Kalimantan Tengah

16 Minuman & Makanan Khas Palangkaraya yang Wajib Dicoba

Palangkaraya merupakan salah satu kota yang ada di Kalimantan Tengah. Wilayah ini memiliki luas sekitar 2.400 km2 dengan jumlah penduduk 376. 647 jiwa. Dengan luas dan jumlah penduduk tersebut dapat dikatakan wilayah ini cukup padat. Kepadatan tersebut sudah ada sejak lama karena wilayah ini banyak dijadikan wilayah pertambangan. Berbagai pabrik dan alat berat juga ada dengan kualitas yang baik. Keberadaan alat berat tersbut tidak lantas membuat alam Palangkaraya menangis. Masih banyak tumbuhan hijau yang membuat wilayah ini tetap asri dan bersih.

Kota yang memberikan nuansa alam nusantara bersih dan asri ini juga menghadirkan beragam kuliner yang sangat menggoda. Tidak hanya rempah dan cara pembuatan, namun juga bahan utama pembuatan menu tersebut tergolong cukup unik dan menarik. Banyak sajian khas nan nikmat yang bisa Anda santap bersama orang tersayang. Aneka makanan dan minuman tersebut juga bisa Anda bawa pulang sebagai buah tangan bagi siapa saja yang ingin Anda kasihi.

Jika Anda berkunjung ke kota ini, berikut ini ada 16 rekomendasi minuman dan makanan khas Palangkaraya yang wajib dicoba.

1. Kenta

Kenta

Image Credit: Bobo.grid.id

Ini adalah cemilan langka yang dibuat oleh suku Dayak. Pembuatan makanan ini cukup rumit karena harus ditumbuk terlebih dahulu dan proses memasaknya bisa seharian. Suku Dayak suka dengan makanan unik nan nikmat. Ketan yang masih berupa padi ditumbuk menjadi pipih, kemudian disangrai terus hingga kering. Sebaiknya masak kenta ini tidak sendiri karena saat menyangrai butuh adukan yang kuat dan terus menerus. Akan lebih baik jika dilakukan oleh 5 orang secara bergantian. Jadi tidak capek.

2. Gagatas

Gagatas

Image Credit: Budaya-indonesia.org

Masih dengan olahan ketan yang digoreng kemudian diberi pemanis berupa gula merah. Ketan dibuat menjadi tepung kemudian diuleni dan digoreng. Tidak lupa setelah matang ditambah dengan kuah manis dari gula merah. Hanya saja kuahnya ini kental. Gagatas disebut juga dengan kue getas karena ada gula merah yang sangat menggoda di atasnya. Biasanya, makanan ini banyak dijual di pasar tradisional yang ada di Palangkaraya. Rasanya yang legit dan kenyal membuat banyak orang suka dan ketagihan.

3. Ampal Jawau

Ampal Jawau

Image Credit: Cookpad.com

Kue ini terbuat dari singkong rebus yang ditumbuk dengan kelapa parut. Setelah ditumbuk dan dicampur dengan bumbu dicelupkan dalam tepung kemudian digoreng. Teksturnya lembut dan empuk. Sedangkan rasanya lebih kearah manis dan gurih yang berpadu. Secara sekilas mirip dengan gethuk goreng yang berasal dari pulau Jawa namun ampal jawau ini lebih menggoda. Kue ini selalu ada setiap hari di pasar tradisional. Tidak sulit menemukan makanan ini karena banyak penduduk yang masih melestarikan warisan budaya yang satu ini.

BACA JUGA:  10 Cafe di Palangkaraya yang Instagramable & Paling Hits

4. Wadai Baceper

Wadai Baceper

Image Credit: Frisianflag.com

Kue basah yang berbahan dasar tepung beras dan santan ini sangat populer di Palangkaraya. Banyak orang yang suka dengan hidangan ini karena memiliki manis gurih yang pas di mulut. Cara pembuatannya cukup mudah dan sederhana. Sekilas bentuknya mirip dengan kue serabi solo hanya saja lebih basah dan lebih gurih.

Jika serabi solo biasanya ada rasa manis dan gurih. Kemudian yang kekinian hadir dengan toping beragam seperti meses, keju atau green tea. Sedangkan wadai baceper ini tetap dengan rasa yang khas yakni gurih lembek. Hanya saja kue ini biasa ada di bulan Ramadhan saja sebagai menu takjil. Jarang yang bisa menemukan menu ini dihari biasa.

5. Lemang

Lemang

Image Credit: Tribunnews.com

Lontong ketan ala Kalimantan ini dibuat dengan cara dibakar menggunakan bambu. Cara pembuatannya cukup sederhana hanya saja memakan waktu yang cukup lama. Bambu yang untuk meletakkan lemang ini juga cukup sulit. Butuh bantuan lelaki agar bisa dimasak dengan mudah. Biasanya, lemang ini hadir bersama lauk berat seperti ayam, ikan atau daging.

6. Telur Ikan Masak Kuning

Telur Ikan Masak Kuning

Image Credit: Saribundo.biz

Menu yang satu ini akan membuat lidah terus meleleh. Orang Jepang biasa mengolah telur ikan dengan cara dibuat sushi. Baik itu sushi matang atau mentah jika ada telur ikan maka rasanya menjadi makin luar biasa. Telur ikan ini dimasak dengan bumbu kuning yang sangat khas dengan lidah Kalimantan. Berpadu dengan nasi hangat dan sambal tentu akan sangat menggoda.

7. Juhu Kujang

Juhu Kujang

Image Credit: Keluyuran.com

Sayur yang satu ini terbuat dari keladi dan ikan. Sekilas bentuknya mirip dengan sayur asam hanya saja isiannya agak berbeda. Juhu kujang ini dibuat dengan keladi atau orang Jawa mengenalnya dengan nama lompong. Secara nasional orang lebih mudah mengatakan dengan nama talas. Pohon talas ini diambil bagian daun dan batangnya kemudian diolah menjadi menu yang satu ini. Memiliki rasa gurih dari santan dan rasa khas rempah yang sangat kuat. Cocok bagi Anda yang suka dengan olahan santan.

8. Chai Kue

Chai Kue

Image Credit: Flickr.com @Jesslyn Guntur

Cemilan lezat ini mirip dengan kue pangsit basah. Orang Kalimantan juga menyebut makanan ini dengan nama choi pan. Biasanya isiannya berupa bengkoang dan ebi, ada juga yang memberi isi lobak dan ebi. Keduanya hampir memiliki rasa yang sama hanya saja beberapa orang ada yang lebih suka isian bengkoang karena ada rasa manis-manisnya. Untuk isian memang bisa menyesuaikan seperti memilih isian pada lumpia. Meski bentuk sama namun jika isian berbeda akan terasa juga dilidah. Jadi tentukan pilihan sesuai selera lidah ya.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Sukamara Terbaru & Terhits Dikunjungi

9. Manday

Manday

Image Credit: Takaitu.id

Makanan ini mirip dengan gudeg Jogja, hanya saja bentuknya lebih kering dan rasa lebih gurih. Hanya saja untuk makanan ini lebih kering dan lebih gurih. Manday terbuat dari cempedak yang bentuknya juga hampir mirip dengan buah nangka. Cempedak muda diolah bersama bumbu kemudian digoreng menjadi manday ini. Nikmati bersama teman atau keluarga karena manday ini bisa juga dibawa sebagai buah tangan.

10. Hekeng

Hekeng

Image Credit: Tribunnewswiki.com

Olahan daging yang mirip dengan sosis besar. Hanya saja cara penyajiannya dengan diiris kemudian digoreng. Hekeng ini biasanya hadir bersama kuah asam manis. Bila Anda suka dengan rasa pedas maka bisa ditambah dengan sambal atau cabe. Sekilas mirip dengan otak-otak atau nuget yang sekarang ini sudah sangat populer. Hanya saja ketika dilidah, khas sekali rasa Kalimatan dengan olahan ikan yang kuat.

11. Berandam

Berandam

Image Credit: Riaumagz.com

Kue manis ini hadir dengan kuah segar nan legit. Terbuat dari tepung, telur dan gula. Cara pembuatan sebenarnya sangat mudah dan sederhana. Hanya saja bagi mereka yang kurang lancar mengolah maka bentuknya akan tidak begitu manis. Kue lezat ini biasanya ada di pasar tradisional dengan harga yang cukup terjangkau. Saat haus, makanan ini juga bisa melegakan tenggorokan loh. Jadi jangan lupa untuk mampir sebentar ya guna icip menu lezat yang satu ini.

12. Kerupuk Basah

Kerupuk Basah

Image Credit: Ksmtour.com

Makanan ini mirip dengan seblak bandung. Hanya saja kerupuk basah ini masih dalam bentuk panjang tanpa diiris. Bumbu yang ada di dalamnya juga agak berbeda dengan seblak sehingga bila Anda makan dengan lahap maka sudah dapat dipastikan bibir dan perut akan langsung panas. Sekilas bentuknya mirip dengan pekempek sumatra. Hanya saja rasa dan kuahnya cukup berbeda karena kerupuk basah ini tidak digoreng. Olahan ini selalu ada di setiap ruas jalan yang ada di Palangkaraya.

13. Kalumpe

Kalumpe

Image Credit: Pegipegi.com

Olahan daun singkong yang ditumbuk kemudian diberi bumbu kuning menjadi sangat lezat dan nikmat. Makanan ini biasanya berdampingan dengan ikan atau ayam goreng. Akan lebih pas jika ada sambal kandas atau sambal raja. Kedua sambal tersebut memang jago banget bikin nasi nambah. Terutama jika ada lauk ikan atau ayam yang empuk dan bumbu pas. Tentu akan membuat Anda ketagihan lagi. Siapkan saja perut yang lapang agar bisa muat lebih banyak lagi. Olahan ini tidak tahan lama dan lebih pas dimakan saat masih panas. Jadi jika membawa menu ini untuk dibungkus lebih baik dipanasi terlebih dahulu sebelum makan.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Pulang Pisau Terbaru & Terhits Dikunjungi

14. Bangamat

Bangamat

Image Credit: Backpackerjakarta.com

Menu ini terbuat dari bahan langka dan ekstrim. Bagi orang yang belum bisa mengolah maka rasanya akan menjadi tidak karuan. Cobalah bangamat ini bagi Anda yang bisa menyantap menu non halal. Karena bahan dasar bangamat ini ialah kelelawar hitam. Olahan yang satu ini bisa pesan rasa pedas sesuai selera. Jika Anda suka dengan pedas level gila maka silakan saja pesan ke pedagangnya terlebih dahulu. Sesuaikan juga dengan level tertentu jika Anda tidak begitu suka dengan pedas. Yang jelas, bangamat ini cocok untuk lidah mana saja. Penyuka pedas maupun penyuka gurih.

15. Hintalu Karuang

Hintalu Karuang

Image Credit: Life.108jakarta.com

Terbuat dari ketan dan kuah kental. Sekarang ini hintalu karuang sudah mengalami banyak perkembangan mengenai rasa. Ada tambahan rasa durian atau rasa nangka karena memiliki rasa yang cukup berbeda. Hintalu karuang ini sangat cocok dimakan sore hari bersama teh atau kopi. Bisa juga disajikan untuk jamuan makan santai di rumah. Hintalu karuang juga bisa didapat dengan cara pesan secara online. Di kalimantan sudah banyak layanan jasa yang bisa mengantarkan beragam makanan.

16. Keripik Kelakai

Keripik Kelakai

Image Credit: Adira.co.id

Kalakai ialah tanaman khas Kalimantan yang hanya ada dan tumbuh di wilayah ini. Dahulu, tumbuhan ini digunakan sebagai obat herbal atau jamu. Pengolahannya bisa direbus atau ditumbuk terlebih dahulu kemudian diperas. Keberadaan tanaman ini terus saja ada dan mudah dibudidayakan sehingga tetap ada hingga sekarang. Belakangan ini penduduk setempat memanfaatkan tanaman ini sebagai olahan camilan sehat yang renyah. Keripik kalakai ini dipercaya dapat menambah daya tahan tubuh dan awet muda. Coba bawa cemilan ini sebagai buah tangan bagi orang tercinta.

Itulah 16 minuman dan makanan khas Palangkaraya yang wajib dicoba saat berkunjung. Banyak makanan yang bisa dijadikan pelepas dahaga sekaligus membuat kenyang. Olahan yang sangat nikma tersebut dapat Anda peroleh di sekitar Palangkaraya. Baik di pasar tradisional maupun di tempat khusus yang menyediakan menu tersebut.

Beragam sajian tersebut tergolong sehat dan menyehatkan karena terbuat dari bahan alami dan tanpa bahan pengawet. Bagi Anda yang menderita penyakit diabetes atau lainnya harap menyesuaikan dengan beragam olahan yang ada agar tetap sehat. Banyak juga toko yang menyajikan makanan tersebut dalam bentuk khusus untuk penyakit tertentu. Jadi jangan khawatir apabila ingin makan. Selamat makan dan selamat berlibur.