Kalimantan Timur

Lembah Hijau Lestari, Objek Wisata Taman Bunga di Bontang

Lembah Hijau Lestari, salah satu destinasi wisata favorit di Bontang untuk menikmati keindahan alam. Selain menyuguhkan taman bunga, Lembah Hijau juga menawarkan beragam wahana menarik.

Lokasi: Bontang Lestari, Kec. Bontang Selatan, Kota Bontang.
Map: Cek Lokasi

Bontang yang berada di Kalimantan Timur memiliki berbagai objek wisata menarik yang bisa dijelajahi, salah satunya yaitu Lembah Hijau Lestari yang berada di kawasan Bontang Selatan. Destinasi wisata ini menawarkan paket lengkap dalam satu tempat wisata, dijamin bisa membuat Anda betah bermain seharian di sana. Penasaran dengan pesona Lembah Hijau? Simak ulasannya berikut.

Mengenal Objek Wisata Lembah Hijau Lestari

Mengenal Lembah Hijau Lestari

Image Credit: Instagram.com @lembahhijau.lestari

Negara di Eropa khususnya Belanda, terkenal dengan keindahan taman bunganya yang beragam dan memiliki pesona menakjubkan. Kini Anda tidak perlu jauh jauh mengeluarkan uang untuk ke Belanda jika ingin melihat pesona tersebut. Karena destinasi wisata di Bontang, yaitu Lembah Hijau Lestari memiliki tawaran wisata yang serupa dan tidak kalah indah.

Taman ini menjadi salah satu pilihan menyenangkan untuk liburan keluarga di akhir pekan, atau saat musim liburan tiba. Banyaknya pilihan hiburan serta wahana di lokasi wisata ini, menjadi daya tarik sendiri untuk turis lokal maupun mancanegara yang datang berkunjung ke sana.

Selain itu untuk urusan harga, Lembah Hijau Lestari mematok tiket masuk yang relatif terjangkau baik untuk kalangan menengah ke bawah maupun menengah ke atas. Cukup dengan dana sekitar 15 ribu saja, Anda sudah bisa masuk dan menikmati wisata taman bunga yang ada di Bontang satu ini.

Letaknya yang berada di sebuah lereng bukit, membuat wisata Lembah Hijau ini memiliki suasana yang sangat sejuk. Melihat hamparan bunga indah warna warni dengan semilir angin yang begitu menyegarkan dan sejuk, tentu menjadi pengalaman liburan keluarga yang akan seru dan menyenangkan.

Di kota Bontang sendiri, kebanyakan tempat dengan latar belakang pemandangan hijau memang sudah menjadi ciri khas. Meski begitu Lembah Hijau Lestari menawarkan pengalaman wisata yang tidak akan bisa Anda temukan di tempat lain. Objek wisata ini menyuguhkan satu paket lengkap di dalam satu tempat wisata.

Fasilitas yang Tersedia di Lembah Hijau Lestari

Fasilitas di Lembah Hijau Lestari

Image Credit: Google Maps (Hadi Benayem)

Bermain bersama dengan alam memang menjadi suatu hal yang sangat menyenangkan. Terlebih mengajak buah hati, tentu akan menjadi pengalaman liburan yang sangat menyenangkan. Di Lembah Hijau Lestari ini Anda bisa mengajak putra putri Anda untuk mengenal alam lebih dekat.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Kutai Barat Terbaru & Terhits Dikunjungi

Dimana pada destinasi satu ini terdapat hamparan taman bunga yang penuh warna, warna warni cantiknya selalu berhasil memikat para pengunjung. Tak hanya dengan keluarga, tempat ini juga cocok untuk dikunjungi bersama dengan pasangan. Karena tempat wisata ini memiliki berbagai spot apik untuk berfoto ria, baik swafoto maupun foto romantis.

Mulai dari berfoto di antara padang bunga warna warni yang cantik, miniatur kincir angin yang berdiri megah juga bisa dijadikan sebagai latar belakang foto. Rasanya seolah olah Anda sedang berada langsung di negara kincir angin, Belanda. Memang keindahan area sekitar objek wisata ini tidak kalah dari negara bunga tulip tersebut.

Selain miniatur kincir angin, ada juga miniatur landmark dari negara Singapore yang juga bisa Anda abadikan. Miniatur patung merlion tersebut diletakkan menghadap ke arah danau buatan yang ada di dalam Lembah Hijau Lestari. Danau tersebut juga bisa Anda nikmati dengan menyewa bebek bebekan untuk mengitari area danau.

Dengan berputar mengelilingi danau ini, Anda bisa melihat miniatur patung merlion dari arah depan. Anda juga bisa mendekatkan bebek bebekan tersebut ke arah patung merlion untuk melihatnya lebih dekat. Dilihat dari dekat, Anda akan menemukan bahwa patung merlion tersebut mengeluarkan air yang langsung mengalir ke arah danau.

Selain miniatur kincir angin dan patung merlion, masih terdapat banyak patung lainnya yang akan disenangi oleh anak anak. Seperti patung jerapah, gajah, badak, penguin of madagascar, teletubbies lengkap dengan bukitnya, upin ipin, dan masih banyak lagi. Ada juga playground yang dibuat khusus anak anak, dimana si kecil bisa bermain sepuasnya.

Puas bermain playground, si kecil juga bisa Anda ajak berenang di waterboom yang terdapat di Lembah Hijau Lestari ini. Untuk memasuki area waterboom tersebut, Anda perlu membayar lagi karena biayanya terpisah dari tiket masuk. Biaya yang dikeluarkan untuk menikmati area berenang ini juga sangat terjangkau, jadi Anda tidak perlu khawatir.

Setelah memasuki area waterboom, Anda akan menemukan beberapa kolam yang bisa dinikmati baik untuk anak anak maupun orang dewasa. Berbagai seluncuran air pun bisa Anda temukan di sini, untuk menambah keseruan aktivitas berenang di sana. Tidak ketinggalan pula wahana air ember tumpah yang wajib ada di setiap wisata air.

BACA JUGA:  10 Cafe di Pontianak yang Instagramable & Paling Hits

Keluar dari area waterboom, Anda juga bisa menemukan area outbound yang tidak kalah seru. Mulai dari flying fox, high rope, dan wisata outbound lainnya bisa Anda nikmati bersama dengan keluarga. Bahkan hingga pengalaman seru jalan jalan di sekitar pemukiman penduduk yang asri bisa Anda lakukan di objek wisata Lembah Hijau Lestari ini.

Setelah puas bermain dan menjelajahi berbagai area permainan serta wahana yang ada di Lembah Hijau Lestari, Anda tidak perlu khawatir ketika lapar atau haus melanda. Sebab tempat wisata ini telah menyiapkan berbagai gazebo di atas danau buatan sebagai tempat beristirahat dan menikmati santap hidangan.

Beberapa pedagang juga terlihat berada tidak jauh dari gazebo tersebut, yang menjejakkan berbagai kuliner penggugah selera. Menikmati hidangan sembari lesehan di gazebo dengan ditemani semilir angin yang begitu sejuk, tentu akan membuat rasa makanan menjadi lebih nikmat dua kali lipat.

Rute Menuju Kawasan Lembah Hijau Lestari

Rute Lembah Hijau Lestari

Image Credit: Facebook.com @lembah hijau lestari bontang

Objek wisata Lembah Hijau Lestari berada di kawasan Bontang Lestari atau Bonles, Bontang Selatan, yang berjarak sekitar 17 kilometer dari pusat kota Bontang atau dengan kata lain membutuhkan kurang lebih 29 menit perjalanan. Yang dapat Anda tempuh dengan menggunakan berbagai kendaraan, baik roda dua maupun roda empat.

Jalan yang dilalui untuk menuju lokasi wisata sudah cukup bagus, sehingga Anda tidak perlu khawatir akan bertemu dengan jalanan setapak berbatu yang sulit untuk dijangkau. Selain itu beberapa transportasi publik juga bisa Anda gunakan untuk menuju ke destinasi wisata tersebut, meski Anda harus berganti kendaraan umum beberapa kali.

Terminal yang paling dekat dengan Lembah Hijau Lestari yaitu Terminal Bontang, sedangkan bandara terdekat yakni Bandara Badak NGL yang berjarak sekitar 16 kilometer. Untuk menuju objek wisata ini, Anda tidak bisa menggunakan tol, karena keluar tol terdekat tidak ada di area sekitar lembah hijau tersebut.

BACA JUGA:  Soto Banjar, Makanan Tradisional Kalimantan Timur yang Lezat

Tips Berkunjung ke Objek Wisata Lembah Hijau

Tips ke Lembah Hijau

Image Credit: Instagram.com @lembahhijau.lestari

Agar perjalanan wisata Anda ke tempat ini lebih nyaman dan berkesan, maka terdapat beberapa tips berwisata yang bisa Anda perhatikan. Yang pertama yaitu perhatikan berapa jarak Anda dari lokasi wisata, jika cukup jauh maka sebaiknya berangkat lebih awal agar bisa menikmati tempat wisata ini dengan leluasa.

Pasalnya Lembah Hijau cukup luas dan memiliki paket wisata lengkap yang bisa Anda jelajahi seharian. Pastikan juga jam buka serta jam tutup dari objek wisata tersebut, untuk menghindari Anda berkunjung di waktu yang salah. Sekedar informasi, Lembah Hijau Bontang mulai beroperasi sejak pukul 7 hingga 5 sore sesuai dengan zona waktu setempat.

Setelah perhatikan beberapa barang bawaan yang turut serta dalam perjalanan liburan ke Lembah Hijau Lestari ini. Jika Anda berencana berenang dan merasakan sensasi bermain air di waterboom pada objek wisata tersebut, maka jangan lupa untuk membawa pakaian ganti. Karena di sana tidak ada pedagang yang menjual pakaian jika Anda tidak membawanya.

Lalu Anda juga bisa membawa bekal makanan jika ingin lebih berhemat. Nantinya bekal ini bisa Anda lahap bersama keluarga di atas gazebo dengan menikmati suasana danau yang begitu sejuk dan asri. Jangan lupa juga untuk turut membawa kamera atau smartphone yang memadai untuk mengabadikan berbagai momen serta aktivitas yang Anda lakukan di Lembah Hijau Lestari.

Mengambil potret dengan berbagai patung lucu serta miniatur landmark dari berbagai negara tentu tidak ingin Anda lewatkan. Terlebih pemandangan taman bunga warna warninya yang sangat indah, sayang sekali jika tidak bisa Anda potret karena terhalang oleh memori smartphone yang terbatas.

Oleh sebab itu, pastikan dari rumah bahwa memori kamera atau smartphone Anda telah cukup dan memungkinkan untuk menampung puluhan gambar. Terakhir yang paling penting adalah tidak lupa untuk membawa dompet serta beberapa lembar uang di dalamnya, guna membayar tiket masuk dan beberapa keperluan yang mungkin dibutuhkan dalam perjalanan.

Dengan berbagai persiapan yang telah dilakukan dengan baik, maka perjalanan liburan Anda ke Lembah Hijau di Bontang tentu akan menjadi lebih menyenangkan dan berkesan. Terlebih objek wisata tersebut menawarkan paket wisata yang sangat lengkap, yang dapat Anda jelajahi serta eksplorasi seharian penuh. Jadi, sudah siap berkunjung ke Lembah Hijau Lestari untuk liburan selanjutnya?