Kalimantan Timur

23 Minuman & Makanan Khas Pontianak yang Wajib Dicoba

Nusantara terkenal dengan aneka makanan dan minuman yang enak dan lezat. Tidak ketinggalan dengan aneka sajian yang ada di Pontianak. Ada banyak jenis kuliner khas yang wajib dicoba karena rasa dan teksturnya sangat menggoda.

Kali ini akan diulas 23 minuman dan makanan khas Pontianak yang bisa dijadikan rekomendasi saat liburan ke sana. Daftarnya sebagai berikut.

1. Sotong Pangkong

Sotong Pangkong

Image Credit: Netralnews.com

Sesuai dengan namanya, makanan yang satu terbuat dari sotong yang sudah dikeringkan. Biasanya diberi kuah bumbu kacang jadi rasanya cukup segar dan kenyang. Sebelum dimasak sotong dipukul-pukul terlebih dahulu agar lembut dan mudah dikunyah. Sebenarnya bentuknya mirip dengan olahan Korea yang khas dengan sajian seafoodnya. Hanya saja untuk cita rasa tetap saja sangat Indonesia.

2. Pisang Goreng Srikaya

Pisang Srikaya

Image Credit: Polisitidur.com

Khas pisang goreng tidak hanya di Pontianak saja namun juga hampir di seluruh wilayah nusantara. Hanya saja tiap pisang goreng tentu memiliki rasa dan khasnya masing-masing. Tidak ketinggalan dengan pisang goreng yang satu ini masih ada selai srikaya yang terbuat dari buah srikaya dan telur. Sangat lezat dan nikmat terutama saat hujan turun dan ada teh atau kopi sebagai pelengkap.

3. Lempok Durian

Lempok Durian

Image Credit: Cumibunting.com

Makanan yang satu ini cukup menjadi incaran utama bagi Anda pecinta durian. Buah durian yang diberi tepung ketan dan gula pasir ini mampu menjadi menu andalan di Pontianak. Rasanya yang renyah namun lembut dan manis di dalam tentu sangat menggoda lidah. Wilayah Pontianak memang bukan penghasil durian namun daerahnya menjadi jalur perdagangan durian sehingga banyak yang mengolah buah ini menjadi beberapa makanan. Secara tradisi dan adat akhirnya lempok durian ini menjadi makanan khas yang bisa dikonsumsi siapa saja.

4. Bakmi Kepiting

Bakmi Kepiting

Image Credit: Pegipegi.com

Menu yang satu ini ada yang halal dan non halal loh, jadi jika ingin mencicipi sajian yang satu ini perlu tanya terlebih dahulu halal atau tidak? Terbuat dari bahan utama kepiting dan bakmi, hanya saja untuk bumbu nanti yang akan menentukan halal atau tidaknya.

5. Burung Punai

Burung Punai

Image Credit: Airyrooms.com

Bagi Anda yang suka dengan rasa pedas, wajib mencicipi kuliner yang satu ini. Burung punai ini mirip dengan merpati, hanya saja warna bulunya agak hijau. Apabila dimasak dengan cara yang benar, dagingnya sangat lembut dan gurih. Biasanya sajian burung punai ini bisa pilih antara dipanggang atau digoreng.

6. Bubur Pedas

Bubur Pedas Pontianak

Image Credit: Goodnewsfromindonesia.id

Terbuat dari bubur nasi yang dicampur dengan aneka sayur dan lauk. Rasanya yang pedas dan hangat membuat Anda ketagihan ingin tambah dan terus makan. Aneka sayur yang biasa ada dalam bubur ini antara lain toge, sawi hijau, kangkung, kacang, dan jamur tiram.

BACA JUGA:  Kebun Raya Unmul Samarinda, Tempat Rekreasi Favorit

7. Bubur Ikan

Bubur Ikan

Image Credit: Blogsimarcel.blogspot.com

Selera tiap orang memang berbeda, demikian juga dengan masyarakat Pontianak yang mayoritas suka dengan aneka macam bubur. Tidak ketinggalan bubur ikan yang memang banyak ikan di daerah ini. Bubur ini bisa ditambah beberapa toping sebagai pelengkap. Bagi yang suka pedas bisa juga ditambah dengan sambal.

8. Bubur Babi

Image Credit: Pergikuliner.com

Image Credit: Pergikuliner.com

Sesuai dengan adat dan kebiasaan, warga di Pontianak banyak yang menganut agama Konghuchu sehingga bubur babi juga banyak di  pasaran. Bubur ini penuh dengan daging babi yang hangat dan lembut. Sangat pas bagi Anda yang sedang mengalami masuk angin karena dagingnya akan menghangatkan tubuh dengan baik.

9. Kue Bulan

Kue Bulan

Image Credit: Bukalapak.com (Makanan Khas Pontianak)

Makanan yang satu ini sering juga disebut dengan yue pin. Terbuat dari tepung ketan dan tetesan minyak babi. Selain enak, makanan ini juga wangi dan lembut. Bagi Anda yang muslim tentu tidak boleh mencicip makanan ini ya. Biasanya, makanan ini akan ada pada saat perayaan kebudayaan Tiongkok.

10. Kiam Ko Kwe

Kiam Ko Kwe

Image Credit: Putratravel.net

Sekilas makanan ini mirip dengan kue talam. Tepung beras yang dibentuk kotak kemudian diberi taburan ayam cincang di atasnya. Tidak ada bahan non halal jadi orang muslim bisa mencicipi makanan ini dengan nikmat. Makanan ini juga sudah banyak resepnya di internet, jadi jika ingin bikin mudah saja.

11. Bingke

Bingke

Image Credit: Viva.co.id

Cemilan yang satu ini bikin kenyang dan bikin nagih. Terbuat dari tepung dan telur yang dioven selama 30 menit. Lebih nikmat jika makan dalam keadaan masih hangat. Sajian yang satu ini memiliki aneka rasa pilihan seperti original, keju, dan durian. Makanan yang satu ini menjadi buah bibir dikalangan para pelancong karena rasa dan aromanya yang sangat menggoda. Sangat rugi deh jika Anda belum cicip kue yang satu ini.

12. Kue Kantong Semar

Kue Kantong Semar

Image Credit: Twitter.com @Singkawangscc

Orang malaysia biasa menyebut makanan ini dengan nama kue pulut. Hampir sama dengan makanan khas mereka, kue kantong semar ini juga terbuat dari beras ketan yang diberi santan dan taburan kacang merah. Sebenarnya kantong semar ini merupakan tumbuhan yang dilindungi, hanya saja untuk melestarikan adat dan budaya maka makanan ini tetap boleh dibuat dan disajikan. Sesuai dengan cara pembuatan dan bahan yang cukup langka maka makanan ini juga tergolong agak mahal dikalangannya.

BACA JUGA:  Pulau Beras Basah, Pulau Nan Eksotis Andalan Kalimantan Timur

13. Jorong-Jorong

Jorong-Jorong

Image Credit: Daengpajoka.com

Nama makanan ini memang cukup unik dan menarik. Hanya saja makanan ini merupakan sajian musiman yang hanya ada di bulan Ramadhan. Terbuat dari tepung beras dan santan yang hanya bisa dibuat oleh tangan terampil. Bentuk dan wujudnya sangat sederhana dan biasa saja, namun ketika dimakan sudah sangat membuat lidah ketagihan. Biasanya, alas kue ini terbuat dari daun pisang yang dibentuk kotak seperti kue beras.

14. Pasong

Pasong

Image Credit: Gagdetpros.blogspot.com

Kue khas Pontianak yang memiliki dua rasa, yakni manis dan lemak gurih. Makanan ini hanya ada pada saat Ramadhan terakhir atau menjelang Lebaran karena biasanya dijadikan makanan khas Lebaran. Jadi akan kesulitan jika mencari makanan ini bukan pada bulan tersebut. Biasanya, kue ini dibungkus dengan daun pisang dan dibentuk memanjang seperti lemper atau lontong namun ada ikatan tali di tengah.

15. Mochi

Mochi

Image Credit: Kumparan.com

Kue mochi ala orang Pontianak tentu akan berbeda dengan kue mochi Jogja atau Jawa Barat. Khas kacang tanah yang manis dan legit membuat makanan ini sering dijadikan oleh-oleh. Bentuk mochi Pontianak juga lebih besar dan mantap jika dibandingkan mochi Bandung yang kecil.

16. Stik Keladi

Stik Keladi

Image Credit: Tokomesin.com

Buah keladi bisa dibuat menjadi stik yang renyah dan gurih. Keladi ini nama lain dari talas yang memiliki rasa gurih dan getah agak gatal. Apabila mengolah dengan cara yang benar maka stik tersebut tidak akan menimbulkan rasa gatal di lidah. Sangat cocok dijadikan oleh-oleh karena bisa tahan hingga sebulan meski tanpa bahan pengawet.

17. Tart Susu

Tart Susu

Image Credit: Dapurresepnusantara.blogspot.com

Sebenarnya makanan ini lebih cocok disebut pai susu karena bahan dan bentuknya mirip dengan pai susu. Hanya saja penduduk sekitar sering menyebut dengan tart susu jadi pai ini terkenal dengan nama tersebut. Rasanya lezat dan nikmat, tidak ketinggalan susu yang lembut dan manis sangat pas di lidah.

18. Kembang Tahu

Kembang Tahu

Image Credit: Pergikuliner.com

Sajian hangat yang mirip sekali dengan bubur sum sum. Hanya saja untuk kembang tahu ini ada rasa jahe yang sangat khas sebagai penghangat badan. Sangat cocok dimakan saat hujan turun dan dingin.

19. Es Kacang Merah

Es Kacang Merah

Image Credit: Club – Iyaa.com

Sajian es serut yang dingin ditambah dengan kacang merah dan syrup menjadi jajajan khas orang Pontianak yang tidak boleh ketinggalan. Sebenarnya isian lain juga bisa ditambahkan sesuai selera, hanya saja untuk es kacang merah sajian utamanya memang kacang merah.

BACA JUGA:  Wisata Seru ke Agrowisata Beruang Madu Balikpapan

20. Temet

Temet

Image Credit: Uncak.com

Terbuat dari ikan air tawar segar yang dijadikan kerupuk basah. Sebagian penduduk menggunakan sajian ini sebagai sambal dan untuk pelengkap makanan utama. Hanya saja bentuk dan rasanya sangat jauh berbeda dari seblak bandung yang kerupuknya tipis. Temet ini agak besar dan agak tebal sehingga lumayan kenyang juga meski tanpa nasi.

Pontianak memang terkenal dengan hasil ikan yang sangat banyak dan beragam sehingga hampir tiap makanan ada tambahan hasil laut berupa ebi, udang atau ikan. Tidak ketinggalan dengan kue temet yang satu ini juga ada tambahan ikan yang membuat rasa menjadi lebih nikmat.

21. Kue Talas Ebi

Kue Talas Ebi

Image Credit: Idntimes.com

Sesuai dengan namanya, makanan ini terbuat dari talas dan campuran ebi. Cara masak hanya diuleni dengan bumbu khusus kemudian dikukus. Setelah matang taburi dengan toping pilihan. Biasanya, banyak yang suka taburan sambal pedas karena kue ini memiliki rasa gurih. Sambal yang ada di Pontianak biasanya sangat pedas dan jahat, jadi harus hati-hati saat mencicip terutama bagi Anda yang tidak suka pedas. Ebi terbuat dari udang yang sudah dikeringkan. Olahan ini dapat ditambahkan dengan beragam bahan lain seperti talas, sup atau sambal. Untuk kue talas ebi ini sangat cocok dijadikan sajian hangat bersama keluarga. Bisa juga dijadikan teman minum teh atau kopi.

22. Hekeng

Hekeng

Image Credit: Youtube.com @MASAK ENAK

Olahan udang yang dibalut dengan kulit tahu. Sekilas terlihat seperti martabak karena ada beberapa sayur di dalamnya. Biasanya, hekeng ini dimakan bersama nasi hangat. Berfungsi sebagai lauk sehingga akan lebih nikmat jika ada tambahan sayur atau sambal. Akan lebih lezat jika menyantap makanan ini bersama teman atau keluarga. Bentuknya yang besar dan padat kan membuat orang langsung kenyang hanya dengan sekali makan.

23. Liang Teh

Liang Teh

Image Credit: Tribunnews.com

Minuman segar dan lezat namun berdampak baik pada kesehatan. Biasanya ada tambahan kumis kucing dan daun mint sebagai obat herbal alami yang bisa menyembuhkan panas dalam dan tenggorokan kering. Teh ini sangat populer di kalangan remaja dan dewasa karena sebagai sajian hangat sehari-hari. Bahan utama minuman ini juga mudah didapat di mana saja. Wilayah nusantara memang terkenal akan hasil alam yang luar biasa sehingga banyak olahan makanan atau minuman yang justru memberikan efek baik pada tubuh, seperti teh liang ini.

Itulah 23 daftar minuman dan makanan khas Pontianak yang bisa dijadikan rekomendasi saat liburan. Banyak sajian Pontianak yang bisa menggoyang lidah. Hanya saja adat dan kebiasaan di sana tidak bisa disamakan dengan adat di kota sendiri sehingga harus bisa saling menghormati. Cari dan pilih makanan halal jika memang Anda muslim, namun jika bukan silakan saja makan aneka makanan yang bisa membuat Anda bahagia.