda hanya perlu melakukan perjalanan menuju Kabupaten Pamusian. Di sana, Anda akan menemukan rute perjalanan yang menunjukkan arah menuju Museum Rumah Bundar. Rute atau tanda tersebut bisa Anda temukan di beberapa sudut jalan.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional Museum Rumah Bundar

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional Museum Rumah Bundar

Image Credit: Facebook.com @mala.muflih

Bagi Anda yang menginginkan untuk mengunjungi objek wisata sejarah ini, Anda hanya perlu merogoh kocek dengan kisaran harga sekitar 2 hingga 8 ribuan saja. Biasanya beberapa objek wisata bersejarah mematok tiket masuk yang lumayan mahal, namun semua tergantung dari koleksi barang yang ditampilkan. Museum Rumah Bundar ini memiliki harga tiket masuk yang ekonomis karena letaknya yang ada di wilayah pedesaan.

Wisata sejarah yang berada di Kalimantan Utara ini memiliki jam buka yang sama setiap harinya, yakni pukul 08.00 hingga 16.00. Terhitung sekitar 8 jam, Anda bisa mendapatkan informasi sejarah secara lengkap. Tak hanya itu, dengan waktu 8 jam Anda juga akan menikmati penjelajahan mengarungi waktu di masa lampau. Mengisi waktu liburan dengan mengunjungi Museum Rumah Bundar akan terasa sangat berfaedah.

Wisata bersejarah merupakan salah satu destinasi wisata yang umumnya mendapat minat yang rendah dari maysarakat. Namun, dengan mengunjungi museum yang terletak di Kota Tarakan Tengah ini, Anda akan mendapat kesan yang berbeda. Struktur bangunan yang dibuat menarik sangat cocok untuk Anda yang gemar memotret momen. Keunikan lainnya, pengunjung tidak perlu menempuh jarak dan perjalanan yang jauh untuk bisa mengunjungi Rumah Bundar ini.