Kalimantan Barat

10 Mall di Pontianak yang Wajib Anda Kunjungi

Di kenal sebagai kota Khatulistiwa, nyatanya Pontianak tidak hanya menyuguhkan tempat wisata yang keren. Ada beberapa pusat perbelanjaan yang tidak pernah berhenti dikunjungi oleh para wisatawan. Hal ini karena rata-rata shopping mall memiliki bangunan yang besar dan mewah. Belum lagi di dalamnya menyediakan beberbagai fasilitas menarik yang turut memanjakan pengunjung. Penasaran mana saja mall yang bisa dikunjungi di Pontianak? Simak ulasannya berikut.

1. Ayani Mega Mall

Ayani Mega Mall

Image Credit: Tripadvisor.co.id

Sejak dibuka pada 19 Mei 2005, Mall Ayani telah menjelma sebagai mall terbesar se-Pontianak. Mengapa demikian? Sebab mall ini didirikan di atas lahan seluas 185 ribu meter persegi. Bangunannya sendiri memiliki empat lantai serta lima blok ruko, jadi bisa dibayangkan betapa luasnya mall Ayani. Belum lagi lokasi mall yang strategis dekat dengan Hotel Mercure, jadi tidak heran pengunjung kerap membludak saat musim liburan.

Arsitektur pusat perbelanjaan ini mempunyai ciri khas, dengan kubah besar berwarna biru di tengahnya. Pilar-pilar bangunan berdiri kokoh dan megah dengan cat dinding warna-warni, semakin membuatnya mudah ditemukan. Disini terdapat tenant internasional yang menyewa di dalamnya, mulai dari Hypermart hingga Ace Hardware. Tidak heran apabila dikategorikan sebagai pusat perbelanjaan untuk kelas menengah ke atas.

Lokasi: Jl. Jenderal Ahmad Yani No.4, Parit Tokaya, Kec. Pontianak Selatan, Kota Pontianak.

2. Mall of Borneo

Mall of Borneo

Image Credit: Griyapontianak.com

Bisa dibilang mall ini adalah pusat perbelanjaan baru di kota Pontianak, karena baru rampung pada tahun 2014. Konsep bangunannya sangat unik dengan menggabungkan mall dan hotel berbintang empat. Diatas lahan seluas 230 ribu meter ini berdiri bangunan setinggi 10 lantai, dengan 5 lantai untuk mall dan sisa atasnya untuk hotel. Untuk akses masuk ke hotel pun bisa melalui dalam mall, ataupun melewati area samping mall.

Tujuan awal Mall of Borneo dibangun ialah memberikan area pusat perbelanjaan yang layak. Sekaligus menjadi pasar wisata terlengkap di Kalimantan Barat, gunanya untuk menarik banyak pengunjung. Tidak heran bila didalamnya terdapat fasilitas yang lengkap mulai dari bioskop, kuliner, city walk, sampai departement store. Di bagian tengahnya terdapat theme park dengan playground, yang bisa dimanfaatkan untuk tempat bermain si kecil.

Lokasi: Jl. S. Parman, Benua Melayu Darat, Kec. Pontianak Selatan, Kota Pontianak.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Sambas Terbaru & Terhits Dikunjungi

3. Mall Matahari

Mall Matahari

Image Credit: Indoplaces.com

Pusat perbelanjaan ini merupakan mall yang pertama kali dibangun di kota Pontianak. Sejak dibuka tahun 2000 bangunan terus mengalami perubahan, hingga saat ini arsitekturnya cukup modern. Lokasinya berada di jantung kota sehingga mudah untuk diakses dari arah manapun. Tidak geran apabila pengunjung datang daru berbagai penjuru, entah untuk berbelanja ataupun sekedar jalan-jalan melepas penat.

Bangunan empat lantai ini telah disewa oleh beberapa tenant ternama, mulai dari Matahari Departement Store sampai Carrefour. Untuk kuliner yang ditawarkan juga beraneka ragam, seperti J-Co dan Pizza Hut. Karena merupakan mall pertama jadi masih ada beberapa ruko yang menyediakan tenant, sebagai tempat pembelian oleh-oleh khas Pontianak. Soal harga tidak perlu khawatir, produk-produk mall ditawarkan dengan harga terjangkau.

Lokasi: Jl. Jendral Urip Sumoharjo No.1, Tengah, Kec. Pontianak Kota, Kota Pontianak.

4. Ramayana

Ramayana

Image Credit: Wikipedia.org

Lokasinya terletak di Benua Melayu Laut tepatnya di kawasan Pontianak Selatan. Selain Ramayana disini juga terdapat beberapa tenant ternama yang menghiasi pusat perbelanjaan. Jika ingin makan ada KFC yang letaknya berada di dalam mall, atau ingin membeli smartphone juga tersedia beragam ritel. Shopping center ini sering mengadakan midnight sale atau promo menjelang hari raya lebaran.

Lokasi: Jl. Tanjung Pura, Benua Melayu Laut, Kec. Pontianak Selatan, Kota Pontianak.

5. Khatulistiwa Plaza

Khatulistiwa Plaza

Image Credit: Mapio.net

Pontianak tidak hentinya menyuguhkan sisi mewah dari pusat perbelanjaannya. Kali ini ada Khatulistiwa yang memiliki arsitektur modern, dengan dominasi warna modern di bagian depan. Letaknya di sekitar jalan H. Agus Salim lumayan dekat dengan pusat kota, bisa diakses menggunakan angkutan umum. Ukuran bangunan tidak terlalu luas tetapi menampung beberapa tenant. Ada pula tenant kuliner untuk Anda yang hobi membeli camilan.

Pusat utama mall ini adalah smartphone dan tas murah, yang ditawarkan dengan harga paling rendah. Selain menjual berbagai smartphone terbaru seperti iPhone, Anda juga bisa menemukan toko yang menjual ponsel bekas. Meskipun barang seken tetapi rata-rata masih dalam kondisi bagus layaknya baru. Namun tetap perlu berhati-hati harus benar di cek tentang keutuhan barang. Jangan asal beli karena tergiur dengan harga murah yang ditawarkan.

Lokasi: Jl. H. Agus Salim, Darat Sekip, Kec. Pontianak Kota, Kota Pontianak.

BACA JUGA:  15 Hotel Murah di Pontianak yang Paling Populer

6. Transmart Carrefour

Transmart Carrefour

Image Credit: Detik.com

Sejak pembangunan rampung tahun 2017, Transmart menjelma menjadi pusat perbelanjaan populer di tengah masyarakat. Bagaimana tidak, disini pengunjung akan dimanjakan dengan berbagai fasilitas. Mulai dari kafe, restoran, lounge, hingga bioskop yang menyajikan pelayanan terbaik. Pastinya ada trans studio mini dengan aneka wahana permainan yang menyenangkan. Anda bisa bermain sepuasnya setelah mengisi kartu yang berisi saldo tiket bermain.

Bisa dibilang Transmart merupakan pusat pengunjung untuk mencari kebutuhan sehari-sehari. Dengan bangunan tiga lantai hampir semuanya diisi dengan peralatan rumah tangga, sampai kebutuhan anak sekolah. Ingin membeli buah-buah impor? Disini tersedia lengkap baik buah lokal maupun bukan. Meskipun di dalam ruangan tetapi ada beberapa tenant kuliner street food.

Lokasi: Jl. Teuku Umar, Darat Sekip, Kec. Pontianak Kota, Kota Pontianak.

7. Ligo Mitra

Ligo Mitra

Image Credit: Flickr.com @Pontianakbox

Daerah jalan Gajah Mada memiliki pusat perbelanjaan yang sederhana, tetapi menyediakan segala kebutuhan keluarga. Bentuk bangunan memang tidak terlalu mewah hanya terdiri dari dua lantai saja. Tampak depan dihiasi dengan cat berwarna cream pucat, namun dalamnya padat dengan beberapa tenant. Tidak hanya perlengkapan sehari-hari, barang elektronik pun tersedia lengkap. Mulai dari televisi, telepon rumah, hingga gerai smartphone.

Karena kosep pusat perbelanjaan yang merakyat, sehingga kebanyakan pengunjungnya dari kelas menengah ke bawah. Namun jangan salah pengunjung kerap berdesakan datang, karena barang-barang yang dijual super murah. Lumayan untuk melakukan penghematan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Setelah berkeliling biasanya perut langsung keroncongan, Anda tinggal memilih makan di foodcourt dalam mall atau kawasan kuliner di luar mall.

Lokasi: Jl. Gajah Mada No.76, Benua Melayu Darat, Kec. Pontianak Selatan, Kota Pontianak.

8. Xing Mart

Xing Mart

Image Credit: Tribunnews.com

Bagi masyarakat Sungai Raya Dalam, Xing Mart merupakan pusat perbelanjaan alternatif yang menyediakan kebutuhan harian. Apalagi untuk warga yang tidak sempat pergi ke mall pusat kota untuk memenuhi keperluan sehari-hari. Harganya pun cukup kompetitif dengan tempat belanja lainnya, namun masih dalam kategori ramah kantong. Bangunan lantai dua ini tidak begitu luas tetapi selalu ramai pengunjung setiap harinya.

Rata-rata pengunjung membeli kebutuhan yang mendadak, seperti popok untuk si kecil atau bahan makanan yang habis. Jadi tidak perlu pergi ke pusat kota terlebih dahulu, untuk mendapatkan semua kebutuhan yang Anda inginkan. Tinggal berkunjung ke Xing Mart maka Anda juga ikut menghemat waktu dan tenaga, serta memenuhi kebutuhan dengan cepat.

BACA JUGA:  Danau Laet, Destinasi Wisata Terbaik di Kalimantan Barat

Lokasi: Jl. Sungai Raya Dalam, Bangka Belitung Darat, Kec. Pontianak Tenggara, Kota Pontianak.

9. Garuda Mitra

Garuda Mitra

Image Credit: Tribunnews.com

Pusat perbelanjaan ini menawarkan konsep ‘one stop shopping’, dengan berbagai jenis produk yang ditawarkan. Mulai dari kebutuhan rumah tangga, perabotan keluarga, kosmetik, peralatan elektronik, hingga furniture. Semuanya tersedia lengkap dan dibanderol dengan harga yang terjangkau. Tinggal mengelilingi seluruh pusat perbelanjaan ini Anda bisa mendapatkan apa saja yang dibutuhkan.

Lokasinya cukup jauh dari pusat kota tetapi masih bisa diakses menggunakan angkutan umum. Bangunan dua lantai ini bisa Anda kelilingi tanpa membutuhkan tenaga yang ekstra. Selain itu Garuda Mitra kerap menjadi jujugan para wisatawan sebab menyediakan produk oleh-oleh khas Pontianak. Biasanya di awal bulan mall akan ramai pengunjung yang hendak membeli keperluan bulanan.

Lokasi: Jl. H. Rais A. Rachman, Sungai Jawi Dalam, Kec. Pontianak Barat, Kota Pontianak.

10. Citra Niaga Swalayan

Citra Niaga Swalayan

Image Credit: Republika.co.id

Berdekatan dengan Ligo Mart tidak membuat tempat belanja ini sepi, justru akan membludak saat akhir pekan. Konsep mall memang bukan seperti pusat perbelanjaan mewah, hanya swalayan biasa tetapi dilengkapi dengan banyak produk. Anda akan menemukan berbagai kebutuhan sehari-hari disini. Soal harga tidak usah ragu karena menawarkan standar harga satu tingkat dibawah mall-mall mewah.

Tidak ada gerai kuliner maupun alat elektornik disini, hanya dipenuhi dengan bahan makanan atau keperluan harian. Ukuran swalayan cukup luas jadi Anda bisa puas berbelanja sambil mengelilingi setiap rak. Disini juga tersedia aneka buah dan sayur-sayuran segar yang bisa Anda beli dengan harga terjangkau. Ada pula bahan makanan pokok seperti beras dan jenis ikan, jadi tidak perlu repot-repot pergi ke pasar.

Lokasi: Jl. Prof. M.Yamin No.5, Sungai Bangkong, Kec. Pontianak Kota, Kota Pontianak.

Jika diberi kesempatan untuk mengunjungi kota Pontianak, tidak adil rasanya bila hanya berkunjung ke wisata alam. Cobalah sesekali jalan-jalan ke pusat perbelanjaan yang tersedia di kota Khatulistiwa ini. Beberapa mall yang ada di Pontianak menyediakan fasilitas yang menarik bagi para wisatawan. Mulai dari gerai pakaian ternama, pusat kuliner, wahana permainan, sampai barang-barang sekunder. Semuanya bisa Anda dapatkan dengan harga yang ramah di kantong.