Kalimantan Tengah

5 Mall & Tempat Belanja di Palangkaraya yang Wajib Anda Kunjungi

Memiliki banyak penduduk, tentu saja kota Palangkaraya membutuhkan pusat perbelanjaan guna memenuhi kebutuhan. Menariknya tempat perbelanjaan dan mall di Palangkaraya, juga bisa menjadi destinasi wisata yang menarik.

Palangkaraya merupakan ibukota provinsi Kalimantan Tengah, dimana kota ini dihuni oleh lebih dari 376 ribu jiwa. Banyaknya penduduk ini tentunya membutuhkan tempat perbelanjaan untuk bisa menunjang kehidupan. Dari banyaknya tempat perbelanjaan ini, ternyata bisa menjadi destinasi wisata belanja yang seru dan mengasyikkan.

Untuk itu, berikut rekomendasi mall dan tempat belanja yang wajib didatangi ketika berkunjung di kota Palangkaraya.

1. Mega Town Square

Mega Town Square

Image Credit: Lippomalls.com

Tempat perbelanjaan yang biasa disebut dengan Metos ini terletak di pusat kota, lebih tepatnya di jalan Yos Sudarso. Karena lokasi Mega Town Square yang strategis, mall satu ini sangat mudah dijangkau sehingga mampu menambah kenyamanan berbelanja bagi para pelanggan. Selain itu, aksesnya yang mudah pun juga memudahkan wisatawan luar kota yang ingin melakukan wisata belanja di Palangkaraya.

Sebagai salah satu pusat perbelanjaan yang besar di kota Palangkaraya, tidak heran jika Mega Town Square diisi oleh banyak tenant. Dimana tenant tenant tersebut tentunya bergerak di bidang bisnis supermarket. Mulai dari produk fashion untuk pria dan wanita, anak anak dan dewasa, berbagai pilihan aksesoris, peralatan kosmetik, hingga alat rumah tangga. Di mall ini juga ada tenant untuk ragam koleksi sepatu dan tas menarik, yang bisa membantu memenuhi kebutuhan pengunjung mall.

Untuk sebagian orang, belanja atau hanya sekedar jalan jalan di mall merupakan cara mengusir penat yang paling tepat dan efektif. Sehingga dapat dikatakan bahwa tempat ini tidak hanya bisa untuk memenuhi kebutuhan, tetapi juga dapat dijadikan sebagai tempat wisata belanja. Selain itu, mall biasanya juga akan menyuguhkan tempat bermain anak yang asyik dan seru. Sehingga Mega Town Square bisa menjadi pilihan yang tepat untuk tempat playdate anak.

Tidak hanya tempat bermain anak, di mall ini juga ada beberapa restoran yang bisa dikunjungi saat perut lapar setelah lelah berbelanja. Tentu saja, restoran ini memiliki suasana yang nyaman dan cozy serta ramah untuk pelanggan yang membawa anak anak. Di Mega Town Square juga terdapat hiburan keluarga berupa studio karaoke yang cocok digunakan untuk melepas penat dengan bernyanyi, yang mana tempat ini memiliki ruangan yang nyaman.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Lamandau Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Jl. Yos Sudarso No.57, Menteng, Kec. Jekan Raya, Kota Palangka Raya.

2. Palangkaraya Mall

Palangkaraya Mall

Image Credit: Centralborneo.net

Tempat belanja yang terletak di Palma ini merupakan salah satu mall yang sering dikunjungi oleh warga Palangkaraya. Mall satu ini dikenal sebagai pusat perbelanjaan terbesar yang ada di Palangkaraya. Berdiri kokoh dan memiliki 3 lantai, Palangkaraya Mall berisi banyak tenant dari pengusaha lokal hingga internasional. Yang mana tenant tersebut bergerak di berbagai bidang. Mulai dari fashion untuk wanita dan pria, orang dewasa dan anak, barang elektronik, hingga supermarket.

Memiliki konsep menyediakan seluruh kebutuhan keluarga dalam satu tempat, mall ini bisa dikatakan mempunyai fasilitas yang lengkap. Seperti tempat hiburan keluarga semacam karaoke family, restoran keluarga yang nyaman, tempat bermain anak, hingga bioskop. Di Palangkaraya Mall juga terdapat foodcourt yang cukup luas, nyaman, dan juga bersih. Tempat belanja satu ini juga sering digelar acara acara seru, yang tentunya sangat menarik untuk disaksikan.

Untuk para wisatawan, mall satu ini bisa menjadi tempat wisata belanja yang asyik dan menyenangkan. Segala kebutuhan bisa didapatkan di tempat ini. Tempatnya yang luas juga bisa dimanfaatkan untuk berjalan jalan sembari windows shopping. Yang paling menarik, mall ini dekat dengan hotel bintang tiga. Memiliki area parkir yang luas untuk motor dan mobil, Anda tak perlu khawatir jika tidak kebagian lahan parkir.

Lokasi: Jl. Tjilik Riwut No.1, Palangka, Kec. Jekan Raya, Kota Palangka Raya.

3. Pasar Kahayan

Pasar Kahayan

Image Credit: Centralborneo.net

Tidak hanya mall, di Palangkaraya juga memiliki pasar yang bisa menjadi pilihan tempat belanja yang menarik. Mendapatkan predikat pasar aman, pasar Kahayan merupakan pasar tradisional yang tertata rapi serta memiliki sarana dan prasarana yang aman. Pasar satu ini dapat dikatakan cukup bersih untuk ukuran pasar tradisional, sehingga bisa menjadi alternatif tempat belanja kebutuhan hidup. Sebagai tempat perbelanjaan, pasar satu ini menyediakan kebutuhan sehari hari yang cukup lengkap.

BACA JUGA:  Menikmati Keindahan Pantai Batakan di Tanah Laut

Di pasar Kahayan pengunjung bisa menjumpai penjual kebutuhan sembako, sayuran, ikan, bumbu, hingga penjual obat tradisional. Meskipun terbilang tradisional, namun pasar ini memiliki fasilitas toilet yang dijaga kebersihannya. Terletak di Pahandut, pasar satu ini cukup strategis dan mudah dijangkau. Di jam jam tertentu, pasar tradisional ini tidak terlalu padat pengunjung.

Meskipun termasuk pasar tradisional, namun pasar Kahayan memiliki bangunan yang sudah modern dan terbilang bersih. Bisa dikatakan tempat belanja satu ini adalah pasar tradisional paling modern yang ada di Palangkaraya. Di tempat ini para pedagangnya ramah dan bisa diajak untuk negosiasi tentang harga. Jadi, Anda jangan pernah ragu untuk melakukan tawar penawar dengan para pedagang.

Bagi pengunjung yang membawa mobil maka tidak perlu khawatir, sebab di pasar ini untuk parkir mobil sangat mudah dan luas. Ada beberapa area parkir yang terlindungi dari pohon rindang, sehingga mobil atau motor tidak akan terkena panas matahari. Untuk wisatawan, pasar satu ini bisa menjadi destinasi yang cukup seru dan mengasyikkan. Tempat ini juga sangat cocok untuk wisatawan yang ingin berburu kuliner tradisional atau jajanan pasar.

Lokasi: Jl. Ahmad Yani, Pahandut, Kec. Pahandut, Kota Palangka Raya.

4. Pasar Blauran

Pasar Blauran

Image Credit: Centralborneo.net

Jika Anda ingin merasakan sensasi berbelanja di pasar ketika di malam hari, maka bisa berkunjung di pasar Blauran Palangkaraya. Di tempat ini para pedagang menjual berbagai kebutuhan, mulai dari kebutuhan pokok hingga kebutuhan lain. Pasar satu ini akan buka pukul lima sore. Jika Anda berkunjung di siang hari, maka akan berjumpa dengan pasar Besar. Hal ini karena pasar Besar dan pasar Blauran terletak di lokasi yang sama, hanya waktu bukanya saja yang berbeda.

Diketahui harga yang ditawarkan pasar malam ini, lebih murah bila dibandingkan ketika siang hari. Pada awalnya, di pasar ini hanya ada pedagang pakaian saja yang menjajakan busana untuk anak anak, wanita, pria, semuanya ada. Namun sekarang sudah banyak jenis dagangan lain, seperti sayur, sembako, makanan, hingga barang elektronik. Bahkan di pasar malam ini juga ada tukang cukur yang buka.

Tidak hanya pilihan tepat untuk wisata belanja, pasar Blauran juga bisa dijadikan destinasi wisata kuliner. Pasalnya di tempat ini ada banyak tempat makan yang buka, bahkan pasar Blauran dikenal dengan destinasi wisata kuliner jaman dulu. Ada banyak pedagang makanan khas Kalimantan Tengah di pasar ini. Jadi untuk Anda yang tengah berkunjung ke kota Palangkaraya, akan sangat disayangkan jika tidak mampir di pasar Blauran.

BACA JUGA:  Pantai Ujung Pandaran, Wisata Bahari Andalan Kotawaringin Timur

Lokasi: Jl. Halmahera, Pahandut, Kec. Pahandut, Kota Palangka Raya.

5. Barata Department Store

Barata Department Store

Image Credit: Facebook.com @Barata Dept Store Sampit

Untuk Anda yang ingin belanja busana dengan harga murah, maka bisa berkunjung ke Barata Department Store. Tempat satu ini dikenal dengan mini mall yang menjual pakaian terbesar kedua di Palangkaraya, setelah Matahari. Tempat satu ini selalu ramai dikunjungi oleh warga setempat karena menawarkan harga yang sangat terjangkau, apalagi Barata Department Store memiliki pelayanan yang baik sehingga pengunjung menjadi nyaman berbelanja.

Karena terletak di pusat kota, tempat belanja satu ini mudah untuk dijumpai. Produk pakaian yang dijual di tempat ini tidak hanya produksi lokal, tetapi juga ada produk dari luar negeri. Di Barata Department Store juga terdapat beberapa butik yang menawarkan berbagai model pakaian. Di tempat ini, promo diskon pembelian merupakan salah satu daya tarik yang bisa menarik minat pengunjung. Barang yang dijual di tempat ini tentu saja bisa dijamin kualitasnya.

Untuk para wisatawan yang ingin berbelanja pakaian dengan harga murah, maka tidak ada salahnya mampir di Barata Department Store. Pasalnya di tempat ini ada berbagai pilihan busana yang menarik untuk dibeli, baik itu untuk pria atau wanita semuanya ada. Tempat belanja satu ini terletak di pinggir jalan dan dekat dengan beberapa tempat makan. Sehingga jika Anda lapar setelah lelah berkeliling, bisa mampir di tempat makan tersebut.

Lokasi: Jl. Ahmad Yani, Langkai, Kec. Pahandut, Kota Palangka Raya.

Itulah beberapa rekomendasi tempat perbelanjaan dan mall yang perlu dikunjungi ketika bearad di Palangkaraya. Yang mana tempat belanja tersebut, semuanya menyediakan barang sesuai dengan kebutuhan masyarakat setempat. Dari berbagai tempat perbelanjaan ini, kira kira mana yang ingin Anda kunjungi lebih dulu? Selamat berbelanja dan semoga Anda mendapatkan pengalaman wisata belanja yang menyenangkan dan berkesan di kota Palangkaraya.