Kalimantan Selatan

23 Minuman & Makanan Khas Banjarmasin yang Wajib Dicoba

Daerah Banjarmasin, Kalimantan Selatan ternyata mempunyai segudang potensi dari menu kuliner makanan dan minuman. Tidak sedikit pelancong gemar mencicipi cita rasa khas di setiap hidangan kuliner masyarakat Banjarmasin. Tak sedikit menu hidangan terbaik sudah tersaji dengan semua bahan-bahan terbaik. Jadi tidak menutup kemungkinan ada sejumlah potensi besar dari penggunaan hidangan terbaik dan paling tepat untuk traveller yang ingin mencicipi semua menu terbaiknya.

Ketika mampir ke Kota Banjarmasin, jangan lupa cicipi menu makanan dan minuman khas terbaik. Bahkan sampai sekarang hidangan makanan dan minuman terbaik sudah bisa jadi modal penting untuk Anda yang ingin mencermati sejumlah poin utama dalam menikmati liburan di Banjarmasin.

Bukan hanya sekedar menu camilan saja, akan tetapi saat ini ada sejumlah menu terbaik dari jenis minuman serta beberapa hidangan yang belum pernah Anda dengar sebelumnya. Jadi, ketika traveller mengincar hidangan terbaik yang ada di kota Banjarmasin, cobalah cek dari setiap daftar menu beserta informasi gerai makan yang bisa diakses.

Bila kita lihat kembali bahwa Banjarmasin lebih dikenal sebagai daerah ataupun kota dengan cita rasa kuliner unik. Bukan hanya di sisi menu tradisional saja, akan tetapi ada beberapa menu baru dan juga kombinasi minuman paling populer wajib Anda cicipi seperti berikut ini.

1. Laksa

Laksa

Image Credit: Masakandapurku.com

Berikutnya ada Laksa dimana menjadi salah satu kuliner khas di Banjarmasin. Menariknya lagi Laksa ini disajikan dengan beberapa komposisi bahan mulai kuah santan kental, daging gabus, ketupat kandangan, dan beberapa toping telur dan udang.

Pengolahan laksa ini banyak dicermati dan dijadikan resep untuk dibuat dirumah. Sebab dari bahan-bahan pembuat Laksa sangat mudah ditemukan. Anda bisa menikmati Laksa di banyak gerai makan paling populer di Banjarmasin.

2. Kue Rangai

Kue Rangai

Image Credit: Bangka.tribunnews.com

Satu daftar menu camilan populer di Banjarmasin yakni Kue Rangai. Menjadi makanan khas Banjarmsin dimana Kue Rangai ini memiliki komposisi kelapa dan sagu. Bahkan rasa manis di Kue Rangai ini bikin Anda ketagihan. Ketersediaan Kue Rangai saat ini sudah tersedia di gerai toko oleh-oleh Banjarmasin.

3. Habang Banjar

Habang Banjar

Image Credit: Cookpad.com

Nama Habang Banjar telah dikenal sebagai hidangan khas Banjarmasin sebab dari proses pengolahannya terbilang unik. Bahan dasar berupa daging sapi dan kambing diolah dengan cara dimasak bersama kuah kental. Setiap bumbu rempah akan mersap di Habang Banjar ini. Sehingga bisa jadi pilihan tepat untuk hidangan utama saat liburan di Banjarmasin.

4. Ayam Cincane

Ayam Cincane

Image Credit: Merahputih.com

Meskipun banyak pecinta kuliner belum mengetahui seputar hidangan khas bernama Ayam Cincane ini, tetapi dari sisi rasanya sangat lezat bahkan pengolahannya sendiri menggunakan bahan rempah terbaik. Rasa khas rempah di Ayam Cincane ini sangat menarik hingga jadi satu menu pilihan terbaik bagi traveller.

BACA JUGA:  Pantai Gedambaan, Pantai Cantik Nan Eksotis di Kotabaru

5. Sate Payau

Sate Payau

Image Credit: Kompasiana.com

Olahan daging kambing dan sapi menjadi sate sudah biasa kita dengar. Tetapi bagaimana jika menu sate yang diolah menggunakan daging rusa. Sate Payau menjadi pilihan menarik untuk Anda cicipi saat berada di Banjarmasin. Kualitas rasa dan tekstur daging rusa yang diolah sangatlah empuk. Jadi untuk bumbu rempahnya juga disematkan hingga hadirkan kualitas menu terbaik.

6. Hekeng

Hekeng

Image Credit: Shopback.co.id

Ragam hidangan terbaik di Banjarmasin bisa dicoba salah satunya Hekeng. Hidangan satu ini diolah dengan bahan daging babi, daging udang, dan tambahan toping siomay ataupun kuah asam manis. Sajian Hekeng ini sangat komplit, sehingga jadi makanan favorit di Banjarmasin bahkan harganya masih terjangkau.

7. Gangan Paliat

Gangan Paliat

Image Credit: Beritabanjarmasin.com

Salah satu hidangan terbaik dan apling tepat untuk mengisi hari liburan di Bajarmasin adalah Gangan Paliat. Hidangan satu ini terus diburu pecinta kuliner karena bahan olahan dari ikan dimasak memakai bahan rempah terabik, kemudian dari prosesnya juga ditumis dengan kadar minyak sedikit. Beberapa bahan mulai ikan baung, udang berukuran besar sering dipakai karena cita rasanya sudah dikenal lezat.

8. Sambal Acan

Sambal Acan

Image Credit: Travelingyuk.com

Meskipun menu sambal acan sering dianggap sebagai toping, namun dari rasanya juga sangat menarik dan cocok untuk santapan utama. Sambal acan ini memiliki proses pengolahan cukup menarik, sebab diolah tanpa menggunakan air sama sekali. Jadi untuk durasi pengolahan lebih cepat dan bertahan lama. Biasanya untuk menikmati sambal acan ini disajikan bersama dengan petai untuk menambah rasa lebih mantap.

9. Sop Mutiara

Sop Mutiara

Image Credit: Cookpad.com

Selanjutnya Anda bisa mencicipi hidangan paling sering disantap traveller saat liburan di Banjarmasin yakni Sop Mutiara. Menariknya lagi dari segi modifikasi rasa sangat cocok untuk lidah orang Indonesia. Ditambah lagi proses pembuatannya tidak memakai bahan sagu. Ciri khas Sop Mutiara adalah ketersediaan bakso berukuran kecil dan disajikan bersama dengan kuah dan kentang kemudian diberi bumbu bawang putih halus.

10. Brownies Labu

Brownies Labu

Image Credit: Wadaibanjar.com

Sekian banyak produk oleh-oleh khas Banjarmasin, ternyata Brownies Labu banyak diminati. Ada sebab kenapa Brownies Labu ini banyak diminati, karena dari rasanya lebih lezat kemudian dari teksturnya lebih lembut dan identik dengan rasa manis. Untuk harga Brownies Labu ini sekitar 35 ribu Rupiah.

11. Mandai

Mandai

Image Credit: Masakandapurku.com

Segala macam hidangan terbaik khas Banjarmasin tentu bisa kita santap dalam Manday. Menariknya lagi dari kualitas rasa sudah dikenal sebagai menu hidangan tradisional dari Kalimantan Selatan. Kulit cempedak banyak dimanfaatkan untuk membaut Manday, ditambah lagi dari sisi proses pengolahannya juga digoreng ataupun bisa dibakar.

BACA JUGA:  Kampung Sasirangan, Pusat Kerajinan Batik Khas Kalimantan Selatan

12. Soto Banjar

Soto Banjar

Image Credit: Liputan6.com

Bukan tanpa alasan setiap traveller mengincar gerai makan yang menyajikan Soto Banjar. Kualitas hidangan Soto Banjar sudah dikenal sejak puluhan tahun lamanya di Banjarmasin. Sehingga menjadi salah satu hidangan khas dan paling banyak diburu pecinta kuliner. Soal kualitas rasa bukan jadi masalah, sebab setiap penyajian Soto Banjar ini selalu bisa membuahkan banyak komposisi bahan rempat terbaik.

13. Acar Telur Ayam Rebus

Acar Telur Ayam Rebus

Image Credit: Budaya-indonesia.org

Tidak sedikit pecinta kuliner Banjarmasin selalu mencari hidangan Acar Telur Ayam Rebus. Santapan khas Banjarmasin ini justru lebih mudah diolah karena bahannya mudah didapatkan. Komposisi bahan Acar Telur Ayam Rebus terdiri dari bawang putih, bawang merah, minyak, ayam rebus, garam, air, cuka dan gula pasir serta cabai. Kualitas rasa dari hidangan satu ini terbilang lezat jadi sangat cocok untuk jadi menu hidangan terbaik.

14. Es Nangka Selasih

Es Nangka Selasih

Image Credit: Tastemade.com

Kita bisa lihat dari daftar minuman populer di Banjarmasin yakni es nangka selasih. Rasa segar dan manis dari buah nangka serta selasih bisa memberi manfaat besar untuk menyegarkan tubuh. Sedangkan dari sisi pengolahannya sangat mudah, bahkan rasanya lezat sebagai menu hidangan menyegarkan tenggorokan Anda.

15. Es Lidah Buaya

Es Lidah Buaya

Image Credit: Hatma.net

Selain es nangka selasih, ada menu minuman menarik yakni es lidah buaya. Dari sisi rasanya terbilang menarik bahkan kualitas bahan pembuatnya sangat mudah ditemukan. Pengolahan es lidah buaya hingga sekarang justru memberi banyak manfaat untuk kesehatan. Ditambah lagi harga es lidah buaya cukup terjangkau dan bisa jadi modal penting untuk hidangan menyegarkan.

16. Es Kacang Merah

Es Kacang Merah

Image Credit: Jualanmakanan.com

Untuk mencari hidangan minuman segar di Kalimantan Selatan tak sulit karena tersedia es kacang merah. Seringkali sajian es kacang merah ada di sebuah restoran dan tempat makan di tepi jalan. Jadi Anda tak perlu cari ke banyak gerai sebab ada banyak lokasi makan menyajikan es kacang merah. Dari segi harga menu es kacang merah juga cukup murah.

17. Es Tebu Banjarmasin

Es Tebu Banjarmasin

Image Credit: Banjarmasin.tribunnews.com

Bahan tebu dikenal memiliki rasa manis juga dijadikan menu minuman menyegarkan di Banjarmasin. Tidak sedikit pecinta kuliner menganggap es tebu Banjarmasin sebagai hidangan menyegarkan. Untuk itulah ada banyak konsep hidangan kuliner bernuansa rasa manis dan menyegarkan hingga banyak diminati. Untuk satu porsi minuman es tebu dibanderol sekitar 3 sampai 4 ribu Rupiah.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Tanah Bumbu Terbaru & Terhits Dikunjungi

18. Es Jagung

Es Jagung

Image Credit: Dimanaja.com

Tidak hanya dikenal sebagai minuman khas di Banjarmasin saja, akan tetapi hidangan es jagung ini banyak tersaji di daerah Kalimantan Selatan. Menemukan es jagun tidak sulit, sebab ada banyak sarana-sarana dan gerai makan sudah tersedia sebagai hidangan pelengkap makanan. Proses pengolahan es jagung dilakukan dengan cara direbus sampai lunak dan renyah, kemudian dari sajian gula cair yang dimasukkan bisa menambah kualitas rasanya. Untuk satu porsi es jagung ini dibanderol 10 ribu saja.

19. Es Jeruk Banjarmasin

Es Jeruk Banjarmasin

Image Credit: Basoafung.com

Kesegaran es jeruk khas Banjarmasin juga jadi pilihan minuman populer yang bisa disantap saat cuaca panas. Kesegaran jeruk khas Banjarmasin ataupun Kalimantan ini justru membuahkan rasa berbeda. Kualitas jeruknya dipilih paling baik, kemudian tingkat kesegarannya terbilang tinggi. Jadi sangat cocok dikonsumsi ketika lelah berkeliling Kota Banjarmasin.

20. Es Sari Kacang Hijau

Es Sari Kacang Hijau

Image Credit: Rumahmesin.com

Bahan kacang hijau beserta sari-sarinya juga bisa diolah menjadi minuman segar. Kemudian untuk setiap pengolahan es sari kacang hijau ini terbilang sederhana. Ketersediaan minuman es sari kacang hijau sudah semakin luas bahkan di gerai-gerai makan tepi jalan sudah bisa ditemukan. Kesegaran es sari kacang hijau sudah memenuhi dan bisa menghilangkan rasa dahaga. Maka dari itu dengan rasa manis dan segar, ditambah lagi harga es sari kacang hijau selalu membuahkan kemudahan membelinya.

21. Es Teler

Es Teler

Image Credit: Okezone.com

Kota Banjarmasin juga masih memiliki minuman khas yakni es teler. Kualitas olahan es teler dengan komposisi buah segar pastinya membuat rasa dahaga hilang seketika. Ketersediaan es teler sudah semakin luas, bahkan Anda dapat menemukannya di gerai-gerai makan tepi jalan ataupun gerai makan terpopuler. Bahan alami dan kesegaran es teler layak jadi minuman utama ketika Anda ingin menikmati semua kuliner terbaik saat liburan di Banjarmasin.

22. Ipau

Ipau

Image Credit: Paknanda.blogspot.com

Dari nama menu kuliner khas Banjarmasin ini terbilang unik. Tetapi dari rasa Ipau ini terbilang menarik dan lezat. Ipau sendiri atau sering disebut pizza Banjar pastinya beri pengalaman menarik saat menyantapnya. Memang untuk jenis ipau kering dan siram santan bisa Anda nikmati dengan harga terjangkau. Rasa dan komponen ipau sangat beragam, mulai dari telur rebus, potongan sayuran dan beberapa bumbu lainnya.

23. Kalak Banjar

Kalak Banjar

Image Credit: Budaya-indonesia.org

Bahan Kalak Banjar pastinya dikenal mulai dari serai, lengkuas, asam jawa, bawang merah, bawang putih, merica, tumbar, kemiri,kencur, gula pasir, kunyit, garam dan terasi ditumis dan dibakar. Kalak Banjar cocok disantan ramai-ramai. Jadi saat Anda liburan bersama keluarga di Banjarmasin harus dipastikan mencicipi menu makanan Kalak Banjar.

Sejumlah pilihan daftar makanan dan minuman khas Banjarmasin hingga sekarang benar-benar menarik untuk disantap. Pecinta kuliner harus mencicipi semua daftar makanan dan minuman di atas untuk bisa merasakan pengalaman liburan berkesan ke Banjarmasin.