Kalimantan Timur

20 Minuman & Makanan Khas Samarinda yang Wajib Dicoba

Alam nusantara memiliki warisan adat dan budaya yang sangat beragam. Warisan tersebut tidak hanya berupa alat dan perkakas saja namun ada beberapa makanan dan minuman yang bisa menjadi buah bibir bagi para pecintanya. Makanan dan minuman ini tidak hanya bisa mengenyangkan namun juga dapat memberi manfaat pada kesehatan terutama ragamnya rempah yang ada di Indonesia ini cukup untuk menolak segala macam penyakit. Tentu saja bukan penyakit hati atau penyakit malas ya.

Nah, untuk mengetahui beragam kuliner khas yang ada di Samarinda, anda hanya perlu membaca artikel ini hingga selesai. Kesempatan kali ini akan ada sajian hangat dan dingin yang bisa Anda cicipi saat berkunjung ke Kota Tepian. Berikut   20 rekomendasi minuman dan makanan khas Samarinda yang wajib dicoba.

1. Ayam Cincane

Ayam Cincane

Image Credit: Tribunnewswiki.com

Ini hanyalah olahan daging ayam biasa yang diberi bumbu khusus ala orang Kalimantan Timur. Sekilas bentuknya tidak jauh berbeda dengan kuliner ayam nusantara lainnya. Hanya saja saat lidah mencecap maka akan terasa kemiri, jahe dan lengkuas yang bikin ajib. Bumbunya yang sangat lezat, membuat ayam ini cocok untuk pendamping nasi hangat. Biasanya, jenis ayam yang digunakan untuk olahan ini adalah ayam kampung, namun ada juga yang membuat dengan ayam potong biasa.

2. Gence Ruan

Gence Ruan

Image Credit: Wikipedia.org

Olahan yang satu ini terbuat dari ikan gabus atau ikan haruan. Sekilas bentuknya mirip dengan mangut lele yang sudah sering ada di beberapa rumah makan. Gence merupakan nama olahan masakan dengan bumbu khas Kalimantan Timur. Biasanya ada rasa pedas, asam dan manis yang cukup dominan. Sesuai dengan lidah orang Kalimantan Timur yang suka dengan aneka rasa tersebut, tentu makanan ini juga cocok bagi Anda pecinta masakan nusantara. Ikan gabus juga sangat banyak di daerah Kalimantan Timur sehingga banyak yang memanfaatkannya menjadi masakan yang sangat beragam.

3. Sayur Asam Kutai

Sayur Asam Kutai

Image Credit: Cookpad.com

Biasanya sayur asam itu khas dengan aneka sayuran yang beradu jadi satu. Namun sayur asam yang satu cukup berbeda karena ada tambahan ikan gabus dalam masakan. Kemudian sayur yang menjadi isian sayur ini biasanya kangkung, talas dan jantung pisang batu. Perpaduan yang sangat luar biasa ini menjadi sajian hangat untuk menu makan siang. Cocok dijadikan teman makan nasi putih dan kerupuk. Terlebih lagi makan saat perut sedang lapar kemudian ada tambahan sambal. Tentu akan sangat menggoda.

4. Rabo Ruan

Rabo Ruan

Image Credit: Sajiansedap.grid.id

Masih berbahan dasar ikan gabus, menu yang satu ini mirip dengan abon yang selama ini kita kenal. Hanya saja tekstur dan bentuknya agak kasar atau besar. Ini karena cara pengolahannya hanya disuir tanpa dicincang atau diblender sehingga suiran ikan masih terasa agak kasar, tidak lembut seperti abon. Untuk bumbu tentu saja hampir sama dengan abon pada umumnya. Ada ketumbar, bawang merah, bawang putih dan gula merah. Hidangan ini cocok dijadikan buah tangan bagi Anda yang berada diluar kota karena bisa awet beberapa hari. Cocok dijadikan lauk dengan sayur oseng atau pedas karena rasanya gurih dan manis.

BACA JUGA:  Ladang Budaya (Ladaya) Tenggarong, Objek Wisata Andalan Kutai Kartanegara

5. Daging Masak Bumbu Hangus

Daging Masak Bumbu Hangus

Image Credit: Budaya-indonesia.org

Bentuknya yang hitam legam seperti daging hangus membuat menu ini diberi nama dengan cara yang unik. Cara pembuatannya yang cukup lama membuat daging masak bumbu hangus ini sering dicari. Bahan dasar menu ini ialah daging sapi yang diberi bumbu halus berupa bawang merah, bawang putih, pala, merica dan bawang bombay. Tidak ketinggalan dengan kecap manis yang membuat menu ini makin menggoda. Biasanya, daging masak bumbu hangus berdekatan dengan nasi bakepor yang menjadi pelengkap.

6. Gangan Manok

Gangan Manok

Image Credit: Jelajahsamboja.com

Olahan yang satu ini mirip dengan bakso ayam, hanya saja tambahan sayur dan bumbu agak berbeda. Jika pada bakso biasanya kuahnya bening dan segar namun pada sajian gangan manok ini justru agak kental dan gurih. Tambahan sayur yang ada pada menu ini oyong, bayam dan daging ayam. Biasanya menu ini tinggal tambah nasi putih dan sambal sebagai pelengkap.

7. Ayam Suwir Cabe Hijau

Ayam Suwir Cabe Hijau

Image Credit: Jelajahsamboja.com

Berikutnya ada ayam suir yang diberi tambahan cabe hijau. Menu ini menjadi andalan bagi orang Kalimantan Timur. Rasanya yang manis dan pedas membuat nafsu makan terus bertambah. Tidak hanya ayamnya saja yang penuh dengan cita rasa, namun juga bumbu dan cara pengolahannya akan membuat Anda penasaran.

8. Pepes Kepiting

Pepes Kepiting

Image Credit: Theculturetrip.com

Biasanya, isian pepes berupa tahu, jamur atau ayam. Nah, di Kalimantan Timur ini banyak sekali kepiting murah dan berkualitas. Tidak heran jika seafood yang satu ini dijajal juga menjadi sebuah pepes enak nan lezat. Penuh dengan bumbu rempah pilihan yang ditaburi aroma kemangi. Makan menu yang satu ini tentu tidak akan cukup hanya dengan satu porsi.

9. Sate Payau

Sate Payau

Image Credit: Pegipegi.com

Ini adalah salah satu jenis sate khas Kalimantan Timur yang perlu Anda coba. Daging yang disajikan tidak hanya berupa daging ayam saja, ada juga daging sapi, kambing, rusa atau bekicot. Hanya saja untuk daging rusa agak susah karena hewan ini merupakan hewan lindung yang harus dijaga kelestariannya.

BACA JUGA:  Pulau Beras Basah, Pulau Nan Eksotis Andalan Kalimantan Timur

10. Nasi Pulut

Nasi Pulut

Image Credit: Indonesiakaya.com

Olahan yang satu ini terbuat dari beras yang diberi santan dan bumbu. Sekilas bentuknya mirip dengan lontong atau pepes karena dibuat dengan bungkus daun pisang. Selama pengolahan, beras diberi santan encer dan santan kental secara bergantian. Setelah matang, nasi dibuka dari bungkusan dan bisa dijadikan santapan yang enak dan lezat. Nasi ini lebih pulen dan lebih lembut dibanding nasi biasa. Rasanya pun gurih dan pedas sehingga bagi Anda yang tidak suka pedas tidak perlu tambah sambal lagi.

11. Sambal Raja

Sambal Raja

Image Credit: Putratravel.net

Konon sambal yang satu ini dulunya hanya bisa disantap oleh raja dan keluarganya saja. Sebuah sambal yang diberi isian sayur berupa terong, kacang panjang dan petai ini sangat enak menggoda. Dalam proses pembuatannya ada tambahan perasa jeruk nipis sehingga rasanya tidak hanya pedas saja, namun juga ada asam, manis dan gurih. Sambal ini cocok untuk pelengkap lauk apa saja karena sudah ada banyak sayur. Jadi bagi Anda yang kurang suka dengan sayur bisa nih icip menu sambal yang satu ini.

12. Juhu Umbu Sawit

Juhu Umbut Sawit

Image Credit: Ceritamamami.com

Makanan ini terbuat dari umbi pohon kelapa, kalau di Jawa biasanya orang menyebutnya dengan pondoh kelapa. Bukan salak pondoh ya. Juhu umbu sawit ini cukup terkenal dan populer karena biasanya akan hadir dalam acara adat seperti upacara adat atau pernikahan. Dibuat dengan rempah pilihan dan ada tambahan santan. Rasanya sangat enak dan gurih, mirip seperti daging sapi yang diolah dengan sempurna.

13. Iwak Pakasam

Iwak Pakasam

Image Credit: Bukalapak.com

Ikan sungai yang diawetkan dengan garam dan ketan ini menjadi sajian khas Kalimantan Timur selanjutnya. Biasanya ikan ini hanya cukup digoreng begitu saja karena rasa dan aromanya sudah pas dengan lidah orang Indonesia. Ada rasa asin dan asam yang menempel pada ikan sehingga jika ingin makan dengan nasi cukup tambahkan sambal saja. Cara pembuatan olahan ikan yang satu ini cukup unik dan menarik. Tidak heran jika para wisatawan asing sering membeli olahan ini sebagai oleh-oleh.

14. Lawa

Lawa

Image Credit: Bambangpriantono.wordpress.com

Makanan ini cocok disebut dengan cemilan sehat. Terbuat dari sayur atau rumput laut. Biasanya lawa ini diberi bumbu khusus terlebih dahulu sebelum dikeringkan. Apabila sudah matang maka bisa tahan hingga beberapa hari tanpa bahan pengawet. Lawa ini cocok juga dijadikan oleh-oleh karena tidak mudah basi.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Tanah Laut Terbaru & Terhits Dikunjungi

15. Bangamat

Bangamat

Image Credit: Backpackerjakarta.com

Menu yang satu ini cukup ekstrim karena terbuat dari daging kelelawar. Bumbu rempah yang sesuai dengan lidah orang Indonesia ini juga cukup menjadi incaran para wisatawan loh. Daging kelelawar diolah dengan cara yang benar sehingga siapa saja dapat menyantap hewan ini dengan nikmat. Konon, daging kelelawar ini lembut dan kenyal sehingga banyak orang yang ketagihan. Namun bagi Anda yang tidak boleh konsumsi jenis makanan ini jangan nekat untuk mencoba ya.

16. Amparan Tatak

Amparan Tatak

Image Credit: Kumparan.com

Menu yang satu ini cocok dijadikan kudapan sehat karena terbuat dari tepung beras dan pisang. Bentuknya yang jumbo bisa membuat Anda kenyang hanya dengan satu porsi saja. Sebenarnya amparan tatak ini tidak jauh berbeda dengan kue pisang lainnya, hanya saja bentuk dan ukurannya lebih besar. Menu ini akan sering muncul pada acara khusus seperti upacara adat, pernikahan atau lebaran. Karena menu ini sangat khas dengan budaya Kalimantan Timur.

17. Es Jagung

Es Jagung

Image Credit: Tribunnews.com

Samarinda memiliki minuman khas yang terbuat dari jagung manis. Minuman ini hampir sama dengan es cendol pada umumnya, hanya saja untuk isian diberikan jagung manis. Rasanya sangat enak dan segar. Terkadang ada isian lain seperti cendol, sagu atau nata. Bagi Anda yang suka dengan minuman yang mengenyangkan ini akan sangat cocok dan pas.

18. Es Tebu

Es Tebu

Image Credit: Dimanaja.com

Kota yang indah ini juga memiliki hasil tebu yang sangat melimpah. Es tebu ini dapat melepaskan dahaga pada siang hari, terutama saat matahari tengah panas-panasnya. Tebu yang biasanya digunakan untuk pembuatan es adalah tebu hijau sehingga saat dikonsumsi tidak menimbulkan rasa gatal pada tenggorokan.

19. Liang Teh

Liang Teh

Image Credit: Bukalapak.com (HERLANY)

Minuman yang satu ini tidak hanya enak, namun juga berfungsi untuk menyembuhkan panas dalam dan sariawan. Apabila tubuh sedang kurang fit maka silakan saja minum liang teh ini. Selain memberikan rasa yang lezat, tubuh juga akan kembali segar. Tambahan herbal yang ada di minuman ini antara lain kumis kucing dan daun mint.

20. Es Teler Pontianak

Es Teler Pontianak

Image Credit: Dimanaja.com

Es berikutnya yang tak kalah segar ialah es teler Pontianak. Es ini tidak jauh berbeda dengan es teler lainnya yang bikin lidah bergoyang, hanya saja untuk isian biasaya ada durian dan alpukat sehingga rasanya bisa begitu nikmat.

Itulah 20 makanan dan minuman khas Samarinda yang wajib dicoba saat berkunjung. Penuhi gizi dengan makan dan minuman yang sehat. Nusantara memiliki aneka makanan yang kaya akan rempah dan bumbu sehingga jika Anda rajin konsumsi sayur dan buah tentu sudah sangat menyehatkan. Konon orang Indonesia terdahulu jarang sakit karena banyak menggunakan rempah dalam makanan sehingga tubuh senantiasa sehat dan bugar.