Kalimantan Timur

Mahakam Lampion Garden, Gemerlap Malam di Tepi Sungai

Pesona yang disuguhkan Samarinda memang tidak pernah ada habisnya. Selain wisata alam memukau, Samarinda juga memiliki destinasi unik Mahakam Lampion Garden, wisata modern yang sedang hits dan kekinian.

Lokasi: Jl. Slamet Riyadi No.75, Karang Asam Ilir, Kec. Sungai Kunjang, Kota Samarinda.
Map: Cek Lokasi

Berbincang mengenai Kalimantan Timur, tentu tidak bisa lepas dari Sungai Mahakam yang dikenal sebagai sungai terbesar di Kalimantan Timur. Sungai ini langsung bermuara ke Selat Makassar dan menyimpan pesona keindahan yang sangat luar biasa. Bahkan belakangan ini, masyarakat setempat bisa menikmati sisi lain kecantikannya melalui Mahakam Lampion Garden (MLG).

Pesona yang Ditawarkan Mahakam Lampion Garden

Pesona Mahakam Lampion Garden

Image Credit: Twitter.com @vanedwin90

Seperti namanya, Mahakam Lampion Garden merupakan salah satu objek wisata di Samarinda yang menampilkan puluhan lampu hias sebagai daya tarik utamanya. Tak hanya itu saja, terdapat pula beberapa wahana seru yang bahkan jarang ditemukan di berbagai taman hiburan pada umumnya. MLG sangat cocok digunakan sebagai pilihan destinasi wisata keluarga terbaik.

Pesona keindahan dari cahaya lampion akan terasa ketika hari gelap. Oleh sebab itu Anda tak perlu heran jika destinasi modern di Samarinda ini akan ramai setelah matahari terbenam. Terdapat puluhan hingga ratusan orang yang biasanya memadati area Jalan Slamet Riyadi. Bahkan akan semakin padat di akhir pekan atau masa liburan.

Apabila basanya para pengunjung hanya bisa menikmati kenikmatan Sungai Mahakam dengan menaiki perahu atau berfoto foto di sekitarnya, maka taman lampion ini menawarkan suasana yang sangat berbeda. Anda akan diajak meresapi atmosfer kesegaran di sekitar Sungai Mahakam, sembari merasakan keriuhan di malam hari di antara deretan berbagai lampu hias nan lucu.

Diresmikan pada tanggal 20 November 2015 silam, destinasi wisata bernama Mahakam Lampion Garden ini termasuk yang terbaru. Objek wisata ini pula diprakarsai oleh grup yang juga bertanggung jawab atas kesuksesan dari Jawa Timur Park di Batu. Dalam kurun waktu yang cukup singkat, area rekreasi ini langsung mendapatkan tempat tersendiri di hati warga Kalimantan Timur.

Berbagai lampion yang ada di destinasi wisata ini memiliki beragam corak yang unik nan lucu, serta siap menyambut para pengunjung yang datang. Keunikan lampion yang ada di destinasi wisata ini terletak pada bentuknya, misalnya saja terdapat lampion yang dibentuk sesuai dengan berbagai ikon terkenal dari beberapa negara seperti Monas dan Merlion King.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Berau Terbaru & Terhits Dikunjungi

Ketika memasuki destinasi wisata ini, para pengunjung akan disambut gerbang besar yang sangat menarik. Hal tersebut disebabkan gerbang masuknya berupa lampion yang berbentuk seperti sebuah bangunan masjid dengan beberapa kubahnya. Masjid tersebut ternyata merupakan perwujudan dari Masjid Islamic Center yang berada di tepi Sungai Mahakam, Samarinda.

Kemudian untuk lampion yang menyerupai beragam ikon negara dunia tidak hanya terbatas Monas dan Merlion King saja, namun juga ditemukan lampion berbentuk Menara Eiffel, Menara Miring Pisa, Kincir Angin, dan masih banyak lainnya. Uniknya untuk lampion berbentuk Merlion King tersebut dibuat mirip dengan aslinya, dimana lampion tersebut pula mengeluarkan air dari mulutnya.

Lampion berbagai miniatur bangunan ikonik terkenal di dunia tersebut tidak hanya berada di satu area saja, tetapi tersebar di beberapa titik destinasi wisata ini. Saat awal memasuki Mahakam Lampion Garden, pengunjung akan menjumpai lampion dengan tema satwa. Berbagai lampion satwa yang dipamerkan tersebut mulai dari burung, ikan, harimau, gajah, hingga dinosaurus.

Pesona Mahakam Lampion

Image Credit: Tripadvisor.com

Hal menarik dari berbagai lampion satwa tersebut yaitu dibuat dengan ukuran yang tidak terlalu besar, sehingga bisa dinikmati oleh anak anak yang berkunjung ke destinasi wisata ini. Tidak jauh dari pintu masuk, pengunjung akan melihat area kolam yang sangat menarik. Karena kolam tersebut bukanlah kolam biasa, melainkan kolam yang dihiasi dengan beragam lampion yang cantik.

Pada area kolam tersebut terdapat berbagai lampion yang memiliki bentuk aneka jenis ikan, bunga, serta rerumputan yang nampak menghiasi permukaan kolam. Karena kolam ini berada di atas air, sehingga menyebabkan pantulan cahaya dari permukaan air tersebut mampu membuat pemandangan dari kolam ini menjadi semakin cantik.

Cahaya yang ditampilkan pada lampion ini mampu menghadirkan suasana romantis, sehingga tidak salah jika banyak pengunjung dari kalangan pasangan muda yang berdatangan kesini. Agar lebih terbangun lagi kesan romantisnya pada objek wisata di Samarinda ini, pihak pengelola menciptakan area yang memiliki tema romantis dimana di dalamnya terdapat berbagai lampion berbentuk hati.

Selain terdapat area romantis, di Mahakam Lampion Garden pula terdapat lampion yang bertemakan horor. Di area tersebut pihak pengelola mengisinya dengan berbagai jenis lampion yang memiliki bentuk yang identik dengan keseraman, misalnya saja bentuk labu halloween. Meski memiliki tema horor, namun karena berupa lampion sehingga tetap saja terlihat menyenangkan.

BACA JUGA:  15 Oleh-Oleh Khas Balikpapan yang Wajib Anda Bawa Pulang

Jenis lampu hias selanjutnya yang tidak kalah menarik perhatian para pengunjung yaitu lampion berbentuk berbagai karakter dan kartun populer seperti Batman, Superman, Hello Kitty, dan beragam karakter lucu lainnya. Kehadiran deretan lampion unik ini banyak disukai oleh anak anak, karena bentuknya sangat menggemaskan.

Tak hanya itu saja, temaram lampu yang dihasilkan oleh berbagai lampion yang ada di destinasi wisata ini pula mampu menghadirkan pesona magis tersendiri di tepian Sungai Mahakam. Hal tersebut tentunya tidak bisa ditemukan di beberapa tempat lainnya, serta mampu membuat para pengunjung mengabadikan momen tersebut dengan berfoto ria.

Fasilitas yang Tersedia di Mahakam Lampion Garden

Fasilitas di Mahakam Lampion Garden

Image Credit: Tribunnews.com

Setelah puas mengagumi beragam bentuk dan corak yang disuguhkan oleh beberapa lampion, para pengunjung juga bisa merasakan keseruan dengan menjajal berbagai wahana yang telah disediakan oleh pengelola wisata. Pilihan wahana yang terdapat di Mahakam Lampion Garden ini pun cukup variatif dan masing masing memiliki tingkat tantangan yang berbeda.

Misalnya saja gasing rides, trampoline, ATV motor, mini train, 9 dimensi VR, dan lain sebagainya. Apabila Anda ingin menikmati wahana yang seru dan asyik dimainkan, cobalah wahana water ball, frog hopper, flying tiger, dan ulat coaster. Beragam wahana permainan tersebut sangat cocok digunakan untuk semua kalangan mulai dari anak anak hingga orang dewasa.

Beragam wahana tersebut pula mampu memberikan hiburan dan pengalaman terbaru ketika berlibur kesini. Pada pertengahan tahun 2017 silam, pengelola destinasi wisata ini meluncurkan wahana baru yang bernama Digital Aquarium. Selama mengunjungi wahana ini, pengunjung bisa mengenal aneka jenis ikan dan hewan laut lainnya yang tentu sangat disukai oleh berbagai kalangan.

Para pengunjung akan mewarnai beragam ikan dan hewan laut melalui tablet yang akan ditampilkan langsung ke proyektor. Menariknya, hasil dari karya yang diciptakan oleh para pengunjung di wahana satu ini nantinya bisa dibuat seolah olah berenang di dalam akuarium. Konon katanya, tidak ada destinasi wisata lainnya di Asia Tenggara yang memiliki wahana canggih seperti disini.

Kemudian pada tanggal 25 Juni 2020 silam, Mahakam Lampion Garden telah memperbarui berbagai wahana permainannya. Namun sebelum memasuki area permainan, para pengunjung terlebih dahulu masuk ke lokasi lampion. Sebagaimana yang dijelaskan sebelumnya, jika di area lampion ini terdapat berbagai jenis lampion dan terdapat pula ikon dari sejumlah negara dan daerah di Indonesia.

BACA JUGA:  Rumah Ulin Arya, Destinasi Wisata Keluarga Populer di Samarinda

Tak hanya dipenuhi oleh beragam wahana yang mengasyikkan saja, di Mahakam Lampion Garden pula terdapat food court yang cukup luas. Area food court menyediakan beragam sajian kuliner mulai dari tradisional hingga modern yang siap memanjakan perut yang kelaparan, usai puas menjajal wahana permainan yang disuguhkan.

MLG juga dilengkapi dengan fasilitas berupa toilet hingga musholla. Beragam fasilitas tersebut disediakan tidak lain untuk memberikan kenyamanan bagi para pengunjung yang datang ke destinasi wisata di Samarinda ini. Bahkan beragam fasilitas tersebut telah dikelola dan dirawat sebaik mungkin oleh pihak pengelola wisata satu ini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Mahakam Lampion Garden

Alamat Mahakam Lampion Garden

Image Credit: Twitter.com @joko_trenima

Mahakam Lampion Garden berlokasi di kawasan yang cukup strategis, lebih tepatnya di Jalan Slamet Riyadi Nomor 75, Karang Asam Ilir, Sungai Kunjang, Kota Samarinda, Kalimantan Timur. Karena berada di lokasi yang cukup strategis tersebut, sehingga bisa dijangkau dengan menggunakan berbagai kendaraan baik itu kendaraan pribadi maupun angkutan umum.

Menikmati semua keindahan serta keseruan di MLG tersebut ternyata tidak harus mengeluarkan biaya yang tinggi. Untuk bisa memasuki destinasi wisata ini, para pengunjung cukup membayar biaya tiket masuk sebesar 10 ribuan rupiah per orangnya. Sementara untuk mencoba berbagai wahana lainnya, pengunjung cukup berbekal uang mulai dari 10 hingga 30 ribuan rupiah saja.

Apabila Anda ingin berkunjung ke destinasi wisata di Samarinda ini, maka Anda bisa mendatanginya setiap hari namun dengan jam operasional yang berbeda. Pada hari Senin hingga Kamis, jam operasional di Mahakam Lampion Garden ini dimulai dari pukul 15.00 WITA hingga 23.00 WITA. Kemudian untuk weekend atau hari libur nasional biasanya buka mulai 15.00 WITA hingga 24.00 WITA.

Mengingat bahwa Mahakam Lampion Garden merupakan salah satu destinasi modern terbaru yang ada di Samarinda, sehingga sangat layak untuk Anda kunjungi. Apalagi didalamnya terdapat berbagai wahana dan keindahan yang bisa Anda dapatkan. Ketika berkunjung kesini jangan lupa untuk mengabadikannya sebagai momen bahagia bersama orang orang tersayang.