Kalimantan Utara

Rekreasi Sambil Belajar di Museum Flora & Fauna Tarakan

Berkunjung ke Museum Flora dan Fauna di Tarakan menjadi pilihan berlibur terbaik untuk menambah pengetahuan. Museum ini salah satu objek wisata favorit bagi warga Tarakan.

Lokasi: Pamusian, Kec. Tarakan Tengah, Kota Tarakan.
Map: Cek Lokasi

Kota Tarakan merupakan satu satunya kota yang ada di Provinsi Kalimantan Utara, dan menjadi kota terkaya ke 17 yang ada di Indonesia. Wilayah ini merupakan tempat dari bertemunya 3 arus muara sungai, dan dikelilingi oleh laut sehingga mengakibatkan banyaknya flora dan fauna yang berkembang di bumi paguntaka tersebut. Oleh karena itu, tak heran bila tempat ini memiliki objek wisata yang bernama Museum Flora & Fauna yang diresmikan 2017 silam.

Sekilas Tentang Museum Flora dan Fauna

Sekilas Tentang Museum Flora dan Fauna

Image Credit: Kemdikbud.go.id

Selain terkenal dengan nama Museum Flora dan Fauna, objek wisata ini juga populer dengan nama roemah boendar. Karena sebelum menjadi museum, dahulu bangunan berbentuk bundar ini merupakan sebuah rumah. Dimana rumah tersebut difungsikan sebagai tempat tinggal dari pegawai sipil Belanda yang ada di Tarakan. Keberadaan pegawai sipil tersebut, terkait dengan kedudukan pusat pemerintahan asisten residen yang ada di Tarakan tahun 1935.

Kemudian pada tahun 1945, tentara sekutu menjadikan roemah boendar sebagai tempat pemulihan lingkungan di Tarakan yang rusak akibat perang. Kemudian sekitar tahun 2003, pemerintah kota Tarakan membebaskan bangunan yang terletak di kawasan Danau Jempang ini, untuk dilestarikan sebagai bangunan cagar budaya. Lalu roemah boendar tersebut difungsikan sebagai tempat perawatan warisan budaya, serta layanan informasi sejarah Tarakan.

Selanjutnya pada tahun 2017 lalu bangunan berbentuk bundari ini resmi menjadi Museum Flora & Fauna, dimana di dalamnya menyimpan berbagai koleksi tumbuhan endemik Tarakan dan koleksi binatang. Pemerintah setempat menjadikan museum ini sebagai sarana edukasi untuk warga kota serta para wisatawan yang melancong ke Kota Tarakan. Dan kini museum tersebut menjadi salah satu objek wisata yang selalu ramai dipadati pengunjung.

Hal yang Bisa Anda Temukan di Museum Flora & Fauna

Hal yang Bisa Anda Temukan di Museum Flora & Fauna

Image Credit: Pesonatimur.com

Museum Flora dan Fauna Tarakan ini menyuguhkan beragam koleksi tentang tumbuhan dan hewan yang menghuni Tarakan dan sekitarnya, dengan jumlah mencapai kurang lebih 200 koleksi. Koleksi tersebut dikemas dalam bentuk potongan kayu, foto atau gambar, dan binatang yang diawetkan. Semua koleksinya tersebar ke dalam 5 ruangan dan 1 ruangan terbuka yang ada di halaman belakang museum.

BACA JUGA:  2 Pakaian Adat Khas Kalimantan Utara

Saat memasuki ruangan utama museum, Anda akan disuguhkan sebuah pemandangan potongan pohon Gaharu dengan ukuran sekitar 2 meter. Banyak pengunjung yang menatap heran ke arah pohon satu ini, pasalnya setelah disusut pohon Gaharu memiliki harga yang cukup fantastis bahkan mencapai miliaran rupiah. Selain potongan kayu tersebut, Anda juga bisa menemukan beberapa gambar flora dan fauna dipajang di ruangan ini serta sejarah dari roemah boendar.

Memasuki ruangan kedua yang terletak di sebelah kanan ruang utama, terdapat pameran beragam koleksi foto hewan yang ada di Tarakan. Beragam jenis kadal, burung, hingga gambar serangga bisa Anda temukan dipajang di ruangan satu ini. Kemudian beralih ke ruang selanjutnya, Anda bisa menemukan pameran dari flora endemik Tarakan. Anda bisa menjumpai potongan kayu berdiameter sekitar 20 cm, serta sampel daun yang diawetkan dengan alkohol.

Jika Anda menyaksikan ruangan ini, Anda bisa melihat bahwa konsep museum tersebut hampir mirip dengan Museum Kayu yang ada di Tenggarong. Keluar dari ruangan tersebut, selanjutnya Anda akan memasuki ruangan yang terdapat hasil olahan rotan serta potongan kecil olahan kayu yang sudah jadi. Sedangkan ruangan kelima berisi beberapa hewan dan tulang yang telah diawetkan.

Anda bisa menjumpai tengkorak beruang madu, tanduk, telur hewan, kepiting, ikan pepija, dan lobster bambu. Beberapa keterangan juga sudah tercantum pada masing masing objek untuk menambah wawasan Anda. Selain berbagai koleksi di setiap ruangan, di sepanjang dinding museum ini juga dipajang berbagai gambar flora dan fauna yang membuat suasana semakin meriah. Anda bisa menambah banyak pengetahuan dengan membaca keterangan yang ada.

Jika Anda keluar dan beristirahat di halaman belakang, terdapat juga beberapa koleksi museum yang diletakkan di ruang terbuka. Di antaranya yaitu beberapa akuarium yang diisi oleh berbagai macam ikan, termasuk ikan lele albino. Ada juga tanaman hias yang sering Anda temukan di pekarangan rumah. Area ini sangat sejuk dan asri karena banyaknya tanaman hias yang diletakkan di sekelilingnya.

Rute Menuju Lokasi Museum Flora dan Fauna Tarakan

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Museum Rumah Bundar

Image Credit: Ksmtour.com

Museum Flora dan Fauna yang berlokasi di kawasan Danau Jempang ini berada tepat di sisi kanan kantor DPR, bukan hal yang sulit untuk menemukannya. Daerah ini tidak jauh dari Bandar Udara Internasional Juwata yaitu sekitar 4,5 km, dan hanya membutuhkan waktu tempuh sekitar 11 menit saat lalu lintas normal untuk sampai ke lokasi. Sedangkan jika Anda berkendara dari pusat kota, maka akan membutuhkan waktu kurang lebih 21 menit di perjalanan.

BACA JUGA:  Pantai Amal, Destinasi Wisata Terbaik di Tarakan

Anda tidak perlu khawatir saat menuju ke lokasi Museum Flora dan Fauna Tarakan, karena jalan yang akan Anda lewati sudah cukup bagus dan mulus. Terlebih jalan tersebut juga cukup lebar dan bisa dilalui oleh berbagai macam kendaraan. Anda bisa berkunjung menggunakan kendaraan roda dua maupun kendaraan roda dua, atau bus bagi Anda yang berlibur dengan rombongan, bisa juga dengan kendaraan umum jika Anda adalah seorang backpacker.

Harga Tiket dan Jam Operasional Museum Flora & Fauna

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional Museum Rumah Bundar

Image Credit: Facebook.com @mala.muflih

Bagi Anda yang berminat untuk berkunjung ke objek wisata edukasi ini, Anda hanya perlu merogoh kocek di bawah 10 ribu rupiah saja. Padahal umumnya, beberapa objek wisata bersejarah lainnya mematok harga yang cukup mahal untuk para pengunjung. Namun untuk Museum Flora dan Fauna Tarakan ini disuguhkan dengan cukup ekonomis, tidak heran banyak anak sekolah yang juga melakukan study tour ke museum yang ada di Tarakan tersebut.

Untuk jam operasionalnya, museum ini dibuka untuk para pengunjung setiap harinya. Mulai dari pukul 08.00 hingga 16.00 WITA, terhitung selama sekitar 8 jam objek wisata ini disuguhkan untuk para pengunjung. Selama 8 jam tersebut, Anda bisa mendapatkan berbagai pengetahuan yang menarik mengenai flora dan fauna endemik di wilayah Tarakan. Kegiatan ini tentunya merupakan kegiatan yang mengasyikkan untuk mengisi liburan anda.

Objek Wisata Lain di Sekitar Museum Flora dan Fauna

Wisata Lain Sekitar Museum Flora dan Fauna

Image Credit: Taman-oval-ladang.business.site

Jika Anda berlibur ke Tarakan, tentu Anda ingin berkunjung ke berbagai objek wisatanya dalam satu waktu atau satu hari sekaligus. Terlebih jika Anda hanya memiliki waktu liburan beberapa hari saja, sudah tentu rasanya semua spot di Tarakan ingin Anda jelajahi. Dengan mengunjungi Museum Flora & Fauna Tarakan, Anda bisa juga berkunjung ke beberapa tempat wisata lain yang berada tidak jauh dari destinasi ini.

Salah satu tempat wisata yang berada tidak jauh dari museum yaitu objek wisata Taman Oval Ladang, yang juga merupakan salah satu tempat wisata favorit bagi warga Tarakan. Taman ini menawarkan cukup banyak spot foto apik dengan berbagai patung yang berjejer di sana. Taman Oval Ladang buka dari sore hingga petang, jadi sesuai berkunjung ke Museum Flora dan Fauna Tarakan Anda bisa langsung menuju ke wisata taman tersebut.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Kalimantan Utara yang Paling Hits

Selain berdekatan dengan Taman Oval Ladang, Museum Flora dan Fauna juga berada tidak jauh dari kawasan Konservasi Mangrove dan Bekantan yang hanya berjarak sekitar 2,7 km saja. Dari museum, Anda hanya perlu berkendara sekitar 8 menit perjalanan untuk tiba di wilayah konservasi tersebut. Dengan begitu terdapat 2 objek wisata lain yang bisa Anda kunjungi setelah puas menjelajah di Museum Flora dan Fauna Tarakan.

Tak hanya berdekatan dengan beberapa objek wisata lainnya, objek wisata museum ini juga berada tidak jauh dari akses publik. Seperti SPBU terdekat yang hanya membutuhkan waktu sekitar 8 menit, Rumah Sakit Pertamina yang hanya berjarak 3,3 km, serta berbagai rumah makan yang tersebar di sekeliling area wisata. Dengan berbagai akses publik yang mudah, akan menjadikan Anda semakin nyaman berkunjung ke Museum Flora dan Fauna Tarakan.

Tips Berkunjung ke Museum Flora dan Fauna Tarakan

Tips Berkunjung ke Museum Flora dan Fauna Tarakan

Image Credit: Wikimedia.org

Terdapat beberapa tips yang bisa Anda perhatikan jika ingin berkunjung ke Museum Flora dan Fauna Tarakan ini. Karena museum ditutup sekitar jam 4 sore hari, maka Anda sebaiknya datang pada pagi atau siang hari agar bisa menikmati suasana dan keindahan museum dengan leluasa. Jika Anda ingin lebih puas dan memiliki waktu sendiri untuk mengamati seisi museum, maka datanglah diluar waktu liburan panjang tiba.

Karena ini merupakan wisata edukasi Anda bisa membawa sebuah notes kecil beserta dengan alat tulis, yang bisa Anda gunakan untuk mencatat pengetahuan yang Anda dapat. Dengan mencatatnya, maka Anda bisa lebih mengingat informasi atau pengetahuan yang didapat. Anda juga tentunya jangan terlewat untuk membawa smartphone untuk berfoto ria di depan museum, atau bersama dengan berbagai koleksi yang dipajang di sana.

Banyak yang berpikir bahwa museum merupakan tempat yang membosankan, padahal tidak selalu begitu. Karena wisata ini menawarkan cukup banyak pengetahuan yang sangat seru untuk dipelajari. Seperti halnya dengan wisata Museum Flora dan Fauna Tarakan yang menyimpan banyak sekali koleksi menarik yang bisa Anda pelajari. Dengan mengikuti beberapa tips berlibur yang ada, maka Anda bisa menikmati berlibur di museum dengan nyaman.