Kalimantan Timur

16 Minuman & Makanan Khas Balikpapan yang Wajib Dicoba

Sudah pernah mampir ke Balikpapan? surganya kepiting dan makanan laut lainnya. Balikpapan adalah sebuah kota yang beada di Kalimantan Timur, sebagai pusat bisnis dan industri kota ini memiliki perekonomian terbesar di seluruh Kalimantan. Dari segi kependudukannya sendiri kota Balikpapan adalah terpadat kedua di Kalimantan setelah samarinda. Saat ini Balikpapan telah menjadi kota besar yang multi-etnis dan sering dinobatkan sebagai salah satu kota paling layak huni yang ada di Indonesia

Kota Balikpapan sendiri juga memiliki nilai jualnya yang tinggi di wisata alam yang ada. Karena masih rimbun dengan peohonan yang hijau dan hutan-hutan yang lebat, kamu bisa menemukan banyak sekali jenis wisata alam yang indah dan menantang di sana. Selain itu Balikpapan juga menyimpan sejuta pesonanya dengan keaneka regaman etnis yang ada di dalamnya. Mereka hidup rukun dan saling berdampingan menjaga kedamaian kota yang mereka tinggali tersebut.

Jika kamu berkesempatan memngunjungi Balikpapan, maka jangan lewatkan kesempatan berwisata alam yang pastinya tidak bisa ditemukan di kota-kota lain. Nah, jika sudah lelah berwisata hal peratama yang dituju adalah mencari makanan dan minuman khas Balikpapan. Disini kamu bisa menemukan rasa mimunam khususnya makanan yang sedikit berbeda dengan kota lainnya. Penasaran bukan! Berikut ada beberapa ulasan minuman dan makanan khas Balikpapan yang bisa kamu coba selagi sedang berkunjung.

1. Mantau

Mantau

Image Credit: Ksmtour.com

Karena dikenal sebagai kota multi etnis, Balikpapan mempunyai berbagai kuliner yang beragam salah satunya adalah mantaw roti khas tiongkok. Makanan satu ini wajib banget kamu coba selagi di Balikpapan.

Mantaw sebenarnya adalah roti yang terbuat dari teoung terigu, diolah dengan sedemikian rupa sehingga menghasilkan tekstur yang lembut. Bentuknya memang mirip dengan bakpao namun cara penyajian mantaw sendiri adalah dengan digoreng bukan dikukus seperti bakpao. Mantaw cocok disajikan dengan kopi khas Balikpapan atau makanan berate seperti sapi lada hitam.

2. Cendol dan Cincau

Cendol dan Cincau

Image Credit: Kaltim.tribunnews.com

Balikpapan juga merupakan sebuah kota dengan suhu yang lumayan panas, minum cendol dan cincau sangat cocok untuk melepaskan dahaga mu setelah seharian penuh mondar mandir di tempat wisata alam yang menantang. Jangan lupa menyantapnya dengan menikmatinya di pinggir pantai juga menambah kenikmatan yang tiada tara. Cendol dan cincau disini biasanya lebih kental daripada yang ada di jawa.

3. Ce hun Tiau

Ce hun Tiau

Image Credit: Wakuliner.com

Jangan salah ya, cehun tiau adalah minuman khas yang ada di Balikpapan. Sebenarnya minuman ini berasal dari Pontianak. Namun karena tingginya kunjungan wisatawan di Balikpapan membuat minuman ini semakin laku di Balikpapan, jadilah cehun tiau juga banyak dan tidak sulit ditemukan di Balikpapan.

BACA JUGA:  Aquaboom BSB, Waterpark Favorit di Kota Balikpapan

Cehun tiau adalah minuman khas yang terbuat dari kacang merah. Dikombinasikan dengan es serut, fiber crème, gula, air, kamu bisa menunda makan siangmu sebentar karena perut sudah terisi dengan kacang merah yang cukup mengenyangkan.

4. Es Buah Segar

Es Buah Segar

Image Credit: Tribunnews.com

Panas-panas butuh yang segar-segar, mampir sebentar di kaki lima belie s buah khas Balikpapan yang segar dan menyejukkan. Jika es buah biasanya hanya berisi 3 buah saja di dalamnya berbeda dengan es buah khas Balikpapan. Di dalamnya ada nanas, madu, papaya, selasih, sirup lcye, kolang-kaling, air , dan ini diayang membuatnya beda kapur sirih. Dijamin es buah Balikpapan bisa membuat stamina mu yang hilang balik lagi dan menuntaskan dahaga yang sudah tidak tertahankan.

5. Pisang Gapit

Pisang Gapit

Image Credit: Travelingyuk.com

Selanjutnya ada makanan ringan khas Balikpapan yang selalu membuat rindu ingin belik lagi dan menikmatinya bersama teman-teman atau keluarga dengan dibarengi obrolan santai di kedai kopi atau tempat makan. Pisang gapit terbuat dari bahan dasar pisang gepok yang dibakar diatas arang sampai setengah matang, setelah itu pisang tersebut akan digapitkan dengan kayu lalu dibakar lagi sampai matang.

Biasanya pisanga gapit akan disiram dengan kuah berwarna coklat yang terbuat dari bahan santan, gula merah dan potongan nangka yang bikin lumer dan mak cess di mulut. Siap-siap ketagihan dengan yummynya pisang gapit.

6. Bingka Kentang

Bingka Kentang

Image Credit: Foodnesia.net

Bingka sebenarnya adalah makanan khas medan yang banyak dijumpai di kota Balikpapan. Terbuat drai kentang dan memiliki banyak varian rasa seperti pandan, keju, original, dan rasa coklat. Bingka berbentuk mahkota bunga harganya juga cukup terjangkau untuk dibawa sebagai oleh-oleh. Dulu makanan ini hanya bisa ditemui saat bulan puasa saja, namun sekarang sudah bisa dijumpai setiap hari.

7. Onde-Onde Ubi Ungu

Onde-Onde Ubi Ungu

Image Credit: Twitter.com @Traveloka

Makanan satu ini sepertinya sudah tiadak asing ya di telinga masyarakat Indonesia. Di jawa onde-onde merupakan jajanan pasar yang mudah ditemukan. Di Balikpapan juga ada onde-onde namun dengan isian ubi ungu, menarik bukan. Yang membuat khasnya lagi onde-onde di sini adalah wijen yang dipakai adalah wijen hitam yang semakin mempercantik tampilan.

8. Abon Kepiting

Abon Kepiting

Image Credit: Adira.co.id

Nah, makanan satu ini best seller sekali untuk dijadikan buah tangan bagi keluarga di rumah. Abon ini terbuat dari bahan daging kepiting segar, abon kepiting tersedia dalam berbagai ukuran kemasan. Pecinta abon wajib banget untuk mencoba abon khas Balikpapan ini. Harganyapun terjangkau dan cocok untuk dijadikan buah tangan sebelum meninggalkan kota minyak ini.

BACA JUGA:  Lembah Hijau Lestari, Objek Wisata Taman Bunga di Bontang

9. Peyek Kepiting

Peyek Kepiting

Image Credit: Omiyago.com

Jika tadi ada abon kepiting sekarang ada peyek kepiting. Kalau kamu merupakan penggemar kepiting maka peyek kepiting ini wajib dibeli juga. Peyek kepiting cocok untuk dijadikan makanan pendamping dengan lauk dan nasi atau hanya menjadi cemilan saja. Peyek kepiting memiliki rasa gurih, renyah, dan nikmat. Borong yang banyak ya untuk dijadikan oleh-oleh.

10. Es Jeruk Songkit

Es Jeruk Songkit

Image Credit: Tastemade.com

Minuman satu ini tentu berbeda dengan es jeruk biasanya ya, yang ada di warung-warung makan atau tempat makan yang biasanya. Es jeruk Balikpapan terbuat dari jeruk songkit yang segar sekali. Jeruk songkit merupakan jenis jeruk yang mempunyai kualitas tinggi dengan harga yang lumayan terjangkau. Orang Balikpapan dulu sering mencampurkan perasan jeruk songkit ke berbagai olahan makanannya untuk menambah cita rasa segar.

11. Bubur Kacang Hijau Durian

Bubur Kacang Hijau Durian

Image Credit: Opinisenyummuslim.blogspot.com

Nah, minuman olahan dari Balikpapan yang terkenal salah satunya adalah olahan durian yang mantap dan tidak tipu-tipu. Kebanyakan yang kita temui di kota-kota lain duriannya hanya dari perasa saja, namun dagingnya sangat sedikit sekali. Di Balikpapan minuman olahan durian yang terkenal salah satunya adalah bubur kacang hijau durian. Perpaduan kacang hijau dan durian ditambah es batu lengkap menemani makan siang atau makan malammu bersama keluarga tercinta. Dijamin nggak nyesel karena daging durian yang sedikit.

12. Pancake Durian

Pancake Durian

Image Credit: Raesepimasakan.net

Cemilan satu ini sepertinya sedang hits ya di pasaran, namun di Balikpapan cemilan satu ini sudah ada sejak lama. Terdapat banyak pancake durian yang dijual di setiap sudut kota minyak ini, ada banyak varian rasa dengan harga yang terjangkau. Cocok sebagai bekal perjalanmu wisata kalau kamu dan keluarga bisa tahan bau durian ya. Potongan durian di dalamnya sudah tidak perlu diragukan lagi.

13. Nasi Bakar Seafood

Nasi Bakar Seafood

Image Credit: Gomuslim.co.id

Seperti yang kita tahu, Balikpapan terkenal dengan hasil olahan lautnya yang melimpah. Salah satu yang harus kamu coba adalah nasi bakar seafood yang punya rasa menggoda. Di dalam nasi yang terbungkus praktis ini, sudah ada olahan ikan, kepiting, dan udang dengan bumbu yang tidak pelit. Sehingga rasa yang dihasilkan sangat memuaskan, efek dari bakarannya juga turut memberikan aroma harum yang khas. Nasi bakar seafood gampang ditemui di berbagai tempat makan yang ada di Balikpapan.

BACA JUGA:  Batu Dinding Samboja, Wisata Alam Mirip Tembok Cina

14. Keripik Iron

Keripik Iron

Image Credit: Tokopedia.com (Iron Pomp)

Selain makanan lau Balikpapan yang terkenal di kalangan wisatawan, keripik iron juga sangat terkenal loh. Keripik ini terbuat dari singkong pilihan, tidak seperti singkong pada umunta yang berubah lunak. Singkong yang digunakan untk bahan dasar pembuatan keripik iron sangat keras, dan ketika dijadikan keripik maka rasanya sangat renyah dan gurih. Cocok untuk dijadikan buah tangan yang simple dan praktis dan tentunya harga yang sangat terjangkau.

15. Kepiting

Kepiting

Image Credit: Netralnews.com

Olahan masakan satu ini wajib banget kamu rasakan saat di Balikpapan. Kepiting Kalimantan terkenal dengan rasa yang kaya akan rempah, daging yang melimpah dan bercita rasa segar tentunya. Lebih baik kamu membeli kepiting langsung di tempat makan keluarga atau seafood daripada di kaki lima. Karena biasanya harga di tempat makan lebih terjangkau daripada harga di kaki lima. Jangan lupa untuk memesan rasa lada hitam, pedas, atau asam manis bersama makanan laut lainnya seperti cumi atau udang dengan ukuran yang jumbo.

Harga disini memang sedikit mahal namun satu porsi kepiting besar bisa untuk porsi 3 sampai 4 orang. Puas banget kan. Satu porsi kepiting biasanya seharga 220.000 sampai 300.000, namun jika kamu ingin hanya setengah porsi saja juga bisa tentunya dengan separo harga juga sekitar 130.000 tergantung ukuran.

16. Kelapa Hijau

Kelapa Hijau

Image Credit: Steemit.com

Minuman satu ini pasti sudah tidak sing untuk masyarakat Indonesia ya, namun setiap kota pasti memiliki kesuburan tanah yang berbeda untuk tumbuh kembang jenis-jenis tanaman dan pohon yang ada di daerah tersebut. Begitupula dengan Balikpapan, karena memiliki kesuburan tanah yang tinggi dan masih diselimuti udara yang segar alami maka kelapa disini tentunya juga berbeda kesegarannya dengan kelapa-kelapa yang ada di kota lain.

Apalagi kamu menikmatinya dengan diringi deburan ombak pantai di sore hari yang siap mengantarkan malamu di Balikpapan. Harga kelapa disini juga bervariasi mulai dari kelapa hijau yang murah dan yang mahal dengan kualitas yang baik.

Bagaimana, sudah siap berlibur ke Balikpapan. Dijamin kamu nggak akan kesusahan mencari makanan yang cocok di lidah kamu. Karena rempah disini hampir sama dengan rempah jawa, namun bedanya cenderung lebih asam pedas. Jangan lupa porsi budget liburanmu harus sesuai ya dengan porsi budget kulineranmu, jangan sampai kulineran melebihi batas budget yang dimiliki. Bisa tekor dan nggak bisa pulang dong. Kalau kamu tertarik dengan cara pembuatan salah satu makanan bertanyalah pada sang penjual atau penduduk setempat, jangan takut masyarakat Balikpapan terkenal dengan keramah tamahannya yang luar biasa. Selamat bersenang senang ya , jangan lupa untuk bahagia.