Kalimantan Barat

16 Minuman & Makanan Khas Singkawang yang Wajib Dicoba

Singkawang adalah salah satu kota yang ada di daerah Kalimantan Barat. Kota ini memberikan nuansa yang indah dan asri karena memiliki hutan yang cukup banyak. Berwisata ke kota ini tidak hanya memberikan hiburan yang hangat namun juga beragam pesona kuliner enak dan lezat. Alamnya memberikan aneka bahan yang bisa diolah menjadi makanan dan minuman yang lezat.

Hiburan yang ada di Singkawang tidak hanya berupa wisata alam saja, namun juga wisata kuliner khas juga memberikan rasa tertentu. Bagi Anda yang suka makan dan doyan sekali wisata kuliner, cocok deh berada di wilayah Singkawang ini. Karena banyak menu pilihan mulai dari yang segar, pedas atau gurih komplit. Berikut ini ada 16 minuman dan makanan khas Singkawang yang wajib dicoba saat berkunjung.

1. Es Nam Mong

Es Nam Mong

Image Credit: Inimulti.com

Minuman ini cukup unik dan menarik. Terbuat dari jeruk sambal atau jeruk purut. Jeruk ini dikeringkan terlebih dahulu sebelum diolah agar rasa asamnya lebih terasa. Biasanya, minuman ini tidak hanya untuk pelepas dahaga saja namun juga untuk menambah daya imun tubuh menjadi lebih kuat. Minuman ini cocok untuk dingin maupun hangat, jika cuaca sedang tidak baik maka es nam mong ini tidak usah menggunakan es, cukup air hangat saja dan gula atau madu.

2. Es Tiga Asam

Es Tiga Asam

Image Credit: Pancakestime.wordpress.com

Masih dengan minuman jeruk nam mong nih, hanya saja ada tambahan jeruk lemon dan jeruk kecil. Singkawang memiliki aneka buah jeruk dengan sebutan yang sesuai dengan ukuran. Misalnya jeruk besar atau kecil. Nah, untuk minuman es tiga asam ini menggunakan jeruk kecil sebagai tambahan karena rasanya yang asam dan segar. Jeruk kecil ini juga bisa dijadikan minuman tunggal dengan perpaduan es dan gula. Hmm, sangat menggoda.

3. Es Limun Sasi

Es Limun Sasi

Image Credit: Foodrooter.blogspot.com

Limun sasi ialan limun tradisional yang dikemas dalam botol. Dahulu, minuman ini sangat populer dikalangan masyarakat. Tidak hanya rasanya yang manis dan segar namun juga bahan yang digunakan mengandung manfaat untuk kesehatan. Dapat dikatakan minuman ini sangat legend karena ada sebelum kemerdekaan. Hmm, bisa dibayangkan warisan budaya yang satu ini memiliki cita rasa yang berbeda dari minuman lainnya.

4. Es Tahu

Es Tahu

Image Credit: Masakandapurku.com

Ini bukanlah es yang diberi tambahan tahu yang sudah digoreng atau direbus ya. Namun es tahu ini berasal dari kacang kedelai yang dibuat susu. Kita biasa menyebut minuman ini dengan nama es susu kedelai, namun orang Singkawang lebih suka menyebut minuman ini dengan nama es tahu karena sama saja untuk membuat tahu.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Ketapang Terbaru & Terhits Dikunjungi

5. Bubur Tahu

Bubur Tahu

Image Credit: Merdeka.com

Masih dengan olahan tahu. Kali ini tahu bukan dibuat jadi susu, namun bubur. Konon, bahan utama pembuatan bubur tahu ini juga dari kacang kedelai. Dulunya, orang suka konsumsi bubur ini karena memiliki khasiat yang bagus untuk tubuh. Sekarang, menu ini menjadi sajian hangat untuk para turis.

Bentuknya mirip dengan bubur sumsum hanya saja lebih lunak dan lembut. Bagi Anda yang tengah haus namun lapar bisa coba menu ini sebagai ganjalan sementara. Baru lanjut makan berat untuk siangnya. Kuahnya yang manis juga membuat tubuh bersemangat dan tidak lemas.

6. Es Sari Kacang Hijau

Es Sari Kacang Hijau

Image Credit: Hungerranger.com

Nah, sajian yang satu ini terbuat dari sari kacang hijau. Sesuai dengan namanya, kacang hijau diblender kemudian campurkan gula merah dan es. Apabila badan kurang fit, minum es ini akan memberikan kesegaran pada badan. Terutama bagi wanita yang sedang mengalami masa haid akan menjadi minuman sehat agar tidak lemas. Kacang hijau mengandung kalsium, zinc, kalium, fosfor, vitamin E, vitamin K, vitamin A, vitamin B, Vitamin C, dan folat.

7. Es Kacang Susu

Es Kacang Susu

Image Credit: Inibaru.id

Masih dengan bahan dasar sama yakni kacang hijau. Hanya saja untuk es kacang susu ini kacangnya tidak diblender. Kacang hijau direbus hingga matang kemudian campurkan pada susu manis. Jangan lupa tambahkan es batu sebagai pelengkap agar tetap segar dan dingin. Minuman ini cocok untuk teman makan siang atau teman ngobrol. Asik juga makan bersama roti tawar yang dicelup. Hmm, jadi haus kan?

8. Liang Teh

Liang Teh

Image Credit: Bobo.grid.id

Minuman herbal yang sudah terkenal di Singkawang ini menjadi menu sehat andalan. Terbuat dari kumis kucing yang berpadu dengan teh hijau pilihan. Kemudian ada isian berupa cendol kotak yang bisa menyegarkan tenggorokan. Selain bisa menghilangkan haus, liang teh juga dipercaya dapat menghilangkan panas dalam. Minumlah liang teh ini saat badan sedang kurang fit, maka daya tahan tubuh akan meningkat. Biasanya liang teh ini menjadi minuman wajib bagi mereka yang sedang sakit atau setelah sakit karena dapat mempercepat pemulihan.

9. Kopi Singkawang

Kopi Singkawang

Image Credit: Nasirullahsitam.com

Pulau Kalimantan terkenal akan hasil alam yang melimpah. Terutama mengenai hasil kopi. Tidak ketinggalan dengan kota Singkawang ini sajian kopinya sangat enak dan nikmat. Apabila Anda ingin mencoba  kopi yang legend, ada beberapa tempat minum kopi yang menyajikan kopi nikmat. Sebut saja kopi akong, kopi nikmat dan kopi rusen. Ketiga kopi tersebut sangat terkenal dan bikin ketagihan. Lokasi kopi akong terletak di Jl. Alianyang, Melayu, Singkawang Barat. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp. 3.000,- Sedangkan kopi nikmat terletak di Jl. Sejahtera Singkawang Barat dengan harga Rp. 8.000,- per porsi. Kopitian Rusen terletak di Jl. Niaga Singkawang Barat dengan harga mulai dari rp. 5.000,-

BACA JUGA:  Pesona Keindahan Bukit Rindu Alam di Singkawang

10. Mie Tiaw Asuk

Mie Tiaw Asuk

Image Credit: Phinemo.com

Nama makanan ini memang cukup ekstrem jika Anda paham bahasa Jawa. Sebutan Asuk digunakan orang Singkawang untuk memanggil paman yang menyajikan menu ini dengan lihai. Caranya yang khas dan bumbunya yang pas membuat mie tiaw ini tidak ada bandingannya. Apabila Anda ingin mencoba menu ini silakan saja datang ke Jl. Yos Sudarso Melayu, Singkawang. Hanya cukup menyisihkan uang Rp. 13.000,- saja sudah bisa menikmati menu lezat ini.

Kedai ini juga menyajikan minuman khas Singkawang berupa Limun Sarsi. Minuman ini tersedia dalam tiga varian rasa yakni jeruk, pisang dan sarsaparila. Ketiga rasa tersebut sangat legendaris dan memiliki manfaat untuk kesehatan. Biasanya per botol dijual dengan harga Rp. 9.000,- dan bisa dibawa pulang.

11. Mie Kering Dian

Mie Kering Dian

Image Credit: Pastikesingkawang.id

Menu yang satu ini tidak kalah lezat dengan mie tiaw Asuk. Nama menu ini sebenarnya tidak sepenuhnya kering. Masih agak basah sedikit namun tetap kenyal. Tidak seperti mie kriuk yang kering itu. Mie kering dian ini tidak basah namun lembek. Dipadukan dengan kuah bening dan bakso menjadi sangat pas. Coba saja menu ini saat makan siang atau sore hari. Mie kering dian ini dapat berlokasi di Jl. Yos Sudarso No. 11 Melayu, Singkawang. Biasanya seporsi dibandrol dengan harga Rp. 15.000,-

12. Bubur Pekong

Bubur Pekong

Image Credit: Pastikesingkawang.id

Bubur ini memberikan rasa yang pas saat lapar. Selain lembut dan segar, bubur pekong ini juga mengenyangkan. Biasanya, bubur disajikan dengan isian irisan daging, ikan teri, kacang goreng, emping dan lobak. Rasanya gurih dan nikmat. Terutama jika masih hangat dengan tambahan minuman hangat juga. Jadi mudah berkeringat. Bagi Anda yang tidak suka dengan menu berat, silakan saja coba menu yang satu ini. Bubur pekong yang terkenal terletak di Jl. Niaga, Melayu, Singkawang Barat. Cukup dengan harga Rp. 15.000,- sudah dapat satu mangkuk. Tergolong murah karena menu ini ada di dekat tempat wisata.

13. Bubur Gunting Asun

Bubur Gunting Asun

Image Credit: Kulinersingkawang72z.blogspot.com

Masih dengan sajian hangat berupa bubur nasi yang ebrpadu dengan cah kwe gurih dan lembut. Disebut dengan bubur gunting karena ada tambahan cah kue yang digunting kemudian ada tambahan kacang dan ikan segar. Bubur ini memiliki aroma yang khas sehingga siapa saja yang sudah mencoba pasti akan ingat aromanya. Bagi Anda yang ingin mencoba menu ini silakan saja datang ke Jl. Pangeran Antasari No. 56-58, Pasiran, Singkawang Barat. Tidak perlu mahal, cukup dengan Rp. 5.000,- saja sudah dapat sajian lezat ini.

BACA JUGA:  Nikmati Keindahan Alam Pantai Kura-Kura di Singkawang

14. Choi Pan

Choi Pan

Image Credit: Detik.com

Pergi ke Singkawang belum lengkap rasanya jika tidak mencoba choi pan dari Keluarga Tjia. Choi pan ini memiliki isian berupa bengkoang, lobak, rebung, keladi dan kacang. Tiap bahan memiliki manfaat untuk tubuh jadi Anda tidak usah ragu untuk konsumsi. Makan choi pan ini sangat pas jika di atasnya bertabur bawang goreng dan kacang tumbuk. Teksturnya yang kenyal dengan isian yang kress akan membuat Anda ketagihan. Coba saja icip choi pan keluarga Tjia ini di alamat Jl. Budi Utomo No. 45, Condong, Singkawang Tengah. Biasanya per biji dibandrol dengan harga Rp. 1.000,-

15. Rujak Thai Pui Ji

Rujak Thai Phui Jie Singkawang

Image Credit: Twitter.com @Arieparikesi

Salad tradisional ala orang Singkawang ini patut diacungi jempol. Pasalnya, rasanya yang pas dan bumbunya yang pedas membuat orang ketagihan. Isian rujak bisa pilih sesuai selera, kemudian berpadu dengan bumbu kacang menjadi sangat nikmat. Penyajian menu ini juga cukup unik karena ada tambahan emping di atasnya. Sungguh sangat nikmat. Apabila ke Singkawang silakan saja mampir di Jl. Salam Diman No. 8, Condong, Melayu, Singkawang Barat. Buka mulai harga Rp. 15.000,- per porsi sesuai isian ya. Jangan khawatir mahal karena isinya sangat tidak terbayangkan. Coba saja kalau berani. Jangan lupa tambahan cabe yang sangat pedas. Pasti makin wow.

16. Mie Bakso 68

Mie Bakso 68

Image Credit: Pastikesingkawang.id

Tempat makan yang satu ini menyajikan mie ayam dan bakso sapi yang sangat lezat. Mienya sangat kenyal dan penuh dengan bumbu rempah gurih. Sedangkan untuk baksonya sangat lembut dan kenyal, perpadu dengan kuah segar yang hangat menjadi sangat nikmat. Cobalah menu ini saat berkunjung ke Singkawang bersama teman atau keluarga. Mie bakso 68 ini cara pengolahannya juga cukup unik sehingga malah menjadi hiburan yang menyenangkan.

Itulah 16 rekomendasi minuman dan makanan khas Singkawang yang wajib dicoba. Kota ini memberikan nuansa kuliner yang khas dan berbeda. Wilayah ini sudah memiliki adat dan tradisi yang hingga kini masih tetap ada. Kurang pas rasanya jika sajian yang enak nan lezat tersebut tidak nempel dilidah. Terutama saat berkunjung ke kota Singkawang. Banyak sajian hangat dan sehat, Anda tidak perlu khawatir berjalan seharian karena menu makanan di sini sudah dapat mencukupi kebutuhan tubuh selama perjalanan.